20 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

20 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit, Khasiat & Manfaat Air Putih Bagi Kecantikan dan Kesehatan, Manfaat Air Putih bagi Wajah Berjerawat, Aturan Minum Air Putih untuk Kecantikan, Manfaat Banyak Minum Air Putih Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur, Cara agar Anda Minum Air Putih Lebih Banyak.

https://www.infokesehatan.web.id/2018/07/manfaat-air-putih-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya, minum air putih terbukti sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan juga merawat kecantikan kulit dari dalam serta mencegah munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh.

Penting juga untuk kita semua ketahui bahwa 70% tubuh manusia sendiri terdiri dari cairan, sehingga kebutuhan cairan bagi tubuh manusia ini cukup tinggi. Kebutuhan cairan dalam tubuh manusia ini memang tidak bisa tergantikan dengan apapun, untuk mendapatkan cairan dalam jumlah cukup bisa kita peroleh dengan minum air putih setiap hari. 

Air putih memang termasuk minuman yang paling menyehatkan dibandingkan dengan jenis minuman lainnya, karena jika tubuh kita selalu mendapatkan cairan dalam jumlah cukup akan sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Manfaat air putih sendiri sangatlah banyak, jika kita uraikan semuanya satu per satu tentunya artikel yang kami tulis ini tidak akan pernah ada habisnya. Mungkin sebagian dari kita hanya tahu bahwa air putih hanya berfungsi untuk menghilangkan haus saja, namun ternyata lebih dari itu, manfaat air putih ini akan bertambah banyak dan dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk tubuh agar tetap sehat, segar dan bugar sepanjang hari. 

Bagi anda yang sudah tidak sabar ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat air putih, akan kami ulas secara lengkap pada ulasan dibawah ini.

Beragam Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh dengan rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari, diantaranya yaitu :

1. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Manfaat utama dari minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari yaitu dapat menghilangkan haus dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi, terutama bagi anda yang sering bekerja ekstra keras dengan mengeluarkan keringat banyak yang membuat cairan tubuh berkurang. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang bertenaga, sehingga dengan minum air putih dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Menjaga Keseimbangan Jumlah Cairan dalam Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan tadi di atas bahwa di lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga sangat penting sekali bagi kita untuk senantiasa menjaga kestabilan cairan dalam tubuh untuk membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh, melancarkan proses pencernaan, mengatur suhu tubuh dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

3. Membantu Mengontrol dan Menurunkan Berat Badan

Mungkin sebagian dari anda ada yang berpikir apa hubungannya minum ari putih dengan penurunan berat badan? Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa hubungan antara minum air putih dan penurunan berat badan sangat erat kaitannya.

Hal ini dikarenakan, air dapat berfungsi untuk membantu seseorang merasa kenyang, sehingga jumlah kalori yang masuk akan jauh lebih sedikit. Dengan demikian, minum air putih dalam jumlah cukup dapat membantu mengendalikan jumlah asupan kalori berlebih dan berdampak pada penurunan berat badan.

Baca Juga : Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Meningkatkan Sumber Energi Tubuh

Tahukah anda, apa yang terjadi apabila tubuh tidak minum air putih dalam jumlah cukup terlebih setelah berolahraga? Dampak buruk yang pertama yaitu akan langsung dirasakan oleh tubuh yaitu tubuh akan mengalami kelelahan, lalu otot tubuh yang kurang mendapatkan cairan tidak akan bekerja secara maksimal yang membuat tubuh akan kehilangan banyak tenaga dalam beraktivitas.

Maka dengan menjaga asupan cairan tubuh melalui minum air putih, maka kondisi tubuh akan tetap segar, bugar dan berenergi sepanjang hari.

5. Membuang Racun dalam Tubuh

Bagaimana bisa tubuh mengeluarkan keringat atau mengeluarkan urin tanpa adanya bantuan kadar air dalam tubuh? Padahal, tahukah anda sebenarnya kedua proses tersebut merupakan cara alami tuuh untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

Minum air putih dapat bermanfaat untuk membanttu tubuh mengeluarkan keringat yang dapat menurunkan resiko tubuh terkena penyakit batu ginjal dan juga resiko terkena infeksi pada saluran kemih.

Baca Juga : Manfaat Air Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Menjaga Organ Ginjal dapat Berfungsi dengan Baik

Pastinya anda semua sudah pernah mendengar nama penyakit batu ginjal atau gagal ginjal? Penyebab utama dari kedua jenis penyakit ini yaitu dikarenakan tubuh kurang mendapatkan asupan cairan, atau lebih sering kita sebut dengan istilah kurang minum.

