Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil -- Khasiat & Manfaat Brokoli bagi Ibu Hamil dan Janin, Kandungan dan Manfaat Brokoli Bagi kesehatan, Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Bayi, Diet, Kecantikan, Manfaat Brokoli untuk Kecantikan Wajah dan Rambut, Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit  Wajah, Manfaat Brokoli untuk Wanita & Pria.


Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil -- Bagi anda yang gemar makan sayur-sayuran, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis sayuran hijau bernama Brokoli. Sayuran berwarna hijau ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, karena di dalam brokoli mengandung banyak sekali nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Meski rasa sayur brokoli ini tidak disukai oleh semua orang, tetapi brokoli merupakan salah sau jenis sayuran yang wajib dimasukan ke dalam menu masakan sehari-hari untuk hidangan bersama keluarga.

Di dalam setiap satu cangkir brokoli mengandung serat sekitar 2,6 gram, brokoli sendiri merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari. Brokoli tidak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan masakan, tetapi juga sangat baik dikonsumsi mentah atau dengan cara mengukusnya.

Tidak hanya baik untuk orang dewasa, tetapi brokoli juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Meskipun berukuran kecil, ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti karbohidrat, protein, air dan juga beberapa jenis zat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

Ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi sayur brokoli, mulai untuk kesehatan, kecantikan dan juga ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi brokoli untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menangkal Kanker

Manfaat mengkonsumsi brokoli terbukti mampu menangkal kanker, karena di dalam brokoli mengandung phytochemical yang bersifat anti kanker. Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa rutin mengkonsumsi brokoli bermanfaat untuk mencegah pembentukan kanker payudara, paru-paru, usus besar dan berbagai jenis kanker lainnya.

2. Baik untuk Pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam brokoli mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, rutin mendapatkan asupan serat dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan pada pencernaan seperti sembelit, diare, wasir dan berbagai gangguan pada pencernaan lainnya.

3. Mencegah Osteoporosis

Di dalam brokoli memiliki beberapa kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, seng dan juga fosfor. Kandungan mineral penting tersebut sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang, memperkuat tulang dan juga mencegah terjadinya proses pengeroposan pada tulang atau osteoporosis. Terutama untuk kaum wanita, karena wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis sehingga wanita sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi brokoli.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Brokoli juga memiliki kandungan senyawa antioksidan dan juga vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit dan dapat meregenerasi sel tubuh yang telah rusak.

5. Baik untuk Mengendalikan Gula Darah

Konsumsi sayur brokoli sangat baik untuk pasien penderita diabetes, karena kandungan kromium yang ada pada sayuran hijau ini sangat baik untuk membantu dalam mengatur insulin dalam tubuh sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

6. Berfungsi sebagai Penawar Racun dalam Tubuh

Kandungan vitamin C, asam amino sulfur dan juga antioksidan yang terkandung dalam brokoli sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan tumpukan radikal bebas dan juga membersihkan racun dalam tubuh.

7. Mencegah Anemia

Brokoli termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung zat besi dan juga asam folat, kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menambah sel darah merah dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi brokoli sangat baik untuk mencegah tubuh terkena anemia. Terlebih bagi wanita yang sedang hamil, karena pada masa kehamilan tubuh lebih rentan terkena anemia yang disebut dengan anemia pernisiosa. Jenis penyakit anemia ini sangat berbahaya jika tidak segera diatasi, karena dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

8. Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut hasil studi yang telah dilakukan di sebuah Institute for food Research yang berada di Norwich, Inggris telah berhasil melakukan persilangan pada brokoli, dimana brokoli memiliki kandungan glucoraphanin mencapai 2-3 kali dari batas normal. Kandungan senyawa brokoli tersebut telah terbukti sangat berkhasiat untuk membantu dalam mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada organ jantung.

9. Baik untuk Kesehatan Mata

Sama seperti wortel, di dalam brokoli juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

10. Menjaga Kesehatan Saraf Pusat

Di dalam brokoli juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk menutrisi otak. Selain mengandung omega 3, sayur brokoli juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C dan vitami K yang dapat menjaga agar fungsi otak tetap optimal. Selain itu, rutin mengkonsumsi sayur brokoli sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah berbagai gangguan kesehatan pada otak seperti penyakit Alzeimer.

11. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat brokoli berikutnya yaitu diduga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, karena di dalam sayur brokoli kaya akan kandungan kalium dan nutrisi penting lainnya yang mampu mengurai lemak jahat dalam darah.

