Manfaat Akar Alang alang untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Akar Alang alang untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh -- Manfaat Rebusan Akar Alang Alang / Ilalang / Lalang, Manfaat dan Khasiat Akar Alang alang untuk Pengobatan, Manfaat Akar Alang Alang untuk Pria & Wanita, Ciri-Ciri Tanaman Alang alang serta Khasiat dan Manfaatnya, Khasiat Medis Tanaman Akar Alang alang, Manfaat Akar Alang alang dan Cara Mengolahnya untuk Pengobatan


Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan -- Ada banyak sekali jenis tanaman obat yang bisa kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman obat memang sudah dimanfaatkan sejak dulu oleh masyarakat sebagai obat alami untuk mengobati beragai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Dari sekian banyak jenis tanaman obat, alang-alang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dicari dan terbukti sangat berkhaskiat.

Bagian dari tanaman alang-alang yang dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal yaitu bagian akarnya, akar alang-alang ini sudah sejak puluhan tahun lalu sudah digunakan sebagai obat tradisonal untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam akar alang-alang memiliki banyak kandungan zat dan senyawa penting yang berkhasiat.

Kandungan Zat Dan Senyawa Penting Di Dalam Akar Alang-Alang

Seudah sejak dulu akanr alang-alang ini dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan obat tradisoonal oleh masyarakat. Meski pada jaman dulu belum masyarakatnya belum mengetahui kandungan zat apa saja yag terdapat pada akar alang-alang, namun saat ini tumbuhan alang-alang sering dianggap sebagai hama bagi tanaman lainnya, sehingga para petani sering membasmi alang-alang atau memanfaatkannya sebagai pakan ternak.

Di dalam akar alang-alang mengandung beberapa kandungan zat ang sangat berkhasiat seperti glukosa, asam sitrat, asam malic, manitol, arundoin, esin, simiarenol, saponin, polifenol, alkali, coixol, silindrin, fernerol, anemonin, dan juga tannin. Dilihat dari berbagai kandungan senyawa yang ada dalam akar alang-alang, banyak para ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa akar alang-alang terbukti memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Penasaran, ingin tahu apa saja manfaat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Akar Alang alang untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat akar alang-alang yang perlu anda ketahui bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Mimisan

Biasanya, ketika ada seorang anak yang sedang mengalami mimisan biasanya para orang tua akan lengsung mengobatinya dengan mengambil daun siri untuk dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menghentikan darah yang keluar terus menerus dari hidung. Namun tahukah anda, ternyata mimisan tidak hanya dapat diobati dengan daun sirih saja, tetapi juga bisa dengan menggunakan akar alang-alang, karena kedua jenis tanaman obat tersebut memiliki khasat yang hampir sama.

Cara mengobati mimisan dengan akar alang-alang sangat mudah, anda cukup mempersiapkan akar alang-alang sebanyak 30 gram dan cuci sampai benar-benar bersih. Setelah itu, rebus akar alang-alang dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusannya hanya tersisa sekitar 2 gelas saja. Minum secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas saja untuk sekali minum, lalu 1 gelasnya lagi minum pada sore hari. Dalam beberapa waktu, darah yang keluar terus menerus akan segera berhenti setelah minum air rebusan akar alang-alang
.
2. Menyembuhkan Penyakit Kencing Nanah

Mengalami kencing nanah merupakan tanda jika telah terjadi infeksi pada kantung kemih ataupun organ ginjal, bahkan biasanya penyakit ini akan disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil. Salah satu cara alami untuk mengobatinya, anda bisa minum air rebusan akar alang-alang secara rutin dan teratur setiap hari sampai sembuh.

Cara membuat ramuan bat tradisional dari akar alang-alang untuk mengobati kecang nanah yaitu, siapkan dan bersihkan akar alang-alang sebanyak 300 gram. Setelah itu, potong kecil-kecil dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan biarkan sampai air rebusannya hanya tersisa 2 gelas saja. Angkat dan saring airnya, lalu minum selagi hangat 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.

3. Mengobati Penyakit Radang Ginjal

Terjadinya peradangan pada organ ginjal baik yang disebabkan olah karena batu ginjal atau sebab lain, maka jangan sepelekan penyakit ini. Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak buruk dan mempengaruhi fungsi organ ginjal dan juga dapat menyebabkan kondisi peradangan semakin parah.

Cara untuk mengatasi peradangan tersebut, siapkan akar alang-alang sebanyak 120 gram dan cuci sampai bersih, lalu potong kecil-kecil. Setelah itu, rebus potongan akar alang-alang dengan air sebanyak 2 gelas dan rebus hingga air rebusannya hanya tinggal tersisa 1 gelas saja. Selanjutnya, saring airnya dan biarkan sampai airnya cukup hangat. Minum air rebusan akar alang-alang tersebu sampai habis secara rutin dan teratur 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.

