25 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

25 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat dan  Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh,  Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit Wajah, Khasiat Makan Buah Delima Ketika Mengandung, Manfaat Buah Delima Untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil, Manfaat Buah Delima Arab dan Delima India, Cara Membuat Masker Buah Delima.


Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Mungkin masih banyak sebagian diantara kita yang masih belum tahu apa saja manfaat mengkonsumsi buah delima. Buah delima adalah salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia, meskipun sebenarnya buah delima bukan jenis buah-buahan asli dari Indonesia, melainkan dari berbagai negara yang berada di kawasan Timur Tengah.

Buah delima sendri terdiri dari tiga jenis, yaitu buah delima merah, putih dan juga hijau. Semua jenis buah delima pada dasarnya mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang hampir sama dan melimpah, sehingga buah delima ini menjadi salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan, kecantikan dan juga ibu hamil.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Delima

Berikut ini berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting pada setiap 1 buah delima ukuran sedang, diantaranya yaitu :
  • Lemak 27.6 sebanyak (116 kj)
  • Protein sebanyak 4.7 g (9%)
  • Total karbohidrat 52.7 g (18%)
  • Vitamin sebanyak B6 0,2 mg (11%)
  • Vitamin sebanyak C 28.8 mg (48%)
  • Vitamin sebanyak E 1.7 mg (8%)
  • Vitamin sebanyak K 46.2 mcg (58%)
  • Thiamin sebanyak 0,2 mg (13%)
  • Riboflavin sebanyak 0,1 mg (9%)
  • Niasin sebanyak 0,8 mg (4%)
  • Aset Folat Setara sebanyak 107 mcg
  • Asam pantotenat sebanyak 1.1 mg (11%)
  • Folat sebanyak 107 mcg (27%)
  • Makanan Folat sebanyak 107 mcg
  • Kolin sebanyak 21.4 mg
  • Kalsium sebanyak 28.2 mg (3%)
  • Fosfor sebanyak 102 mg (10%)
  • Kalium sebanyak 666 mg (19%)
  • Zat Besi sebanyak 0,8 mg (5%)
  • Magnesium sebanyak 33.8 mg (8%)
  • Mangan sebanyak 0,3 mg (17%)
  • Selenium sebanyak 1.4 mcg (2%)
  • Sodium sebanyak 8.5 mg (0%)
  • Seng sebanyak 1.0 mg (7%)
  • Tembaga sebanyak 0.4 mg (22%)

Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam buah delima tersebut dapat memberikan banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan tubuh, perawatan kecantikan dan juga ibu hamil. Berikut penjelasan mengenai manfaat buah delima untuk kesehatan, kecantikan, dan ibu hamil.

Beragam Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

A. Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

1. Perawatan Gigi

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah delima yaitu dapat menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut. Bahkan di dalam jus buah delima mengandung zat yang bersifat antibakteri dan juga antivirus yang dapat membantu menghilangkan plak pada gigi dan mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan mulut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin minum jus buah delima diduga sangat efektif untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh untuk menuju ke organ jantung, sehingga dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan juga resiko serangan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Arteri

Plak yang menumpuk pada pembuluh darah arteri dapat dikikis dengan cara mengkonsumsi atau minum jus buah delima setiap hari, sebab pembuluh darah arteri yang sehat dapat mempengaruhi kesehatan dan kerja dari organ jantung itu sendiri dan dapat terhindar dari resiko terkena penyakit darah tinggi, jantung dan bahkan stroke.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan pada poin diatas bahwa mengkonsumsi buah atau minum jus buah delima sangat bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi), karena di dalam buab delima mengandung kalium yang cukup tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan seluruh organ penting di dalam tubuh

5. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Di dalam buah delima mengandung vitamin C, serat dan kandungan nutrisi lain yang dipercaya sangat baik dan efektif untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Maka pantas saja jika buah delima ini menjadi salah satu daftar menu buah dan sayur yang harus ada ketika menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah delima ini mampu membakar lemak dan juga kalori yang berjumlah banyak di dalam tubuh dalam jangka waktu yang cepat dan aman, sehingga dengan rutin minum jus buah delima selama menjalani program diet dapat membantu mengontrol berat badan berlebih dalalm tubuh.

6. Mencegah Kanker

Buah delima mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, zat antioksidan tersebut dihasilkan dari perpaduan antara vitamin A, vitamin C dan juga zat besi. Kandungan zat antioksidan tersebut diyakini mampu mencegah pembetukan sel kanker dan juga perkembangannya, sehingga bagi anda yang rutin minum jus buah delima secara rutin minimal 2 kali seminggu dapat bermanfaat untuk mencegah munculnya berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker prostat dan juga kanker paru-paru.

