22 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh

22 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh -- Khasiat dan Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan, Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Bayam Setiap Hari, Manfaat Bayam dan Cara Mengolahnya, Manfaat Bayam dan Bahayanya, Manfaat Bayam untuk Diet, Kandungan Gizi / Nutrisi Sayur Bayam, Khasiat Sayur Bayam untuk Mengobati dan Mencegah Timbulnya Penyakit.


Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh -- Setiap orang memang wajib mengkonsumsi sayuran untuk mencukupi asupan gizi dan nutrisi tubuhnya, salah satu jenis sayuran yang baik dikonssumsi yaitu bayam.

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang berasal dari Amerika Tropik, tetapi juga bisa tumbuh subur di Indonesia. Sayuran dengan nama latin Amaranthus L. ini terkenal dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi, zat tersebut sangat diperlukan oleh tubuh.

Selain terkenal akan kandungan zat besinya, ternyata daun bayam juga mengandung gizi dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui kandungan gizi dan nutrisi penting apa saja yang ada dalam sayur bayam ini, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Sayur Bayam

Pada setiap jenis sayuran tentunya mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga sayuran sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur seiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Begitupun dengan bayam, karena di dalam setiap 100 gram bayam mengandung :
  • Protein sebanyak 2,3 gram
  • Karbohidrat sebanyak 3,2 gram
  • Zat besi sebanyak 3 gram
  • Kalsium sebanyak 81 gram

Beberapa kandungan gizi dan nutrisi tersebut akan sangat baik untuk diserap oleh tubuh. Selain itu, di dalam bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, C dan juga vitamin K. Serta mengandung berbagai mineral penting seperti  thiamin, niasin, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, ribloflavin, natrium dan flavonoid. Di samping itu, di dalam sayur bayam juga mengandung senyawa karotenoid.

Dilihat berdasarkan kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya yang ada dalam bayam, banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi bayam bagi kesehatan tubuh. Penasaran, apa saja manfaat sayur bayam untuk kesehatan tubuh? Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat sayur bayam yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi bayam bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Memelihara Kesehatan Mata

Di dalam bayam mengandung senyawa karotenoid dan juga vitamin A yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Senyawa karotenoid yang terkandung di dalam bayam dapat mencegah berbagai masalah kesehatan mata seperti mata katarak, rabun dan degenerasi makula. Selain itu, rutin mengkonsumsi bayam dapat menjernihkan mata.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat bayam berikutnya terbukti efektif untuk menjaga kesehatan tulang, karena di dalam sayur bayam mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Manfaat dari vitamin K sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang, sehingga dengan rutin mengkonsumsi dapat mencukupi asupan vitamin K harian tubuh.

Selain itu, di dalam bayam juga mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, tembaga dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Maka jika tubuh kita mendapatkan asupan berbagai nutrisi penting tersebut dalam jumlah, maka kesehatan tulang akan terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tulang seperti terjadi pengeroposan tulang (osteoporosis) dan dapat memperkuat tulang agar terhindar dari resiko mengalami keretakan tulang.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), maka dengan menjalani diet dapat menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjadikan bentuk tubuh kembali ideal. Namun untuk meraih keberhasilan, anda bisa menambahkan bayam sebagai sayuran yang wajib untuk dikonsumsi setiap hari dan hindari mengkonsumsi makanan berlemak.

Hal ini dikarenakan, bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet, karena di dalam bayam mengandung serat yang cukup tinggi.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam bayam juga kaya akan kandunga vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada pada sayur bayam ini dapat berfungsi sebagai komponen yang dapat memproduksi limfosit atai sel darah putih dalam tubuh. Dimana fungsi dari sel darah putih ini dapat mencegah berbagai infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi bayam, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi bayam secara rutin dan teratur setiap hari juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan sistem kerja dari saluran pencernaan, sehingga kesehatan usus dan saluran pencernaan akan senantiasa terjaga dan terhindar dari efek buruk radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan munculnya berbagai gagguan pada pencernaan seperti sembelit, mencegah terjadinya mutasi sel pada usus, melancarkan BAB dan juga mencegah kerusakan DNA.

