16 Manfaat Akar Kelapa untuk Kesehatan dan Kehidupan Manusia

16 Manfaat Akar Kelapa Untuk Kesehatan dan Kehidupan Manusia -- Manfaat Akar Kelapa untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari, Manfaat Akar Kelapa Bagi Manusia, Manfaat dan Khasiat Akar Kelapa bagi Kesehatan, Manfaat Akar Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Khasiat Akar Kelapa Untuk Pengobatan, Efek Samping Akar Kelapa, Khasiat Akar Kelapa untuk Pria dan Wanita.


Manfaat Akar Kelapa untuk Kesehatan dan Kehidupan Manusia -- Pohon kelapa (cocos nucifera) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah dataran tropis yang cenderung kering, pohon kelapa ini juga dapat tumbuh subur di kawasan tepia pantai.

Ada banyak sekali manfaat pohon kelapa dalam kehidupan manusia, bahkan pohon kelapa ini sering disebut-sebut sebagai pohon kehidupan karena mulai dari bagian ujung akar hingga ke bagian ujung daunnya memiliki manfaat bagi manusia. Oleh sebab itulah, kenapa pohon kelapa dijadikan sebagai lambang dalam Organisasi Pramuka.

Pohon kelapa yang tumbuh di Indonesia terdiri dari beberapa jenis, diantaranya seperti pohon kelapa kopyor, kelapa hijau, kelapa kuning, kelapa gading dan masih banyak lagi jenis-jenis pohon kelapa lainnya. Dari semua bagian pohon kelapa bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu bagian akar pohon kelapanya.

Akar kelapa merupakan salah satu bagian dari pohon kelapa yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, karena akar kelapa ini bermanfaat untuk kesehatan dan juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Manfaat akar kelapa untuk kesehatan tubuh memang sudah bukan rahasia umum lagi, karena akar kelapa sudah digunakan sejak jaman dulu untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Hal ini dikarenakan, di dalam akar kelapa terkandung berbagai jenis zat dan senyawa yang sangat berkhasiat.

Akar kelapa memiliki kandungan zat yang bersifat anti piretik, kandungan zat ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Metode pengobatan menggunakan akar kelapa dianggap lebih aman dan sehat jika dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia. Penasaran, apa saja manfaat akar kelapa ini? mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Akar Kelapa untuk Kesehatan dan Kehidupan Manusia

A. Manfaat Akar Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat akar kelapa yang perlu anda ketahui untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Wasir

Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, penyakit wasir apabila tidak segera diobati akan menyebabka wasir semakin membesar dan melebar, sehingga akan membuat para penderitanya merasa kesakitan.

Selain itu, penyakit wasir juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya saat duduk dan bahkan sewaktu-waktu bisa menyebabkan pendarahan. Lebih parahnya lagi, jika tingkat keparahan dari penyaki wasir ini sudah tingkat akhir, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk segera dilakukan tindakan operasi.

Ada banyak sekali obat wasir yang bisa kita dapatkan dengan mudah di apotik, namun jika anda mancari cara yang aman dapat memanfaatkan akar kelapa sebagai obat tradisional untuk mengobatinya. Jika kondisi wasir yang anda derita masih belum terlalu parah, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba cara alami dengan menggunakan akar pohon kelapa ini.

Cara mengobati wasir dengan akar kelapa, simak langkah-langkahnya di bawah ini :
  1. Siapkan akar kelapa secukupnya saja, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir dan jemus hingga benar-benar kering dibawah panas matahari.
  2. Setelah akar kelapa ini kering, potong kecil-kecil dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus sampai mendidih dan tunggu sampai airnya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja.
  3. Kemudian angkat dan saring airnya, lalu biarkan sebentar hingga cukup hangat untuk diminum.
  4. Minum secara rutin 1 gelas 2 kali sehari sampai wasir yang anda derita sembuh.

2. Menurunkan Demam

Akar kelapa tidak hanya bermanfaat untuk mengobati wasir saja, tetapi juga berkhasiat untuk menurunkan demam baik pada anak-anak ataupun orang dewasa. Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh meningkat secara signifikan berada diatas suhu tubuh normal, demam ini bias disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak menentu dan juga disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Cara menurunkan demam dengan akar kelapa, caranya yaitu :
  • Siapkan akar kelapa, cuci sampai bersih dan keringkan.
  • Setelah kering, rebus akar kelapa tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih.
  • Angkan dan dinginkan, minum 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas lagi di malam hari.

