20 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

20 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh -- Khasiat & Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Khasiat & Manfaat Rutin Minum Air Hangat Tiap Hari, Efek Samping Minum Air Hangat, Khasiat & Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Kecantikan dan Diet, Minum Air Hangat Dapat Mengecilkan Perut, Manfaat Minum Air Hangat setelah Makan dan setelah Bangun Tidur.

https://www.infokesehatan.web.id/2018/07/manfaat-minum-air-hangat-untuk-kesehatan.html

Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh -- Air hangat ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh, namun tidak semua orang mengetahuinya. Banyak orang yang hanya tahu jika manfaat air hangat sama seperti air biasa yang dapat diminum untuk menghilangkan dahaga, namun tidak hanya itu ternyata masih banyak manfaat lainnya yang tidak diketahui oleh banyak orang, terutama yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Ada banyak sekali manfaat minum air hangat bagi kesehatan tuuh, air hangat yang paling baik untuk diminum dan menyehatkan yaitu air hangat yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak memiliki rasa.

Baca Juga : Manfaat Jamu Kunyit, Jahe, dan Kencur untuk Kesehatan

Air murni yang hangat sangat baik bagi kesehatan tubuh, berbeda dengan air yang sudah diberi tambahan gula. Selain air hangat yang masih murni, air hangat yang diberi campuran air perasan jeruk lemon, madu, teh dan bahan-bahan alami bermanfaat lainnya juga sangat baik dan menyehatkan tubuh.

Namun pada kesempatan kali, kami haya akan mengulas tentang manfaat air hangat murni bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang belum tahu apa saja manfaat dari air hangat ini, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat minum air hangat yang dapat anda rasakan bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat secara rutin setiap hari dapat membantu memaksimalkan proses metabolisme tubuh menjadi lebih sehat, bahkan minum air hangat dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, sebaiknya air hangat yang anda minum di beri perasan air lemon segar. Maka dengan rutin minum air lemon hangat setiap hari, berat badan anda akan mengalami penurunan hingga beberapa kilogram dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Bagi anda yang ingin mencoba menurunkan berat badan dengan minum air lemon hangat, anda bisa coba ikuti langkah-langkahnya dibawah berikut ini :
  1. Pada pagi hari, anda bisa mulai melakukan aktivitas harian anda dengan di awali segelas air hangat.
  2. Anda bisa menambahkan air perasan lemon ke dalam air hangat anda, lalu anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih nikmat.
  3. Setelah minum air lemon hangat, sebaiknya anda tidak dulu makan selama kurang lebih 15 menit, tujuannya agar air perasan lemon di dalam tubuh dapat bereaksi.
  4. Dengan minum air lemon hangat ini dapat membantu memecah jaringan lemak yang menumpuk di dalam tubuh yang terdapat pada beberapa organ tubuh, terutama pada beberapa bagian tubuh seperti lengan, pinggang, perut dan paha.
2. Menghilangkan Rasa Gatal di Tenggorokan

Pada saat anda sedang batuk, tentunya anda akan merasakan saluran ditenggorokan terasa sangat gatak dan serak. Hal ini disebabkan oleh karena di dalam saluran tenggorokan terdapat virus yang menyebabkan muncul rasa gatal di tenggorokan.

Untuk menghilangkan rasa gatal pada saluran tenggorokan, anda bisa minum air hangat untuk membantu mengeluarkan virus yang terdapat di dalam tenggorokan.

3. Membantu Melegakan Hidung dan Tenggorokan

Pada saat terserang batuk dan pilek, maka seseorang akan mengalami ketidaknyaman pada saluran hidung dan tenggorokannya. Ketika terserang batuk berdahak, maka pada saluran tenggorokan terdapat banyak sekali dahak yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada tenggorokan.

Ketika anda menderita batuk yang disertai dengan pilek, maka pada saat terserang pilek saluran hidung pun akan tersumbat. Pada saat kondisi seperti itulah tubuh memerlukan air hangat, karena dengan minum air hangat dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat dan melegakan tenggorokan yang terasa gatal serta membantu mengeluarkan dahak yang menumpuk pada tenggorokan.
4. Baik untuk Melakukan Detoksifikasi Tubuh secara Alami

Minum air hangat sangat bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dari racun-racun yang mengendap dalam tubuh. Racun banyak mengendap dalam usus, penyebabnya dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu :
  1. Usus termasuk salah satu organ tubuh yang akan dilalui oleh makanan yang sudah dicerna, racun dan toksin dalam tubuh banyak diserap tubuh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
  2. Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, berkolesterol, berminyak, makanan berpengawet, pewarna dan juga makanan yang mengandung pemanis buatan juga akan dilakukan proses cerna dan kemudian dialirkan menuju usus.
  3. Konsumsi makanan yang tidak sehat tidak akan dapat diserap oleh tubuh, sehingga kandungan zat racunnya akan menempel pada dinding usus. Maka dari itu, detok sendiri berfungsi sebagai lagkah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, terutama racun yang menumpuk dalam usus dan akan dikeluarkan melalui keringat, urin dan juga feses.
  4. Jika tidak segera dikeluarkan, toksin dalam tubuh tersebut akan menumpuk dan menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya, salah satu penyakit yang paling parah akibat tumpukan toksin dalam tubuh yaitu kanker usus.

