21 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

21 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Manfaat Jeruk Manis, Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet, Kandungan Buah Jeruk, Manfaat Buah Jeruk Nipis, Manfaat Makan Jeruk Sebelum Tidur, Manfaat Makan Jeruk Setiap Hari, Khasiat & Manfaat Belimbing Bagi Pria & Wanita, Manfaat Buah Jeruk untuk Kulit Wajah & Rambut Sehat.


Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet -- Khasiat dari buah jeruk memang sudah diketahui sejak dulu, sehingga banyak orang-orang jaman dulu yang rutin mengkonsumsi buah jeruk untuk menjaga kesehatan tubuhnya, mengobati penyakit dan melakukan perawatan kecantikan. Sebab, di dalam buah jeruk mengandung banyak sekali berbagai kandungan nutrisi penting dan baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis-jenis jeruk yang bisa ditemukan, mulai dari jeruk purut, jeruk jawa, jeruk bali, jeruk limau dan masih banyak lagi jenis-jenis jeruk lainnya. Keunikan dari buah jeruk yaitu memiliki rasa yang berbeda-beda pada setiap jenisnya, tidak semua jenis jeruk bisa dikonsumsi langsung karena rasa jeruk sendiri ada yang manis dan memiliki daging buah yang banyak dan ada juga jenis jeruk yang hanya diambil sari airnya saja.

Namun pada pembahasan kali ini, jenis jeruk yang akan kita bahas yaitu jenis jeruk yang bisa dimakan dan memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Selain rasanya enak dan menyegarkan, di dalam buah jeruk juga mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh. Untuk mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang ada dalam buah jeruk, mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Jeruk

Umumnya masyarakat hanya mengetahui jika buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C saja, namun sebenarnya di dalam buah jeruk mengandung nutrisi yang lengkap dan sangat bermanfaat bagi manusia baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jeruk sekitar 53.2 mg dari setiap 100 gram atau dapat memenuhi sekitar 90% dari total vitamin C harian tubuh. Selain vitamin C, di dalam buah jeruk juga mengandung nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat seperti vitamin A, vitamin B1, beta karoten, serat pangan pektin, folat, antioksidan, Flavanoid, zeaxanthin, beta cryptoxanthin dan juga lutein. Selain itu, di dalam buah jeruk juga memiliki kandungan kalsium, tembaga, potasium dan juga asam pantotenik dalam jumlah yang cukup banyak di dalamnya.

Di dalam buah jeruk juga mengandung fitonutrien yang cukup bervariasi, mulai dari citrus flavanones, hydroxycinamic acids, anthocyanins, naringin, hesperidin, naringenin, dan berbagai kandungan zat polifenol jenis lainnya. Berbagai jenis polifenol ini lebih banyak ditemukan pada kulit dan juga daging buah jeruk yang berwarna putih yang berada di bagian dalamnya, bukan dari cairannya.

Beragam Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet

A. Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah jeruk untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Stroke

Berdasarkan penjelasan yang dituturkan oleh American Herat Association, bagi seseorang yang rutin mengkonsumsi buah jeruk segar, terutama bagi kaum wanita. Maka mereka memiliki resiko terkena penyakit stroke yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak atau jarang mengkonsumsi buah jeruk.

Menurut para peneliti tersebut juga menambahkan bahwa, mengkonsumsi buah jeruk dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Sehingga jika rutin mengkonsumsinya, konsumsi buah jeruk secara rutin dapat mencegah seseorang terkena serangan stroke.

2. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah jeruk. Sebab, penyakit hipertensi ini dapat disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan asupan mineral penting berupa kalium dalam jumlah cukup.

Bahkan, menurut The National Helat and Nutrion Examination Survey menjelaskan bahwa hampir sebagian besar penduduk di Amerika Serikat tidak mendapatkan asupan kalium dalam jumlah besar, sehingga mereka banyak yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Selain dapat mencegah penyakit darah tinggi, mendapatkan asupan kalium dalam jumlah cukup juga ternyata dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Salah satu cara untuk mendapatkan asupan kalium dalam jumlah cukup yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin.

3. Mencegah Kanker

Manfaat buah jeruk berikutnya dipercaya dapat membantu mencegah kanker, karena di dalam buah jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin C ini juga dapat berperan penting sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang menjadi penyebab pembetukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Selain kaya akan kandungan vitamin C, di dalam buah jeruk juga mengandung serat, kolin dan juga kalium yang cukup tinggi dan sangat berkhasiat untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Maka dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus jeruk setiap hari, maka tubuh anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam buah jeruk juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung.

