21 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

21 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Manggis Untuk Wajah Berjerawat - Untuk Diet - Untuk Diabetes -  Untuk Ibu Hamil, Manfaat Buah Manggis yang Jarang Diketahui, Manfaat Kulit Manggis Direbus dan Kulit Manggis Kering, Cara Membuat Lulur Kulit Manggis, Efek Samping Buah Manggis, Manfaat Buah Manggis Untuk Pria & Wanita, Kandungan Buah Manggis. 


Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Manggis atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Garcinia Mangostana ini merupakan salah satu jenis buah yang pohonnya dapat tumbuh subur di wilayah yang memiliki iklim tropis, seperti di Indonesia. Pohon manggis sendiri diyakini bahwa pohon tersebut asli dari Indonesia, akan tetapi saat ini pohon manggis sudah banyak tumbuh di beberapa negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Buah manggis sendiri memiliki kulit berwarna ungu, banyak kalangan masyarakat yang menyebut jika buah ini dianggap sebagai jenis buah yang eksotis di Indonesia. bahkan di beberapa daerah di Indonesia, buah manggis ini dianggap sebagai ratunya buah tropis di Indonesia.

Buah manggis sendiri terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian kulitnya yang berwarna ungu, daging buahnya yang berwarna putih dan dapat dikonsumsi, serta bagian biji buahnya yang terbungkus oleh daging buah.

Sedangkan rasa dari buah manggis sendiri memiliki rasa manis yang terkadang ada rasa sedikit ke asam-asaman, dibalik rasanya yang menyegarkan ternyata di dalam buah manggis ini kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap dan penting untuk kesehatan tubuh dan kecantikan termasuk baik juga untuk ibu hamil.

Sebenarnya, semua bagian dari buah manggis ini bisa dimanfaatkan untuk di ekstrak sebagai bahan alami dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kanker. Tetapi, pada ulasan kali ini kami hanya akan mengulas lebih dalam tentang manfaat buah manggis.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Manggis

Di dalam buah manggis mengandung gizi dan nutrisi penting yang sangat baik dan lengkap. Selain memiliki rasa buah yang sangat nikmat dan menyegarkan, buah manggis juga kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan, di dalam buah manggis mengandung sumber serat dan karbohidrat yang cukup tinggi. Di dalam buah manggis juga kaya akan kandungan vitamin A, C, kalsium, kalium dan juga zat besi. Selain itu, di dalam buah manggis juga memiliki sumber vitamin B kompleks yang cukup tinggi, meliputi kandungan thiamin, asam folat dan niacin.

Kandungan vitamin dalam buah manggis dapat berperan penting sebagai kofaktor yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan proses metabolisme protein, lemak dan juga karbohidrat. Di dalam setiap satu cangkir buah manggis menyediakan kalori dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu mencapai 143 kalori. Kandungan yang paling terkenal di dalam buah manggis, terlebih lagi pada bagian kulit buahnya yaitu memiliki kandungan senyawa bernama Xhantone yang sangat ampuh untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

Jika dilihat dari kandungannya, maka sudah tidak perlu diragukan lagi jika buah manggis ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama-sama ulasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah manggis untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Sumber Antioksidan

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengungkapkan bahwa di dalam buah manggis mengandung senyawa bernama polifenol alami yang sangat berkhasiat, senyawa ini lebih dikenal dengan sebutan Xhantone. Ada dua jenis senyawa shantone yang bisa ditemukan di dalam buah berkhasiat ini, yaitu yang disebut dengan Alpha dan Gamma.

Kandugan senyawa shantone berikut dengan turunannya sudah terbukti sangat berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan juga dijadikan sebagai obat herbal yang terbukti sangat ampuh untuk mencegah dan juga mengobati berbagai jenis penyakit kardiovaskular. 

Kandungan senyawa antioksidan ini memiliki sifat dasar yang berperan dalam melakukan regenerasi sel dalam tubuh yang telah rusak akibat efek dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi buah manggis ini dapat membantu menghambat proses penuaan, mencegah penyakit degeneratif, mencegah kerusakan fisik dan juga mental.

2. Menurunkan Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Buah manggis sangat baik jika dimasukan ke dalam daftar menu diet harian anda untuk membantu menurunkan berat badan, karena buah manggis ini mengandung kalori yang sangat rendah yaitu hanya sekitar 63 kalori pada setiap 100 gram.

