15 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

15 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Srikaya bagi Wanita & Pria, Manfaat Buah Srikaya untuk Kanker, Manfaat Daun Srikaya Rebus, Buah Srikaya untuk Ibu Hamil, Masker Buah Srikaya, Manfaat Buah Nona Untuk Kecantikan, Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan & Nilai Gizinya.


Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Ketika mendengar nama Srikaya, mungkin sebagian besar dari kita akan langsung membayangkan dan tertuju pada salah satu jenis buah. Ya, benar buah Srikaya.

Buah srikaya adalah salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia, banyak sekali orang yang menyukai buah rasa manis dan memiliki daging buah yang lembut di mulut saat mengkonsumsinya.

Selain itu, buah yang memiliki aroma khas ini dalam bahasa latin dikenal dengan nama Annona Squamosa atau dalam bahasa kita sehari-hari menyebutnya dengan buah Nona atau Mona, merupakan salah satu jenis tanaman berbuah yang banyak tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Selain aroma buahnya yang harum dan khas, buah srikaya juga memiliki bentuk buah yang tergolong unik dibandingkan dengan jenis buah pada umumnya. Rasanya yang manis dan lembut di mulut membuat buah ini disukai banyak orang dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain rasanya sangat enak, ternyata di dalam buah Nona ini sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Buah Srikaya

Di dalam buah srikaya mengandung gizi dan nutrisi yang cukup lengkap dan sangat diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan dari tubuh manusia, seperti karbohidrat, protein, serat makanan, seng, tiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), vitamin B6, folat (B9), vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, mangan dan zat besi.

Semua kandungan yang ada dalam buah srikaya diatas sangat baik da=n diperlukan oleh tubuh, sehingga banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya, baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Beragam Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat mengkonsumsi buah srikaya bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Diare

Di dalam buah srikaya mengandung zat tanin yang sangat bermanfaat, zat ini biasanya banyak ditemukan dalam teh. Dengan adanya kandungan zat tannin ini membuat rasa dari buah srikaya yang masih muda memiliki rasa yang sangat asam, bahkan terkadang rasanya sangat pahit. Kandungan zat yang terkandung di dalam buah srikaya muda ini terbukti sangat berkhasiat untuk mengobati sakit perut dan diare.

2. Mencegah dan Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah srikaya ini yaitu berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan, seperti perut mulas, kram pada saat sedang menstruasi, susah BAB, konstipasi dan juga disentri.

Selain dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah srikaya yang sudah matang, cara mengobati gangguan pencernaan yang disebutkan tadi diatas yaitu dengan cara merebus buah 1 buah srikaya muda dengan 2 gelas air. Rebus sampai mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tersisa sekitar 1 gelas saja. Lalu minum selagi hangat 2 kali sehari dengan dosis setengah gelas saja untuk sekali minum.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Di dalam buah nona atau srkaya juga mengandung magnesium yang sangat baik untuk penderita penyakit diabetes, penyakit diabetes ini ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar gula darah yang berada pada kadar diatas normal. 

Bagi para penderita penyakit diabetes, kadar insulin yang diproduksi oleh tubuh jumlahnya sangat rendah, akibat rendahnya kadar insulin dalam tubuh ini dapat menyebabkan kadar glukosa dalam darah tidak dapat diserap oleh sel-sel dalam tubuh dengan optimal. Maka dengan adanya kandungan magnesium ini, berbagai masalah kesehatan tersebut bisa teratasi dengan baik.

4. Mencegah Asma Kambuh

Asma merupakan jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan, menurut penjelasan dokter jika penyakit ini tidak bisa disembuhkan tapi bisa dicegah agar penyakit ini tidak gampang kambuh yaitu dengan cara menghindari apa-apa yang menjadi penyebab penyakit asma ini kambuh seperti polusi udara, asap rokok, udara dingin dan beberapa faktor makanan dan minuman tertentu.

Penyakit ini dapat dierita dalam jangka waktu yang lama, terjadinya penyempitan dan peradangan pada saluran napas membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas dan bahkan ditandai dengan suara mengi ketika penyakit ini kambuh.

