19 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan

19 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kecantikan - Untuk Kulit - Untuk Wajah, Review Masker Anggur, Manfaat Buah Anggur untuk Pengobatan, Macam-macam Buah Anggur dan Manfaatnya, Manfaat Buah Anggur Merah - Hitam - Hijau - Ungu.


Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Anggur adalah jenis buah yang sudah sangat terkenal dan fenomenal keberadaannya di Indonesia. Ada beberapa jenis buah anggur yang bisa kita temui mulai dari anggur merah, aggur hijau dan anggur ungu. Warna-warnanya yang cantik membuat buah ini sangat cocok dijadikan sebagai buah meja, terutama untuk hidangan makanan penutup yang biasa disajikan diatas meja makan.

Tanaman buah anggur sendiri banyak tumbuh subur di daerah yang memiliki suhu udara yang cukup dingin, pohon buahnya merambat dan diperlukan perawatan secara khusus agar dapat menghasilkan buah yang lebat dan buah yang dihasilkannya berukuran besar. Rasa dari buah anggur sendiri ada rasa manis dan asam, sehingga terasa menyegarkan dan cocok dijadikan buah pencuci mulut.

Disamping rasa buahnya yang manis dan menyegarkan, ternyata di dalam buah anggur mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Maka pantas apabila buah anggur ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam informasi kali ini, secara umum kami akan membahas berbagai manfaat dari semua jenis buah anggur, karena pada dasarnya semua jenis anggur mengandung nutrisi dan manfaat yang sama.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Anggur

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah anggur, beberapa kandungan nutrisi yang paling banyak terkandung di dalam buah anggur yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, potassium, magnesium, kalium, fosfor, zat besi dan beberapa kandungan zat penting seperti antioksidan yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh.

Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah anggur sangat bermanfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan, mencegah berbagai jenis penyakit dan juga baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan kulit, rambut dan perawatan kecantikan lainnya.

Bagi anda yang penasaran, ingin mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari buah bulat berukuran kecil ini, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah anggur untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Dibalik rasa dari buah anggur yang manis dan menyegarkan, ternyata buah anggur memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, di dalam buah anggur mengandung zat fenol yang bersifat sebagai senyawa antioksidan yang kuat, sehingga organ jantung akan senantiasa terlindungi dan dapat berfungsi secara optimal.

Di dalam buah anggur juga mengandung suatu jenis zat yang bernama restevanol yang dapat mencegah terjadinya penumbatan pada pembuluh darah yang menuju jantung. Selain itu, buah anggur juga mengandung zat saponin yang berfungsi untuk menghambat proses penyerapan kadar kolesterol dalam darah, dimana kolesterol tinggi sering menjadi pemicu dari penyakit jantung.

2. Mengatasi Insomnia

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Italia menjelaskan bahwa, di dalam buah anggur mengandung zat bernama melatonin yang berfungsi untuk mengatur jam waktu tidur di dalam otak. Maka bagi anda yang sering mengalami kesulitan untuk dapat tidur nyenyak di malam hari, sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah anggur.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah anggur juga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, karena buah anggur memiliki kandungan kalium yang cukup untuk membantu mengendalikan dan bahkan menurunkan tekanan darah yang terlampau tinggi. Seperti yang kita tahu jika tekanan darah dalam tubuh terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan resiko untuk terkena penyakit-penyakit yang serius seperti penyakit jantung, stroke, pecah pembuluh darah dan bahkan menyebabkan kematian.

Selain itu, di dalam buah anggur juga mengandung serat alami yang sangat bermanfaat untuk membantu membersihkan pembuluh darah dari tumpukan lemak dan juga kadar kolesterol, sehingga peredarah darah menuju ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar.

4. Mencegah Pembentukan dan Perkembangan Sel Kanker

Manfaat buah anggur berikutnya yang penting untuk anda semua ketahui bahwa mengkonsumsi buah anggur secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah pembentukan dan sekaligus menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Sebab, di dalam buah anggur terdapat kandungan senyawa antioksidan, asam elagik, petrostilbene, acustimissin, dan juga restevarol yang sudah sangat terpercaya mampu menghambat pembentukan dan perkembangan sel-sel abnormal yang ada dalam tubuh dan berpotensi menjadi kanker.