Selain itu, buah manggis juga tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Hebatnya lagi, din dalam buah manggis mengandung serat alami yang cukup tinggi, yaitu sekitar 13% dari total nilai kebutuhan serat harian tubuh yang dibutuhkan. Maka dari itu, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan dengan cara diet.

3. Sumber Vitamin C

Buah manggis ini sangat kaya akan kandungan vitamin C, di dalam setiap 100 gram buah manggis mengandung sekitar 12% dari total kebutuhan vitamin C harian tubuh. banyak sekali manfaat dari vitamin C ini, diantaranya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan serangan virus penyebab flu dan juga demam.

Selain itu, vitamin C juga dapat berperan penting sebagai antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C ini sangat penting untuk memberikan perlawanan terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

4. Sumber Asam Folat

Asam folat juga banyak ditemukan dalam buah manggis, asam folat ini juga berperan penting dalam membantu pembentukan sel-sel baru yang ada dalam tubuh dan membantu meningkatkan perkembangan janin dalam kandungan. 

Maka dari itu, buah manggis ini tidak hanya baik dikonsumsi oleh masyarakat umum tetapi juga baik untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, kandungan lain yang ada dalam buah manggis juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan janin.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lain dari buah manggis juga sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan membantu mempromosikan sel darah merah, sehingga mengkonsumsi buah manggis ini sangat berkhasiat untuk mencegah anemia dan juga membantu memperlebar saluran pembuluh darah dalam tubuh.

Apabila peredaran darah dalam tubuh berjalan dengan baik dan lancar, maka dapat menurunkan resiko terkena berbagai jenis penyakit yang cukup serius seperti penyakit darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol dan bahkan terkena serangan stroke.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang sudah mengidap penyakit kolesterol tinggi, maka anda jangan cemas dan rutin-rutinlah mengkonsumsi buah manggis setiap hari dalam jumlah cukup. Hal ini dikarenakan, diet kaya manggis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh, kondisi ini juga dapat membantu mengontrol kadar trigliserida untuk mengoptimalkan kerja dari organ hati.

7. Mencegah Penyakit Tuberkulosis

Buah manggis sendiri memiliki sifat yang ampun sebagai anti bakteri dan juga anti jamur yang sangat kuat, bahkan konsumsi buah manggis ini mampu meningatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, berkat sifat dari buah manggis tersebut mampu menghambat perkembangan bakteri berbahaya yang menjadi penyebab penyakit TBC.

8. Mencegah dan Mengatasi Kanker

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah manggis ini dapat membantu mencegah dan sekaligus menghentikan pertumbuhan serta perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, konsumsi buah manggis juga bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular lainnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa di dalam buah manggus memiliki kandungan utama berupa antioksidan yang sangat kuat yang disebut dengan xhantone, senyawa inilah yang mampu melawan sel kanker.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Di dalam buah manggis mengandung sejumlah kandungan mineral penting yang sangat tinggi, seperti kalsium, kalium, tembaga, magnesium dan mangan. Semua kandungan mineral penting tersebut sangat efektif untuk memberikan perlindungan terhadap serangan penyakit jantung koroner dan juga stroke.

10. Mencegah Peradangan

Di dalam buah manggis mengandung sejumlah zat penting yang bersifat sebagai zat anti-inflamasi, zat ini sangat berkhasiat untuk mencegah peradangan pada tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah manggis secara rutin dan teratur sebanyak 2-3 buah per hari dapat membantu mengurangi efek peradangan yang ditimbulkan.

11. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah manggis juga sangat baik untuk ibu hamil, karena kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam buah manggis ini dapat berperan dalam membantu mendukung tumbuh kembang janin atau bayi di dalam kandungan. 

Mengkonsumsi buah manggis saat hamil bermanfaat untuk mencegah terjadinya resiko cacat pada bayi, membantu proses pembentukan tulang, membentuk sistem kekebalan tubuh selama kehamilan, mengatasi sembelit dan juga mencegah preklamsia yang merupakan suatu kondisi dimana munculnya masalah pada pembuluh darah mengalami tekanan pada masa kehamilan.

12. Baik untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, maka manfaat buah manggis untuk menurunkan berat badan ini sangat efektif. Hal ini dikarenakan, kandungan yang terdapat di dalam buah manggis bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh mereka yang sedang menjalani program diet.

