15 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, serta Tips Mengkonsumsinya

15 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, serta Tips Mengkonsumsinya -- Khasiat dan Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Manfaat Salak untuk Ibu Hamil yang Sehat, Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua, Bahaya buah Salak untuk Ibu Hamil, Kandungan Gizi Buah Salak, Khasiat dan Manfaat Buah Salak Kecantikan & Diet.


Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, serta Tips Mengkonsumsinya -- Siapa sih yang tidak kenal dengan buah salak? Buah yang memiliki kulit bersisik ini selain enak, juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang lengkap dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah salak ini memiliki warna coklat pada bagian kulitnya dan ada duri-duri halus diseluruh bagian kulitnya. Pada bagian daging buahnya berwarna putih, sedangkan biji buah salak berwarna mirip dengan kulit buah salak.

Rasa buah salak sendiri cukup bervariasi, ada yang manis dan ada pula yang terasa sedikit asam kesat. Meski demikian, rasa buah ini tetap terasa nikmat dan menyegarkan apalagi jika dijadikan campuran sirup atau es buah.

A. Kandungan Gizi dan Nutrisi dari Buah Salak

Pada dasarnya, buah salak ini mempunyai memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi sama halnya dengan jenis buah-buahan lainnya. Di dalam buah salak mengandung karbohidrat, lemak jenuh, serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesiu, potassium, zat besi. Fosfor, mangan, tembaga, tirosin, sistein, lisin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilihat berdasarkan dari kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah salak ini, manfaat buah salak tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh bagi orang normal saja, buah salak juga ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

B. Apakah buah salak aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

Buah salak adalah jenis buah yang dikenal memiliki rasa manis dan menyegarkan, sehingga buah ini sering dijadikan sebagai cemilan sehat. Namun sebagian kalangan masyarakat kita, ada yang beranggapan jika buah salak ini dapat menyebabkan sembelit. Jadi, banyak pula yang menanyakan apakah buah salak ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Sebab, ibu hamil biasanya kerap mengalami masalah sembelit pada awal kehamilannya.

Inilah faktor yang menjadikan buah salak oleh sebagian kalangan masyarakat menjadi larangan bagi ibu hamil, tetapi pada dasarnya buah salak ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil tidak membersihkan kulit ari tipis yang menempel pada daging buah salak ini, sehingga buah salak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada akhir postingan ini, nanti akan kami berikan tips mengkonsumsi buah salak bagi ibu hamil, namun sebelum itu, simak terlebih dahulu beragam manfaat buah salak untuk kesehatan yang telah kami siapkan dibawah berikut ini.

C. Ragam Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah salak untuk kesehatan tubuh dan juga ibu hamil, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Buah salak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam buah bersisik ini memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi. Bahkan kandungan betakaroten yang terkandung di dalam buah salak ini 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah mangga, semangka, wortel dan juga buah tomat. Jadi, jika anda tidak suka makan wortel, maka anda bisa memilih buah salak ini sebagai alternatif lain untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Untuk menjaga kesehatan mata, buah salak juga mengandung vitamin A, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah salak dapat menjadikan mata kita lebih sehat dan daya penglihatan pun akan semakin tajam. Maka dari itu, bagi anda yang sering bekerja di depan laptop atau komputer, sebaiknya jangan ragu untuk mengkonsumsi buah salak agar mata kita tetap terjaga kesehatannya.

2. Mengobati Diare

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah salak ini yaitu diduga sangat efektif untuk mengobati diare, sebab di dalam buah salak mengandung serat alami yang cukup tinggi. Khasiat dari buah salak ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diare, karena selain mengandung serat juga mengandung tanin yang sudah sangat terkenal ampuh untuk mengobati diare.

Selain itu, di dalam buah salak juga mengandung senyawa yang dapat membasmi diare. Maka, bagi anda yang ingin terhindar dari diare atau ingin sembuh dari diare, kami sarankan agar anda mengkonsumsi buah salak secara rutin dan dalam jumlah cukup.

3. Baik untuk Diet

Siapa yang menyangka, jika ternyata buah salak ini baik untuk mendukung diet. Hal ini dikarenakan, di dalam buah salak mengandung fitonutrien yang baik untuk membantu memberikan hasil terbaik pada program diet yang sedang anda jalankan.