Untuk melalukan proses detoksifikasi memerlukan biaya yang tidaklah murah, tetapi juga diperlukan bentuan dengan produk-produk yang dapat menunjang proses pengeluaran racun dalam tubuh. Namun saat ini anda dapat melakukan detoksifikasi alami secara gratis dan mudah, yaitu cukup dengan rutin minum air hangat setiap pagi.

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan detoksifikasi menggunakan air hangat, yaitu sebagai berikut :
  1. Minumlah air hangat pada saat bangun tidur di pagi hari, usahakan agar anda melakukan aktivitas olaharaga untuk mengeluarkan keringat setelahnya.
  2. Kemudian, minum air hangat sebelum tidur dan usahakan agar tubuh anda mengeluarkan keringat setelahnya, jika air hangat yang anda minum tidak langsung membuat anda berkeringat, maka anda bisa menambahkan sedikit air panas lagi.
  3. Pada saat tubuh anda berkeringat, hal tersebut menandakan jika suhu tubuh anda sedang mengalami peningkatan.
  4. Pada saat suhu tubuh anda meningkat, maka racun dan toksin dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat, kemudian sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan juga feses. Lakukan cara ini secara rutin agar semua toksin dalam tubuh dapat dikeluarkan.
  5. Tidak adanya toksin dalam usus akan menurunakn resiko terkena penyakit kanker usus, terutama untuk jenis kanker usus besar dan juga kolorektal.
  6. Hasil yang optimal bisa dilakukan dengan menambahkan air perasan lemon dan juga madu ke dalam air hangat yang akan anda minum.

Baca Juga : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Baik untuk Membantu Pergerakan Usus

Pergerakan usus di dalam tubuh akan berjalan dengan baik dan lancar apabila anda minum air hangat, manfaat minum air hangat dapat membantu mengurangi rasa haus berlebih yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Jika tubuh anda mengalami dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan dalam tubuh, maka anda akan beresiko menderita sembelit.

Bagi orang yang menderita sembelit biasanya mereka akan merasakan rasa sakit dan nyeri pada saat BAB, sehingga dengan rutin minum segelas air hangat setiap pagi pada saat bangun tidur dapat membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan terjadinya sembelit serta dapat membantu melancarkan buang air besar di pagi hari. Selain itu, minum air hangat di pagi hari juga dapat membantu melembutkan partikel makanan, sehingga dapat membuat pergerakan usus di dalam tubuh menjadi lebih lencar.

6. Baik untuk Melancarkan Pencernaan

Minum air hangat sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Pastikan setiap setelah makan anda tidak minum air es, tetapi usahakan untuk minum air hangat. Hal ini dikarenakan, air hangat dapat membantu tubuh menyerap makanan dengan sempurna. 

Minum air hangat setelah makan juga dapat membantu melarutkan minyak dan lemak serta melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Sisa makanan yang dicerna dapat dijadikan sebagai partikel kecil, sehingga dapat memudahkan usus dalam membuang racun melalui feses.

Baca Juga : Manfaat Makan Pagi, Siang, dan Sore / Malam untuk Kesehatan

7. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Pada saat anda sedang haid, maka rahim sedang bekerja untuk mengeluarkan darah kotor yang melekat pada dinding rahim. Proses pelepasan sel darah kotor yang menempel pada dinding rahim tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya kram atau rasa nyeri pada bagian perut saat haid.

Pada saat anda sedang haid, usahakan anda tidak minum air es karena dapat menyebabkan darah kotor tidak akan dapat terlepas dengan baik pada dinding rahim dan bahkan tidak bisa dilepaskan serta akan terus menumpuk pada dindinh rahim. Jika kondisi demikian sudah terjari, maka dapat menyebabkan kanker, tumor dan juga kista.

Untuk mencegah semua itu, anda disarankan untuk rutin minum air hangat setiap pagi terutama pada saat anda sedang haid. Hal ini dikarenakan, manfaat air hangat dapat mempermudah peroses pelepasan darah kotor secara sempurna tanpa meninggalkan sisa pada dinding rahim.

Selain itu, air hangat juga bermanfaat untuk membantu memudahkan kerja rahim untuk melepaskan sel-sel darah kotor tersebut. Semakin mudah proses pelepasan darah kotor pada rahim, maka samkin ringan pula rasa nyeri yang dirasakan saat haid.

8. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Minum air hangat juga sangat bermanfaat untuki membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, karena dengan minum air hangat dapat membantu memperlebar pembuluh darah. Melebarnya pembuluh darah, maka peredaran darah menuju ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar tanpa mengalami hambatan.

Bac Juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecatikan

9. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Sistam syaraf yang sehat dapat tercipta dengan rutin minum air hangat, karena dengan air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar dapat menndukung aktivitas syaraf menjadi lebih lancar, sehingga kesehatan sistem syaraf akan selalu terjaga dengan baik dan terhindar dari kerusakan serta gangguan lainnya.