8. Dapat Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Rutin mengkonsumsi buah jeruk dapat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena di dalam buah jeruk mengandung antioksidan berupa vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang memiliki peranan sangat penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

9. Mengoptimalkan Kesehatan dan Kinerja Otak

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakuka di Havard University menjelaskan bahwa di dalam buah jeruk terdapat kandungan vitamin B6 dan juga asam folat yang sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat yang ada pada otak.

Bahkan kandungan asam folat tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mengoptimalkan kesehatan dan kinerja dari otak. Maka dari itu, jika anda ingin mempunyai anak yang sehat dan cerdas, berikan anak anda buah jeruk secara rutin untuk mencukupi kebutuhan asupan vitamin B6 dan asam folat harian tubuhnya.

10. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Manfaat buah jeruk berikutnya yaitu diduga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi dari organ ginjal, sebab di dalam buah jeruk memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan dipercaya mampu melarutkan berbagai jenis zat dan kotoran yang mengendap di dalam tubuh dan organ ginjal.

Dengan larutnya berbagai zat dan kotoran yang menumpuk pada organ ginjal, maka organ ginjal dalam tubuh secara otomatis akan menjadi lebih sehat dan bekerja secara optimal dalam melakukan penyaringan darah ataupun berbagai jenis kotoran yang menumpuk. Oleh sebab itu, salah satu cara mencegah penyakit batu ginjal atau gagal ginjal sebaiknya mulai dari sekarang anda rutin mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dalam jumlah cukup setiap hari.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan adanya mata kita dapat melihat keindahan dunia ini dengan sangat jelas. Maka dari itu, untuk menjaga mata kita agar senantiasan selalu sehat dan berfungsi dengan baik serta terhindar dari resiko terjena penyakit mata. Jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah jeruk atau minum jus jeruk secara rutin setiap hari.

Sebab, di dalam buah jeruk mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin ini sangat dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah terkena berbagai jenis penyakit mata seperti mata rabun, katarak dandegenerasi makula. Terlebih bagi anda yang sudah berusia diatas 40 tahun, sebaiknya jaga kesehatan mata anda dengan konsumsi buah jeruk setiap hari.

12. Mengobati Sariawan

Manfaat buah jeruk yang satu ini memang sudah banyak orang yang mengetahuinya, karena sudah sejak dulu jika buah jeruk ini sering dijadikan sebagai salah satu obat alami yang sangat jitu untuk mengobati sariawan di mulut.

Sebab, di dalam buah jeruk ini mengandung vitamin C dan juga mengandung senyawa antibakterial yang cukup kuat untuk melawan kuman dan bakteri yang bersarang di dalam mulut. Meskipun pada saat mengkonsumsi buah jeruk ini akan terasa perih, namun sifatnya hanya sementara dan sariawan akan segera sembuh.

13. Baik Untuk Kesehatan Dan Memperkuat Tulang

Buah jeruk sangat baik untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, karena di dalam buah ini mengandung sejumlah kandungan mineral alami yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang.

Beberapa kandungan mineral penting yang paling berperan dalam menjaga kesehatan tulang yaitu kalsium dan fosfor, karena kedua kandungan mineral penting tersebut mampu merawat kesehatan tulang dan sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah jeruk juga sangat bermafaat untuk mencegah pengeroposan tulang atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan osteoporosis.

Maka dari itu, buah jeruk ini sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Sebabm bagi sekecil pertumbuhan tulangnya akan semakin optimal dengan rutin diberikan buah jeruk atau jus jeruk setiap hari, terutama untuk mendukung pertumbuhan pada tinggi badannya.

B. Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan Alami

Tidak hanya baik untuk kesehatan, ternyata buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan kulit dan juga rambut agar selalu tampil cantik dan menarik. Berikut ini beberapa manfaat buah jeruk untuk kecantikan yang wajib diketahui, diantaranya yaitu :

1. Menghaluskan Kulit

Di dalam buah jeruk mengandung zat asam yang bersifat abrasif, sifat abrasif inilah yang yang mampu menjadikan kulit lebih halus. Cara menghaluskan kulit dengan buah jeruk sangat mudah dan sederhana, anda hanya cukup menggosok-gosokan kulit buah jeruk bagian dalam pada permukaan kulit yang ingin dilakukan perawatan, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan secara perlahan dan secara rutin minimal 2 kali seminggu.