6. Mencegah Diabetes

Sayur bayam juga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi bayam setiap hari dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan kadar gula darah yang stabil, maka dapat mencegah seseorang menderita penyakit diabetes. Tidak hanya itu, di dalam bayam juga mengandung magnesium yang dapat mencegah resiko komplikasi pada pasien penderita diabetes.

7. Sebagai Anti Inflamasi

Bagi para penderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan juga osteoarthritis sangat disarankan agar rutin mengkonsumsi sayur bayam setiap hari. Karena kandungan zat anti-inflamasinya sangat tinggi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit inflamasi.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Jika peredaran darah terhambat, maka dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit akibat dari kurang lancarnya peredaran darah dalam tubuh. Untuk melancarkan peredaran darah, anda bisa rutin mengkonsumsi bayam karena di dalam bayam mengandung asam folat yang sanggup untuk mengatasinya. Kandungan asam folat pada bayam dapat bermanfaat untuk menjadikan pembuluh darah menjadi lebih elastis, sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Akibat buruk dari terhambatnya aliran darah ini dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kardiovaskular seperti penyakit hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan juga stroke. Penyakit kardiovaskular sendiri adalah jenis penyakit yang dipicu oleh karena terjadinya proses pengerasan pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan peredarah darah pada saluran pembuluh darah menjadi terhambat.

9. Mencegah Kanker

Munculnya kanker bisa terjadi akibat dari perkembangan sel kanker yang merambat melalui jaringan tubuh, sehingga untuk mencegah pembentukan dan perkembangan sel kanker dapat mengkonsumsi bayam secara rutin dan teratur setiap hari.

Hal ini dikarenakan, di dalam daun bayam mengandung senyawa flavonoid yang bersifat sebagai zat anti kanker. Kandungan flavonoid ini dapat menurunkan resiko munculnya kanker dan mencegah perkembangan sel kanker yang ada di seluruh bagian tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa kandungan flavonoid yang terkandung di dalam bayam dapat menurunkan resiko kanker hingga mencapai 34%. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, tubuh bakan terhindar dari beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker usus dan berbagai jenis kanker lainnya.

10. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Bayam memang terkenal dengan kandungan zat besi nya yang sangat tinggi, kandungan zat besi ii sangat efektif untuk mencegah tubuh mengalami anemia. Selain itu, rutin mengkonsusmi sayur bayam juga efektif untuk membantu mengobati seseorang yang terkena penyakit anemia. Hal ini dikarenakan, tubuh yang terpenuhi asupan zat besi dapat membantu meningkatkan proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

11. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin K yang terdapat di dalam sayur bayam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, vitamin K ini dapat berfungsi untuk membantu proses sintesis sphingolipids atau proses pembentukan selubung myelun yang ada di sekitar saraf.

12. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf saja, ternyata kandungan vitamin K yang ada dalam sayur bayam sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi dan kerja otak. Karena vitamin K ini dapat membantu dalam mempertahankan dan sekaligus meningkatkan daya ingat otak. Maka dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam setiap hari dapat mencerdaskan otak anak dan mencegah kepikunan pada saat menginjak lansia.

13. Mendukung Tumbuh Kembang Anak Pada Masa Pertumbuhan

Kandungan zat besi yang terkandung di dalam bayam tidak hanya dapat mencegah dan mengatasi anemia, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak dan juga remaja pada masa pertumbuhan. Sayur bayam juga kaya akan kalori dan rendah lemak, sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh pada masa pertumbuhan.

14. Menjaga Stamina Tubuh

Aktivias pekerjaan yang terlalu padat dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kelelahan, untul mengembalikan stamina tubuh yang terkuras akibat terlalu capek beraktivitas dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam secara rutin setiap hari. Sebab, kandungan zat besi yang ada dalam bayam dapat membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh, sehingga stamina tubuh yang hilang akan kembali pulih setelah mengkonsumsi bayam.

15. Mencegah Proses Pengapuran pada Jaringan Tubuh

Vitamin K yang terkandung di dalam bayam juga bermanfaat untuk membantu proses karboksilasi. Karboksilasi adalah suatu proses pencegahan proses pengapuran pada jaringan tubuh yang dapat menyebabkan terganggunya beberapa organ dalam tubuh.

