14 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Penggunaannya

14 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan Wajah, Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirsak, Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Sirsak, Efek Samping Air Rebusan Daun Sirsak, Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Rambut, Kegunaan Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kandungan Daun Sirsak.


Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Penggunaannya -- Di Indonesia, banyak masyarakat yang suka dengan buah sirsak. Karena buah sirsak memiliki rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan, apalagi jika dijadikan jus dan di minum saat panas matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, buah sirsak juga bauik dikonsumsi untuk kesehatan karena di dalam buah ini mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain buahnya, ternyata bagian lain dari tanaman atau tumbuhan sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk manusia, salah satunya yaitu bagian daunnya. Daun sirsak juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk manusia, karena di dalam daun sirsak juga mengandung sejumlah zat dan nutrisi yang sangat efektif untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya.

Sebelum mengulas tentang manfaat daun sirsak, penting untuk diketahui juga berbagai kandungan zat yang terkandung di dalam daun buah sirsak ini. Untuk mengetahui kandungan zat-zat penting yang ada dalam daun sirsak, anda bisa simak informasinya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Daun Sirsak

Berikut ini beragam kandungan zat penting yang bisa kita temukan di dalam daun sirsak, yaitu :

Zat Lactones
  • Annopentocinas A, B dan C
  • Annomuricina A, B, C dan E
  • Murihexocina A dan C
  • Annohexocina
  • Gigantetronemina
  • Javoricina
  • Annomutacina
  • Muricoreacina

Lipid
  • CLA
  • Asam Gentisic
  • Asam stearat
  • Asam Lignoceric

Zat Isoquinoline
  • Coreximine
  • Atherospermine
  • Anonaine
  • Anoniine

Lalu, Apakah mengkonsumsi daun sirsak aman bagi kesehatan?

Meskipun sudah banyak masyarakat yang membuktkan manfaat daun sirsak ini, namun berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa konsumsi daun sirsak dapat menyebabkan rangsangat pengeluaran uri setelah mengkinsumsinya. Maka bagi wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun sirsak ini.

Mengkonsumsi atau minum air rebusan daun sirsak dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena di dalam daun sirsak mengandung senyawa antimikroba yang ampuh membunuh bakteri atau flora normal yang ada dalam tubuh.

Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi atau minum air rebusan daun sirsak dapat menyebabkan rasa kantuk dan bahkan mengalami hilang kesadaran. Maka dari itu, meskipun daun sirsak ini memiliki banyak manfaanya anda tetap diharuskan bijak dalam mengkonsumsinya dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika akan anda gunakan untuk mengobati penyakit.

Beragam Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirsak yang penting untuk diketahui, yaitu :

1. Menurunkan Demam

Di dalam daun sirsak mengandung senyawa aktif yang dapat membantu dalam menurunkan demam pada tubuh dan membantu mengatasi infeksi yang terjadi akibat virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. ketika tubuh sedang terserang demam, sebelum anda memeriksakan diri kedokter maka anda bisa minum obat alami air rebusan daun sirsak.

Cara membuat ramuan obat penurun demam dari daun sirsak cukup sederhana, rebuslah daun sirsak sebanyak 10 lenbar dengan segelas air putih hingga mendidih. Angkat dan dinginkan, lalu minum sampai habis pada saat masih dalam kondisi hangat. Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

2. Meredakan Gejala Penyakit Arthritis

Di dalam daun sirsak mengandung senyawa aktif yang dapat menghentikan peradangan yaitu disebut dengan senyawa inflammatori, senyawa ini cukup efektif untuk membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat penyakit arthritis.

Arthritis adalah gangguan yang terjadi pada persendian yag disebabkan oleh karena adanya peradangan yang termasuk salah satu gejala dari penyakit autoimun, penyakit ini muncul karena telah terjadi kerusakan pada sistem imunitas tubuh yang mana sel darah putih dalam tubuh berbalik menyerang sel normal yang ada dalam tubuh.

Manfaat minum ramuan daun sirsak ini terbukti efektif untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat dari gejala penyakit arthritis dan mengurangi rasa nyeri akibat penyakit persendian. Minum ramuan air rebusan dau sirsak ini secara rutin 2 kali sehari untuk mengatasi peradangan akibat penyakit arthritis sebanyak 1 gelas sekali minum.

3. Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak berikutnya diduga ampuh untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis kanker. Telah banyak dilakukan penelitian untuk membuktikan khasiat dari daun sirsak ini terhadap perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam daun sirsak mengandung senyawa aktif yang bernama Annonaceous acetogenins, senyawa ini hanya dapat ditemukan pada jenis tanaman atau tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga annonaceae.