Perlu kita semua ketahui bahwa organ ginjal dalam tubuh kita akan memproses sekitar 200 liter darah setiap harinya, menyaring limbah yang dikeluarkan oleh tubuh dan mengangkut urin menuju ke kandung kemih.

Akan tetapi, agar organ ginjal dapat bekerja dengan baik dan optimal, maka organ ginjal dalam tubuh sangat membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup setiap harinya guna membersihkan zat-zat racun atau limbah yang ada dalam tubuh. Untuk menjaga organ ginjal dapat tetap sehat dan bekerja dengan baik, maka minum air putih dalam jumlah cukup adalah konci utamanya.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

7. Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

Apakah saat ini anda sedang dilanda stres, baik karena urusan pekerjaan, masalah keluarga atau masalah lainnya? Maka jika anda mengalami kondisi demikian, salah satu cara untuk membantu anda agar terhindar dari resiko stres yaitu dengan minum segelas air putih. Hal ini dikarenakan, minum air putih dapat membatu menyegarkan sistem saraf di otak dan membantu memperbaiki suasana hati yang sedang kacau agar kembali tenang.

8. Menjaga dan Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan rutin minum air putih minimal sebanyak 2 liter per harinya dapat membantu meningkatkan fungsi otak, karena air dapat membantu meningkatkan kemampuan otak agar dapat berkonsentrasi dengam baik dan meningkatkan fungsi sistem saraf pada otak.

9. Menurunkan Demam

Apakah anda pernah mengalami demam, atau saat ini anda sedang terserang demam? Jika ya, maka anda sebaiknya anda selalu mencukupi cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Hal ini dikarenakan, ketika tubuh sedang terserang demam, maka jumlah cairan dalam tubuh akan cepat sekali berkurang dan menghilang.

Maka untuk membantu menurunkan demam, anda bisa rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya. Dengan rutin minum air putih minimal sebanyak 2 liter perhari, maka akan membuat tubuh sering buang air kecil dan membantu menurunkan demam dengan cepat.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

Dengan rutin minum air putih dallam jumlah cukup setiap harinya, maka dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan memiliki peredaran darah yang lancar, maka tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh terhambatnya peredaran darah dalam tubuh seperti penyakit hipertensi, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan juga stroke.

11. Ampuh Obati Sakit Kepala dan Migrain

Ketika sakit kepala atau migrain menyerang, namun anda tidak sempat untuk membeli obat diapotik? Maka salah satu solusinya yaitu dengan minum air putih. Hal ini dikarenakan, sakit kepala dan juga migrain serng kali disebabkan oleh karena tubuh kurang mendapatkan cairan tubuh atau dehidrasi. Menurut hasil penelitian dari European Journal of Neurology menjelaskan bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi akan mengalami gejala seperti sakit kepala atau migrain.

12. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat air putih selanjutnya untuk kesehatan yaitu dapat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya yan dapat menyera tubuh seperti penyakit kanker, stroke dan juga penyakit jantung. Penyebab dari kemuculan penyakit-penyakit tersebut yaitu disebakan oleh karena tumpukan limbah dan zat beracun yang dapat memicu berbagai jenis penyakit berat.

Itulah beberapa manfaat minum air puih untuk kesehatan tubuh. Setelah kita semua mengetahu beragam manfaat air putih untuk kesehatan tubuh, maka jangan pernah ragu atau malas lagi untukl rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

B. Manfaat Air Putih untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit, ternyata minum air putih dalam jumlah cukup juga bermanfaat untuk memelihara kecantikan. Penasaran, apa saja manfaat minum air putih untuk kecantikan? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit wajah dan tubuh yang halus dan cerah memang menjadi dambaan setiap orang, terutama bagi para kaum wanita. Maka banyak dari mereka yang rela melakukan perawatan kulit dengan biaya mahal untuk mendapatkan kulit halus dan cerah.

Namun untuk mendapakan kulit halus dan cerah tidak hanya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan atau memakai produk kecantikan yang mahal. Dengan rutin minun air putih juga dapat bermanfaat untuk membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit secara alami.