Salah satu cara untuk mencegahnya agar tidak mudah kambuh yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya, karena di dalam buah ini mengandung vitamin C yang juga berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, penyakit asma ini tidak akan mudah kambuh.

5. Menurunkan Kadar Kolestrol Tinggi

Sebenarnya kolesterol dalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting, namun anda semua harus tahu bahwa di dalam tubuh manusia itu ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat yang disebut dengan (LDL) dan ada juga kolesterol baik yang disebut dengan (HDL).

Kolesterol jahat adalah jenis kolesterol yang sering kali menjadi biang masalah pada kesehatan tubuh apabila jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan kolesterol baik, bahkan sampai menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Untuk anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi, anda tidak perlu khawatir karena untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terlampau tinggi dalam tubuh bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, di dalam buah srikaya ini mengandung niasin yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Penyakit hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menjadi pemicu dari kemunculan berbagai jenis penyakit lainnya seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah yang dapat berujung pada kematian. 

Penyakit hipertensi ini bisa ditandai dengan munculnya rasa sakit di kepala, pundak yang terasa kaku sampai pada wajah yang tampak kemerahan. Penyakit darah tinggi atau hipertensi ini biasanya sering di alami oleh mereka yang berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan juga di alami oleh anak-anak dan dewasa.

Salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu bisa dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya, karena di dalam buah srikaya mengandung kalium dan potasium yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tingi dan dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah unik ini, maka tekanan darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa di dalam buah srikaya mengandung berbagai jenis zat yang berkhasiat untuk menurunkan tekana darah tinggi yaitu kalium, potassiumn dan beberapa kandungan zat lainnya. Kandungan zat yang ada dalam buah srikaya ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah dan juga kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya ini dapat menekan resiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung.

Selain itu, di dalam buah nona juga memiliki kandunga vitamin B yang berkhasiat untuk membantu mencegah terjadinya perkembangan homocystein. Homocystein sendiri merupakan sejenis protein asam amino yang diproduksi oleh tubuh dari serapan dari daging yang kita makan sehari-hari. Jika tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin B, maka dapat menyebabkan tubuh memproduksi homocystein dalam jumlah yang sangat besar sehingga berpotensi menyebabkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah arteri meningkat dan berpotensi menyebabkan terkena penyakit jantung.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor sangat baik dan sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi dengan optimal. Selain itu, kedua kandungan mineral penting tersebut dapat memperkuat tulang dan gigi, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa agar terhindar dari berbagai resiko kerusakan tulang dan gigi di usia tuanya nanti. Selain mengkonsumsi buah srikaya, makanan penunjang lainnya yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi yaitu seperti susu, kuning telur dan juga keju.

9. Memelihara Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting dalam kehidupan manusia, karena memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang baik tentu menjadi salah satu kenikmatan yang sangat luar biasa bagi kita sebagai manusia, sehingga kita bisa melihat keindahan dunia.

Memiliki mata yang sehat tentu menjadi keingian setiap orang, sehingga kesehatan mata sangat penting untuk selalu di jaga dengan baik, apalagi bagi anda yang sering berhadapan dengan layar laptop, televisi atau smartphone dalam jangka waktu yang lama. Itulah hal yang dapat menjadi penyebab mata menjadi kurang sehat, bahkan terjadi penurunan daya penglihatan atau mata rabun.

Salah satu cara alami yang bisa kita lakukan untuk memelihara kesehatan mata, yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya. Ini dikarenakan, di dalam buah srikaya mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk menutrisi mata seperti vitamin A dan betakaroten.

10. Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat buah srikaya juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti bisul, jerawat, koreng dan penyakit kulit lainnya. Hal ini dikarenakan, di dalam buah srikaya yang masih muda mengandung zat anti bakteri dan antiseptik alami yang dapat mencegah dan membunuh bakteri penyebab infeksi kulit.

Cara mengobati penyakit kulit dengan buah srikaya, anda cukup menghaluskan buah srikaya yang masih muda, lalu tambahkan sedikit garam halus dan aduk sampai tercampur merata. Setelah itu, gunakan ramuan obat kulit alami tersebut secara merata pada bagian kulit yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Lalu bersihkan dengan air hangat.

