22 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

22 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh -- Khasiat & Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin, Khasiat & Manfaat Air Kelapa untuk Pria dan Wanita, Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan Wajah, Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh pada Umumnya.

https://www.infokesehatan.web.id/2018/07/manfaat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil-dan-kesehatan-tubuh.html

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh -- Minum air kelapa memang terbukti menyehatkan dan dapat menjadi pilihan yang menarik ketika cuaca sedang panas. Rasanya yang khas dan meyegarkan, minum air kelapa juga sangat cocok untuk diminum pada saat sedang menjalani aktivitas berat dan banyak mengeluarkan keringat, karena air kelapa ini dapat menjadi solusi alternatif air putih untuk menghidrasi tubuh kembali.

Kandungan Gizi / Nutrisi dari Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, karena di dalam air kelapa kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam air kelapa, antara lain :

Di dalam air kelapa mengandung gula dan juga elektrolit yang mampu menyegarkan tubuh secara alami. Di setiap 30 ml air kelapa mengandung kalori sebanyak 5,5 mg dan 1,5 gram gula. Di dalam setiap 30 ml air kelapa juga mengandung kalium sebanyak 60 mg dan natrium sebanyak 5,5 mg. Tidak hanya itu, di dalam air kelapa juga mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, asam folat dan juga zat besi.

Selain itu, air kelapa juga memiliki sejumlah kandungan zat dan senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga : Tips dan Cara Meningkatkan Daya Tahapan Tubuh

Lalu, seberapa banyak air kelapa yang baik dikonsumsi tubuh?

Bagi orang Indonesia, minum air kelapa telah menjadi hal yang umum. Air kelapa banyak dijual dalam berbagai varian rasa atau di campur dengan berbagai bahan lainnya. Air kelapa ini sangat baik dijadikan sebagai minum sehari-hari atau bisa dianggap sebagai jus buah, jumlah minimal yang baik untuk minum air kelapa ini yaitu sekitar 1 gelas per hari. Hal ini dikarenakan, meski tergolong menyehatkan, ternyata air kelapa mengadung jumlah kalori yang cukup tinggi, sehingga tidak baik jika diminum secara berlebihan.

Apabila anda sering minum air kelapa sebanyak 250 ml per hari, maka sebaiknya anda menghitung jumlah tambahan antara 45-60 kalori. Namun jika kalori tambahan yang didapatkan dari air kelapa tidak digunakan sama sekali oleh tubuh, maka anda harus meningkatkan berat badan sekitar 2 kg setiap tahun.

Lalu, apa saja manfaat air kelapa ini?

Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, ternyata air kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu, air kelapa juga sangat baik di minum oleh wanita hamil atau ibu hamil. Untuk mengetahui berbagai manfaat minum air kelapa, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

A. Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat minum air kelapa untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Baik Untuk Membantu Menurunkan Berat

Hampir semua wanita ingin memiliki berat badan ideal dan terlihat langsing, sehingga banyak wanita yang mati-matian melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, mulai dengan menjalani diet hingga dengan minum obat pelangsing untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu instan. Akan tetapi penggunaan obat penurun berat badan tidaklah baik bagi kesehatan dalam jangka panjang, karena dapat menimbulkan efek samping berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan. Selain itu, harga obat-obatan penurun berat badan sendiri tidaklah murah.

Maka dari itu, dibandingkan dengan membeli obat penurun berat badan, aka lebih baik dan lebih aman kita mengkonsumsi atau minum air kelapa secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan, sudah sejak dulu air kelapa bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara alami. Di dalam air kelapa mengandung lemak, kalori dan juga gula dalam jumlah yang sangat rendah. Maka dengan rutin minum air kelapa sebagai minuman penurun berat badan tidak akan menimbulkan efek samping.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

2. Baik untuk Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Minum air kelapa juga bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh, bahkan dalam dunia medis pun meyakini jika air kelapa dapat berfungsi sebagai bahan alami untuk mendetok tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam air kelapa mengandung tanin dan juga antidotum yang bersifat sebagai anti racun. Selain itu, di dalam air kelapa juga memiliki kanudungan enzim yang bermanfaat untuk mengurai zat racun dalam dalam tubuh.

