25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wanita

25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wanita -- Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Pria dan Wanita, Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan Kulit Wajah, Manfaat Rebusan Daun Kemangi, Manfaat Daun Kemangi untuk Promil - untuk Kesuburan - untuk Wajah - untuk Rambut, Kandungan Zat pada Daun Kemangi, Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Alami.


Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wanita -- Kemangi atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Ocimum sanctum memang sudah bukan jenis tanaman yang asing bagi kita, karena tanaman ini sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita seperti di kebun, ladang dan bahkan sering ditanam di depan atau belakang rumah.

Sebagian besar orang hanya tahu jika daun kemangi ini hanya dapat dimanfaatkan sebagai lalapan atau dijadikan sebagai pelengkap pada masakan saja. Namun tahukah anda, ternyata daun kemangi ini daoat dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati banyak jenis penyakit dan bahkan bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit, rambut dan mengatasi berbagai masalah kecantikan lainnya.

Hal ini dikarenakan, daun kemangi sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting yang dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Aroma khas dari daun kemangi dapat mengudang selera makan, sehingga wajar saja jika daun kemangi ini sering dijadikan sebagai lalapan dan pelengkap masakana.

Selain dapat dijadikan sebagai pelezat masakan, ternyata daun kemangi juga memiliki kandungan senyawa-senyawa yang sangat baik untuk mendukung kesehatan organ-organ tubuh kita.

Bagi anda yang belum tahu kandungan apa saja yang ada dalam daun kemangi ini, anda bisa simak informasinya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Daun Kemangi

Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, karena di dalam setiap 10 gram daun kemangi mengandung :
  • Energi, sebanyak 46 k.kal
  • Protein, sebanyak 4,0 g
  • Lemak, sebanyak 0,5 g
  • Karbohidrat, sebanyak 8,9 g
  • Vitamin A, sebanyak 750 RE
  • Vitamin B, sebanyak 0,08 mg
  • Vitamin C, sebanyak 50 mg
  • Kalsium, sebanyak 45 mg
  • Fosfor, sebanyak 75 mg
  • Zat Besi, sebanyak 2 mg
  • Air, sebanyak 85 g

Kandungan senyawa lainnya :
  • Sitrat, Zat Arigin, Anetol, Sineol, Atsiri, Eugenol, Betakarotin, Zat Flavonoid, Boron, Zat triptofan, dan lain-lain

Dengan banyaknya kandungan gizi / nutrisi yang ada dalam daun kemangi ini, maka tak heran jika daun kemangi ini sudah sejak dulu sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit ringan maupun penyakit berat.

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini admin akan membagikan informasi mengenai beragam manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bagi anda yang belum tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari daun kemangi ini, maka simak baik-baik informasi selengkapnya berikut ini.

Beragam Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi yang bisa anda dapatkan untuk kesehatah tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Diare

Di dalam daun kemangi mengandung zat fitokimia yang sangat berkhasiat untuk melawan dan menghentikan aktivitas bakteri yang menjadi penyebab diare yaitu yang disebut dengan Staphyloccus aerus. Dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan, anda akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, salah satunya diare.

2. Mengobati Penyakit Asam Urat

Di dalam daun kemangi mengandung minyak essensial seperti sitronelol, eugenol dan linalool. Ketiga jenis minyak essensial tersebut dapat berfungsi sebagai zat anti-inflamasi. Dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi segar sebagai lalapan, tubuh akan terhindar dari resiko terjadinya peradangan seperti penyakit asam urat. Selain itu, rutin mengkonsumsi daun kemangi sangat ampuh untuk mengobati penyakit asam urat.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat daun kemangi berikutnya sangat terkenal akan kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tenyata hal ini disebabkan oleh karena di dalam daun kemangi mengandung zat antioksidan dan juga fitokimia yang sangat berkhasiat untuk mengurai tumpukan lemak dan kolesterol pada saluran pembuluh darah, sehingga tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit aterosklerosis.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat mengkonsumsi daun kemangi segar untuk dijadikan sebagai lalapan segar yaitu dapat membantu melacarkan peredaran darah dalam tubuh, sekaligus dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap dalam kondisi normal dan lancar. Dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit kardiovaskular.

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Di dalam daun kemangi juga mengandung nutrisi yang berperan sangat penting untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, serta dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita penyakit diabetes. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi segar bagi pasien diabetes, kdar gula darah yang tinggi bisa segera turun dan kembali normal.

