Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Manfaat dan Khasiat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Sayur Kubis (Kol untuk Kecantikan dan Kesehatan, Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Kubis (Kol) dan Bahayanya, Manfaat Kubis (Kol) untuk Diet - untuk Payudara, Khasiat Kubis (Kol) untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet.


Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Kol atau kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang masih termasuk ke dalam keluarga Brassica Oleracea. Kol atau kubis terdiri dari dua jenis yaitu kol hijau dan ungu, kedua jenis kol ini sama-sama memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan baik untuk tubuh.

Kol adalah salah satu jenis sayuran yang sangat mudah kita jumpai di Indonesia, bahkan Indonesia saat ini sudah menjadi salah satu negara penghasil kol terbesar ke tujuh di dunia. Sama seperti jenis sayuran lainnya, kol juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena di dalam kol mengandung beberapa jenis vitamin dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, manesium, mangan, thiamin, folat, karbohidrat, protein, energi dan juga serat.

Selain itu, di dalam kol atau kubis juga mengandung beberapa senyaw seperti antioksidan, betakaroten, lutein, kolin, flavonoid, zeaxanthin, quercetin, apigenin, kaemferol dan senyawa berkhasiat lainnya. Dilihat dari banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kol, maka tak heran jika ternyata di dalam kol memiliki banyak sekali khasiatnya untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Ragam Manfaat Kol / Kubis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi Kubis (Kol) untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menstabilkan Jumlah Cairan dalam Tubuh

Di dalam kol memiliki kandugan sodium yang sangat tinggi, kandungan sodium ini berfungsi sebagai elektrolit yang juga banyak terkandung di dalam sayuran buncis. Namun anda harus berhati-hati terhadap asupan sodium ini, karena terlalu banyak mendapatkan asupan sodium dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh.

2. Tinggi Kandungan Kalium

Kalium adalah zat yang dapat berfungsi sebagai kandungan elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan otot tubuh dan menjaga sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan baik. Mengkonsumsi kol atau kubis ini dapat memasok asupan kalium dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

3. Mencegah Kanker

konsumsi kol atau kubis secara rutin diduga efektif untuk mencegah pembentuka sel kanker, karena di dalam kol mengandung senyawa yang bersifat sebagai antikanker yang bernama sulforaphane. Kandungan senyawa tersebut dipercaya sangat ampuh menghambat masuknya enzim berbahaya yang dapat menyebakan sel kanker mengalami perkembangan dengan cepat.

Dari hasil penelitian para ahli menjelaskan bahwa, rutin mengkonsumsi kol atau kubis diyakini dapat menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh kanker esofagus, melanoma, prostat, dan juga kanker pankreas. Resiko terkena penyakit kanker paru-paru, kandung kemih, kanker usus da juga perut dapat diturunkan dengan rutin mengkonsumsi kol dan jenis sayuran hijau lainnya.

Ada kabar gembira juga bagi anda pada kaum wanita, ternyata di dalam kol juga mengandung apigenin yang diyakini dapat membantu memperkecil ukuran kanker payudara, bahkan di dalam kol ungu memiliki kandungan antioksidan jenis anthocyanin yang sudah terbukti dapat memperlambat perkembangan sel kanker dan juga membasmi sel kanker yang sudah terbentuk serta mencegahnya agar tidak terbentuk kembali.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker, senyawa antioksidan anthocyanin juga dapat menekan peradangan yang dapat memicu berbagai jenis penyakit kardiovaskular. Kandungan polifenol pada kol juga sangat tinggi yang diyakini berkhasiat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Cara kerja dari kedua zat tersebut dapat mencegah penumpukan platelet dan juga menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Dari hasil penelitian dijelaskan bahwa dengan rutin minum jus buah dan sayuran yang dicampur dengan kol atau kubis selama kurang lebih 6 minggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada mereka yang mengidap penyakit kolesterol tinggi. Namun klaim diatas juga masih tetap harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

5. Mengurangi Pembengkakan pada Payudara

Konsumsi kol secara rutin bagi mereka yang mengalami pembengkakan pada payudara dan meredakan rasa nyeri saat menyusui, maka pembengkakan tersebut akan berangsur-angsur berkurang dan kembali normal. Selain dengan cara dikonsumsi, cara lain yang bisa anda lakukan yaiu dengan menempelkan daun kol yang sudah dilayukan dengan suhu panas. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan secara berulang kali minimal 2 kali sehari.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi kol atau kubis yang telah difermentasikan memiliki kandugan probiotik yang sangat tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sisem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh karena infeksi virus dan bakteri.

