21 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

21 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah, Manfaat Buah Bengkoang Bila Dimakan, Manfaat Bengkoang Untuk Diet - Untuk Lambung, Manfaat Makan Bengkoang Setiap Hari, Efek Samping Bengkoang, Manfaat Makan Bengkoang Mentah, Kandungan Buah Bengkoang, Manfaat Jus Buah Bengkoang.


Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Siapa yang tidak mengenal Bengkoang? Pastinya anda semua kenal dengan buah yang mempunyai segudang manfaat dan khasiat ini. Apalagi bagi para kaum perempuan, karena bengkoang termasuk jenis buah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk perawatan kecantikan. Selain itu, buah bengkoang juga memiliki banyak segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bukan tanpa alasan, ternyata buah berngkoang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan karena di dalam buah ini memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik dan penting untuk menutrisi tubuh. Rasa dari buah bengkoang sendiri sangat manis dan mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi di siang hari karena dapat menghilangkan haus dan dahaga.

Meski demikian, sebaiknya anda tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah yang satu ini. Sebab, di dalam buah bengkoang juga memiliki kandugan zat yang dapat meyebabkan tubuh mengalami keracunan. Tetapi, ketika anda megalami keracunan oleh karena mengkonsumsi buah bengkoang, untuk mengurangi reaksi dari racun tersebut cukup dengan minum air kelapa.

Sebeum kami mengulas tentang manfaat buah bengkoang, tidak kalah penting juga untuk mengetahui berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah bengkoang. Apa sajakah kandungan yang ada dalam buah bengkoang? Mari kita simak informasi lengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Penting di dalam Buah Bengkoang

Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi penting di dalam setiap 100 gram buah bengkoang, diantaranya yaitu :
  • Vitamin A sebanyak 0 SI
  • Vitamin B1 sebanyak 0.04 mg
  • Vitamin C sebanyak 20 mg
  • Energi sebanyak 55 kal
  • Protein sebanyak 1.4 gr
  • Lemak sebanyak 0.2 gr
  • Karbohidrat sebanyak 12.8 gr
  • Kalsium sebanyak 15 mg
  • Fosfor sebanyak 18 mg
  • Zat Besi sebanyak 0.6 mg

Beragam Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Ampuh Mengobati Sariawan

Mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin dan teratur dalam jumlah yang cukup ternyata sangat ampuh untuk mengobati sariawan. Mungkin anda sering mendengar jika sedang sariawan, buah yang paling banyak disarankan yaitu buah jeruk.

Namun tahukah anda, ternyata di dalam buah bengkoang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan baik untuk mempercepat penyembuhan dari sariawan. Cara mengobati sariawan dengan bengkoang cukup mudah, anda hanya perlu rutin mengkonsumsi buah bengkoang baik secara langsung atau diolah menjadi jus.

2. Baik untuk Penderita Diabetes Melitus

Manfaat buah bengkoang berikutnya yaitu diduga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh para pasien penderita penyakit diabetes melitus. Seperti yang kita tahu bahwa, penderita penyakit diabetes sangat tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbon dalam jumlah yang tinggi.

Meskipun buah bengkoang memiliki rasa manis, namun rasa manis tersebut berasal dari kadar gula alami yang sangat baik dan tidak menyebabkan kadar glukosa darah meningkat tajam. Justru sebaliknya, rutin mengkonsumsi buah bengkoang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, buah bengkoang ini dapat menjadi salah satu jenis buah yang aman dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

3. Baik untuk Memelihara Kesehatan Tubuh Wanita Lansia

Bagi wanita yang sudah berusia lanjut atau lansia akan mengalami proses menopause, dimana penampilan tubuh sudah tidak lagi tampil menarik, bugar dan segar. Namun masalah ini bisa dicegah dan diatas permasalahannya dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang, sehingga meskipun sudah lanjut usia tetapi penampilan tetap terlihat cerah, sehat dan bugar. Konsumsi atau minum jus buah bengkoang secara rutin dan teratur minimal 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.

4. Mengobati Penyakit Maag

Penyakit maag dapat disebabkan oleh karena terlalu tingginya kadar asam di dalam lambung, sehingga dapat meyebabkan muncul rasa nyeri di lambung. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin dan teratur, karena di dalam buah bengkoang ini mengandung alkali yang sangat baik untuk menurunkan produksi gas dan juga zat asam di dalam lambung.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam buah bengkoang mengandung fitonutrien yang sangat berkhasiat untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan tahan terhadap berbagai serangan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang setiap hari selama seminggu, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

6. Membantu Melancarkan Pencernaan

Sama hal nya dengan buah-buahan lain, di dalam buah bengkoang mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsi bengkoang minimal selama seminggu, maka berbagai permasalahan dan gangguan pada pencernaan anda akan teratasi seperti sembelit, susah buang air besar, mengobati sakit perut dan bahkan mampu menghentikan diare.