10. Meredaka Kram pada Kaki

Bagi anda yang sering mengalami kaki kram, maka anda dapat mengatasinya dengan minum air hangat. Caranya yaitu bisa dilakukan dengan minum air hangat yang diberi campuran madu secara rutin, atau anda juga bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampurkan dengan air garam selama 15 menit. Sembari merendam kaki di dalam air hangat, anda bisa memijat telapak kaki secara lembut. Kram pada telapak kaki pun akan segera hilang.

11. Menenangkan Pikiran dan Menghilangkan Stress

Minum air hangat juga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan psikis seseorang. Bagi anda yang sedang mengalami banyak pikiran atau stress, sebaiknya anda rutin minum segelas air hangat setiap pagi sambil menikmati pemandangan dan udara pagi yang segar. Cara tersebut sangat efektif untuk membantu menenangkan pikiran dan mencegah stress, terlabih bagi anda yang memiliki aktivitas pekerjaan yang padat.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

12. Menghilangkan Rasa Kantuk

Manfaat minum air hangat selanjutnya yaitu dapat membantu menghilangkan rasa kantuk, sehingga minum air hangat ini sangat cocok diminum pada pagi hari, karena pada saat bangun pagi kita biasanya masih merasakan kantuk. Dengan minun segelas air hangat, maka tubuh akan lebih segar dan bugar.

13. Membangkitkan Gairah

Pada saat bagun pagi, banyak orang yang merasa malas untuk memulai aktivitas seperti olahraga atau melakukan pekerjaan rumah. Apalagi didukung dengan cuaca dan udara pagi yang dingin membuat anda ingin kembali menarik selimut di tempat tidur.

Nah, untuk membangkitkan gairah dan semangat dipagi hari, maka disarankan untuk minum segelas air hangat terlebih dahulu sebelum anda minum kopi atau mengkonsumsi makanan. Maka rasa malas pun akan hilang, kemudian anda pun akan merasa lebih segar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas di pagi hari.

14. Menghangatkan Tubuh

Udara di pagi hari memang sangat dingin, sehingga sering membuat banyak orang malas untuk bagun pagi. Untuk memulai aktivitas dipagi hari tanpa rasa dingin, maka awali pagi hari anda dengan minum segelas aur hangat. Hal ini dikarenakan, minum segelas air hangat dapat membantu menghangatkan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

15. Menciptakan Tidur Berkualitas

Apakah anda sering terbangun di malam hari dan sering terjaga setiap malam? Kondisi tersebut merupakan tanda bahwa anda memiliki pola tidur yang tidak sehat dan tidak berkualitas. Tidur yang kurang berkualitas dapat memicu tubuh terkena berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan berbagai jenis penyakit kronis lainnya.

Untuk menciptakan tidur yang berkualitas dan nyenyak setiap malam, maka sebaiknya anda rutin minum air hangat yang dicampurlan dengan teh hijau aroma melati. Karena minum air teh hijau hangat dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga anda akan dapat tidur dengan nyenyak sampai pagi.

16. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Manfaat minum air hangat juga diyakini dapat menjaga kesehatan organ tubuh, karena air hangat dapat bersifat penenang bagi tubuh dan saraf, sehingga dapat meghindarkan anda dari resiko stress yang dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya yang sering menimpa orang-orang yang sering mengalami stres seperti penyakit jantung, darah tinggi dan juga stroke.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahapan Tubuh

17. Menghilangkan Mual

Bagi wanita yang sedang hamil muda sering kali merasakan mual dan bahkan muntah. Maka untuk menghilangkan rasa mual tersebut disarankan untuk rutin minum air hangat terleih dahulu sebelum makan dan menggosok gigi. Pada saat menggosok gigi, gunakan air hangat untuk berkumur-kumur agar anda tidak merasakan mual.

18. Ampuh Meredakan Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Manfaat air hangat juga terbukti efektif untuk meredakan sakit gigi dan mengempeskan gusi bengkak, karena air hagat sendiri berfungsi sebagai antibiotik alami yang ampuh meredakan rasa sakit dan mengatasi pembengkakan. Caranya yaitu, gunakan air hangat untuk berkumur-kumur setiap pagi dan malam sebelum tidur

19. Menghilangkan Bau Mulut

Selai bermanfaat untuk meredakan rasa sakti pada gigi dan gusi, ternyata minum air hangat dan berkumur dengan air hangat sangat baik untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Hal ini dikarenakan, air hangat sangat efektif untuk mengurangi sisa plak yang menempel pada gigi dan mulut yang menjadi salah satu penyebab dari bau mulut.

20. Efektif Membuang Lemak

Minum air hangat sangat bermanfaat untuk membantu membuang lemak agar dapat diproses menjadi BAB dan tidak menumpuk dalam usus, sehingga jumlah lemak dalam usus akan berkurang dan tubuh pun akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih dalam usus.

Baca Juga : Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah ulasan mengenai 20 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan salam sehat. Please share and like.