14 Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan

14 Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan, Pengobatan dan Kecantikan -- Manfaat Buah Jarak Bagi Kesehatan, Manfaat dan Kegunaan Minyak Biji Jarak untuk Kecantikan, Khasiat Minyak Jarak untuk Pengobatan Penyakit, Cara Membuat Minyak Jarak, Manfaat Buah Jarak - Minyak - Daun - Getahnya untuk Kesehatan & Kecantikan, Manfaat Buah Jarak untuk Pria & Wanita, Manfaat Minyak Jarak.


Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan -- Buah Jarak adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi manusia, karena di dalam buah ini diperkaya dengan kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh tubuh.

Buah jarak atau yang dikenal juga dengan sebutan Ricinus Communis ini banyak tumbuh liar di hutan, tanah kosong dan juga di sekitar pinggiran pantai. Alasan kenapa buah jarak ini disebut dengan sebutan Ricinus Communis, karena pada bagian biji buah jarak mengandung jeniz zat racun yang tergolong cukup mematikan.

Namun sebelum kami membahas informasi mengenai kandungan dan manfaat buah jarak, kami akan sedikit mengulas tentang karakteristik dan jenis-jenis tanaman jarak terlebih dahulu agar anda lebih tahu jenis tanaman jarak mana yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Berikut informasinya!

Tanaman jarak sendiri termasuk jenis tanaman perdu yang memiliki bentuk daun berjari yang jumlahnya antara 7 sampai dengan 9 dan memiliki diameter daun antara 10-14 cm. Daun dari tanaman jarak juga tumbuh berseling, bentuknya bulat dan pada bagian ujung daunnya meruncing. Daun jarak yang ada di bagian atas berwarna hijau tua, sedangkan daun yang ada di bagian bawahnya berwarna hijau muda.

Selain itu, di bagian batang tanaman jarak ini berbentuk bulat dan licin, berbuku-buku, berongga dan memiliki bentuk buah yang bulat dan tumbuh dibagian tandan.

Tanaman jarak sendiri terdiri dari 4 jenis yang bisa kita temukan di Indonesia, yaitu :

1. Jarak Pagar (Jathropa Curpas L)

Tanaman jarak pagar merupakan salah satu jenis pohon jarak yang paling dikenal oleh masyarakat umum, karena tanaman ini dipercaya mengandung banyak manfaatnya untuk kesehatan dibandingkan dengan tiga jenis tanaman jarak lainnya. Jenis pohon jarak pagar memiliki batang yang sangat kokoh dan memiliki jarak yang tidak beraturan, batang kayunya berbentuk bulat dan mengandung banyak sekali getah, berdaun tunggal, berukuran lebar, terdapat lekukan sebanyak 3-5 buah dan menjari.

Bunga dari tanaman jarak pagar ini bunganya berumah satu dan uniseksial, terkadang ditemukan bunga hermaprodit yang berwarna kekuningan. Buah jarak pagar berbentuk bulat halus dan tidak berbulu, bentuk buahnya mirip dengan buah jambu. Ketika buahnya masih muda berwarna hijau dan ketika sudah cukup tua akan berangsur-angsur berubah menjadi berwarna kuning kecoklatan.

2. Jarak Kepyar (Riccius Communis Linn)

Tanaman jarak kepyar jauh berbeda dengan jarak pagar, mulai dari sisi batang, daun, buah dan bunganya lebih mirip dengan tumbuhan singkong. Sedangkan buah jarak kepyar lebih mirip dengan buah rambutan, tanaman jarak kepyar ini biasanya banyak  ditemukan di pinggiran pantai atau hutan liar.

Tanaman jarak jenis ini banyak ditemukan di kawasan pantai yang masih asri, terutama pada daerah yang berada di pedesaan dan lingkungannya masih jarak terjamah oleh manusia. Selain itu, tanaman jarak kepyar juga biasanya sering dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

3. Jarak Wulung (Jathropa gossyphofolia L.)

Jenis tanaman jarak berikutnya yaitu dikenal dengan nama Jarak Wulung, tanaman jarak yang satu ini bukan asli dari Indonesia, melainkan berasal dari Amerika Serikat. Jenis tanaman ini biasanya akan tumbuh subur di daerah yang sering terkena sinar matahari secara langsung, seperti ditepian jalan, pekarangan rumah dan juga dipinggiran lapangan berumput.

Tanaman jarak wulung sendiri memiliki batang yang berkayu, bulat dan memiliki warna kecoklatan. Ketika daunnya masih muda memiliki warna keunguan dan daun yang sudah tua berwarna ungu kecoklatan, sedangkan buahnya mirip dengan pohon jarak pagar hanya saja ukurannya lebih kecil. Biji dari buah jarak wulung mengandung minyak yang cukup tinggi, mirip seperti pada buah jarak pagar.