16. Baik untuk Wanita Hamil

Tubuh wanita yang sedang hamil akan mudah sekali mengalami kelelahan, karena tubuh ibu hamil sering mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia. Untuk mencegah agar tubuh ibu hamil tidak mudah lelah dan memelihara kesehatan tubuh wanita saat hamil serta janin yang ada dalam kandungannya, sebaiknya ibu hamil selalu memperhatikan asupan zat besi dan asam folat dalam jumlah cukup setiap harinya.

Kandungan asam folat sangat baik untuk membantu meningkatkan pembentukan dan perkembangan otak janin dalam kandungan, sedangkan zat besi sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah merah agar ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia. Tubuh ibu hamil yang mengalami kekurangan sel darah merah akan merasa cepat lelah dan lemas, bahkan sebagian diantaranya ada yang megalami pingsan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk ibu hamil agar selalu mencukupi asupan nutrisi terutama zat besi dalam tubuhnya.

17. Mengobati Sakit Maag

Penyakit maag adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh karena terlalu tingginya produksi asam lambung, jika kondisinya sudah kronis harus segera mendapatkan penanganan medis. Para pasien penderita maag sangat disarankan untuk selalu menjaga pola makan dan menghindari makanan bersantan dan juga makanan pedas.

Makan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag yaitu sayur bayam, karena kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam bayam mampu menurukan jumlah asam lambung berlebih.

18. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Saat Menstruasi

Menstruasi atau haid adalah kondisi yang umum dan normal di alami oleh para kaum wanita, ketika sedang mengalami menstruasi tubuh wanita sangat membutuhkan banyak sekali asupan mineral penting agar stamina tubuh tetap terjaga.

Selain itu, kandungan mineral juga sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Untuk mendapatkan asupan mineral dalam jumlah cukup, anda bisa rutin mengkonsumsi sayur bayam secara rutin setiap hari selama haid.

19. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi bayam secara rutin dan teratur juga sangat baik dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit kolesterol tinggi, karena di dalam bayam mengandung nutrisi dan mineral penting yang sangat baik untuk mengurai penumpukan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol agar kembali stabil

 Apabila kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi dan tidak segera diatas, maka tubuh akan beresiko terserang berbagai jenis penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan terhambatnya peredaran darah dalam tubuh.

20. Meningkatkan Efisiensi Otot

Berdasarkan dari hasil penelitian para peneliti di Karolinska Institude di Swedia, mengungkapkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam bermanfaat untuk membantu meningkatkan kerja otot. Hal ini dikarenakan, di dalam bayam memiliki kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pada otot tubuh, sehingga otot dapat bekerja dengan optimal untuk membantu memberikan kenyamanan terhadap gerak tubuh.

21. Mendukung Tumbuh Kembang dan Kesehatan Tubuh Anak

Tubuh anak sangat membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah cukup untuk membantu mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh anak. Bagi anak-anak yang gemar mengkonsumsi bayam, maka perkembangan tubuhnya akan lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang jarang diberi makan sayur bayam.

Berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam bayam sangat dibutuhkan oleh tubuh anak pada masa pertumbuhan, bahkan rutin makan bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar tidak gampang sakit dan terserang berbagai jenis penyakit.

22. Memelihara Kesehatan Usus

Sayur bayam tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, tetapi juga sangat baik untuk memelihara kesehatan usus. Seperti yang kita tahu bahwa usus merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat vital, karena berfungsi untuk melakukan proses penyerapan sari makanan dan membantu proses pembusukan makanan yang berada dalam usus. Maka dari itu, kesehatan usus sangat penting selalu dijaga agar terhindar dari kerusakan dan akan berdampak pada gangguan organ tubuh lainnya.

Sayur bayam sering dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai olahan makanan. Hanya saja masih belum banyak orang yang tahu bahwa bayam memiliki banyak sekali nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai Berbagai Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Setelah mengetahui beragam manfaat sayur bayam, maka anda tidak perlu ragu lagi untuk memasukan bayam ke dalam daftar manu masakan sehari-hari bersama keluarga. Cukup sekian dan salam sehat. Please share and like to your friends.