Selain mengandung vitamin C, di dalam buah salak juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Maka dari itu, untuk mendapatkan tubuh sehat dan langsing tidak harus dengan mengkonsumsi obat-obatan pelangsing yang mahal. Tetapi cukup denga menambahkan buah salak ke dalam menu diet anda sehari-hari, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menjalankan program diet.

Selain itu, di dalam buah salak juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menahan rasa lapar lebih lama selama menjalani diet. Selain murah, buah salak juga mudah untuk didapatkan di pasar ataupun di kios-kios buah yang bisa anda jumlai di pinggi-pinggir jalan. Sekali lagi, agar program diet anda mendapatkan hasil optimal, sebaiknya konsumsi buah salak secara rutin dan teratur.

4. Mencegah Kanker

Manfaat buah salak berikutnya yang penting untuk diketahui yaitu diduga mampu mencegah munculnya berbagai jenis kanker. Sebab, di dalam buah ini mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi dan kuat, sehingga mampu mencegah pembentukan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Kulit ari yang menempel pada daging buah salak dapat membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak, sehingga ketika kitab mengkonsumsi buah salak tidak perlu membersihkan kulit ari tipis yang menempel pada buahnya.

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Seperti yang kita tahu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi buah salak dapat menyebabkan konstipasi atau susah BAB. Tahukah anda, ternyata di dalam kulit ari yang menempel pada daging buah salak mengandung serat yang cukup tinggi. Jadi, jika makan salak bersama dengan kulit arinya sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan, sehingga BAB pun bisa menjadi lebih lancar tanpa adanya masalah.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah salak juga ternyata sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena di dalam buah salak mengandung vitamin C yang sangat baik dan bermanfaat untuk membuat tubuh lebih kuat dan tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Manfaa buah salak untuk meningkatkan daya tahan tubuh sudah dibuktikan dengan dilakukannya pengujian terhadap kandungan vitamin dan juga mineral yang ada di dalamnya.

7. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat buah salak juga sangat penting untuk membantu merangsang kerja otak, sehingga percaya atau tidak ternyaa dengan rutin mengkonsumsi buah salak dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak kita, terutama otak anak. Maka dari itu, jangan ragu untuk memberikan anak-anak makan buah salak. Sebab, berdasarkan dari sebuah penelitina menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah salak dalam jumlah cukup berkhasiat untuk merangsang kinerka otak dengan mengirim potassium dan pektin untuk menutrisi beberapa sistem ayarf dan sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah menuju otak.

Sebenarnya otak tidak hanya perlu untuk dilatih, tetapi juga penting sekali untuk selalu mendapatkan asupan gizi dan nutrisi cukup setiap harinya. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah salak. Maka, mulailah untuk mengkonsumsi buah salak agar otak kita semakin cerdas.

8. Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Prima

Di dalam buah salak juga mengandung kalsium yang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga sangat baik untuk menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Memiliki stamina tubuh yang prima tentu dapat membuat tubuh kita siap untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari dengan baik, sehingga sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki aktivitas pekerjaan yang cukup berat dan padat, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah salak setiap hari.

9. Mengobati Anemia

Buah salak juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi anemia, karena di dalam buah salak mengandung mineral penting berupa zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dengan jumlah yang lebih banyak, karena ibu hamil kerap menderita anemia selama kehamilannya.

Ibu hamil membutuhkan suplai sel darah merah dalam jumlah lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal, karena digunakan untuk mensuplai oksigen melalui pasenta yang ada pada janin. Apabila tubuh ibu hamil mengalami kekurangan suplai oksigen, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahkan nyawa janin dan ibu hamil.

10. Sumber Antioksidan

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa zat antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh, karena zat ini sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya dan menangkal berbagai jenis penyakit. Selain itu, kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam buah salak juga sangat berkhasiat untuk menurunka resiko terkena penyakit jantun, stroke dan juga kanker.

11. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam buah salak mengandung kalsium yang cukup tinggi, kandungan mineral penting ini sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah salak juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, karena di dalam buah salak mengandung kalium yang sangat baik untuk melacarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga organ jantung pun akan berfungsi dan tetap terjaga kesehatannya dengan baik. Dengan rutin mengkonsumsi buah salak, maka anda juga akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.

13. Membantu Proses Pembentukan Sistem Memori Pada Otak Janin

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, ternyata buah salak juga memiliki manfaat yang  melipah untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Khusus untuk ibu hamil, manfaat mengvkonsumsi buah salak bagi wanita hamil yaitu dapat membantu proses pembetukan otak dan sistem memori otaknya. Kandungan pektin yang terdapat dalam buah salak sangat efektif untuk membangun tingkat kecerdasan otak janin, sehingga nantinya bayi akan tumbuh dengan sehat dan cerdas serta memiliki daya ingat yang sangat baik.

14. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah

Gejala mual dan muntah memang sering di alami oleh para wanita hamil dan kondisi tersebut normal, namun jika tidak diatasi tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat tubuh menjadi lemas serta kurang bersemangat. Untuk mengurangi gejala tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah salak karena rasanya yang manis dan menyegarkan dapat menghilangkan efek mual dan keinginan untuk muntah.

15. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah yang terlalu tinggi atau terkena penyakit darah tinggi, maka kami sarankan agar anda rutin mengkonsumsi buah salak setiap hari dalam jumlah cukup. Hal ini dikarenaka, di dalam buah salak ini memiliki kandungan kalium dalam jumlah cukup dan bermanfat untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, penyakit tekanan darah tinggu juga kerap dialami oleh sebagian ibu hamil, kondisi ini tentu akan sangat membebayakan jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi jika tidak segera ditangani dapat berpotensi menyebabkan terkena penyakit berbahaya seperti jantung koroner, serangan jantung dan juga stroke. Terlebih bagi ibu hamil, tekanan darah tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

D. Tips Mengkonsumsi Buah Salak untuk Ibu Hamil

Mitos akan larangan ibu hamil untuk makan buah salak ternyata keliru, karena pada kenyataannya buah salak justru sangat baik dan memiliki banyak manfaatnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Di dalam buah salak mengandung sumber nutrisi yang dapat menunjang kesehatan ibu hamil dan janin. Namun untuk mendapatkan manfaat buah salak untuk ibu hamil agar optimal, sebaiknya konsumsi buah salak dalam jumlah yang wajar alias tidak berlebihan agar terhidar dari resiko yang ditimbulkannya.

Berikut ini beberapa tips konsumsi buah salak bagi ibu hamil :
  • Pastikan anda membki buah salak dengan kondisi kulit buah yang masih bagus dan tidak terkelupas
  • Hindari mengkonsumsi buah salak yang sudah disimpan dalam jangka waktu lama, karena jika sudah disimpan lama buah salak rentan mengalami pembusukan yang menyebabkan ibu hamil dapat terkena infeksi oleh bakteri ataupun parasit
  • Pada umumnya, banyak orang yang suka membersihkan kulit ari-ari tipis pada yang membungkus daging buah salaknya sebelum di makan. Bagi ibu hamil sebaiknya konsumsi buah salak beserta dengan kulit ari-arinya, karena kulit ari-ari yang menempel pada buah salak mengandung serat yang sangat tinggi dan baik ujntuk mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan pada pencernaan seperti sembelit, susah BAB atau bahkan diare
  • Jangan lupa cuci bersih dulu buah salak yang sudah dikupas sebelum di makan.

Tubuh ibu hamil sangat memerlukan asupan nutrisi dan mineral penting yang dapat memberikan perlindungan dan dukungan terhadap pertumbuhan janin di dalam kandungan, karena janin yang kurang mendapakan asupan nutrisi dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya dalam kandungan. Meskipun bermanfaat untuk ibu hamil, namun kami sarankan agar anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat buah salak ini?

Demikian sajian informasi yang dapat kami informasikan kepada anda semua mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan dan ibu hamil. Semoga dengan kami membagikan informasi ini dapat menambah pengetahuan dan membuat anda lebih memperhatikan asupan makan sehat setiap hari, terutama bagi mereka yang sedang hamil.