B. Manfaat Buah Srikaya untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisankita dapatkan dengan melakukan perawatan dengan menggunakan buah srikaya, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan asam amino dan juga senyawa kimia lainnya yang ada dalam buah srikaya ini sangat baik unuk membantu meningkatkan kolagen dalam tubuh. Kolagen ini dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, buah srikaya juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh karena dampak buruk dari radikal bebas.

2. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Di dalam buah srikaya juga mengandung vitamin C yang dapat mengikat kolagen dan juga membantu regenerasi sel kulit untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Membantu Meningkatkan Elastisitas Kulit

Di dalam buah srikaya mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk merawat kulit agar tetap terjaga dengan baik elastisitasnya. Selain itu, mengkonsumsi buah srikaya juga dapat membantu dalam mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit dan mencegah terjadinya proses oksidasi. Buah srikaya ini dapat bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit dan membantu menyamarkan flek dan noda hitam yang muncul pada kulit wajah serta membantu proses peremajaan kulit.

4. Menghidrasi Kulit

Kadar air yang terkandung di dalam buah srikaya sangat tinggi, sehingga dengab mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu menghidrasi kulit. Selain itu, di dalam buah srikaya juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Sebab, jika kulit kurang mendapatkan asupan cairan dan nutrisi dalam jumlah cukup, maka kulit akan terlihat kering, kusam dan muncul flek dan kerutan halus. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah srikaya, kulit akan terlihat lebih sehat dan segar.

5. Menjadikan Kulit Terlihat Lebih Bercahaya

Manfaat rutin mengkonsumsi buah srikaya secara rutin dan teratur, maka kulit akan terlihat lebih sehat, bersih dan cerah bercahaya. Hal ini dikarenakan, di dalam buah srikaya mengandung serat yang dapat membantu menyingkirkan zat-zat racun berbahaya yang mengendap dalam tubuh dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam tubuh yang berakibat pada terganggunya produksi kolagen pada kulit.

Catatan Penting dan Saran : 

Penting untuk anda semua perhatikan, bahwa :
  1. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi atau minum ramuan yang terbuat dari bahan buah srikaya, baik itu buah, biji, akar, kulit pohon dan daunnya sekalipun.
  2. Jika anda akan membuat ramuan obat yang terbuat dari buah dan bagian lain dari pohon buah srikaya, sebaiknya anda berhati-hati dan jika anda mintalah bantuan teman yang ahli dalam dunia pengobatan herbal. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari efek buruk yang mungkin saja bisa terjadi pada dri anda.
  3. Jika anda akan mencoba mengobati suatu jenis penyakit dengan cara mengguakan obat herbal yang terbuat dari bahan buah, biji atau daun buah srikaya sebaiknya anda meminta bantuan ahli atau konsultasikan terlebih dahulu dengan seorang herbalis yang sudah berpengalaman dalam dunia pengobatan  herbal.

Itulah beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Meskipun buah srikaya memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, anda tetap harus hati-hati, karena di dalam buah ini mengandung zat beracun yang cukup berbahaya yang bernama annonain dan resin.

Zat racun annonasin banyak ditemukan dibagian biji buah srikaya, sehingga jika anda akan memanfaatkan buah, biji atau bagian lain dari pohon sarikaya untuk dijadikan sebagai obat alami, maka harus dilakukan berdasarkan prosedur dan dilakukan oleh orag yang ahli dibidangnya. Sebab, buka tidak mungkin jika zat racun yang ada dalam buah srikaya ini bisa membahayakan tubuh manusia, bahkan ibu hamil sangat dilarang keras untuk mengkonsumsi buah atau minum ramuan berbahaya buah sarikaya.

Demikianlah artikel mengenai 15 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Kecantikan yang penting untuk anda semua ketahui. Semoga ulasan singkat yang kami sajikan diatas dapat memberikan manfaat bagi anda yang membacanya. Silahkan baca juga artikel bermanfaat lainnya.