16 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

16 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat Jus Buah Sirsak Untuk Pria & Wanita, Manfaat Buah Sirsak untuk Kolesterol - untuk Diet, Masker Buah Sirsak, Efek Samping Buah Sirsak, Manfaat Buah Sirsak untuk Masker Wajah, Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Sirsak, Cara Membuat Masker Sirsak untuk Wajah.



Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Sebenarnya buah siresak ini bukan buah asli dari Indonesia, melainkan dari Amerika. Buah sirsak ini sudah ada sejak dulu, nenek moyang kita mengkonsumsi buah sirsak ini sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Namun saat ini, buah sirsak biasa dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman jus buah yang menyegarkan.

Nama dari buah sirsak sendiri berbeda-beda di setiap daerah, misalnya saja di pulau Jawa disebut dengan buah nangka landa (walanda), di Madura disebut dengan nangka buris, di Aceh disebut dengan boh lona, di Nias disebut dengan durio ulondro dan nama-nama sebutan lainnya yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Sirsak

Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam buah sirsak ini, beberapa diantaranya yaitu :

1. Vitamin B Kompleks

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin B kompleks yang sangat bermafaat dan dibutuhkan oleh tubuh, vitamin B kompleks sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti thiamin, niasin dan juga riboflavin.

2. Vitamin C

Di dalam buah sirsak vitamin C ini adalah kandungan vitamin yang paling dominan dibandingkan dengan jenis vitamin lainnya, karena di dalam setiap 100 gram buah sirsak mengandung sekitar 20 mg vitamin C. Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C harian sekitar 60 mg, sehingga dengan mengkonsumsi buah sirsak sebanyak 300 gram sudah mampu memenuhi asupan vitamin C harian tubuh.

3. Karbohidrat

Selain mengandug kadar air yang tinggi, buah sirsak juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah ini berupa gula yang terdiri dari glukosa dan fruktosa yang jumlahnya sebesar 81,9-93,6 persen dari total glukosa.

4. Mineral

Ada beberapa kandungan mineral penting yang peling dominan di dalam buah sirsak, yaitu terdiri dari kalsium dan juga fosfor. Kedua jenis mineral tersebut masing-masing berjumlah sekitar 14 mg dan 27 mg dari setiap 100 gram buah sirsak yang dikonsumsi. Disamping itu, di dalam buah sirsak juga mengandung sodium, hanya saja kadarnya rendah hanya sekitar 14 mg saja. Tetapi, untuk kandugan kaliumnya sangat tinggi yaitu mencapai sekitar 278 gram pada setiap 100 gram buah sirsak ini.

5. Lemak

Meskipun di dalam buah sirsak ini mengandung lemak, namun anda tidak perlu khawatir karena kandungan lemak yang ada dalam buah sirsak ini sangat rendah. Di dalam setiap 100 gram buah sirsak mengandung lemak sekitar 0,3 gram. Dengan demikian, mengkonsumsi buah ini sangat baik dan cocok untuk dijadikan oleh anda sebagai makanan sehat pendukung diet.

6. Serat

Buah sirsak juga termaduk salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan kandugan serat, pada setiap 100- gram buah sirsak mengandung serat sebanyak 3.3 gram. Jumlah asupan serat tersebut efektif untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan melakukan detoksifikasi dalam tubuh.

Masih banyak kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya yang ada dala buah sirsak ini, hanya saja jumlahnya lebih kecil. Meski demikian, tetap saja jika rutin mengkonsumsi buah sirsak ini anda akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan dan bahkan baik juga untuk ibu hamil.

Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa manfaat buah sirsak ini terkenal dengan zat anti kanker yang terkandung di dalamnya, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak mampu mencegah kanker.

Di dalam buah sirsak terdapat kandungan senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Jenis senyawa ini berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan virus yang dapat menyebabkan terjadinya mutasi genetik sehingga menyebabkan kanker. Hebatnya lagi, kandungan senyawa tersebut ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Di dalam tubuh kita terdapat kadar kolesterol jahat dan baik, namun apabila kadar kolesterol jahat dalam tubuh terlalu tinggi dan jauh lebih banyak dibandingkan dengan kadar kolesterol baiik. Maka dapat berdampak buruk bagi kondisi kesehatan tubuh kita nantinya, namun sebaliknya apabila kadar kolesterol baik dalam tubuh jauh lebih banyak justru dapat menjadikan tubuh lebih sehat.