5. Mencegah Diabetes

Buah anggur juga ternyata menjadi salah satu jenis buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit diabetes. Meski buah anggur ini memiliki rasa manis, tetapi rasa manis dari buah anggur ini dihasilkan dari kandungan gula alami yang sangat baik dan tidak berbahaya bagi tubuh. Bahkan di dalam buah anggur mengandung mangan yang berkhasiat untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

6. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Kandungan gula alami yang terkandung di dalam buah anggur ini sangat berperan penting dalam menjaga sumber energi dalam tubuh tetap tersedia dalam jumlah cukup, sehingga tubuh tidak akan mudah lelah meski anda memiliki aktivitas pekerjaan yang cukup pada setiap harinya. Untuk menjaga tubuh tetap segar dan bertenaga sepanjang hari, usahakan agar anda rutin mengkonsumsi buah anggur segar sebanyak 1 ons saja sebelum memulai aktivitas.

7. Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

Selain bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap segar dan berenergi, mengkonsumsi buah anggur juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan vitalitas bagi para kaum pria dewasa dalam melakukan aktivitas hubungan intim bersama pasangannya (isteri). Hal ini dikarenakan, di dalam buah anggur mengandung zat yang bersifat afrodisiak yang terbukti efektif untuk meningkatkan gairah dan stamina saat melakukan aktivitas hubungan intim dengan pasangan. Dengan demikian, hubungan anda dengan pasangan akan semaki erat dan harmonis.

8. Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah anggur lainnya dipercaya dapat membantu mencegah terkena penyakit osteoporosis atau yang disebut dengan pengeroposan tulang. Sebab, di dalam buah anggur mengandung boron yang berfungsi untuk memperkuat tulang. Jadi, jangan ragu makan anggur dari sekarang sebelum penyakit osteoporosis menyerang dan mengganggu aktivitas pergerakan anda.

9. Mengobati Migraine

Apakah saat ini anda sering terserang sakit kepala sebelah yang tidak tertahankan? Mungkin anda termasuk orang yang terkena sakit migrain, salah satu cara mengobati migrain secara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah anggur. Caranya sangat mudah dan sederhana sekali, anda hanya cukup rutin minum jus buah anggur tanpa gula secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari. Setelah anda rutin minum jus anggur, sakit kepala sebelah atau migrain akan berangsur-angsur sembuh.

10. Membersihkan Darah

Kondisi darah di dalam tubuh sangat berdampak pada kondisi kesehatan organ dalam tubuh, sehingga menjaga kesehatan dan kebersihan darah sangat penting untuk diperhatikan. Cara membersihkan darah bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan rutin mengkonsumsi buah anggur, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk membersihkan darah secara alami.

B. Manfaat Buah Anggur untuk Kecantikan

Tidak hanya berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan saja, ternyata buah anggur juga sangat baik untuk dimanfaatkan dalam melakukan perawatan kecantikan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Memutihkan Gigi

Memiliki gigi bersih dan putih cemerlang memang menjadi dambaan setiap orang, terutama bagi kaum wanita. Salah satu cara alami untuk memutihkan gigi bisa anda lakukan dengan memanfaatkan buah anggur, karena di dalam buah anggur mengandung asam malat yang dapat secara alami menjadikan warna gigi yang asalnya kuning dan kusam menjadi putih cemerlang.

Caranya cukup dengan menggosok-gosokan bagian dalam buah anggur ini pada gigi dan mengunyahnya. Lakukan cara memutihkan gigi secara alami ini secara rutin setiap hari sampai warna gigi menjadi putih cemerlang sesuai harapan.

2. Merawat Kuku agar Terlihat Cantik dan Menarik

Tahukah anda, buah anggur juga bisa digunakan sebagai bahan alami pembuatan scrub alami untuk merawat kuku, sehingga kuku akan terlihat lebih bersih terawat dan cantik. Cara merawat kuku dengan buah anggur sangatlah mudah, haluskan beberapa buah anggur dan tambahkan sedikit gula pasir. Aduk semua bahan. Lalu oleskan pada kuku dan gosok-gosok selama beberapa menit, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali, setelah itu anda bisa lihat hasilnya.

3. Menghilangkan Kerut di Wajah

Munculnya kerutan di wajah memang kerap sekali menjadi masalah bagi banyak kalangan, karena munculnya kerutan di wajah dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kerutan yang terjadi pada kulit wajah termasuk salah satu tanda penuaan kulit, namun terkadang kerutan di wajah pun bisa muncul pada orang yang berusia masih muda dan masalah ini sering disebut dengan tanda penuaan dini.

Untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini atau untuk menghambat proses penuaan, anda bisa mencoba melakukan perawatan kulit menggunakan buah anggur. Hal ini dikarenakan, di dalam buah anggur mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk kulit, salah satu manfaatnya yaitu dapat mencegah kerutan di wajah. Caranya yaitu, cukup dengan menghaluskan buah anggur secukupnya saja, lalu oleskan secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 15-30 menit kemudian bersihkan. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan alami ini secara rutin minimal 1 kali seminggu.

4. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Bagi anda yang mempunyai masalah kulit kusam, anda bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah secara alami cukup hanya dengan melakukan perawatan menggunakan masker yang terbuat dari buah anggur. Di dalam buah anggur mengandung vitamin C yang cukup tinggi, vitamin ini ampuh mengangkat tumpukan sel kulit mati secara menyeluruh.

Seperti yang kita tahu bahwa kulit wajah kusam salah satunya disebabkan oleh sel kulit mati yang terlalu menumpuk, sehingga dengan melakukan perawatan wajah menggunakan masker anggur ini kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih dan cerah. Selain dapat mencerahkan kulit wajah, ternyata manfaat melakukan perawatan ini juga dapat membantu menyamarkan noda hitam dan flek hitam di wajah.

5. Mengatasi Kulit Kering dan Kasar

Masalah kulit kering dan kasar memang menjadi masalah yang sering di alami oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Kondisi seperti ini tentu tidak bisa kita biarkan saja, karena kulit wajah yang kering dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan juga penampilan yang kurang menarik serta terasa sangat kasar.

Manfaat buah anggur juga ternyata sangat efektif untuk membantu mengembalikan kelembaban alami kulit wajah, sehingga kulit wajah yang kering bisa diatasi dengan rutin melakukan perawatan menggunakan masker buah anggur. 

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya tambahkan sedikit minyak zaitun pada masker buang anggur yang anda buat. Gunakan masker wajah ini secara merata pada kulit wajah, lalu diamkan selama 15-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur, dalam waktu satu minggu anda sudah bisa melihat hasilnya.

6. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah anggur untuk kecantikan berikutnya yaitu terbukti ampuh untuk mencegah dan meghilangkan jerawat dengan cepat, karena di dalam buah anggur mengandung vitamin C dan juga zat yang bersifat anti bakterial yang sangat ampuh membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Untuk mendapatkan hasil optimal, anda bisa mencapurkan masker buah anggur dengan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Gunakan masker wajah tersebut secara rutin dan teratur setiap malam bagi yang berjerawat cukup parah, namun untuk yang masih belum terlalu parah dan untuk mencegah agar tidak muncul jerawat bisa dilakukan minimal 2 kali seminggu.

7. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Pengaruh terkena sinar UV atau sinar matahari terlalu lama di siang hari memang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, karena dapat merusak sel-sel kulit, lapisan epidermis kulit dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kanker kulit.

Maka salah satu cara untuk melindungi kulit dari ancaman tersebut terutama bagi anda yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan, sebaiknya lindungi kulit anda dengan rutin mengkonsumsi buah anggur. Manfaat buah anggur juga ternyata sangat efektif untuk menangkal efek buruk dari sinar UV dari dalam, namun untuk hasil optimal sebaiknya gunakan juga sunblock sebagai perlindungan kulit dari luar.

8. Mengurangi Minyak Berlebih pada Kulit Wajah

Rutin mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah cukup sangat bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah, karena di dalam buah anggur sendiri memiliki kandungan asam yang mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang berukuran besar secara alami. Sebab, pori-pori kulit yang besar menjadi salah satu penyebab utama dari produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Maka untuk meminimalisir keluarnya minyak berlebih, anda bisa rutin melakukan perawatan menggunakan masker buah anggur. Di samping itu, untuk mendapatkan hasil optimal sebaiknya anda juga rutin mengkonsumsi buah anggur atau jus anggur 2 kali sehari.

9. Menghilangkan Komedo Membandel

Selain bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah, melakukan perawatan dan mengkonsumsi buah anggur secara rutin juga dapat bermanfaat untuk membantu menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah. Komedo sendiri kemunculannya disebabkan oleh karena adanya kotoran seperti sisa make up dan debu dari polusi udara yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Maka dengan rutin melakukan perawatan wajah menggunakan masker buah anggur ini kotoran pada pori-pori pada kulit wajah akan terangkat dengan maksimal, sehingga komedo pun akan berangsur-angsur berkurang dan hilang.

Itulah tadi sajian informasi yang dapat kami sampaikan seputar 19 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga anda semua dapat memetik manfaat dari informasi ini, baik manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Silahkan berbagi info ini pada teman lainnya. Ayo like juga halaman fb blog ini. Dan jangan lupa baca juga artikel lainnya yang  ada di blog ini. Selamat mencoba dan semoga selalu sehat. Hidup sehat terasa bahagia.