4. Mengobati Muntah Darah

Muntah darah kemungkinan bisa terjadi akibat adanya peradangan atau infeksi yang menyerang organ pencernaan, sehingga menyebabkan organ pencernaan mengalami pendarahan. Kondisi ini harus segera diatasi dan jangan biarkan peradangan atau infeksi yang terjadi semakin parah. Salah satu cara alami untuk mengatasi muntah darah ini yaitu, anda bisa minum air rebusan akar alang-alang segar secara rutin dan teratur setiap hari sampai sembuh.

5. Mengobati Kencing Darah

Tidak hanya berkhasiat untuk mengobati kencing nanah, ternyata minum air rebusan akar alang-alang juga diduga berkhasiat untuk mengobati penyakit yang menyebabkan air kencing mengeluarkan darah atau kencing darah. Sama halnya dengan penyebab dari kencing nana, penyakit kencing darah juga dapat disebabkan oleh karena terjadinya infeksi pada kantung kemih atau organ ginjal dalam tubuh. Untuk mengobatinya, anda bisa rutin dan teratur minum air rebusan akar alang-alang sampai sembuh.

6. Melancarkan Buang Air Kecil yang Tersendat

Masih tentang masalah buang air kecil, namun jika anda saat ini sedang mengalami buang air kecil yang tidak lancar atai tersendat-sendat. Maka besar kemungkinan jika kondisi tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada kantung kemih yang menyebabkan saluran kemih mengalami penyumbatan, sehingga buang air kecil menjadi tersendat-sendat. Kondisi ini memang sangat mengganggu sekali dan membuat tidak nyaman.

Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini, anda bisa rutin minum air rebusan akar alang-alang 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

7. Meredakan Panas Dalam

Manfaat akar alang-alang berikutnya yaitu dapat kita gunakan sebagai obat alami untuk membantu meredakan panas dalam, seperti yang kita tahu bahwa ternyata akar alang-alang dapat kita manfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat untuk membantu mengatasi masalah ini.

Cara meredakan panas dalam dengan akar alang-alang sangatlah mudah, yaitu siapkan akar alang-alang segar sebanyak 100 gram dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong-potong akar alang-alang berukuran kecil dan rebus dengan 2 gelas air. Rebus sampai mendidih dan biarkan air rebusannya hingga hanya tersisa sekitar 1 gelas saja, lalu saring dan biarkan sampai air rebusan akar alang-alang tersebut hangat. Jika perlu, anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu murni dan minum selagi hangat sampai habis.

8. Mengobati Diare

Akar alang-alang juga diduga dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan dan juga mengatasi berbagai gangguan yang menyerang pencernaan, salah satunya yaitu diduga berkhasiat untuk mengobati diare. 

Pengobatan diare dengan memanfaatkan obat tradisional dari akar alang-alang ini terbukti ampuh dan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya, karena di dalam akar alang-alang ini mengandung sejumlah zat yang bersifat sebagai anti bakteri yang ampuh untuk menghentikan diare denga cepat dan aman.

Cara mengobati diare dengan akar alang-alang sangatlah mudah, anda cukup membuat ramuan dengan merebus akar alang sebanyak 100 gram dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus sampai airnya mendidih dan tersisa 1 gelas saja, lalu saring dan biarkan sampai air rebusan akar alang-alang tersebut cukup hangat untuk diminum. Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai diare sembuh.

Selain dapat mengatasi diare, ternyata minum air rebusan akar alang-alang juga bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi akibat tubuh terlalu banyak kehilangan cairan.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Meskipun air rebusan akar alang-alang rasanya sedikit pahit, namun ternyata dibalik rasa pahitnya tersebut minum air rebusan akar alang-alang ini sangat baik diminum oleh mereka yang sedang menderita penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan, di dalam akar alang-alang mengandung sejumlah zat dan nutrisi penting yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika anda tidak kuat dengan rasa pahit pada air rebusan akar alang-alang ini, anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih nikmat.

Cara menurunkan darah tinggi dengan akar alang-alang, anda cukup minum air rebusan akar alang-alang sebanyak 1 gelas dua kali sehari.

10. Mengobati Radang Organ Hati

Sebaiknya anda tidak boleh meremehkan peradangan pada organ hati, karena penyakit ini termasuk jenis penyakit yang serius dan harus segera diobati agar kondisinya tidak bertambah parah dan bisa segera sembuh. Caranya, anda bisa minum air rebusan akar alang-alang sebanyak 1 gelas sekali minum dan minum secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.

11. Mengatasi Masalah Keputihan

Masalah keputihan memang kerap di alami oleh para kaum wanita, kondisi ini akan membuat para kaum wanita yang mengalaminya merasa terganggu, tidak nyaman dan timbul rasa kurang percaya diri. 