6. Mencegah Kerusakan Sel Baik Dalam Tubuh

Beberapa kandungan nutrisi penting yang terkandung dalam daun kemangi ini ada yang berperan aktif sebagai zat antioksidan, zat antioksidan ini dapat berfungsi sebagai penangkal dari radikal bebas berbahaya yang dapat menjadi pemicu kerusakan sel-sel baik dalam tubuh.

Jika sel-sel dalam tubuh mengalami kerusakan, maka tubuh akan sangat mudah terserang berbagai jenis penyakit. Salah satu cara mencegah agar tidak terjadi kerusakan sel dalam tubuh akibat radikal bebas, sebaiknya anda ruti mengkonsumsi daun kemangi segar.

7. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kemangi juga dapat berperan aktif dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya, karena radikal bebas dapat menjadi penyebab pembetukan sel kanker dalam tubuh. Maka jika anda ingin terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi daun kemangi segar.

8.  Menjaga Kesehatan Liver

Mengkonsumsi daun kemangi segar dipercaya mampu mengurai lemak yang menumpuk pada organ liver atau hati, sel lemak yang terlalu menumpuk dan tidak segera dilakukan penguraian dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit liver atau penyakit hati.

9. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat mengkonsumsi daun kemangi segar juga sangat berkhasiat untuk membantu melancarkan sistem penernaan. Hal ini dikarenakan, di dalam daun kemangi mengandung serat alami yang sangat baik dan dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

Dengan demikian, berbagai gangguan kesehatan pada sistem pencernaan akan senantiasa terjaga dengan baik sepanjang hari. Selain itu, manfaat mengkonsumsi daun kemangi juga sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan berat bada berlehih (obesitas).

10. Menjaga Tingkat Keasama Tubuh Tetap Stabil

Rutin mengkonsumsi daun kemangi juga sangat berkhasiat untuk menjaga agar tingkat keasaman dalam tubuh dapat tetap dalam kondisi normal. Dengan memiliki tingkat keasaman tubuh yang normal, maka sistem metabolisme tubuh dan juga enzim akan tetap terjaga dengan baik.

11. Meingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam daun kemangi mengandung betakaroten yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh kita akan lebih tahan terhadap berbagai serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, manfaat mengkonsumsi daun kemangi juga sangat baik untuk membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak. Bakteri baik yang ada dalam tubuh kita dapat membantu meningkatkan pH tubuh kita pada batas normal, sehingga dalam hal ini dapat membantu berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi yaitu dapat membantu dalam melancarkan peredaran darah dalam tuuh, karena di dalam daun kemangi mengandung kalium yang sangat perperan aktif dalam melancarkan peredaran darah dengan cara membersihkan saluran pembuluh darah. Maka dengan sirkulasi darah yang lancar, maka tubuh akan terhindar dari resiko terserang beberapa jenis penyakit seperti penyakit kolesterol tinggi, jantung dan stroke.

13. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Sifat duretik pada kandungan zat dan senyaw yang terkandung di dalam daun kemangi ini sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi tubuh, sehingga dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal.

14. Memelihara Kesehatan Mulut dan Gigi

Dengan mengkonsumsi daun kemangi segar setiap hari ternyata sangat baik untuk memelihara kesehatan mulut dan gigi, karena di dalam daun kemangi mengandung senyawa yang bersifat sebagai antiseptik dan antibakteri.

Maka dengan mengunyah daun kemangi dapat membantu menghentikan perkembangan bakteri dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut, sakit gigi dan berbagai gangguan kesehatan pada mulut dan gigi lainnya. Selain itu, rajin mengunyah daun kemangi juga bermanfaat untuk memperkuat gigi dan gusi.

15. Menghilangkan Bau Badan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu menghilangkan bau badan tak sedap akibat keringat berlebih, karena keringat berlebih dapat memicu perkembangan bakteri pada kulit tubuh kita terutama di area yang lembab seperti ketiak.

Cara menghilangkan bau badan secara alami bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi dain kemangi secara rutin dan teratur setiap hari selama satu minggu, setelah itu anda bisa rasakan manfaatnya bau badan hilang dan pastinya dapat membuat anda merasa lebih percaya diri.

Baca Juga : Manfaat Daun Pecah Beling / Keji Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan

B. Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

Tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan saja, daun kemangi juga ternyata sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dan juga rambut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat Membandel

Sifat anti septik, anti bakteri dan juga anti jamur pada daun kemangi terbukti efektif untuk membantu menghilangkan jerawat membandel pada kulit wajah dan mencegahnya agar tidak datang kembali.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun kemangi sangat mudah, anda hanya perlu menumbuk daun kemangi secukupnya saja, lalu tempelkan pada jerawat tersebut dan diamkan minimal 30 menit. Lakukan secara rutin dan teratur sampai jerawat hilang.