7. Melancarkan Pencernaan

Sayur kol atau kubis juga ternyata sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, karena di dalam kol juga mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk mencegah gangguan pada pencernaan seperti kesulitan buang air besar, mencegah sembelit dan juga diare.

8. Baik untuk Diet

Konsumsi kubis putih juga sangat baik untuk anda yang sedang menjalani diet, konsumsi kubis tidak akan menyebabkan penumpukan lemak berlebih dalam tubuh. Kandungan serat yang terkandung di dalam kol ini sangat baik untuk anda yang sedang dietm karena denga mendapatkan asupan serat dalam julah cukup dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Maka dari itu, kol atau kubis ini sangat cocok untuk dimasukan ke dalam menu diet harian anda.

9. Meningkatkan Masa Otot Tubuh

Di dalam kubis putih mengandung protein yang cukup tinggi, kandungan protein ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan masa otot pada tubuh anda. Dengan mengkonsumsi kubis, maka otot tidak akan kendur lagi dan dapat mempermudah dalam proses pembesaran otot pada tubuh. Maka bagi anda yang sedang menjalani program body building dengan melakukan berbagai jenis olahraga, sehingga tidak ada salahnya jika anda menambahkan kol atau kubis pada menu makanan harian anda.

10. Menyegarkan Otak

Konsumsi kubis putih sangat baik untuk menjadikan otak kembali fresh setelah seharian bekerja atau belajar seharian, sehingga otak akan kembali dapat berfikir jernih dan cepat tangkap. Dengan rutin mengkonsumsi kol atau kubis ini, maka kemampuan memori otak akan menjadi lebih optimal. Selain itu, manfaat kol aau kubis ini juga cukup ampuh untuk mencegah dan mengurangi stres.

11. Membantu Menyegarkan Rongga Mulut

Ketika anda merasa rongga mulut sedang kering, atau terasa lembab, penuh dahak dan menderita sariawan. Maka sebaiknya anda mengkonsumsi kubis putih rebus, anda bisa memasaknya dengan mie atau dijadikan bahan pelengkap sup ayam, maka masalah pada rongga mulut akan teratasi.

12. Mengatasi Gusi Bengkak

Efek dari antiinflamasi pada sayuran kubis ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasu gusi bengkak akibat infeksi pada gusi dan juga gigi berlubang.

13. Mencegah Anemia

Di dalam kol juga mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel darah merah, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kol dapat mencegah anemia pada tubuh anda.

14. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Manfaat mengkonsumsi kol juga sangat bermanfaat untuk membantu mengeluarkan zat-zat racun berbahaya dari dalam tubuh, karena di dalam kol ini mengadung zat antioksidan dan juga sulfur yang berfungsi untuk melakukan detok alami pada tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada kol juga bermanfaat untuk memperbaiki dan juga mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak.

15. Menjaga Kesehatan Otak

Di dalam kol juga mengandung vitamin K dan anthocyanins yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan konsentrasi otak dan juga meningkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang ada pada kol juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada serabut saraf otak, sehingga dapat membantu menurunkan resiko penyakit alzheimer.

16. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung vitamin A, di dalam sayur kol juga mengandung betakaroten yang cukup tinggi, kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata katarak, mata minus dan juga degenerasi makula.

17. Mencegah Peradangan

Di dalam kol atau kubis juga memiliki kandungan zat glutamine yang memiliki peranan penting sebagai agen anti inflamasi yang terbukti sangat kuat. Hal ini membuat kol atau kubis memiliki khasiat untuk mencegah dan juga mengatasi mengatasi peradangan seperti demam, iritasi dan juga peradangan yang terjadi pada kulit.

18. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kol atau kubis juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah berbagai gangguan kesehatan pada tulang, karena di dalam sayur kol atau kubis ini memiliki beberapa jenis kandungan mineral penting seperti kalsium, magnesium dan juga kalium dalam kadar yang cukup tinggi.