Minum air rebusa akar kelapa ini secara rutin dan teratur setiap hari sampai demam sembuh, jika dalam 3 hari demam tidak juga turun dan malah bertambah para dengan disertai batuk, flu dan juga pilek, sebaiknta segera periksakan ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

3. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung bisa terjadi akibat kondisi perut yang kosong dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga dapat membuat kadar asam lambung naik dan menyebabkan perut menjadi kembung. Pada saat perut kembung, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan apapun, karena dapat menyebabkan perih pada lambung dan disertai dengan rasa nyeri. Untuk mengatasinya, anda bisa minum air hangat dan yang paling ampuh anda bisa minum air rebusan akar kelapa hangat.

4. Mengatasi Sembelit

Tubuh manusia membutuhkan asupan serat dalam jumlah cukup setiap harinya agar kerja pencernaan menjadi lebih lancar. Tubuh yang mengalami kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit, sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh anda.

Buah dan juga sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Tetapi serat juga banyak terkandung dalam akar kelapa, sehingga dengan minum air rebusan akar kelapa ini mampu mengatasi sembelit dengan cepat.

5. Mengobati Diare

Khasiat akar kelapa juga terbukti sangat berkhasiat untuk mengobati diare, karena di dalam akar kelapa mengandung zat yang mampu menghentikan diare dan membasmi bakteri penyebab diare.

Diare adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak sekali cairan, sehingga jika tidak segera diobati dapat menyebabkan tubuh terasa lemas, dehidrasi dan bahkan jika tidak segera diobati dapat beresiko kematian.

Salah satu cara untuk mengatasinya, anda bisa minum air rebusan akar kelapa secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap hari sampai diare sembuh.

6. Mengatasi Masuk Angin

Sering bepergian di malam hari dapat menyebabkan tubuh masuk angin, gejalanya hampir sama dengan gejala perut kembung, namun gejala masuk angin ini biasanya sering disertai dengan badan meriang. Salah satu cara alami untuk mengobati masuk angin yaitu dengan minum air rebusan akar kelapa hangat secara rutin 2-3 kali sehari. Sebaiknya minum air rebusan akar kelapa ini sesudah makan.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah dalam tubuh bisa terganggu akibat dari penumpukan lemak berlebih pada pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan jalannya darah, munculnya lemak pada pembuluh darah ini bisa saja terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan juga berat badan berlebih. Maka bagi anda yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko lebih tinggi mengalami penyempitan pembuluh darai dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat tubuh normal.

Oleh sebab itulah kenapa memiliki berat badan berlebih itu tidak baik untuk kesehatan. Disamping menjalani olahraga secara rutin dan teratur untuk menurunkan berat badan, minum air rebusan akar kelapa juga bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Minum air rebusaj akar kelapa ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyebab penyakit darah tinggi atau hipertensi ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari makanan berlemak, pola hidup tidak sehat dan juga faktor genetika. Penyakit darah tinggi ini termasuk jenis penyakit yang berbahaya, karena penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan juga penyakit jantung.

Salah satu cara untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh, anda bisa rutin minum air rebusan akar kelapa secara rutin dan teratur setiap hari.

9. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup ditakuti oleh banyak orang, terutama bagi para kaum wanita. Hal ini dikarenakan, kemunculan jerawat ini dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik apalagi jika munculnya jerawat dalam jumlah banyak di area kulit wajah. 

Dalam cara mengilangkan jerawat dengan akar kelapa ini, anda bisa rutin membersihkan kulit wajah dengan menggunakan air rebusan akar kelapa secara rutin 2 kali sehari sampai jerawat hilang. Selain dapat menghilangkan jerawat, cara tersebut juga dapat menjadikan kulit menjadi bersih dan halus.

10. Mengobati Gatal-Gatal

Selain dapat menghilangkan jerawat, air rebusan akar kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati gatal-gatal pada kulit baik yang disebabkan oleh gigitan serangga ataupun karena alergi. Cara mengatasi gatal-gatal dengan air rebusan akar kelapa ini cukup mudah, anda cukup membasuh area kulit yang terasa gatal dengan air rebusan akar kelapa hangat. Dalam sekejap, gatal-gatal pada kulit akan langsung hilang.

11. Mengobati Eksim

Eksim juga termasuk jenis penyakit kulit yang cukup ditakuti, karena selain dapat membuat penampilan menjadi terlihat kurang menarik, munculnya eksim pada kulit juga dapat melebar ke seluruh bagian kulit tubuh dan lebih parahnya lagi penyakit ini termasuk jenis penyakit kulit yang mudah sekali menular.

Untuk mengobatinya, anda bisa rutin membersihkan eksim dengan air rebusan akar kelapa secara rutin setiap hari 2 kali sehari sampai sembuh. Pada saat melakukan pengobatan ini, anda akan merasakan perih yang cukup menyiksa akan tetapi hanya sementara.