7. Efektif Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Bengkoang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan mineral penting, salah satunya yaitu mengandung fosfor. Kandungan fosfor sangat baik untuk membantu merawat organ ginjal agar senantiasa terjaga kesehatannya. Maka bagi anda yang sedang menderita penyakit ginjal seperti batu ginjal atau gagal ginjal, buah ini sangat baik untuk anda konsumsi setiap hari.

8. Mengobati Penyakit Biri Biri

Manfaat buah bengkoang juga dipercaya sangat efektif untuk mengobati penyakit biri-biri, karena seperti yang kita tahu bahwa penyakit biri-biri disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin B1 dalam jumlah cukup. Maka dari itu, buah bengkoang ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengobatinya. Hal ini dikarenakan, di dalam bengkoang mengandung vitamin B1 yang cukup tinggi dan mampu membantu memenuhi separuh kebutuhan asupan vitamin B1 yang dibutuhkan oleh tubuh.

9. Baik untuk Diet

Di dalam buah bengkoang mengandung kadar gula yang sangat rendah, kaya serat dan tinggi kadar airnya. Selain itu, di dalam buah bengkoang juga mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Dilihat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, pantas saja jika buah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Maka, jika anda ingin diet yang dijalankan berhasil sebaiknya anda rutin minum jus bengkoang setiap pagi.

10. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Tentunya kita semua tahu bahwa tulang merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai penopang. Maka dari itu, sebaiknya anda senantiasa melakukan perawatan kesehatan pada tulang dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang. Sebab, di dalam buah bengkoang kaya akan kandungan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tulang seperti kalsium magnesium, fosfor dan beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Selain itu, buah bengkoang juga sangat berkhasiat untuk membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatan tulang agar lebih kuat dan tidak mudah mengalami pengeroposan tulang. Manfaat ini memang masih jarang diketahui banyak orang, karena pada dasarnya buah bengkoang memiliki kandungan fitonutrien yang dapat menutrisi tubuh secara optimal. Maka dari itu, buah bengkoang ini tidak hanya baik untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak dan remaja agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

11. Mencegah Asma

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya anda selalu menjaga agar daya tahan tubuh anda tetap stabil dan menghindari berbagai hal yang dapat menjadi faktor penyebab kambuhnya asma. Sebab, penyakit asma ini sulit disembuhkan, oleh karena itu harus dicegah kekambuhannya agar tidak mengganggu penderita.

Nah, buah bengkoang ini sangat efektif untuk membantu mencegah penyakit asma kambuh, karena mengkonsumsi buah bengkoang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, merelaksasi otot-otot bronkus dan juga membantu melegakan saluran pernapasan. Jadi, jangan tunggu asma kambuh, rutinlah mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin dan teratur.

12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Di dalam buah bengkoang juga ternyata mengandung kalium yang sudah terbukti efektif untuk membantu menurunkan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

13. Meningkatkan Kerja Organ Jantung

Jantung merupakan salahb satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat vital bagi tubuh manusia, tidak kalah pentingnya dengan otak dan sumsum tulang belakang. Fungsi dari organ jantung sendiri berperan penting dalam memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Berkaitan dengan hal yang dijelaskan tersebut, kandungan tembaga yang ada dalam buah bengkoang ini dapat membantu dalam mensuplai jantung dengan aliran darah yang sehat.

Organ jantung pun bekerja sama dengan kandungan mineral zat besi yang dapat bekerja dalam melakukan repirasi dan sintesis hemoglobin. Bahkan, kandungan tembaga juga diduga sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai penyimpanan dan pelepasan dari zat besi untuk memproduksi hemoglobin yang terkandung di dalam sel darah merah. Kandungan tembaga ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah bengkoang, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah ini dapat membantu kerja organ jantung menjadi semakin optimal.

14. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah dan Enzim

Di dalam buah bengkoang mengandung zat besi yang jumlahnya sekitar 7% dari total seluruh kandungan di dalam buahnya. Jumlahnya ini terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kandungan mineral penting lainnya seperti kalium dan mangan. Mineral zat besi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah dan enzim dalam tubuh.

Zat besi sendiri merupakan komponen yang penting dalam penyusun beberapa jenis enzim dan beberapa bahan penting lainnya seperti cytochrome, myoglobin dan juga katalase. Keberadaan dan fungsi dari Enzim sendiri berfungsi agar organ dalam tubuh dapat memproduksi senyawa pembantu, sehingga organ dalam tubuh dapat bekerja dengan optimal sesuai dengan komposisinya.