2. Mencegah dan Menghilangkan Komedo

Selain ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel, daun kemangi juga bisa anda manfaatkan sebagai bahah alami untuk mencegah dan menghilangkan komedo. Caranya masih tetap sama dengan cara untuk menghilangkan jerawat, lakukan secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

3. Mencegah Penuaan Dini

Daun kemangi mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, kandungan antioksidan ini sangat baik untuk kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Efek buruk dari radikal bebas ini dapat menyebabkan kulit mengalami proses penuaan dini, sehingga kulit wajah akan tampak tua sebelum waktunya seperti kulit menjadi keriput, muncul flak hitam, garis-garis halus, kulit kering, kusam dan tada-tanda penuaan lainnya. Selain itu, daun kemangi juga dapat mencerahkan kulit wajah.

Untuk mencegah terjadinya proses tanda-tanda penuaan dini agar kulit wajah tampak awet muda, anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan daun kemangi secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

Caranya yaitu, haluskan daun kemangi secukupnya, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon. Aduk dan jadikan sebagai masker wajah secara merata, lalu diamkan kurang lebih selama 30 menit dan bersihkan.

4.  Mencegah Rambut Beruban

Daun kemangi juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan rambut,Manfaat daun kemangi juga sangat efektif untuk mencegah rambut beruban.

Caranya sangat mudah, cukup haluskan daun kemangi secukupnya dan tambahkan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, balurkan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan cara keramas seperti biasa. Lakukan cara ini minimal 1 minggu sekali.

5. Mencegah Dan Mengatasi Rambut Rontok

Cara diatas juga tidak hanya dapat mencegah rambut beruban, tetapi juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok secara alami. Maka, bagi anda yang sedang mengalami masalah rambut rontok, anda bisa coba cara perawatan rambut alami dengan daun kemangi secara rutin dan teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

6. Menghilangkan Ketombe

Manfaat daun kemangi berikutnya yaitu dipercaya efektif untuk menghilangkan ketombe. Caranya yaitu, campurkan minyak dari daun kemangi dengan minyak kelapa hangat secukupnya saja. Setelah itu, balurkan racikan masker rambut tersebut secara merata pada kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa sampai benar-benar bersih.

Lakukan cara menghilangkan ketombe secara alami ini secara rutin 1 kali dalam sehari setiap sebelum mandi.

C. Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita

Tahukah anda, ternyata daun kemangi juga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada wanita. Apa sajakah itu? Simak ulasannya dibawah berikut ini.

1. Melancarkan Produksi Asi

Lancarnya produksi ASI tentunya akan mendukung tumbuh kembang bayi untuk mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Bagi pada ibu menyusui yang memiliki masalah produksi ASI yang tidak lancar atau sedikit, anda bisa minum air rebusan daun kemangi setiap hari untuk membantu merangsang produksi ASI agar menjadi lebih lancar. Manfaat daun kemangi ini sama hal nya dengan manfaat daun katuk, karena kedua jenis dedaunan ini efektif untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

2. Memperlambat Proses Menopause

Menopause adalah suatu kondisi yang mana wanita sudah tidak mampu untuk bereproduksi lagi. Biasanya penyebab dari hal ini sering dipangaruhi oleh faktor usia. Untuk memperlambat datangnya masa menopause pada wanita. yaitu bisa dilakukan dengan cara minum air rebusan daun kemangi secara rutin dan teratur minimal 2-3 kali seminggu.

3. Mencegah dan Mengurangi Keputihan

Daun kemangi juga dipercaya sejak dulu bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah keputihan yang sering di alami oleh para kaum wanita dewasa. Untuk mencegah dan mengurangi keputihan bisa dilakukan dengan cara minum air rebusan daun kemangi secara rutin dan teratur setiap hari sampai keputihan berangsur-angsur berkurang dan hilang.

4. Menyuburkan Reproduksi Wanita

Bagi anda yang ingin segera hamil, maka kami sarankan agar anda rutin mengkonsumsi daun kemangi, baik dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau dicampur dengan sayuran. Kandungan zat eugenol, mycrene dan cineole yang terkandung di dalam daun kemangi dapa membantu sel telur siap untuk dibuahi, sehingga hal ini dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.
Demikianlah ulasan mengenai 25 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wanita yang dapat kami bagikan pada postingan kali ini, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Please share and like.