Di dalam buah sirsak ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, serat ini sangat baik untuk membantu dalam mengikat kadar kolesterol jahat dan kemudian membuangnya dari dalam tubuh. Maka dari itu, untuk anda yang mengidap penyakit kolesterol tinggi, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah sirsak karena khasiatnya begitu luar biasa.

3. Mencegah Gangguan Pencernaan

Buah sirsak tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol saja, tetapi mengkonsumsi buah sirsak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan diare.

Meskipun kandungan serat yang terkandung di dalam buah ini tidak tinggi, akan tetapi dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak ini minimal sebanyak 50 gram setiap harinya dapat bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

4. Mengobati Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala memang cukup beragam, salah saunya yaitu akibat dari tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin B2. Bagi anda yang sering menderita sakit kepala, bisa jadik tubuh anda memang kurang mendapatkan asupan vitamin ini. Selain itu, di dalam buah sirsak juga mengandung senyawa riboflavin yang terbukti berkhasiat untuk mengobati sakit kepala.

Jika sakit kepala yang anda alami belum terlalu parah, maka salah satu solusi terbaiknya yaitu anda bisa mengkonsumsi buah sirsak secara rutin minimal 50 gram setiap harinya. Namun jika dalam 3 hari sakit kepala tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat mengkonsumsi buah sirsak juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh, karena kualitas dari kesehatan tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh sistem imun dalam tubuh.

Maka dari itu, untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sebaiknya anda mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya, karena vitamin C ini mampu bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam buah sirsak mengandung beberapa mineral penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, kalsium, fosfor dan juga vitamin D adalah nutrisi penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang, terutama bagi anak-anak yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan kekuatan tulang tubuh mereka. Sedangkan pada orang dewasa, manfaat mengkonsumsi buah sirsak ini dapat membantu mencegah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis dan begitu pun pada lansia.

Bagi anda yang tidak suka minum susu khusus untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang, maka sebagai solusi alternatifnya anda bisa mengkonsumsi jus sirsak setiap hari minimal 50 gram per hari. Sebab, di dalam setiap 100 gram buah sirsak mengandung kalsium sebanyak 14 gram dan juga fosfor sebanyak 27 mg. Maka dari itu, jangan pernah anda lewatkan buah yang satu ini untuk miliki tulang sehat dan kuat.

7. Mencegah dan Mengobati Anemia

Anemia adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh karena kondisi tubuh kita yang mengalami kekurangan asupan zat besi yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Salah satu cara untuk mencukup asupan zat besi ini, anda bisa mengkonsumsi buah sirsak. Sebab, di dalam buah sirsak mengandung sumber zat besi terbaik.

Cukup hanya dengan mengkonsumsi 50 gram buah sirsak, maka tubuh anda akan terhindar dari gejala anemia dan bagi anda yang sudah terkena penyakit anemia bisa segera sembuh dengan rutin mengkonsumsi buah manis menyegarkan ini.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Bagi anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka sebaiknya sering-seringlah anda mengkonsumsi buah sirsak setiap hari. Sebab, di dalam buah sirsak mengandung kalium yang sudah terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Mengobati Penyakit Asam Urat

Kandungan kalium di dalam buah sirsak juga tidak hanya berkhasiat untuk menurukan tekanan darah tinggi, tetapi juga sangat bermanfaat untuk membantu malarutkan asam urat berlebih yang menumpuk pada persendian. Dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah sirsak ini, maka rasa sakit dan nyeri akibat asam urat secara berangsur-angsur akan hilang.

10.  Mencegah Penyakit Kulit

Manfaat buah sirsak berikutnya yaitu dipercaya mampu mencegah berbagai jenis penyakit kulit seperti bisul, borok, eksim, jerawat dan berbagai jenis penyakit kulit lainya. Sebab, dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak ini dapat melakukan perlawan dari dalam terhadap serangan berbagai penyebab yang dapat memicu munculnya penyakit kulit seperti kuman, bakteri dan bahkan radikal bebas. maka dengan rutin minum jus buah sirsak ini, kesehatan kulit pun akan senantiasa terjaga dan terhindar dari resiko terkena penyakit kulit.

B. Manfaat Buah Sirsak untuk Kecantikan Kulit Wajah

Tidak hanya baik untuk kesehatan, buah sirsak juga ternyata sangat bermanfaat untuk merawat kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit. Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Di dalam buah sirsak mengandung sumber antioksidan yang sangat tinggi, sehingga buah sirsak ini sangat baik untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini pada kulit. Kandungan zat antioksidan tersebut sangat ampuh untuk melawan serangan radikal bebas yang dapat menyerang tubuh dan juga kulit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah sirsak juga sangat dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit mati sehingga dapat menjadikan kulit menjadi lebih kencang dan segar.

