15 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, serta Efek Sampingnya

15 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, serta Efek Sampingnya -- Khasiat dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, Manfaat Durian Untuk Wajah - Untuk Diet, Khasiat Buah Durian yntuk uria & Wanita, Efek Samping Buah Durian, Bahaya buah Durian, Manfaat Biji Durian, Manfaat dan Efek Samping Durian.


Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, serta Efek Sampingnya -- Buah durian merupakan jenis buah berduri yang memiliki cira rasa dan aroma yang sangat khas.  Tidak sedikit orang yang menyukai bauh ini, karena rasa buahnya yang manis dan tekstur daging buahnya yang sangat lembut dimulut.

Namun tahukah anda, ternyata buah ini tidak hanya memiliki rasa yang nikmat tetapi juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Meskipun buah ini teras nikmat dan memiliki aroma yang khas, namun anda jangan sampai mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang berlebihan. Sebab, di dalam buah durian mengandung zat yang dapat meimbulkan efek samping yang tidak bisa dianggap sepele.

Bagi orang yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi dan juga ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah berduri ini, karena efek samping yang mungkin ditimbulkan akan sangat berbahaya. Pada akhir artikel ini akan kami bahas mengenai bahaya buah durian untuk ibu hamil yang penting untuk anda ketahui.

Tetapi bagi anda yang tidak memiliki masalah dengan kesehatan, buah durian justru memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, buah durian juga bermanfaat untuk merawat kecantikan. Sebab, di dalam buah durian mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit.

Kandungan Gizi / Nutrisi di dalam Buah Durian

Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah durian, diantaranya seperti vitamin B, vitamin C, protein, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan 6 serta memiliki kandungan zat antioksidan yang memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Dengan kandungan gizi / nutrisi yang terdapat pada buah durian, tentunya buah durian memiliki banyak sekali khasiat dan manfaatnya bagi kita, lalu apa saja khasiat dan manfaatnya tersebut? Mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ragam Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, serta Efek Sampingnya

A. Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Berdasarkan Kandungannya

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah durian dalam jumlah wajar bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mengandung Lemak dan Kalori

Bagi anda yang memiliki berat badan rendah atau bertubuh kurus, mengkonsumsi buah durian sangat cocok untuk anda. Namun bagi anda yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya anda membatasi konsumsi buah durian ini, karena di dalam buah ini mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi.

Di dalam setiap satu cangkir buah durian mengandung kalori dalam jumlah 357 kal dan mengandung lemak jenuh dalam jumlah 13 gram. Jadi, sebaiknya anda membatasi mengkonsumsi buah ini untuk mencegah peningkatan berat badan secara signifikan.

2. Sumber Karbohidrat

Manfaat buah durian berikutnya yang perlu anda ketahui bahwa di dalam buah durian mengandung karbohidrat dalam jumlah cukup tinggi, dengan mengkonsumsi satu cangkir buah durian sudah dapat memenuhi setengah dari total kebutuhan karbohidrat harian tubuh anda.

Pada setiap satu cangkir buah durian mengandung 130 gram karbohidrat, sehingga bagi anda yang sedang menjalani program diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan agar mencegah mengkonsumsi buah durian dalam jumlah berlebihan.

3. Mengandung Protein Tinggi

Buah durian termasuk jenis buah yang kaya akan kandungan protein, di dalam setiap satu cangkir buah durian mengandung 3,6 gram protein. Itu artinya, mengkonsumsi satu cangkir buah durian sudah dapat memenuhi sekitar 6,4% dari jumlah kebutuhan protein harian tubuh anda.

Bahkan menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh “American Journal of Gastroenterology” menjelaskan bahwa protein yang ada dalam daging dan juga ikan terkadang dapat menyebabkan seseorang terkena sindrome iritasi susu besar. Maka dengan mencukupi kebutuhan protein yang didapatkan dari sayuran dan buah termasuk buah durian ternyata jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh.

4. Mengandung Vitamin dan Mineral

Di dalam buah durian juga mengandung vitamin C dan juga mineral penting yang sangat bermanfaat untuk membuat tubuh lebih sehat. Hal ini dikarenakan, di dalam satu cangkir buah durian mengandung sekitar 80% vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas.

Selain itu, di dalam buah durian juga mengandung vitamin B6, vitamin ini dapat berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi tubuh. Vitamin B6 sendiri disebut dengan prydoxine yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengoptimalkan fungsi darah, fungsi kulit dan juga fungsi pada sistem saraf pusat.