3. Baik untuk Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Di dalam air kelapa hijau mengandung elektrolit yang cukup tinggi, kandungan elektrolit ini dapat berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dikerjakan setiap hari. Selain itu, di dalam air kelapa juga megandung potassium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan air yang ada dalam sel di dalam darah. Air kelapa sangat mudah diserap oleh tubuh, itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa air kelapa bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi.

4. Sumber Antioksidan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan selanjutnya yaitu diduga sangat baik untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, karena di dalam air kelapa mengandung sumber antioksidan yang cukup tinggi yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas. Manfaat antioksidan juga dapat mencegah resiko pembentukan sel kanker di dalam tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas yang dapat merusak sel baik di dalam tubuh.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Minum air kelapa juga sangat baik dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit kolesterol tinggi, karena di dalam air kelapa ini mengandung zat yang sangat efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

6. Baik untuk Menjaga Kesehatan dan Fungsi Jantung

Ada banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh yang terkandung di dalam air kelapa, salah satunya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung agar organ jantung dapat bekerja dengan optimal.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

7. Mengobati Alergi Pada Kulit

Alergi pada kulit salah satunya dapat di picu oleh karena adanya infeksi virus atau jamur. Namun dengan rutin minum air kelapa, alergi kulit yang anda alami akan segera sembuh, karena di dalam air kelapa mengandung zat yang bersifat sebagai anti virus, anti bakteri dan juga antu jamur.

8. Baik untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bagi anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, susah BAB dan gangguan pendernaan lainnya. Maka sebaiknya anda rutin minum air kelapa setiap hari, karena di dalam air kelapa mengandung zat yang mampu mengurai racun dalam tubuh dan mengurai kotoran di dalam usus. Dengan demikian, minum air kelapa sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan dan melancarkan buang air besar.

9. Meningkatkan Energi Tubuh

Bagi anda yang mempunyai banyak kegiatan, apalagi yang dapat menguras banyak energi dan stamina, maka anda dapat memanfaatkan air kelapa ini untuk dijadikan sebagai minuman untuk menambah snergi tubuh. Dengan minum air kelapa terbukti mampu menambah energi tubuh kita yang sangat dibutuhkan dalam menjalani aktivitas, air kelapa akan lebih baik diminum dicampur dengan madu.

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Menjaga Darah Tetap Stabil

Di dalam air kelapa juga mengandung magnesium dan kalium yang bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah di dalam tubuh tetap stabil, sehingga rutin minum air kelapa sangat baik dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

11. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

Kandungan Magnesium yang terkandung di dalam air kelapa juga bermanfaat untuk membantu mengobati sakit kepala dan migrain.

12. Mencukupi Kebutuhan Gizi Bagi Tubuh

Manfaat minum air kelapa sangat baik untuk mencukupi kebutuhan asupan gizi, sehingga air kelapa ini cocok di minum oleh anda yang merasa kekurangan asupan gizi agar mendapatkan tambahan gizi bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam air kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang sangat mudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga : Pengertian Gizi, Macam-macamnya, Fungsi, dan Contohnya

13. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan asam laurat yang terkandung di dalam air kelapa dapat bersifat sebagai antivirus dan antibakteri yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Maka dengan rutin minun air kelapa setiap hari, maka daya tahan tubuh akan tetap terjaga dan tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

14. Meningkatkan Stamina dan Vitalitas Kaum Pria

Hampir kebanyakan kaum pria adalah seorang perokok aktif dan bahkan berlebihan, kandungan nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat menjadi penyebab menurunnya vitalitas kaum pria. Untuk mengembalikan vitalitas pria dapat dilakukan dengan minum air kelapa, karena rutin minum air kelapa dapat membantu mengurangi jumlah nikotin yang mengendap dalam tubuh dan mengganggu kesuburan para kaum pria.

15. Baik untuk Menjaga Kesehatan dan Fungsi Organ Ginjal

Selain jantung, organ ginjal juga memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita, karena organ ginjal ini berfungsi untuk menyaring racun dan mengeluarkannya bersamaan dengan urin. Maka dari itu, pentinh sekali bagi kita untuk memperhatikan kesehatan ginjal, salah satunya dengan rutin minum air kelapa.

