15 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

15 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Belimbing Wuluh, Bahaya Buah Belimbing, Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing Untuk Diet Kesehatan - Untuk Ibu Hamil - Untuk Darah Tinggi - Untuk Pengobatan Kolesterol, Khasiat dan Manfaat Belimbing Bagi Pria & Wanita.


Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Buah belimbing (Averrhoa carambola) sangat populer di Indonesia sebagai buah yang memiliki rasa khas dan menyegarkan. Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah belimbing ini, terutama untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki bentuk buah mirip seperti bintang dan berwarna kuning keemasan. Saat dikonsumsi, buah ini tidak perlu dikupas terlebih dahulu karena buah ini dapat dikonsumsi secara langsung bersama dengan kulit buahnya. Anda cukup mencuci buah ini dan kemudian memotongnya sesuai selera, atau anda bisa juga dijadikan buah belimbing ini sebagai bahan membuat acar, salad ataupun jus.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah belimbing, sehingga sangat penting sekali bagi anda semua untuk mengetahui beragam kandungan nutrisi yang  ada dalam buah belimbing serta manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan Gizi /  Nutrisi Buah Belimbing

Sebelum kami mengulas tentang beragam manfaat buah belimbing ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu beragam kandungan nutrisi penting yang terkandung di dalam buah berbentuk unik ini. Karena di dalam buah belimbing sendri ada kandungan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan, bahkan ada pula sejumlah kandungan zat yang harus di waspadai karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita seperti misalnya kandungan asam oksalat dan karamboxin.

Zat asam oksalat adalah sejenis zat yang bersifat racun yang cukup berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh, karena ketika mengkonsumsi buah belimbing ini dalam jumlah yang terlalu berlebihan, maka zat tersebut akan menumpuk di dalam tubuh yang menyebabkan kerja organ ginjal menjadi terganggu.

Jika buah belimbing ini dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit ginjal, maka tubuh mereka akan mengalami keracunan yang menyebabkan penderita gagal ginjal mengalami cegukan, gangguan kesadaran, gangguan mental dan juga muntah-muntah.

Buah belimbing adalah salah satu jenis buah tropis yang rendah kalori, di dalam setiap 100 gram buah belimbing hanya mengandung sekitar 31 kalori saja, dimana jumlah kadar kalori tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis buah-buahan tropis lainnya. Meski demikian, di dalam buah belimbing juga kaya akan kandungan nutrisi penting yang sangat baik serta diperlukan oleh tubuh kita mulai dari vitamin, mineral dan juga antioksidan yang terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Di dalam setiap 100 gram buah belimbing segar mengandung Kalori sekitar 31 Kcal (1.5%), Karbohidrat sekitar 6.73 gram (5%), Protein sekitar 1.04 gram (2%). Lemak sekitar 0.33 gram (1%), Serat sekitar 2.80 gram (7%) Vitamin Folat sekitar 12 µg (3%), Niacin sekitar 0.367 mg (2.25%), Pyridoxine sekitar 0.017 mg (1.5%), Riboflavin sekitar 0.016 mg (1.25%), Thiamin sekitar 0.014 mg (1%), Vitamin A sekitar 61 IU (2%), Vitamin C sekitar 34.4 mg (57%), Vitamin E sekitar 0.15 mg (1%), Kalium sekitar 133 mg (3%), Mineral Kalsium sekitar 3 mg (0.3%), Zat besi sekitar 0.08 mg (1%), Magnesium sekitar 10 mg (2%), Fosfor sekitar 12 mg (2%) dan Seng sekitar 0.12 mg (1%).

Beragam Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah belimbing untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Bermanfaat Menjaga Sistem Pencernaan

Kesehatan dan fungsi sistem pencernaan akan tetap terjaga dengan baik jika kita senantiasa untuk selalu memenuhi asupan serat dalam jumlah cukup setiap harinya, untuk mendapatkan asupan serat cukup anda bisa mengkonsumsi buah belimbing atau jus belimbing, karena di dalam buah belimbing ini terkenal akan kandungan serat nya yang cukup tinggi.