Cara mencegah penuaan dini dengan buah sirsak bisa dilakukan dengan cara minum jus buah sirsak secara rutin atau bisa juga dengan melakukan perawatan menggunakan masker buah sirsak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya lakukan perawatan kulit ini dengan melakukan keduanya baik dari dalam maupun dari luar.

2. Mencerahkan Kulit Kusam

Bagi anda yang tidak percaya diri dengan kulit kusam, maka segera atasi dengan melakukan perawtan menggunakan masker buah sirsak secara rutin dan teratur. Buah sirsak ini sangat efektif untuk mencerahkan kulit kusam, karena di dalam buah sirsak ini mengandung vitamin C sangat tinggi, sama halnya dengan lemon.

Manfaat vitamin C ini efektif untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit mati yang kemudian akan segera diganti dengan sel kulit baru yang lebih kencang dan sehat. Gunakan masker buah sirsak secara rutin dan teratur setiap malam, lakukan perawatan ini sampai mendapatkan hasil sesuai harapan anda.

3. Menghilangkan Jerawat

Seperti yang telah kami sampaikan pada pembahasan diatas, bahwa buah sirsak ini sangat ampuh untuk mencegah penyakit kulit. Akan tetapi, kali ini akan kami bahas mengenai manfaat buah sirsak untuk menghilangkan jerawat. Manfaat buah sirsak ini memang sama-sama efektif untuk mencegah dan meghilangkan jerawat, hanya saja jika untuk menghilangkan jerawat perawatan yang dilakukan harus lebih rutin.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah sirsak ini sangat mudah, anda cukup mengoleskan masker buah sirsak secara merata pada kulit wajah yang berjerawat. Jika jerawatnya hanya satu atau dua, anda bisa mengoleskannya pada jerawatnya saja, namun jika kulit wajah anda dipenuhi dengan jerawat anda bisa memoleskan masker jerawat ini secara merata ke seluruh permukaan wajah.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur sampai jerawat pada kulit wajah anda hilang.

4. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Noda hitam pada kulit wajah sering kali muncul akibat sering memencet jerawat, setelah jerawat mati dan hilang biasanya akan menimbulkan masalah baru, yaitu bekas jerawat menjadi menghitam dan menjadi noda yang sulit untuk dihilangkan.

Kondisi yan demikian tentu akan membuat siapa saja merasa kurang percaya diri, namun anda jangan khawatir karena anda bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan secara rutin seperti cara menghilangkan jerawat diatas. Teruskan pemakaian meskipun jerawat sudah hilang, tujuannya yaitu untuk menyamarkan dan bahkan menghilangkan noda hitam bekas jerawat tersebut.

5. Mengeluarkan Komedo

Komedo merupakan kotoran yang biasanya muncul pada bagian disekitar hidung dan bibir, biasanya komedo ini juga lebih sulit untuk dihilangkan dibandingkan dengan jerawat. Jika anda sudah mencoba segala produk untuk menghilangkan komde tapi masih belum mendapatkan hasil optimal, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba menggunakan scrub alami yang bisa anda buat sendiri dari bahan dasar buah sirsak dan daunnya.

Caranya yaitu : siapkan sekitar 7 lembar daun sirsak segar, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan buah sirsak dan masukan ke dalam blender kemudian haluskan. Setelah itu, masukan jus atau masker buah sirsak tersebut ke dalam lemari es dan biarkan hingga dingin.

Oleskan masker buah sirsak tersebut secara merata pada bagian kulit wajah yang berkomedo, diamkan selama 30 menit atau sampai masker kering dan bilas sampai bersih, lakukan perawatan cara menghilangkan komedo ini secara rutin dan teratur setiap malam.

6. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Wajah

Pemakaian masker buah sirsak juga sangat efektif untuk menjadikan kulit wajah halus dan lembut, karena kandungan vitamin C dan nurisi lainnya dapat mengangkat tumpukan sel kulit mati secara optimal pada kulit wajah. Dengan melakukan perawatan setiap malam, kulit wajah akan terasa lebih halus dan lembut.

Bagimana, tertarik untuk mencobanya?
Itulah Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan yang dapat kami ulas. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Silahkan baca juga artikel lainnya di blog ini. Like juga halaman fb blog ini. Terima kasih dan salam sehat.