12. Cocok untuk Diet

Di dalam sayur brokoli mengandung serat yang sangat tinggi dan rendah kalori, sahingga brokoli sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani diet. Dengan rutin mengkonsumsi brokoli, tingkat keberhasilan diet yang anda jalani pun akan semakin tinggi.

13. Mencegah Asma

Beberapa kandungan yang ada dalam brokoli seperti vitamin A, B6 dan juga vitamin C. Selain itu, brokoli juga dapat bersifat sebagai anti karsinogenik dan anti alergi yang berkhasiat untuk mencegah agar penyakit asma tidak mudah kambuh. Maka brokoli ini sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh para penderita asma, cara mengolahnya dengan cara dikukus.

14. Berfungsi sebagai Antioksidan

Vitamin, betakaroten, flavonoik dan juga zeaxanthin yang terkandung dalam brokoli berfungsi sebagai senyawa antioksidan yang sangat ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa radikal bebas adalah zat polutan yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit apabila masuk ke dalam tubuh, salah satunya yaitu dapat menyebabkan kanker.

15. Berfungsi sebagai Anti Inflamasi

Manfaat brokoli untuk kesehatan juga dapat berfungsi sebagai zat yang bersifat anti inflamasi dan anti alergi, karena di dalam brokoli mengandung asam lemak omega 3 dan juga kaemferol yang cukup tinggi.

Cara Mengolah Brokoli untuk Kesehatan :

Apabila ingin mendapatkan manfaat brokoli secara optimal, brokoli harus diolah dengan cara yang benar agar kandugan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak rusak atau hilang. Cara terbaik mengolah sayur brokoli yaitu dengan dikukus selama 4-5 menit saja, lalu tiriskan dan konsumsi.

Namun jika ingin terasa lebih enak dan lezat, anda bisa menumisnya dengan menggunakan bawang bombay. Memasak brokoli dengan cara direbus akan lebih baik dibandingkan dengan cara ditumis menggunakan tambahan minyak goreng. Selain itu, anda juga bisa mengolah brokoli dengan cara di jadikan jus sayur untuk dikonsumsi setiap hari.

B. Manfaat Brokoli Untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi brokoli juga bermanfaat untuk merawat kecantikan secara alami. Berikut ini beberapa manfaat brokoli yang penting untuk diketahui untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Meregenerasi Sel Kulit yang Rusak

Konsumsi sayur brokoli diduga sangat baik untuk membantu memperbaharui sel-sel kulit yang telah rusak, sehingga dapat membuat kulit kembali sehat, halus dan bersinar sebagaimana yang telah anda dambakan. Hal ini dikarenakan, di dalam sayur brokoli mengandung glucoraphanin yang kemudian akan diubah menjadi sulforaphane yang dapat mencerahkan kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Brokoli merupakan salah satu bahan alami yang sangat terkenal memiliki sifat anti-penuaan. Berkat sifatnya tersebut, maka mengkonsumsi sayur brokoli ini sangat baik untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh efek dari radikal bebas. Kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan juga beta-karoten dapat membantu menghilangkan kerutan, pigmentasi, garis-garis halus dan juga dapat mempertahankan kelembaban alami kulit.

3. Sebagai Tabir Surya Terbaik

Kandungan Brassica Oleracea yang terkandung pada brokoli bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, Sulforaphane yang terkandung dalam sayuran ini pun dapat memberikan efek untuk mengurangi peradangan dan juga kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Melakukan perawatan dengan menggunakan ekstrak brokoli dapat berfungsi sebagai tabir surya alami yang jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan krim tabir surya berbahan kimia.

4. Menyuburkan Rambut

Rutin mengkonsumsi brokoli secara rutin dan teratur bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut, sehingga dapat membuat rambut tumbuh lebat dan sehat. Hal ini dikarenakan, di dalam brokoli mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk rambut dan bertanggung jawab untuk memproduksi minyak sebum. Minyak ini dapat membantu melembabkan dan menutrisi kulit kepala. Disisi lain, kandungan kalsium yang terkandung dalam brokoli dapat memperkuat folikel rambut dan juga dapat mencegah rambut rontok.