5. Mengandung Triptopan

Triptofan merupakan salah satu kandungan zat yang termasuk ke dalam salah satu jenis zat asam amino yang berfungsi sebagai penyusun protein, zat Triptofan ini bersifat essensial bagi tubuh manusia. Triptofan sendiri dapat digunakan sebagai jenis obat tidur alami yang banyak ditemukan dalam buah durian. Zat tersebut juga berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme tubuh dan membantu menginduksi tidur sehingga dapat terhindar dari resiko terkena penyakit epilepsi.

6. Mengandung Tiamin

Manfaat buah durian untuk kesehatan berikutnya yaitu diduga sangat baik untuk menjaga dan memelihara sustem metabolisme karbohidrat dalam tubuh dan kemudian akan diubah oleh tubuh untuk menjadi sumber energi. Hal ini dikarenakan, di dalam buah durian mengandung tiamin alami yang juga dapat ditemukan pada kacang hijau. Dengan mengkonsumsi satu cangkir buah durian dapat membantu memenuhi sekitar 30% dari total jumlah tiamin harian tubuh anda.

7. Mengandung Asam Folat

Selain dapat ditemukan dalam brokoli dan alpukat, ternyata asam folat juga banyak ditemukan dalam buah durian, dalam setiap satu porsi buah durian mengandung sekitar 20% dari total jumlah asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Maka dari itu, pantas saja jika mengkonsumsi buah asam folat dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan membantu otak agar dapat berjalan dengan baik dan normal.

8. Mengandung  Zat Besi dan Tembaga

Zat besi dan juga tembaga merupakan kandungan zat yang berperan penting dalam membantu proses pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Maka buah durian ini sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit anemia. Tidak hanya itu, dengan rutin mengkonsumsi buah durian sebanyak satu porsi sudah dapat memenuhi kebutuhan riboflavin hingga 25% dan juga tembaga dalam jumlah yang sama.

9. Sumber Kalium

Buah durian adalah salah satu jenis buah yang mengandung sumber kalium yang diperoleh dari buah-buaha. Kalium adalah jenis senyawa elektrolit yang memiliki peran penting dalam membantu mengontrol tekanan darah. Perlua anda semua ketahui bahwa kalium ini sangat bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung dan juga mencegah kadar narium berlebih dalam tubuh.

10. Kaya Antioksidan

Manfaat buah durian berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas berbahaya, karena radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh yang berasal dari zat kimia atau zat polutan dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam buah durian ini mengandung zat antioksidan yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah durian dalam jumlah cukup dapat membantu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker dan juga penyakit jantung.

B. Manfaat Buah Durian untuk Kecantikan

Disamping sangat bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah durian juga bermanfaat untuk merawat kecantikan. Lalu, apa saja manfaat buah durian untuk kecantikannya? simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat buah durian untuk kecantikan yaitu dipercaya efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Sebab, buah durian ini dapat membantu mencegah efek dari 3 faktor yang dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini yaitu seperti ekstensic aging, intrinsic aging dan hormonal aging.

Dari ketiga faktor tersebut, ekstensi aging adalah salah satu penyebab utama yang paling mudah untuk dihindari yakni penyebab penuaan dini yang berasal dari luar. Maka dari itu, anda sudah tidak perlu meragukan manfaat dari buah durian untuk mencegah penuaan dini.

2. Menghilangkan Kerutan Pada Kelopak Mata

Munculnya kerutan pada kelopak mata memang umumnya sering terjadi ketika memasuki usia 30-an, seperti munculnya kerutan, garis halus, kulit kendur dan munculnya lingkaran hitam di area mata atau lebih dikenal dengan sebutan mata panda.

Cara menghilangkan kerutan pada kelopak mata bisa dilakukan dengan mengoleskan buah durian pada area kelopak mata tipis-tipis saja. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam satu minggu, dalam 4 minggu kerutan akan berkurang dan berangsur menghilang.

3. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa buah durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi, vitamin C ini juga berkhasiat untuk memberantas kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat membandel dengan buah durian ini sangat mudah, anda cukup mengoleskan daging buah durian pada bagian kulit yang berjerawat secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara alami menghilangkan jerawat ini secara rutin setiap malam sampai jerawat hilang.

4. Menghaluskan dan Melambabkan Kulit

Disamping dapat menghilangkan jerawat, pemakaian masker buah durian ini juga sangat efektif untuk membantu menghaluskan kulit yang kasar. Dengan rutin melakukan perawatan ini secara teratur setiap malam, maka secara bertahap kulit akan terasa lebih halus dan lembab.

5. Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Manfaat melakukan perawatan kulit menggunakan buah durian efektif untuk membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Noda hitam bekas jerawat ini memang sangat sulit untuk dihilangkan, namun jika rutin melakukan perawatan menggunakan masker durian noda hitam pun akan cepat termasarkan dan menjadikan kulit wajah tampak lebih bersih dan bebas noda.

C. Cara Membuat Masker Durian untuk Merawat Kulit Wajah

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan dalam pembuatan masker durian untuk merawat kecantikan kulit, yaitu :
  1. Pertama-tama ambil daging buah durian secukupnya, lalu tambahkan dua sendok makan minyak zaitun atau jika tidak ada bisa menggunakan madu.
  2. Aduk semua bahan yang telah disiapkan secara merata hingga membentuk krim atau pasta.
  3. Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dan keringkan dengan handuk besih dan lembut.
  4. Setelah itu, oleskan krim atau masker durian yang telah tadi anda buat secara merata pada kulit wajah.
  5. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Perhatian :
Untuk mendapatkan hasil optimal dalam perawatan kecantikan ini, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 3 kali seminggu.

Itulah beragam manfaat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi buah durian?

D. Bolehkan Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Hingga saat ini manfaat buah durian untuk ibu hamil masih menjadi perdebatan yang memunculkan pro dan kontra di tengah masyarakat umum. Sebagian orang ada yang menganggap jika mengkonsumsi buah durian boleh-boleh saja ketika sedang hamil asalkan porsinya masih terbilang wajar alias tidak berlebihan.

Namun ada juga sebagian orang yang benar-benar melarang keras untuk tidak mengkonsumsi buah durian saat hamil, karena dapat menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yag ada dalam kandungan.

Untuk mengetahui apakah buah durian aman atau tidaknya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Mari kita simak penjelasannya berdasarkan penjelasan yang dikuti dari laman www.hamil.co.id dibawah berikut ini!

Buah durian adalah salah satu jenis buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena di dalam buah berduri ini terdapat kandungan yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah durian diantaranya seperti kalori, glukosa, kolesterol, alkohol dan mengandung senyawa asam arachidonat. Beberapa kandungan tersebut memiliki kadar yang cukup tinggi, sehingga bisa membahayakan jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Segala sesuatu pastinya tidak akan dilarang jika memang tidak ada penyebabnya, alasan kenapa buah durian ini dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki beberapa kandungan zat yang tidak baik untuk ibu hamil. Jika berbagai kandungan yang dilarang tersebut masuk ke dalam tubuh ibu hamil, maka akan sangat beresiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik pada ibu hamil maupun janinnya.

Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi buah durian bagi ibu hamil yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :
  1. Dapat menyebabkan bayi lahir dalam kondisi prematur
  2. Beresiko menyebabkan keguguran
  3. Dapat menyebabkan kontraksi dini
  4. Menyebabkan cacat Janin
  5. Terkena penyakit diabetes
  6. Terkena penyakit Hipertensi
  7. Terkena penyakit kolesterol tinggi
  8. Terkena penyakit preeklamsia
  9. Bayi lahir dengan kondisi berat badan berlebih (obesitas)
  10. Janin dapat mengalami kekurangan oksigen
  11. Menyebabkan anemia

Melihat banyaknya bahaya yang bisa muncul setelah makan buah durian, maka sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah durian, atau cukup mengkonsumsi satu biji saja untuk memenuhi keinginan. Akan lebih baik tidak mengkonsumsinya. Yang jelas, komunikasikan terlebih dahulu dengan ahlinya seperti bidan atau dokter agar tidak membahayakan ibu hamil atau janin.

E. Efek Samping Mengkonsumsi Buah Durian Bagi Kesehatan

Meskipun buah durian memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping konsumsi buah durian secara berlebihan, yaitu :
  1. Konsumsi buah durian terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula darah mengalami peningkatan secara drastis. Maka bagi pasien diabetes patut untuk menghindari mengkonsumsi buah ini.
  2. Kosumsi buah durian terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara drastis, sehingga sangat berpotensi meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.
  3. Buah ini sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, karena besar kemungkinan menyebabkan kontraksi dini dan bahkan keguguran.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Beragam Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, serta Efek Sampingnya yang wajib untuk diketahui.

Semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda semua, sehingga agar anda senantiasa selalu menjaga kesehatan dengan rutin mengkonsumsi buah yang sehat dan bernutrisi tinggi. Demikian ulasan ini, cukup sekian, terima kasih, & salam sehat