Manfaat serat sendiri tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh, tetapi juga sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Beberapa jenis gangguan pencernaan yang dapat diobati dengan mengkonsumsi atau minum jus buah belimbing yaitu seperti disentri, diare, sembelit dan susah buah air besar. Maka bagi anda yang ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar, rutinlah mengkonsumsi buah belimbing dalam jumlah cukup.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, sehingga penyakit ini sangat ditakuti oleh semua orang. Sebab, penyakit kanker sangat sulit untuk disembuhkan sehingga banyak orang yang meninggal dunia akibat menderita penyakit kanker. Untungnya, penyakit ini masih dapat dicegah dengan dan bahkan jika stadiumnya masih tahap awal masih dapat diatasi.

Untuk mencegah penyakit kanker, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kanker ini yaitu dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah belimbing secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah belimbing mengandung vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Menurut beberapa penjelasan dari para ahli mengatakan jika kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah belimbing sangat efektif untuk mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh, serta menghentikan perkembangannya. Vitamin C yang terkandung di dalam buah belimbing hamoir setara dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk, sehingga anda tidak perlu ragu lagu jika ternyata buah belimbing ini sangat ampu mencegah kanker.

3. Sumber Antioksidan Tinggi

Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan alami yang terkandung di dalam buah belimbing, tetapi di dalam buah belimbing juga mengandung senyawa antioksidan jenis lainnya yang juga sangat baik dan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa jenis antioksidan lain yang tersimpan di dalam buah belimbing diantaranya seperti flavonoid, epicatechin, quercetin, polifenol dan juga asam galat.

Beberapa jenis kandungan antioksidan yang bisa kita temukan dalam buah belimbing ini tidak hanya ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya saja, tetapi juga sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

4. Mampu Meningkatkan Kerja Enzim dalam Tubuh

Buah belimbing juga ternyata sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kerja dari enzim, karena di dalam buah belimbing mengandung sejumlah vitamin yang dikelompokan dalam vitamin B kompleks yang cukup lengkap.

Beberapa kandungan vitamin B yang tersedia dalam buah belimbing ini diantaranya seperti asam folat, riboflavin, piridoksin dan masih ada kandungan vitamin B kompleks lainnya yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah belimbing segar setiap hari.

Apabila dikonsumsi secara bersamaan, berbagai jenis kandungan vitamin B kompleks tersebut sangat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kerja dari enzim di dalam tubuh, terutama untuk jenis enzim yang berkaitan dengan sistem metabolisme dalam tubuh.

5. Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Penyakit hipertensi atau darah tinggi akan muncul akibat terlalu banyaknya asupan sodium ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan asupan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah mengalami penurunan.

Untuk meningkatkan kembali asupan kalium dalam tubuh, maka salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin setiap hari dalam jumlah cukup. Sebab, di dalam buah unik ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi Gangguan Ginjal

Batu ginjal dan gagal ginjal adalah jenis penyakit yang sangat serius dan berbahaya bagi tubuh yang menderitanya, karena penyakit ini dapat menyebabkan organ ginjal dalam tubuh tidak mampu bekerja dengan baik dan optimal untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan tentunya akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Namun berdasarkan hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan asam oksalat yang terdapat di dalam buah belimbing ini sangat tinggi, segingga dapat membantu mengatasi gangguan yang terjadi pada organ ginjal.

Selain itu, manfaat buah belimbing juga dapat membantu kerja organ ginjal seperti melarutkan kotoran yang menumpuk, mencegah oksidasi yang bersifat negatif, melakukan perawatan nefron ginjal dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah belimbing ini untuk kesehatan ginjal.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kadar kolesterol dalam tubuh pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Seperti namanya, kolesterol baik tentunya memiliki peranan sangat penting bagi tubuh, sedangkan kolesterol jahat perannya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, apabila kadar kolesterol jahat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kolesterol baik, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan dapat beresiko memicu munculnya penyakit serius seperti penyakit jantung dan terserang stroke.

8. Mengatasi Peradangan

Apabila tubuh rentan mengalami peradangan, seperti terkena penyakit asam urat, rematik dan jenis peradangan lainnya. Maka untuk mengatasinya, anda dapat rutin mengkonsumsi buah belimbing secara rutin setiap hari.

Hal ini dikarenakan, buah belimbing terbukti berkhasiat untuk mengatasi peradangan tersebut. Bahkan menurut beberapa para ahli menjelaskan bahwa, di dalam buah belimbing mengandung zat anti-inflamasi yang sangat berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan yang terjadi.

9. Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel, buah belimbing juga ternyata mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A sangat baik dan dibutuhkan oleh mata, sehingga kesehatan dan daya penglihatan mata akan tetap terjaga dengan baik.

