20 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan dan Pengobatan

20 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Pengobatan -- Khasiat dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh, Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan, Khasiat dan Manfaat Kangkung Untuk Kecantikan dan Diet, Efek Samping Kangkung, Manfaat Air Rebusan Kangkung, Vitamin Kangkung, Kandungan Kangkung, Manfaat Kangkung Untuk Pengobatan Penyakit, Manfaat Sayur Kangkung.


Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan dan Pengobatan -- Siapapun pasti sudah kenal dengan yang namanya kangkung, sayuran hijau yang satu ini biasa dimasak untuk dijadikan sebagai menu masakan sehari-hari. Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai sayuran yang satu ini, apalagi diolah dengan cara ditumis pedas pastinya akan menggugah selera makan. Namun dibalik rasanya yang nikmat, ternyata kangkung memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kangkung merupakan jenis sayuran hijau yang termasuk ke dalam keluarga Convolvulaceae, kangkung sendiri terdiri dari dua jenis yaitu ada kangkung air yang dikenal dalam bahasa latin (Ipomea aquatica) dan juga kangkung darat yang dalam bahasa latin disebut dengan nama (Ipomea reptans). Sesuai dengan namanya, kangkung air biasanya ditanam di sawah atau rawa, sedangkan kangkung darat ditanam di tanah. Meskipun kedua jenis kangkung ini memiliki media tanam yang berbeda, namun kedua kandungan gizinya tetap sama.

Kandungan Gizi /  Nutrisi Kangkung

Masih banyak orang yang belum tahu mengenai manfaat kangkung, sehingga banyak orang yang masih menyepelekan sayuran yang satu ini. Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kangkung, bahkan kangkung sangat baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai kandungan yang ada dalam kangkung sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Berdasarkan dari hasil penelitian, di dalam setiap 100 gram kangkung mengandung karbohidrat sebanyak 3,14 gram, protein sebanyak 2,6 gram, lemak sebanyak 0,2 gram, serat sebanyak 2,1 gram dan energi sebanyak 79 kj atau 19 kkal. Semua kandungan tersebut merupakan kandungan gizi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Selain itu, di dalam 100 gram kangkung juga mengandung vitamin A yang berperan sebagai betakaroten sebanyak (39%) 315 ug, vitamin B1 (Tiamin) sebanyak 0,03 mg, vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,1 mg, vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,9 mg, vitamin B5 (Asam pantotenat) sebanyak 0,141 mg, Vitamin B6 sebanyak 0,096 mg, vitamin B9 (Folat) sebanyak 57 ug dan juga mengandung Vitamin C sebanyak 55 mg. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut pantas saja jika kangkung memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, baik untuk ibu hamil dan juga mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Disamping itu, kangkung juga mengandung sejumlah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh meski dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, seperti Kalsium sebanyak 77 mg, Zat Besi sebanyak 1,67 mg, Magnesium sebanyak 71 mg, Mangan sebanyak 0,16 mg, Fosfor sebanyak 39 mg, Kalium sebanyak 312 mg, Sodium sebanyak 113 mg, dan juga Zinc sebanyak 0,18 mg. berbagai kandungan mineral penting tersebut sangat baik untuk mendukung aktivitas sel dan juga organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan

Setelah anda semua mengetahui beragam kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam kangkung, sekarang saatnya kita mengulas tentang berbagai manfaat dan khasiat kangkung untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu pada informasi dibawah berikut ini.

1. Mencegah Anemia

Tubuh manusia sangat membutuhkan asupan zat besi yang berfungsi untuk membantu proses pembentukan sel darah merah, karena jika tubuh mengalami kekurangan suplai sel darah merah dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit anemia yang dapat menimbulkan gejala seperti tubuh mudah lelah, sering pusing dan bahkan gampang pingsan. Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, karena ibu hamil sangat rentan terkena penyakit anemia.

2. Mengatasi Gangguan Tidur (Insomnia)

Tidak jarang ada orang yang sering mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak, kondisi seperti ini dapat membuat tubuh mengalami kelelahan, kurang berstamia dan bahkan sulit untuk berkonsentrasi akibat dari kurang tidur.

Untuk mengatasi masalah insomnia ini, solusinya yaitu bisa dengan rutin mengkonsumsi sayur kangkung, karena kandungan zat yang terkandung di dalam kangkung dapat bersifat menenangkan dengan cara mengendurkan saraf-saraf yang tegang. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih rileks dan akan mudah untuk tertidur.