Hal ini dikarenakan, ketika tubuh mengalami dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering, kasar dan terlihat kusam. Untuk itu, pastikan anda selalu menjaga kecantikan kulit dengan rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari minimal 2 liter perhari.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

2. Mencegah Jerawat

Selain bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit, ternyata dengan rutin minum air putih juga bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan, apabila tubuh kurang mendapatkan asupan cairan dalam jumlah cukup, maka dapat berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan kulit dan mudah sekali terkena berbagai masalah kulit salah satunya yaitu jerawat. Maka joika anda ingin terhindar dar masala jerawat, sebaiknya anda rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Sudah bukan rahansia umum lagi jika rutin minum air putih dapat membantu mencegah dan mengatasi munculnya masalah tanda-tanda penuaan dini, karena dengan rutin minum air putih dalam jumlah banyak dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh dan menjadikan kulit menjadi lebih kencang serta membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar. Maka tak heran jika dengan rutin minum air putih dapat bemanfaat untuk menjadikan kulit tetap cantik dan terlihat awet muda.

4. Mencegah Keriput

Manfaat minum air putih untuk kecantikan berikutnya yaitu dapat membantu mencegah kulit agar tidak cepat keriput dan terlihat awet muda. Maka dengan rutin minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari, maka kulit akan tetap terjaga tingkat elastisitas dan juga kelembaban alami kulit.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat air putiih juga dapat membuat kulit menjadi lebih kancang, caranya anda bisa rutin melakukan perawatan dengan membasuh kulit wajah menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit yang tertutup dan membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Setelah itu, anda bisa membasuh kembali kulit wajah dengan air dingin.

Hal ini bertujuan untuk menutup kembali poti-pori yang telah terbuka lebar akibat penggunaan air hangat. Dengan melakukan perawatan kecanntikan ini secara rutin, maka kulit wajah dan tubuh anda pun akan tetap kencang dan kenyal.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

6. Membuat Mata Bersih dan Terang

Selain baik untuk kulit, ternyata minum air putih juga sangat bermanfaat untuk menjadikan mata terlihat lebih bersih dan terang, sehingga anda akan mendapatkan mata yang indah. Selain itu, rutin minum air putih juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan kantung mata.

7. Mengatasi Kulit Berminyak

Rutin memnersihkan kulit wajah dengan menggunakan air hangat dan diulangi kembali dengan air dingin seperti cara di atas dapat membantu mengurangi produksi kadar minyak berlebih. Produksi minyak berlebih pada kulit dapat menjadi salah satu pemicu dari munculnya berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh kulit berminyak seperti jerawat dan komedo.

8. Menyehatkan Rambut

Tidak hanya baik untuk kulit, ternyata air putih juga bermanfaat untuk menjaga rambut tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah rambut seperti rambut kering, rambut rontok dan berbagai masalah rambut dan kulit kepala lainnya.

Hal ini dikarenakan, ketika tubuh mengalami dehidrasi akibat dari kurangnya mendapatkan asupan cairan tubuh atau kurang minum, maka dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan kulit kepala dan rambut. Dengan rutin minum air putih dan rutin membersihkan kulit kepala dan rambut, maka dapat membuat rambut lebih sehat dan kuat.

Baca Juga : Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

Itulah beberapa manfaat air putih untuk kecantikan yang perlu anda ketahui. Lalu, bagaimana cara agar kita dapat minum lebih banyak dari biasanya? Simak tips berikut ini.

C. Tips Agar dapat Minum Air Putih dalam Jumlah Banyak

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tubuh bisa mendapatkan asupan cairan dengan minum air putih dalam jumlah banyak, yaitu :

1. Melakukan Olahraga

Dengan berolahraga, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan membutuhkan asupan cairan tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang selama berolahraga. Dengan demikian, anda akan minum air putih dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Sediakan Air Putih dekat dengan Anda

Sediakan air putih di atas meja atau dimanapun anda berada, sehingga anda tidak akan sering melupakan untuk minum setiap kali anda merasa haus.

3. Perbanyak Mengkonsumsi Buah-buahan

Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti buah semangka, jeruk, apel, melon dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda telah menambah cairan atau air ke dalam tubuh anda.

Nah, itulah beberapa tips agar kita dapat minum air dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Ada banyak sekali manfaat minum air putih yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan ataupun kecanntikan. Jadi, jangan ragu untuk minum air putih sesering mungkin setiap harinya agar tubuh tetap segar dan bugar sepanjang hari.

Baca Juga : Beragam Tips dan Cara Menjaga Kesehatan

Demikianlah artikel yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini mengenai Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan, Semoga apa yang telah kami bahas pada artikel di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua. Cukup sekian dan salam sehat. Thanks.