19. Mengobati Sakit Kepala

Kol juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati sakit kepala, caranya cukup dengan menghaluskan kol secukupnya dan tempelkan atau kompreskan pada dahi. Diamkan selama beberapa menit, sakit kepala akan berangsur-angsur hilang.

20. Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

Di dalam kol juga memiliki kandungan asam folat yang diyakini sangat bermanfaat untuk menjaha kesehatan tubuh ibu hamil dan juga menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Dengan rutin mengkonsumsi kol secara rutin selama kehamilan, maka ibu hamil akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Selain itu, di dalam kol juga mengandung niasin yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan jaringan kulit, sistem saraf dan juga sistem pencernaan pada janin.

21. Melancarkan Peredaran Darah

Mengkonsumsi kol secara rutin sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

22. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat kol selanjutnya yaitu dapat bermafaat untuk membantu meredakan kandungan lactic acid, kandungan zat tersebut sangat baik untuk membantu mengurangi gejala rasa nyeri pada otot tubuh.

23. Mengobati Sariawan

Sayuran kol atau kubis ini juga sangat bermanfaat untuk membantu mengobati sariawan, karena di dalam kol memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mengatasi sariawan.

24. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi kol rebus sangat baik diberikan kepada mereka yang menderita penyakit kolesterol tinggi, karena kandungan senyawa dan vitamin penting yang ada dalam kol sangat efektif untuk membantu menurukan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini juga erat kaitannta dengan kesehatan organ jantung dan penurunan resiko penyakit stroke.

25. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari mengkonsumsi kol untuk kesehatan lainnyan yaitu terbukti efektif untuk menjaga kadar glukosa dalam darah tetap stabil. Oleh karena itu, kol ini sangat baik dikonsumsi oleh anda yang menderita penyakit diabetes.

Sayur kol atau kubis ini memang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tetapi tetap tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan karea dapat menyebabkan perut kembuh dan begah. Selain baik untuk kesehaan, ternyata sayur kol ini juga sangat baik digunakan untuk melakukan perawatan kecantikan.

B. Manfaat Kubis (Kol) untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat kol atau kubis untuk kecantikann yang perlu anda semua ketahui, diantaranya yaitu :

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat kol untuk kecantikan yang pertama yaitu bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit, karena di dalam kol ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Maka dengan rutin melakukan perawatan kecantikan dengan kol atau kubis ini, kulit akan tampak lebih bersih dan cerah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kol juga ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, karena di dalam kol mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah serangan radikal bebas. Penuaan dini sendiri disebabkan oleh karena kulit sering terpapar radikal bebas, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kol ini kulit akan lebih terlindungi dari ancaman radikal bebas.

3. Menghilangkan Jerawat

Dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan kol juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, karena di dalam kol mengandung vitamin C dan E serta mengandung sulfur yang mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan kol yaitu cukup dengan menghaluskan kol, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

4. Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar

Melakukan perawatan dengan menggunakan masker kol juga sangat baik untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar, anda bisa melakukan perawatan kulit wajah dengan masker wajah dari kol ini secara rutin setiap hari sebelum mandi. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, kulit wajah akan terasa lebih halus dan mulus.

5. Menghilangkan Strech Mark

Setiap wanita yang baru saja melahirkan, biasanya mereka yang sering mengeluhkan kemunculan dari strech mark pada kulit tubuhnya. Namun anda tidak perlu cemas, karena untuk menghilangkannya tidaklah sulit, anda bisa menggunakan masker kol secara rutin setiap hari.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Kol juga ternyata sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah berminyak, kulit wajah yang berminyak dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan mengkilap serta mudah sekali berjerawat. Cara untuk mengatasi kulit wajah berminyak dengan sayur kol sangat mudah, anda cukup melakukan perawatan secara rutin dengan masker wajah yang terbuat dari kol.

C. Cara Membuat Masker Wajah dari Sayur Kol atau Kubis

Cara membuat masker wajah dari sayur kol sangat mudah, anda cukup menghaluskan sayur kol secukupnya dengan menggunakan blender. Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat da keringkan. Setelah itu, oleskank masker kol yang telah dibuat secara merata pada kulit wajah, diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan.

Itulah tadi artikel yang dapat kami tulis mengenai Manfaat Kubis (Kol) untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi yang kami bahas diatas dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih dan silahkan baca juga artikel lainnya di blog ini.