4. Jarak Bali (Jatropha Podagrica Hook)

Jarak Bali sering disebut juga dengan jarak hias, sehingga banyak orang yang menanam tanaman ini di dalam pot dan diletakan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan, tanaman jarak bali ini bentuk bunganya sangat menarik mirip dengan bunga hias. Tanaman jarak bali ini memiliki bentuk pangkal batang yang mirip dengan umbi, bentuk dari daun jarak bali bertangkai yang memiliki panjang sekitar 20-30 cm. Kemudian bunga dari tanaman jarak bali berwarna merah orange, dan buahnya berbentuk elips dan biji buanya berbentuk bulat lonjong.

Itulah jenis-jenis tanaman atau pohon jarak yang bisa kita temukan, pohon jarak sendiri sering dimanfaatkan sebagai penghasil minyak atau untuk bahan bakar. Sedangkan pada bagian biji buahnya mengandung getah ricin, terutama untuk jenis pohon jarak pagar dan jarang wulung dibandingkan dengan jenis jarak lainnya.

Maka dari itu, tanaman jarak pagar dan jarak wulung banyak dibudidayakan oleh masyarakat, Hal ini dikarenakan, selain dapat menghasilkan minyak atau bahan bakar, buah jaraknya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Hanya saja, jenis buah jarak yang sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat atau bahan alami untuk perawatan kecantikan yaitu jarak pagar. Lalu, apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan dan Pengobatan

Berikut ini beberapa manfaat buah jarak bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Luka Sariawan

Getah dari pohon jarak bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan tanaman jarak sangat mudah, ambil getah jarak dengan menggunakan kapas dan tempelkan pada bagian mulut atau bibir yang mengalami sariawan. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin setiap hari sampai sariawan sembuh.

2. Mengobati Sakit Gigi

Gigi yang sudah berlubang aka lebih mudah dimasuki bakteri, sehingga gigi akan menjadi sakit dan bahkan menyebabkan terkena infeksi. Salah satu cara mengobati sakit gigi secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan getah dari buah jarak, karena pada getahnya ini mengandung zat antimikroba yang sangat ampuh untuk melawan kuman dan bakteri seperti Ecshereccia Coli, Streptococcus, Staphylococcus.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Getah buah jarak juga dipercaya sangat berkhasiat untuk mengobati luka dengan cepat, karena getahnya tersebut memiliki kandungan zat antiseptik dan antimikroba yang sangat ampuh membuat luka cepat kering dan sembuh.

Caranya yaitu, cukup oleskan getah buah jarak dengan menggunakan kapas dan oleskan pada luka, namun sebelum mengoleskannya, pastikan luka sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat.

4. Mengobati Bercak Putih Pada Mulut Bayi

Munculnya bercak putih pada mulut bayi disebabkan oleh karena adanya bakteri candida yang menempel pada putih susu dari sang ibu, sehingga ketika sedang menyusui bakteri tersebut akan menempel dan berkembang biak pada mulut bayi.

Kondisi ini dapat menyebabkan muncul bercak putih pada mulut bayi, cara menghilangkannya bisa diobati dengan menggunakan getah dari buah jarak. Caranya cukup dengan mengoleskan getah buah jarak tersebut pada mulut bayi dengan menggunakan cotton bud tipis saja.

5. Mengobati Radang Telinga

Manfaat buah jarak juga dipercaya ampuh untuk mengobati sakit radang telinga yang disebabkan oleh gejala dari infuenza, cara mengobati radang telinga dapat dilakukan dengan mengoleskan getahnya pada cotton bud dan oleskan pada bagian telinga yang mengalami peradangan secara perlahan.

6. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah masalah perut dan pencernaan yang sering di alami oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu cara mengatasi sembelit yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan daun jarak pagar, caranya yaitu :

* Untuk Dewasa

Tumbuk 8-10 lembar daun jarak, lalu tambahkan sedikit air panas dan peras airnya. Kemudian minum sampai habis.

* Untuk Anak-Anak

Ambil beberapa lembar daun jarak yang masih muda, kemudian layukan dengan meletakkan daun jarak diatas panci panas. Setelah itu, oleskan minyak kelapa hangat pada perut anak dan tempelkan daun jarak tersebut. Diamkan selama beberapa menit, minimal 15 menit.

7. Mengobati Rematik

Rematik adalah salah satu jenis penyakit yang banyak di derita oleh mayarakat di Indonesia, penyakit ini dapat menimbulkan gejala rasa nyeri yang amat menyiksa pada penderitanya.

Salah satu cara mengobati penyakit rematik yaitu dengan menggunakan buah jarak, hancurkan sekitar 25 gram buah jarak dan rebus dengan 1 liter air hingga mendidih dan airnya hanya tersisa setengahnya saja. Lalu, minum ramuan tersebut sampai habis dua kali sehari.