16. Mengatasi Rambut Rontok

Belum banyak orang yang tahu jika ternyata air kelapa bermanfaat untuk membantu mengatasi rambut rontok. Sebab, di dalam air kelapa terdapat kandungan asam amino, glukosa, fruktosa, sakarosa, sukrosa dan juga mineral yang sangat baik untuk membantu mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh ketombe.

Cara mengatasi rambut rontok dengan air kelapa sangat mudah, anda bisa menambahkan garam ke dalam air kelapa. Aduk hingga garam larut dan diamkan selama satu malam. Pada keesokan paginya anda bisa menggunakan air kelapa tersebut untuk membasuh rambut dan kulit kepala, lakukan pijatan lembut selama beberapa menit dan bungkus dengan shower cup atau handuk. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bias dengan air bersih dan keramas menggunakan shampo seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali semimggu.

17. Menurunkan Demam

Minum air kelapa juga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan demam, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Selain itu, minum air kelapa juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan kondisi tubuh setelah sakit.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh kita? Maka tak heran jika air kelapa sangat disarankan untuk rutin di minum setiap hari, karena air kelapa dapat menjadi minuman sehat sehari-hari.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

B. Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara umum, ternyata air kelapa juga bermanfaat sekali untuk ibu hamil. Penasaran, apa saja manfaar air kelapa untuk ibu hamil? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Bagi anda para ibu hamil, mungkin sebagian dari anda pernah mendengar bahwa minum air kelapa dapat membuat bayi yang dilahirkan memiliki kulit yang putih dan halus atau memiliki rambut lebat dan hitam.

Ungkapan tersebut ada yang menyebutnya mitos dan ada juga yang telah membuktikannya. Namun yang jelas, beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang kami paparkan dibawah ini bida dibuktikan dan sudah banyak yang membuktikanya. Apa sajakah itu? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil dan janin yag sudah terbukti, diantaranya yaitu :

1. Sumber Elektrolit dan Antioksidan

Sama seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang akibat gejala morning sickness yang kerap di alami oleh para ibu hamil. Selain itu, di dalam air kelapa juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Untuk ibu hamil, sebaiknya pilih air kelapa yang segar yang lansung dari buahnya atau pohonnya. Hindari minum air kelapa kemasan yang beredar di pasaran.

2. Mengatasi Kelelahan

Manfaat minum air kelapa juga sangat baik untuk membantu mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah lelah beraktivitas bagi ibu hamil, karena di dalam air kelapa mengandung garam alami seperti kalium, natrium dan juga klorida. Ketiga jenis kandungan tersebut sangat baik untuk mengembalikan stamina tubuh yang hilang pada tubuh ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Mencegah Terjadinya Infeksi pada Saluran Kemih

Keluhan lain yang sering kali di alamin oleh para ibu hamil salah satunya yaitu terjadinya infeksi pada saluran kemih atau saluran kencing, karena pada saat hamil akan ada perubahan hormonal dan juga perkembangan rahim yang dapat menekan saluran pada kandung kemih. Air kelapa sendiri yaitu sebagai diuretik alami yang dapat membuat para ibu hamil mudah dalam melakukan buang air kecil dan mencegah terjadinya infekai pada saluran kemih.

4. Mencegah Anemia

Ibu hamil juag kerap mengalami kekuranga darah, sehingga ibu hamil sering mengalami pusing, mudah lelah dan kurang bertenaga. Hal ini bisa terjadi akibat tubuh ibu hamil kurang mendapatkan suplai sel darah merah baru, sehingga membuat tekana darah dalam tubuh menjadi rendah. Salah satu alami untuk mengatasi anemia yang terjadi pada ibu hamil, maka ibu hamil dapat rutin minum air kelapa hijau secara rutin setiap hari.

5. Membantu Proses Pembentukan Tulang pada Janin

Rutin minum air kelapa saat hamil juga diduga sangat baik untuk membantu mempercepat proses pembentukan tulang.

Itulah beberapa manfaat air kalapa untuk ibu hamil dan janin, namun semua itu masih diperlukan penelitian untuk membuktikan tingkat efektivitas dan keamanannya bagi ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Demikian artikel tentang 22 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh. Semoga ulasan yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terutama bagi ibu hamil dan suami yang baru saja akan memiliiki anak. Cukup sekian dan salam sehat.