Namun jangan khawatir, masalah keputihan ternyata dapat diatasi dengan mudah dengan cara alami. Anda bisa rutin minum air rebusan akar alang-alang secara rutin dan teratur setiap hari, dalam 2-3 hari anda sudah dapat merasakan hasilnya. Selain ampuh untuk menghilangkan keputihan, ternyata minum air rebusan akar alang-alang dapat membuat organ kewanitaan anda menjadi lebih sehat dan kesat.

12. Mengobati Penyakit Batu Empedu

Kemunculan endapat berbentuk seperti batu ternyata tidak hanya dapat terjadi pada organ ginjal dan juga kantung kemih saja, tetapi juga dapat muncul pada kantung empedu yang kemudian dapat menyebabkan saluran empedu menjadi tersumbat. Kondisi demikian dapat menyebabkan metabolisme lemak dalam tubuh menjadi terganggu dan kerja pada sistem pencernaan pun akan ikut terganggu. 

Maka salah satu cara mengatasinya, anda bisa melakukan cara alami dengan memanfaatkan akar alang-alang sebagai obat tradisonal yang sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit batu empedu.

Caranya cukup dengan minum air rebusan akar alang-alang secara rutin dan teratur 2 kali sehari, lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batu empedu hancur dan kantung empedu kembali sehat dan dapat bekerja dengan optimal.

13. Menguatkan Otot-Otot Syaraf yang Lemah

Otot syaraf pada tubuh seseorang bisa melemah akibat dari berbagai faktor, jika kondisi ini tidak segera diatas dapat berdampak pada gangguan fungsi syaraf yang terjadi secara permanen dan sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, kondisi kesehatan ini harus segera disembuhkan dan salah satu cara mengatasinya yaitu dengan rutin minum air rebusan akar alang-alang pada pagi dan sore hari sebanyak 1 gelas sekali minum.

14. Mengobati Radang Paru-Paru

Radang paru-paru dapat disebabkan oleh karena masuknya berbagai zat kimia berbahaya seperti asap rokok dan zat-zat polutan lainnya, kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada pernafasan dan menyebabkan rasa nyeri pada dada saat menarik nafas dalam-dalam.

Peradangan yang terjadi pada organ paru-paru juga dapat diatasi dengan rutin minum air rebusan akar alang-alang, karena kandungan zat dan senyawa yang ada pada akar alang-alang bersifat anti peradangan, sehingga akar tanaman obat ini sangat berkhasiat untuk mencegah dan meredakan peradangan yang terjadi pada organ paru-paru.

15. Mengatasi Pembengkakan pada Prostat

Kaum pria sangat rentan mengalami gangguan pada prostat, sehingga dapat menyebabkan gangguan dan juga pembesaran pada kelenjar prostat. Kondisi ini sering menyebabkan para kaum pria mengalami kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar dan juga dapat menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil. Cara alami untuk mencegah dan mengatasinya yaitu, anda cukup rutin minum air rebusan akar alang-alang setiap hari 2 kali sehari. Secara berangsur-angsur pembengkakan yang terjadi akan mengecil dan sembuh.

16. Meredakan Gejala Asma

Selain dapat mengobati peradangan pada organ paru-paru, rutin minum air rebusan akar alang-alang juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan meredakan gejala penyakit asma. Maka bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma, dengan rutin minum air rebusan akar alang-alang gejala kambuhnya asma akan lebih jarang.

17. Menurunkan Demam

Manfaat akar alang-alang juga ternyata dipercaya sangat ampuh untuk membantu menurunkan deman tubuh dengan cepat dan aman tanpa efek samping, sehingga air rebusan akar alang-alang ini juga sangat bermanfaat untuk menurunkan deman baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

18. Mencegah dan Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat minum air rebusan akar alang-alang secara rutin diyakini mampu mencegah atau bahkan menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat berakibat pada resiko penyakit jantung dan juga stroke. Maka, bagi anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, anda bisa rutin minum 1 gelas air rebusan akar alang-alang 2 kali sehari.

19. Baik untuk Penderita Diebetes

Dibalik rasa pahit pada air rebusan akar alang-alang menandakan sangat rendahnya kadar gula pada akar tanaman obat tersebut, sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetas. Dengan rutin minum air rebusan akar alang-alang, kadar gula darah akan tetap stabil dan mencegahnya agar tidak mengalami kenaikan secara signifikan.

20. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan ditakuti oleh banyak orang, hingga saat ini masih belum ada obat yang benar-benar mampu membasmi kanker secara efektif apalagi jika tingkat keparahannya sudah stadium akhir. 

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita mencegah kemunculan dari penyakit ini, salah satu cara mencegah kanker bisa dilakukan dengan rutin minum air rebusan akar alang-alang. Hal ini dikarenakan, di dalam akar alang-alang mengandung sejumlah zat yang berperan penting sebagai antioksidan dan anti kanker.

Demikianlah sedikit ulasan kesehatan yang dapat kami paparkan kepada anda semua mengenai Manfaat Akar Alang alang untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca disini.