Senyawa tersebut merupakan jenis senyawa fitokimia yang memiliki aktivitas sebagai zat anti kanker, Annonaceous acetogenins ini dapat bekerja dengan cara membasmi sel kanker untuk menghentikan perkembangannya di dalam tubuh dan memicu terjadinya apoptosis yang disebut dengan mekanisme bunuh diri sel.

Khasiat air rebusan daun sirsak juga sangat efektif untuk membasmi tumor degan cara menghambat asupan nutrisi dan energi yang diperlukan oleh sel kanker dalam tubuh, sehingga sel kanker tidak akan berkembang dan mati. Maka bagi anda yang menderita penyakit kanker, anda bisa minum air rebusan daun sirsak 2-3 kali sehari sampai sembuh. Namun, disamping itu anda tetap haruis rutin melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan anda ke dokter yang menangani penyakit anda untuk memantau perkembangannya.

4. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa minum air rebusan daunn sirsak efektif untuk membantu meningkatkan kekuatan sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang berguna dalam menangkal berbagai serangan mikroorganisme dan juga radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Dengan demikian, tubuh pun tidak akan mudah sakit terutama bagi anda yang memiliki aktivitas cukup padat.

5. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang terlampau tinggi dalam tubuh menjadi pemicu penyakit diabetes, kondisi ini dapat merusak sel dan juga jaringan dalam tubuh sehingga penyakit diabetes ini termasuk jenis penyakit yang memiliki angka kematian cukup tinggi di Indonesia dan bahkan di dunia.

Penyebab dari penyakit diabetes atau kencing manis sendiri dapat dipicu oleh karena pola hidup yang tidak sehat, faktor genetik dan juga suka konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan terganggunya fungsi homon insulin dalam tubuh. hormon insulin sendiri bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh agar tetap terjaga kestabilannya, sehingga bagi para penderita penyakit diabetes, hormon insulin dalam tubuhnya tidak dapat bekerja secara optimal karena sudah kehilangan kepekaannya terhadap glukosa dalam darah.

Di dalam daun sirsak memiliki kandungan senyawa metanolik dan streptozotocin yang dapat memicu pemtukan sel-sel beta langerhans di dalam pankreas untuk menghasilkan kadar insulin dan meningkatkan sensitifitas insulin terhadap kadar glukosa dalam darah. Maka dengan minum air rebusan daun sirsak ini diduga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malaria adalah jenis penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk yang membawa parasit Plasmodium, jenis nyamuk yang sering menjadi penyebab penyakit malaria yaitu nyamuk Anopheles. Di Indonesia, angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini cukup tinggi, maka jika anda atau salah satu dari anggota keluarga anda yang terjangkit penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan medis dengan serius.

Di samping mendapatkan penanganan medis, untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini anda bisa coba minum air rebusan daun sirsak. Hal ini dikarenakan, berdasarkan dari hasil penelitian menemukan adanya ekstrak pentana yang terkandung di dalam daun sirsak yang diduga mampu membasmi parasti Plasmodium yang menjadi penyakit malaria ini.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, bahkan penyakit ini sering menjadi pemicu utama dari penyakit jantung. Penyebab utama dari penyakit darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi ini disebabkan oleh karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri, sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dipublikasikan American Journal of Research Communication pada yahun 2014 lalu mengungkapkan bahwa di dalam daun sirsak memiliki kandungan senyawa antihypertensive yang efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan peredaran darah, sehingga tidak akan mempengaruhi kerja organ jantung.

Bagi ada yang menderita penyakit hipertensi, anda bisa rutin minum air rebusan daun sirsak secara teratur agar tekanan darah dalam tubuh anda tetap stabil.

B. Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Tidak hanya berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh lainnya, daun sirsak juga sering dijadikan sebagai bahan untuk merawat kecantikan. Berbeda dengan produk kecantikan berbahaya kimia yang dijual bebas dipasaran, perawatan menggunakan daun sirsak tidak menyebabkan ketergantungan sehingga aman tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Kerusakan Kulit

Di dalam daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Selain itu, manfaat daun sirsak juga dapat membantu mencegah dan menghilangkan penyakit eksim dan jerawat dengan cepat. Hal ini dikarenakan, di dalam daun sirsak mengandung senyawa yang bersifat sebagai anti-inflamasi dan juga antibakteri. Kedua kandungan zat tersebut sangat efektif untuk mencegah kerusakan pada kulit dan mengobati penyakit kulit seperti eksim dan jerawat.