B. Manfaat Buah Jarak untuk Kecantikan

Manfaat dan khasiat buah jarak memang masih belum banyak orang yang mengetahuinya, buah jarak juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan mulai dari kulit, rambut hingga perawatan bagian tubuh wanita lainnya. Dengan melakukan perawatan secara rutin dan teratur pada kulit wajah dapat membuat kulit wajah terbebas dari berbagai masalah kulit.

Berikut ini beberapa manfaat buah jarak untuk kecantikan yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan sel kulit yang terkelupas dan menumpuk pada kulit kepala, sehingga dapat menyebkan kulit kepala terasa sangat gatal. Ketombe sendiri akan nampak sanga jelas pada rambut, karena ketombe memiliki warna putih dalam jumlah yang sangat banyak sekali. Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami yaitu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan dengan buah jarak.

Caranya yaitu, siapkan beberapa buah jarak dan tumbuh halus. Tambahkan sedikit air, lalu oleska pada kulit kepala dan sambil dipijat-pijat secara perlahan untuk membersihkan ketombe agar terkelupas. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali semiggu, lakukan setiap sebelum keramas.

2. Menyuburkan Rambut

Selain ampuh untuk menghilangkan ketombe, cara yang dilakukan diatas pun bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Selain ketombe akan hilang, rambut pun akan tumbuh lebih sehat dan subur.

3. Mengencangkan Payudara

Bagi anda yang merasa kurang percaya diri dengan memiliki payudara yang sudah kendur, maka anda bisa coba untuk melakukan perawatan agar bentuk payudara anda kembali bagus dan kencang.

Beberapa bahan dasar alami yang diperlukan seperti 3 helai daun jarak, 1 ruas jahe, 2 buah pisang, dan 1 sdt garam. Setelah itu, tumbuk semua bahan hingga halus dan aduk sampai tercampur rata.

Cara menggunakannya yaitu, basuh terlebih dahulu payudara anda dengan air hangat dan keringkan. Setelah itu, oleskan ramuan herbal yang telah anda buat tadi secara merata keseluruh bagian payudara anda dengan gerakan melingkar dari arah bawah keatas sambil mengangkatnya keatas. Lakukan gerakan ini selama 15 menit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

Untuk mendapatlkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 2 kali seminggu, dalam beberapa minggu anda sudah bisa melihat perubahannya.

4. Menghitamkan Bulu Alis

Bagi sebagian wanita banyak yang merasa kurang percaya diri dengan memiliki bulu alus tipis dan tidak terlihat jelas, sehingga banyak dari mereka yang lebih memilih untuk membuat alis palsu menggunakan pensil alis agar alis terlihat dengan jelas dan berwarna hitam.

Namun jika anda tidak pandai untuk membuat lengkungan alis menggunakan pensil alis, maka salah satu solusi untuk memiliki bulu alis tebal dan hitam yaitu dengan rutin mengoleskan minyak jarak pada alis anda secara rutin. Dengan rutin melakukan perawatan kecantikan ini, maka alis anda akan terlihat lebih tebal dan berwarna hitam.

5. Memerahkan dan Menghaluskan Kulit Bibir

Kulit bibir yang halus, lembut dan berwarna merah alami tentu menjadi dambaan setiap orang. Terutama bagi para kaum wanita. Salah satu cara memerahkan dan menghaluskan kulit bibir secara alami yaitu bisa anda lakukan dengan cara melakukan perawatan dengan menggunakan minyak jarak.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak jarak secara merata dan tipis-tipis saja ada kulit bibir anda, lalu diamkan selama semalanan dan bersihkan pada keesokan harinya. Lakukan cara ini minimal 2 kali semiggu sebelum tidur, bahkan anda juga bisa menggunakan minyak jarak ini sebagai lip balm alami.

6. Menghilangkan Jerawat

Manfaat lain dari buah jarak yaitu dapat dengan cepat menghilangkan jerawat dan membersikan pori-pori kulit wajah secara alami, namun bagian yang digunakan yaitu minyak jarak yang siambil dari buahnya.

Cara menggunakannya yaitu, oleskan minyak jarak pada bagian kulit wajah yang berjerawat secara merata dan diamkan selama 30 menit. Pastikan sebelum melakukan perawatan ini, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan bersihkan kembali dengan air dingin biasa setelah anda melakukan perawatan ini. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit wajah berjerawat ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur sampai jerawat anda hilang.

7. Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi anda yang tidak merasa nyaman dengan kulit wajah kering dan kasar, maka salah satu cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan perawatan menggunakan minyak dari buah jarak.

Caranya yaitu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk. Setelah itu, oleskan minyak jarak secara merata dan diamkan selama semalaman. Setelah itu, bersihkan kulit wajah anda pada keesokan harinya dengan air dingin. Lakukan cara ini 2-3 kalai seminggu, pada awal minggu pertama kulit wajah anda pun sudah terasa lebih halus dan lembab dari sebelumnya.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat buah jarak ini?

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai 14 Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan. Semoga apa yang kami ulas di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih telah melaungkan waktu membaca artikel ini. Like and share, please.