Maka dari itu, manfaat mengkonsumsi buah belimbing sangat yakini mampu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan mata seperti mencegah mata rabun, katarak dan degenerasi makula.

10. Meningkatkan Vitalitas Kaum Pria

Bagi para suami yang sedang mengalami masalah dengan vitalitas yang menurun dalam berhubungan, maka salah satu solusinya yaitu dengan rutin minum jus buah belimbing setiap hari. Sebab, di dalam buah belimbing ini mengandung nutrisi dan zat-zat penting yang mampu membangkitkan kembali stamina dan vitalitas kaum pria dewasa.

Sebenarnya tidak hanya baik untuk kaum pria, mengkonsumsi buah belimbing juga dapat meningkatkan gairah kaum wanita dalam melakukan hubungan suami isteri, sehingga dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah belimbing dapat membuat hubungan intim bersama pasangan menjadi lebih romantis.

B. Manfaat Buah Belimbing untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, ternyata buah belimbing juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dan juga rambut. Untuk informasi lebih jelasnya, anda bisa simak ulasannya dibawah berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Munculnya penuaan dini pada kulit maupun rambut tentu akan sangat berpengaruh terhadap kecantikan, karena tanda penuaan pada kulit wajah dapat ditandai dengan munculnya kerutan, kusam, flak hitam dan garis-garis halus halus. Sedangkan tanda penuaan dini yang muncul pada rambut yaitu dapat ditandai dengan munculnya uban, rambut rontok dan masih banyak tanda-tanda penuaan lainnya.

Untuk mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini tersebut, salah satu cara alami yang efektif yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan masker belimbing yang bisa kita buat sendiri dirumah. Hal ini dikarenakan, di dalam buah belimbing memiliki kandungan nutrisi penting seperti vitamin C dan juga vitamin E yang dapat berperan penting sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang akan membantu dalam melawan radikal bebas, karena penyebab utama dari munculnya tanda-tanda penuaan dini tersebut yaitu disebabkan oleh radikal bebas.

2. Dapat Melebatkan Rambut Secara Alami

Manfaat buah belimbing berikutnya yaitu terbukti efektif untuk membuat rambut tumbuh lebih lebat, karena di dalam buah belimbing mengandung vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut baru menjadi lebih cepat dan membuat rambut terlihat lebih lebat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka anda bisa memanfaatkan buah belimbing untuk dijadikan sebagai masker rambut. Gunakan masker rambut ini secara rutin dan teratur 2 kali dalam seminggu, dalam beberapa minggu rambut anda akan terlihat lebih sehat dan tumbuh lebat.

3. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak berlebih pada kulit wajah akan menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit seperti kulit wajah menjadi kusam, muncul komedo, berjerawat dan kulit terasa kasar akibat tumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit wajah. Untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih, maka anda bisa memanfaatkan buah belimbing ini untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan masker wajah alami.

Kandunga vitamin C yang yang cukup tinggi dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit wajah, sehingga dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah berminyak menggunakan masker belimbing ini, kulit wajah akan terlihat lebih bersih, cerah dan bebas kilap. Selain itu, rutin melakukan perawatan alami ini dapat membuat kulit wajah bebas jerawat dan komedo.

4. Dapat Menghaluskan Kulit

Di dalam buah belimbing mengandung zat asam oksalat yang sangat efektif untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit wajah. Inilah yang menjadi penyebab utama dari kulit kering dan kasar, cara untuk mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker belimbing ini secara rutin dan teratur. Selain itu, buah belimbing juga kaya akan kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit wajah.

5. Menghilangkan Bekas Luka

Bagi anda yang tidak merasa percaya diri dengan adanya bekas luka pada bagian kulit tubuh, maka jangan khawatir karena untuk menghilangkannya sangatlah mudah. Anda bisa memanfaatkan buah belimbing untuk menghilangkan bekas luka tersebut, karena buah belimbing kaya akan vitamin C yang mampu secara optimal melakukan regenerasi sel kulit mati pada bagain kulit yang terdapat bekas luka tersebut.

Itulah tadi pembahasan kita kali ini mengenai 15 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat kepada para pembaca semua.

Dengan membaca, maka wawasan kita akan semakin bertambah. Ayo baca juga artikel kesehatan lainnya di blog ini. Jangan lupa sharing artikel dan like halaman fb blog ini. Terima kasih dan salam sehat.