5. Menjadikan Rambut Indah Berkilau

Selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, rutin melakukan perawatan dengan masker brokoli ini dapat bermanfaat untuk menjadikan rambut indah berkilau. Di dalam brokoli mengandung asam lemak yang dapat membuat rambut memiliki kilau alami pada rambut anda. Cara memeiliki rambut sehat, indah dan berkilau bisa dilakukan dengan melakukan perawatan dengan masker brokoli secara rutin dan teratur.

Cara Membuat Masker Brokoli :

Pertama-tama, siapkan brokoli secukupnya dan cuci smpai bersih. Setelah itu, haluskan dengan menggunakan blender dan tambahkan minyak zaitun secukupnya. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata, lalu gunakan sebagai masker kulit dan juga masker rambut sesuai kebutuhan.

C. Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil

Manfaat lain dari brokoli ini tidak hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan saja, tetapi juga bermanfaat untuk ibu hamil. Apa sajakah manfaat mengkonsumsi brokoli untuk ibu hami? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Kaya Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil guna mendukung tumbuh kembang otak si jabang bayi, sehingga dapat menumbuhkan kecerdasan bayi sejak dini. Sebab, selain mendambakan bayi yang sehat, para orang tua juga pastinya sangat mendambakan memiliki sang buah hati tumbuh sehat, cerdas dan pintar.

Sedangkan manfaat asam lemak omega 3 untuk ibu hamil yaitu dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, kandungan omega 3 ini memiliki sifat sebagai anti-inflamasi dan juga anti-alergi. Maka anda tidak perlu khawatir dengan gejala alergi yang anda alami atau gejala alergi yang muncul ketika setelah mengkonsumsi sayuran hijau ini.

2. Kaya Asam Folat

Selain omega 3, tubuh ibu hamil juga sangat memerlukan asupan asam folat yang dapat berfungsi sebagai zat yang mampu mencegah bayi mengalami cacat pada organ otaknya, sumsum tulang belakang dan juga tabung syaraf. Sedang untuk ibu hamil, asupan asam folat berfungsi sebagai zat untuk membantu proses pembelahan dan pertumbuhan sel dalam tubuh. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi sel darah merah dan mencegah tubuh ibu hamil mengalami kelelahan yang kerap di alami oleh ibu hamil.

3. Kalsium dan Vitamin K

Selama kehamilan, hampir setiap wanita sering mengalami peningkatan berat badan seiring dengan bertambah usia kehamilan. Untuk mengendalikan berat badan selama kehamilan, maka sangat diperlukan struktur tulang yang lebih kuat dari biasanya. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan mendapatkan asupan vitamin K dan juga kalsium selama kehamilan. Salah satu makanan sehat yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut yaitu brokoli, sehingga dengan rutin mengkonsumsi brokoli selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang, sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit osteoporosis.

4. Kaya Kolin

Kolin merupakan suatu zat yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kortisol pada tubuh janin, sehingga rutin mengkonsumsu brokoli selama kehamilan dapat memperkecil terjadinya stress pada anak dan juga berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti terkena diabetes tipe 2 dan juga resiko terkena hipertensi ketika anak beranjak dewasa.

5. Sumber Beta Karoten

Beka karoten ternyata sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh yang sangat baik untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit dan terserang berbagai virus dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

6. Kaya Zat Besi

Tubuh ibu hamil juga sangat membutuhan asupan zat besi selama kehamilannya dalam jumlah cukup, karena tubuh ibu hamil sangat rentan terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. ketika tubuh ibu hamil kurang mendapatkan suplai sel darah merah dalam jumlah cukup setiap harinya, maka tubuh ibu hamil akan mudah lelah dan lemas. Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Untuk mendapatkan asupan zat besi, maka ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi sayuran hijau, salah satunya mengkonsumsi brokoli.

7. Sumber Vitamin

Di dalam brokoli juga mengandung sumber vitamin mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Semua jenis vitamin tersebut sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, sehingga dengan rutin mengkonsumsi brokoli dapat membantu mencukup asupan jenis-jenis vitamin tersebut yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Setelah anda mengetahui berbagai manfaat brokoli untuk kesehatan, kecantikan dan juga ibu hamil seperti yang telah kami paparkan di atas, maka tidak ada alasan lagi untuk anda tidak suka mengkonsumsi brokoli mulai saat ini, jangan pernah ragu lagi untuk menambahkan sayuran hijau yang satu ini dalam hidangan anda bersama keluarga.

Demikianlah uraian mengenai artikel Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat. Thanks very much