Caranya yaitu, cukup dengan rutin membersihkan kulit dengan menggunakan air rebusan daun sirsak secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Melangsingkan Tubuh

Manfaat daun sirsak berikutnya yaitu dapat membantu melangsingkan tubuh, karena di dalam daun sirsak mengandung serat dan kandugan zat lain yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan memelihara kesehatan sistem pencernaan. Minum air rebusan daun sirsan dapat membantu melancarkan buang air besar dan mengurai tumpukan lemak dalam tubuh, sehingga tubuh akan terlihat lebih ramping terutama pada bagian perut.

Cara melangsingkan tubuh secara alami dengan daun sirsak ini cukup mudah, anda hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tinggi tersisa 2 gelas saja. Setelah itu, minum air rebusan daun sirsak tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari dengan dosis 1 gelas sekali minum pada pagi dan malam sebelum tidur.

4. Menghilangkan Komedo

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, daun sirsak juga sangat efektif untuk menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah. adanya komedo ini tentu akan membuat penampilan kurang menarik dan dapa menyebabkan keruksan pada permukaan kulit wajah apabila sering memencetnya. Komedo sendiri biasanya banyak tersebar di area hidung dan berwarna putih, sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan hindung landak.

Cara menghilangkan komedo dengan daun sirsak cukup mudah, ambil 5 lembar daun sirsak dan tumbuh hingga halus. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes air mawar dan aduk rata. Setelah itu, gunakan daun sirsak yang sudah ditumbuk tersebut sebagai masker wajah, terutama pada bagian kulit yang terdapat banyak komedo. Gunakan secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur, diamkan selama masker daun sirsak tersebut menepel pada kulit yang berkomedo selama 15-20 menit, lalu bersihkan.

5. Mecegah Penuaan Dini

Manfaat daun sirsak juga sangat efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah, penuaan dini ditandai dengan munculnya plek hitam, kulit kering, kulit kusam, kerutan dan garis-garis halus. Pastinya anda semua tidak ingin masalah kulit ini menyerang anda, bukan. 

Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini yaitu bisa dilakukan dengan cara rutin membersihkan kulit wajah dengan menggunakan air rebusan daun sirsak minimal 2 kali seminggu setiap sebelum tdur.

Selain dapat mencegah penuaan dini, rutin melakukan perawatan kecantikan alami ini juga sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti kulit berminyak, berjerawat, komedo, mencerahkan kulit wajah yang kusam dan gelap, menghaluskan, mengencangkan dan menjadikan kulit wajah tampak cantik dan awet muda.

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Selain dapat dilakukan dengan cara mencuci wajah dengan air rebusan daun sirsak, cara menghaluskan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan cara memakai masker daun sirsak secara rutin dan teratur. Dengan cara tersebut, maka hasil yang akan anda dapatkan menjadi lebih optimal. Selain itu, rutin melakukan perawatan ini dapat membantu mengatasi kulit kering.

Caranya yaitu :
  • Siapkan 10 lembar daun sirsak segar, lalu tumbuh hingga halus dan tambahkan minyak zaitun secukupnya.
  • Setelah itu, balurkan pada kulit wajah secara merata sambil digosok-gosokan secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air bersih. 

Untuk mendapatkan hasil optimal, anda bisa melakukan perawatan kecantikan alami ini secara rutin dan teratur 3 kali seminggu.

7. Mengatasi Rambut Rontok

Daun sirsak juga tidak hanya efektif untuk merawat kulit, tetapi juga dapat membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok.

Caranya yaitu, ambil daun sirsak sebanyak 20 lembar dan rebus dengan air sebanyak 1 liter. Setelah itu, biarkan air rebusannya dingin terlebih dahulu dan gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh rambut dan kulit kepala. Setelah dibasuhkan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat secara lembut, diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan kembali dengan air bersih mengalir.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan rambut ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu. Selain dapat mengatasi rambut rontok, cara alami ini juga dapat membuat rambut sehat, kuat dan indah berkilau.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat dauh sirsak?

Baca Juga : 16 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 14 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Penggunaannya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk anda semua.

Mari baca juga artikel kesehatan lainnya yang ada di blog ini. Jaga kesehatan diri agar hidup terasa indah. Cukup sekian dan salam sehat. Please share and like. Thanks very much.