3. Pembentukan Tulang Pada Tubuh Janin

Ibu hamil sanga disarankan untuk rutin mengkonsumsi kangkung, karena di dalam kangkung mengandung kalsium dan fosfor yang akan dialirkan oleh tubuh ibu hamil untuk membantu mengoptimalkan pembentukan tulang pada tubuh janin di dalam kandungan. Maka dari itu, bagi para ibu hamil jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi sayur kangkung setiap hari agar kesehatan ibu dan janin senantiasa terjaga.

4. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Tubuh yang kekurangan asupan serat dapat menyebabkan terganggunya kesehatan pada sistem pencernaan seperti mengalami sembelit, susah buang air besar dan jika kesehatan pencernaan terganggu dapat berakibat pada terganggunya metabolisme tubuh yang akan menjadi terhambat. Untuk mendapatkan asupan serat dalam jumlah cukup setiap harinya, anda bisa mengkonsumsi sayur kangkung, karena kandungan serat pada kangkung cukup tinggi dan dapat melancarkan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat mengkonsumsi kangkung secara rutin juga sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan mata, sehingga daya penglihatan mata akan optimal. Selain itu, rutin mengkonsumsi kangkung juga sangat bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan pada mata seperti mata rabun, katarak dan juga degenerasi makula. Hal ini dikarenakan, di dalam sayur kangkung mengandung vitamin A atau betakaroten yang merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh mata.

6. Baik untuk Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Ketika sedang beraktivtas diluar ruangan, maka tubuh kita akan sering terpapar polusi udara dan juga makanan yang terkontaminasi dengan zat-zat kimia berbahaya. Jika zat-zat kimia tersebut masuk dalam tubuh dan mengandap dalam jangka waktu yang lama dapat berakibat tubuh terkena penyakit, sehingga perlu dilakukan untuk mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.

Salah satu cara alami untuk melakukan detoksifikasi racun dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi sayur kangkung. Hal ini dikarenakan, kandungan serat di dalam kangkung sangat tinggi dan bermanfaat untuk mengikat lemak jahat, asam empedu dann juga kadar kolesterol berlebih dala tubuh, sehingga berbagai zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh akan ikut terkeluarkan bersama dengan feses.

7. Mendukung Program Diet

Bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh yang langsing, maka cara terbaik harus anda lakukan yaitu dengan menjalani program diet dan olahraga teratur. Dalam menjalani program diet, pastikan anda benar-benar memperhatikan jenis makanan yang akan anda konsumsi sehari-hari, hindar mengkonsumsi makanan tinggi lemak, kolesterol dan juga batasi makanan manis yang memiliki kandungan gula tinggi.

Disamping itu, cukupi makanan yang kaya akan kandungan serat. Hal ini dikarenakan, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal dari sayuran hijau ini, sebaiknya kangkung cukup direbus saja karena jika ditumis dan menambahkan minyak akan meningkatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, berat badan anda akan kembali meningkat dan program diet yang anda jalani pun akan gagal.

8. Mengobati Sariawan dan Gusi Berdarah

Sariawa dan gusi berdarah adalah gangguan kesehatan di dalam mulut yang umum di alami oleh banyak orang, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Kondisi ini biasanya akan muncul apabila tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin C, sehingga untuk mengatasinya diperlukan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya.

Salah satu cara alami untuk mengobati sariawan dan gusi berdarah yaitu dengan rutin mengkonsumsi kangkung, karena meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak ternyata kangkung juga mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah yang terjadi di dalam mulut.

9. Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal batas umur dan jenis kelamin, penyakit ini dapat menyerang orang yang memiliki pola makan dan hidup yang tidak sehat. Seseorang yang mengidap penyakit diabetes melitus sangat rentan terkena penyakit berbahaya lainnya.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes, kita bisa mengkonsumsi sayur kangkung rebus secara rutin dan teratur. Sayur kangkung sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kadar glukosa dalam darah, sehingga kadar gula darah dalam tubuh akan tetap stabil.

10. Menyembuhkan Penyakit Kuning

Seseorang yang terkena penyakit kuning menandakan jika tidak ada gangguan kesehatan pada organ hati atau livernya. Biasanya kulit, mata dan lidah seseorang yang menderita penyakit ini akan berwarna kuning dan diserta dengan gejala lain seperti tubuh terasa lemas dan kurang bergairah.

Untuk menyembuhkan penyakit kuning ini, anda bisa rutin mengkonsumsi kangkung secara rutin karena sayur kangkung dapat membantu meningkatkan kerja dari organ hati. Selain itu, kandungan senyawa antioksidan yang terkandung di dalam kangkung dapat membantu mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh.

11. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Nyeri saat haid memang sangat umum di alami oleh kaum wanita, kondisi ini dapat menyebabkan terganggunya aktivitas dan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi gejala ini, anda bisa memanfaatkan sayur kangkung. Hal ini dikarenakan, di dalam kangkung mengandung zat yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

Caranya cukup mudah, ambil segenggam kangkung segar dan cuci sampai bersih. Setelah itu, haluskan dengan menggunakan blender dan tambahkan segelas air putih. Kemudian rebus sampai mendidih, lalu tambahkan 1-2 sendok madu dan duk rata. Minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari, rasa nyeri pun akan berangsur-angsur hilang.

12. Menghilangkan Ketombe

Kangkung juga ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetai juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Caranya sangat mudah, haluskan seikat kangkung dengan blender dan rendam dengan air seperlunya saja. Diamkan selama semalaman dan saring airnya, gunakan air rendaman kangkung tersebut untuk keramas sambil memijat kulit kepala. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih dengan keramas seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

13. Megurangi Rasa Mual saat Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil muda, rasa mual dan selalu ingin muntah merupakan kondisi yang umum dialami oleh wanita hamil. Meskipun termasuk kondisi yang normal dan tidak berbahaya, tetapi jika terjadi secara sering tentunya akan membuat aktivitas menjadi terganggu dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Selain itu, kondisi ini juga dapat menurunkan nafsu makan yang tentunya dapat berakibat buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi sayur kangkung untuk mengurangi rasa mual dan muntah serta mengembalikan nafsu makan.

14. Meningkatkan Fungsi Dan Kualitas Otak

Fungsi dan kemampuan otak dapat dijaga dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi kangkung. Di dalam kangkung mengandung asam lemak omega 3 dan juga vitamin B kompleks yang sangat baik untuk membantu menutrisi otak agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal. Bahkan kangkung juga sangat baik diberikan kepada anak-anak, karena kandungan gizi dan nutrisinya sangat baik untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

15. Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam kangkung sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat di dalam sayur kangkung ini dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga kerja organ jantung akan normal dan optimal. Selain itu, kangkung juga mengandung vitamin C yang dapat mengikat radikal bebas, sehingga fungsi dan kerja organ jantung akan terjaga dengan baik.

16. Mencegah dan Mengatasi Wasir

Rutin mengkonsumsi kangkung juga sangat bermanfaat untuk mencegah wasir atau ambelen, karena dengan mengkonsumsi kangkung dapat melancarkan buang air besar. Sedangkan untuk mengatasi wasir, anda bisa membuat ramuan alami sebagai obat wasir alami dari akar kangkung.

Caranya yaitu, rebus sekitar 100 gram akar kangkung dengan 3 gelas air sampai mendidih. Biarkan sampai airnya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja. Minum satu gelas di pagi hari dan satu gelas di malam hari, lakukan secara rutin dan teratur setiap hari sampai wasir sembuh.

17. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Rutin mengkonsumsi kangkung sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi sembelit, karena di dalam sayur kangkung ini mengandung serat alami yang tinggi dan baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, rutin mengkonsumsi kangkung juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

18. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadr kolesterol yang terlampu tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, jika kondisi ini dibiarkan saja dapat berakibat tekanan darah dalam tubuh meningkat tajam dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan bahkan stroke. Untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami, anda bisa mengkonsumsi sayur kangkung secara rutin setiap hari.

19. Melancarkan Buang Air Kecil

Masalah buang air kecil yang tersendat bisa menimbulkan rasa nyeri, jika kondisi ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan terbentuknya batu pada saluran urin. Dengan rutin minum air rebusan kangkung setiap hari, maka buang air kecil akan menjadi lancar.

Caranya yaitu, ambil satu ikat kangkung segar dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan biarkan hingga arnya hanya tersisa 2 gelas saja. Saring dan dinginkan air rebusan kangkung tersebut, setelah cukup hangat minum 1 gelas di pagi pada saat bangun tidur dan minum 1 gelas pada malam hari sebelum tidur.

20. Mengobati Bisul

Kangkung juga ternyata sangat ampuh untuk dijadikan sebagai obat bisul, caranya cukup dengan menghaluskan kangkung secukupnya dan tempelkan pada bisul dan ikat dengan kasa. Diamkan selama semalaman, lalu buka dan bersihkan pagi harinya. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam sampai bisul mati dan hilang.

Demikian ulasan mengenai 20 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Pengobatan.Semoga dengan mengetahui berbagai manfaat dari sayur kangkung ini anda menjadi suka makan kangkung. Karena kangKung tidak hanya nikmat untuk dijadikan olahan masakan, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Cukup sekian ulasan ini. Salam sehat untuk semua. Thanks.