12. Mencegah Kanker

Di dalam akar kelapa mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan ini dapat berperan sebagai zat anti kanker yang mampu mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Untuk anda yang ingin terhindar dari kanker, anda bisa minum air rebusan akar kelapa secara rutin minimal 1 (satu) bulan sekali.

Namun jika anda sudah didiagnosa mengidap kanker stadium awal, akar kelapa juga dapat membantu menghambat perkembangan kanker di dalam tubuh dengan cara rutin minum air rebusan akar kelapa ini secara rutin minimal seminggu sekali.

Nah, itulah beberapa manfaar akar kelapa untuk kesehatan tubuh. Selain baik untuk kesehatan, ternyata akar kelapa juga memiliki banyak manfaatkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

B. Manfaat Akar Kelapa untuk Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini beberapa manfaat akar kelapa dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu :

1. Dapat digunakan sebagai Bahan Bakar

Akar kelapa yang sudah mati dan kering juga masih dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dapat digunakan sebagai kayu bakar untuk memasak atau keperluan lainnya. Ruas-ruas akar kelapa yang kecil dapat memudahkan kita untuk menyalakan api tanpa harus menggunakan minyak tanah atau sejenisnya. Selain itu, teksturnya yang keras akar kelapa ini cukup awet jika dijadikan sebagai kayu bakar.

2. Hiasan Rumah

Selain dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar, akar kelapa juga dapat bermanfaat untuk dijadkan bahan baku dalam pembuatan berbagai jenis hiasan seperti hiasan dinding, hiasan pintu dan lain sebagainya. Hiasan yang terbuat dari akar kelapa ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dipasaran, sehingga bisa kita jadikan sebagai peluang usaha bagi anda yang memiliki kreatifitas tinggi dalam mengolah akar kelapa ini.

3. Dapat digunakan sebagai Siwak

Manfaat akar kelapa selanjutnya yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dapat digunakan sebagai siwak untuk membersihkan gigi. Siwak yang terbuat dari akar kelapa ini sangat nyaman digunakan, karena teksturnya yang lentur sehingga dapat membersihkan gigi secara menyeluruh.

4. Bahan Pembuatan Furniture

Akar kelapa juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk furniture, misalnya seperti meja, kursi, dan lain sebagainya. Kualitas furnitur yang dihasilkan dari akar kelapa ini terbukti sanga kuat dan tahan lama serta memiliki harga jual yang cukup tinggi.

C. Manfaat Bagian Pohon Kelapa Lainnya

Sebagai informasi tambahan dan sekaligus penutup, kami akan mengulas sedikit mengenai manfaat bagian pohon kelapa lainnya yang mungkin dapat menambah pengetahuan bagi kita semua yang membacar artikel ini dari awal sampai akhir.

Berikut ini beberapa manfaat bagian pohon kelapa lainnya, yaitu :

1. Buah Kelapa

Sudah bukan rahasia lagi jika buah kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya bagi manusia, mulai dari kesehatan, masakan, olahan makanan dan minuman. Dalam dunia kesehatan, manfaat kelapa ini sangatlah banyak. Salah satu olahan kelapa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu santan kelapa, santan kelapa ini dapat digunakan sebagai pelezat masakan berkuah. Selain itu, santan kelapa juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantika kulit dan rambut.

2. Air Kelapa

Air kepala biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat minuman yang dapat menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh. Selain itu, minum air kelapa secara rutin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah tubuh dari resiko dehidrasi.

3. Sabut Kelapa

Bagian lainnya dari pohon kelapa ini yaitu sabut kelapa, sabut kelapa atau kulit kelapa ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dibuat sebagai spon pencuci piring. Selain itu, sabut kelapa juga dapat dijadikan sebagai bahan membuat hiasan vintage yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

4. Batok Kelapa

Masyarakat biasanya sering memanfaatkan batok kelapa ini untuk diguankan sebagai bahan dalam pembuatan hiasan dan juga arang.

5. Daun Kelapa

Daun kelapa sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat sapu lidi dan aneka kerajinan lainnya.

6. Pohon Kelapa

Bagian yang terakhir dari pohon kelapa yaitu batang kepala, bagian batangnya ini sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, bahan furnitur dan juga kayu bakar.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat pohon kelapa ini? maka pantas jika pohon kelapa disebut-sebut sebagai pohon kehidupan bagi manusia.

Itulah artikel mengenai 16 Manfaat Akar Kelapa untuk Kesehatan dan Kehidupan Manusia yang dapat kami sampaikan lengkap dengan bagian pohon kelapa lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Silahkan baca artikel lainnya juga di blog ini. Thanks.