Selain itu, zat besi juga bermanfaat mencegah penyakit anemia dengan memproduksi sel darah merah. Anemia sendiri merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah, sehingga dapat menyebabkan sering pusing dan mudah lelah.

15. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses pembakaran di dalam tubuh, kerja dari metabolisme tubuh ini dapat dibantu oleh asam pantotenat yang merupakan bagian dari salah satu golongan vitamin B yang mudah sekali larut dalam air. Dengan demikian, sistem metabolisme dalam tubuh dapat bekerja dengan optimal.

Maka dari itu, untuk mendapatkan asam pantotenat ini bisa diperoleh dari buah bengkoang sebesar 3%. Hal ini dapat membuktikan bahwa mengkonsumsi buah bengkoang ini sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet, karena dapat melakukan pembakaran lemak dan juga meningkatkan sistem metabolisme agar tubuh dapat bekerja dengan lebih baik.

16. Mencegah Mata Katarak

Di dalam buah bengkoang memiliki kandungan betakaroten yang sama hal nya yang terdapat pada wortel, meskipun jumlahnya tidak sebanyak pada wortell, tetapi setidaknya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata.

Salah satu manfaatnya yaitu dapat mencegah perkembangan penyakit katarak pada mata. Penyakit katarak ini dianggap sangat berbahaya jika tidak segera ditangani, cara untuk menanganinya yaitu dengan tindakan operasi. Tentunya biaya yang dibutuhkan sangatlah besar, maka dengan mengkonsumsi buah bengkoang ini dapat membantu memperlambat proses perkembangannya.

17. Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat sangatlah penting untuk selalu dijaga, terutama pada anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat yaitu dengan terpenuhinya nutrisi Phyto-nutrisi dalam jumlah cukup. Hebatnya lagi, ternyata di dalam buah bengkoang memiliki kandungan Phyto-nutrisi yang cukup tinggi dan bisa dimanfaatkan oleh para ibu untuk diberikan kepada anak-anaknya.

18. Mencegah Stroke

Disamping dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsin buah bengkoang juga diduga sangat efektif untuk mencegah resiko terkena serangan stroke. Stroke sendiri disebabkan oleh karena peredarah darah yang tidak lancar dan tekanan darah yang terlalu tinggi, jadi dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang ini dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena stroke. Sebab, seperti yang dijelaskan diatas bahwa di dalam buah bengkoang ini memiliki kandungan kalium sekitar 3%.

B. Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan

Selain baik dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh, buah bengkoang juga ternyata sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit dan juga merawat kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat melakukan perawatan kulit dengan menggunakan buah bengkoang, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penipisan Kulit

Sering melakukan perawatan kulit yang salah dengan tujuan mencerahkan kulit wajah, maka dapat menyebabkan kulit menjadi tipis. Kondisi kulit yang menipis bukan menjadi terlihat cerah, tapi justru akan terlihat memerah sehingga menyebabkan kapiler darah menjadi jelas terlihat pada permukaan kulit wajah.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, maka anda bisa melakukan perawatan secara rutin dan teratur dengan menggunakan masker bengkoang yang bisa anda buat sendiri dirumah. Manfaat dari masker buang sendiri dapat memperbaiki kondisi kulit tipis dan pecah-pecah serta meremajakannya kembali.

2. Mencegah Jerawat

Masker buah bengkoang juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai pembersih wajah dan perawatan kulit wajah agar dapat terhindar dari berbagai masalah kulit wajah, salah satunya mencegah kemunculan jerawat. Sebab, di dalam buah bengkoang ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menutrisi kulit dan mencegah kulit berjerawat.

Selain itu, masker bengkoang juga efektif untuk menghilangkan jerawat, karena kandungan vitamin C yang ada di dalam buah ini dapat bersifat sebagai zat antibakteri dan antiseptik yang sangat ampuh membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Maka. Dengan rutin melakukan perawatan kulit dengan masker bengkoang, jerawat pada kulit wajah anda akan hilang dan tidak akan berani muncul lagi.

3. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Sinar matahari pagi memang sangat bermanfaat untuk kulit, tapi jika lebih dari jam 11 siang justru bisa menjadi bumerang bagi kulit. Sebab, di dalam sinar matahari di siang hari mengandung UV dan juga radiasi yang dapat merusak kulit, bahkan jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari di siang hari beresiko menyebabkan kanker kulit. maka untuk melindungi kulit anda dari bahaya sinar matahari, sebaiknya anda rutin melakukan perawatan dengan masker bengkoang dan juga rutin mengkonsumsi jus bengkoang.

Itulah beberapa Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Jangan lupa share pada teman dan like halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.