Selain itu, manfaat mengkonsumsi buah manggis juga dapat bermanfaat untuk membuat nafsu makan menjadi lebih seimbang dan dapat terkendalikan dengan baik. Sehingga pada kondisi ini, berat badan akan berangsur-angsur menurun dan program diet yang sedang dijalani pun akan optimal.

B. Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan Kulit

Buah manggis ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit saja, tetapi juga sangat bermanfaat apabila dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan kulit, terutama untuk kulit wajah. Berikut Informasinya!

1. Menjadikan Kulit Lebih Sehat dan Kencang

Di dalam buah manggis memang menyimpan banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit, salah satunya yaitu dapat menutrisi kulit agar menjadi lebih sehat dan kencang. Cara mendapatkan manfaat dari buah manggis ini dapat dikonsumsi dengan cara dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dengan dijadikan jus.

2. Melembutkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi anda yang memiliki kulit wajah kering dan kasar, maka anda bisa mengatasinya dengan rutin minum jus buah manggis secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, di dalam buah manggis mengandung antioksidan dan juga vitamin yang sangat penting untuk menghaluskan dan melembutkan kulit wajah yang kasar dari dalam. Cukup dengan rutin minum jus buah manggis ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari, maka kulit wajah akan terasa lebih halus dan lembut.

3. Menghilangkan Jerawat Membandel Pada Kulit Wajah

Manfaat buah manggis untuk kecantikan lainnya yaitu di yakini sangat efektif untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat dan sekaligus menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya pun sama, anda bisa mengatasi masalah jerawat ini dengan rutin minum jus buah manggis segar secara rutin setiap hari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Rutin minum jus buah manggis atau mengkonsumsinya secara langsung, maka kesehatan dan kecantikan kulit wajah akan dapat terjaga dan terhindar dari masalah kulit. Salah satunya yaitu di yakini sangat efektif untuk membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

5. Melembabkan Kulit

Untuk mengambil manfaat buah manggis untuk kecantikan tidak hanya bisa dilakukan dengan cara dijadikan minuman jus, tetapi juga dapat dijadikan sebagai bahan alami dalam pembuatan masker wajah alami. caranya yaitu, siapkan satu buah manggis yang telah matang, lalu ambil daging buahnya dan haluskan dengan menggunakan blender. Untuk mendapatkan hasil optimal, anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu atau minyak zaitun dan aduk hingga kedua bahan hingga tercampur merata.

Setelah itu, gunakan masker alami tersebut seperti pemakaia masker pada umumnya. Lakukan perawatan kecantikan ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu. Dalam beberapa minggu, kulit wajah akan terasa lebih lembab dan lembut.

6. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel, manfaat buah manggis juga dapat mengatasi kulit wajah berminyak. Dengan rutin melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah manggis ini, maka produksi kelenjar minyak pada kulit wajah akan berkurang dan kulit wajah pun akan terlihat lebih bersih dan cerah meski telah melakukan aktivitas sepanjang hari.

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah terlihat lebih bersih dan cerah, maka melakukan perawatan dengan buah manggis dapat menjadi sulusi terbaik. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah manggis sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Dengan demikian, kulit wajah anda akan terlebih lebih bersih, putih dan sehat.

8. Mengobati Alergi Kulit

Masalah alergi kulit dapat menyebabkan munculnya berbagai hal yang dapat merusak penampilan dan kecantikan kulit, mulai dari munculnya ruam, bengkak, peradangan hingga menyebabkan penyakit borok. Tidak akan ada seorang pun yang ingin mengalaminya apalagi jika muncul di area kulit wajah dan tubuh yang jarang tertutup pakaian, namun untungnya buah manggis ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit alergi kulit dan dapat menjadikan kulit kembali terlihat bersih dan mulus.

9. Memperbaiki Sel-Sel Kulit yang Rusak

Manfaat buah manggis berikutnya yaitu dipercaya mampu memperbaiki sel-sel kulit yang telah rusak, karena di dalam buah manggis ini kaya akan kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit serta dapat melincungi kulit dari radikal bebas dan juga zat-zat berbahaya yang dapat merusak sel-sel kulit. Maka dengan rutin minum jus buah manggis secara rutin setiap hari, kulit wajah anda akan selalu terjaga kesehatannya sepanjang hari dan terlihat cantik.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat buah manggis ini?

Itulah tadi pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai 21 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga anda semua dapat memetik manfaat dari informasi yang telah kami sampaikan pada postingan d iatas. Cukup sekian informasi ini, terima kasih dan salam sehat.