2. Menghilangkan Jerawat Membandel

Buah jeruk juga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat, terutama untuk jenis jeruk lemon atau jeruk nipis. Hal ini dikarenakan, di dalam buah jeruk mengandung antibakterial yang sangat ampuh untuk melawan dan membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain ampuh menghilangkan jerawat, cara ini juga dapat sekaligus menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah jeruk sangat mudah, anda cukup gunakan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis secukupnya saja. Oleskan air perasan jeruk tersebut pada jerawat dan tipis-tipis saja pada kulit wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur setiap malam sampai jerawat hilang.

3. Menyejukan Kulit Kepala

Ketika cuaca sedang sangat panas, maka pastinya membuat kulit kepala terasa panas dan tidak nyaman ketika sedang melakukan aktivitas diluar ruangan. Untuk menyejukan kembali kulit kepala kita, maka anda bisa mencoba melakukan perawatan dengan menggunakan tonik rambut alami yang terbuat dari air perasan jeruk nipis. Gunakan air perasan jeruk nipis tersebut untuk membasuk kulit kepala, oleskan secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, segera bersihkan dengan keramas seperti biasa dan rasakan kesejukan alaminya.

4. Mencegah Rambut Rontok

Selain dapat menyejukan kulit kepala setelah terkena panas matahari, melakukan perawatan dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat bermanfaat untuk mencegah kerontokan pada kulit kepala.

Sebab, kandungan vitamin C yang tinggi dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan rambut menjadi kering dan rontok. Lakukan perawatan tersebut secara rutin, maka rambut akan terasa lebih halus dan terlihat lebih lurus seperti setelah melakikan smoothing.

5. Mambantu Melebatkan Rambut

Buah jeruk juga bermanfaat untuk melebatkan rambut secara alami, caranya cukup dengan melakukan perawatan dengan menggunakan masker jeruk nipis secara rutin dan teratur setiap setelah mandi minimal 2 kali dalam seminggu. Kandungan vitamin dan mineral penting yang ada dalam buah jeruk nipis ini akan menutrisi rambut hingga kebagian akar-akarnya dan kulit kepala.

6. Membasmi Kutu Rambut

Buah jeruk juga ternyata sangat ampun untuk membasmi kutu rambut. Caranya cukup dengan membasahi rambut dan kulit kepala dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon segar, diamkan selama 15-25 menit dan bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya lakukan cara menghilangkan kutu dengan jeruk nipis ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

7. Mengembalikan Kilau Alami Rambut

Cara diatas juga dipercaya sangat ampuh untuk mengembalikan kilau alami rambut, sehingga rambut akan terlihat lebih sehat dan cantik berkilau.

C. Manfaat Buah Jeruk Untuk Diet

Manfaat buah jeruk berikutnya yaitu terbukti sangat efektif untuk menambah stamina tubuh, karena di dalam buah jeruk mengandung kadar gula darah yang rendah namun kaya akan serat. Meski demikian, dibalik itu di dalam buah jeruk mengandung kalori yang cukup tinggi.

Kalori yang terdapat di dalam buah jeruk tidak akan menyebabkan tubuh menjadi gemuk, melainkan dapat bermanfaat untuk menambah stamina tubuh menjadi lebih besar dan tetap terjaga meski anda sedang menjalani program diet. Maka sangat disarankan agar anda minum segelas jus jeruk pada saat sarapan pagi, sehingga stamina anda akan tetap terjaga sepanjang hari.

Disamping itu, manfaat buah jeruk juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga lemak yang berasal di dalam makanan yang dikonsumsi tidak akan diserap tubuh. Sebab, pencernaan yang sehat dan baik akan mendukung program diet yang sedang dijalankan agar mendapatkan hasil optimal.

Keberhasilan dalam menjalankan program diet akan optimal apabila tubuh mendapatkan banyak makanan sehat dan kaya akan kandungan serat. Salah satu jenis makanan terbaik yang kaya akan serat yaitu buah jeruk. Maka, selama anda sedang menjalankan program diet, jangan lupa untuk minum jus buah jeruk setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Itulah ulasan mengenai 21 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet yang dapat kami sajikan kepada para pembaca sekalian pada kesempatan kali ini. Konsumsilah buah jeruk secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaat dan khasiat baiknya. Cukup sekian ulasan ini. Thanks