7. Mencegah dan Mengobati Gangguan Perut

Mengkonsuimsi buah delima dapat menenangkan lambung, sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit pada perut seperti diare, disentri dan juga kolera.

8. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Peredaran darah yang lancar dan sehat dapat dipertahankan dengan rutin minum jus buah delima, karena di dalam buah delima mengandung zat besi yang sangat baik untuk membantu mencegah dan sekaligus mengatasi berbagai gejala anemia seperti sering pusing, mudah lelah, tubuh terasa lemah dan mengalami gangguan pada pendengaran. Sebab, kandungan kalium dan zat besi yang terkandung di dalam buah delima ini berperan penting dalam membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh dengan baik.

9. Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Osteoarthritis

Dengan rutin mengkonsumsi buah delima dapat membantu mencegah seseorang untuk terkena penyakit osteoarthritis dan juga aterosklerosis. Penyakit ini disebabkan oleh karena terjadinya penebalan dan pengerasan pada dinding pembuluh darah arteri, tulang rawan dan area persendian.

Salah satu cara menyembuhkan penyakit tersebut, anda bisa rutin mengkonsumsi atau minum jus buah delima secara rutin. Sebab, buah delima dapat membantu mencegah proses pembentuka enzim dan juga bertanggung jawab terhadap suatu jenis jaringan ikat yang ada dalam tubuh.

10. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah delima dapat membantu dalam proses regenerasi sel kulit yang ada pada lapisan kulit epidermis dan juga dermis. Dengan rutin minum jus buah delima dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, bahkan kandungan minyak yang berasal dari biji buah delima dapat bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat dan juga meregenerasi epidermis kulit. Dengan demikian, hal ini dapat melindungi kulit anda dari bahaya paparan sinar UV atau sinar ulraviolet yang dapat menyebabkan resiko kerusakan kulit.

11. Mencegah Penyakit Alzeimer

Rutin mengkonsumsi buah delima juga berkhasiat untuk mencegah terkena penyakit Alzheimer, karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah ini sangat efektif untuk membantu menghambat perkembangan penyakit Alzheimer di dalam tubuh dan secara berangsur-angsur penyakit ini pun bisa sembuh. Selain itu, penderita penyakit Alzheimer juga dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi dari kerja otak kita dapat melakukan pekerjaan sehari-hari.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat buah delima berikutnya yaitu di yakini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah delima akan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan sekaligus mengontrolnya agat tetap pada batasan normal. Maka bagi anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi, usahakan agar anda rutin mengkonsumsi atau minum jus buah delima setiap hari secara teratur.

B. Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata buah delima juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Di dalam buah delima ini kaya akan kandungan senyawa dan juga nutrisi penting yang sangat baik seperti antioksidan, antiinflamasi, antipenuaan, antimikrona dan masih banyak lagi kandungan-kandungan bermanfaat lainnya yang bisa diperoleh dari buah delima.

Berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan Tekstur Kulit

Buah delima juga diduga sangat ampuh untuk memperpanjang umur dari fibroblas yang akan bertanggung jawab dalam memproduksi kolagen, kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah pembentukan garis-garis halus, kerutan dan juga mengencangkan kulit kendur. selain itu, kolagan kemudian akan meningkatkan kekuatan dan sekaligus dukungan pada kulit agar terlihat lebih sehat dan awet mudah. Caranya yaitu dengan rutin minum segelas jus buah delima setiap hari.

2. Mencerahkan Kulit Wajah Secara Merata

Mempunyai kulit bersih, putih dan bersinar adalah harapan setiap orang, khususnya bagi kaum wanita. Salah satu manfaat buah delima untuk kecantikan ini yaitu dapat mencerahkan kulit wajah secara merata.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan buah delima ini sangat mudah, anda hamya perlu mencampurkan dua sendok jus buah delima, satu sendok jus buah pepaya hijau dan menambahkan satu sendok teh air perasan jeruk lemon segar. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata, lalu gunakan dengan cara mengoleskannya secara merata pada permukaan kulit wajah. Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya lakukan perawatan kulit wajah ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur. Dalam beberapa minggu, anda sudah bisa melihat hasilnya kulit wajah menjadi lebih bersih dan putih bercahaya.

3. Membantu Regenerasi Sel

Terjadinya kerusakan kulit kerap menjadi penyebab dari terjadinya pigmentasi kulit dan munculnya bintik-bintik berwarna hitam yang merupakan tanda penuaan. Manfaat buah delima dapat membantu melindungi kulit yang adapada lapisan bagian luar dan memfasilitasi regenerasi sel kulit pada lapisan kulit yang berada di bagian dalam.

Buah delima juga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi zat antioksidan alami yang dilakukan oleh tubuh, kemudian zat tersebut dapat membantu dalam melakukan regenerasi sel kulit. Selain itu, buah delima juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan sekaligus memperbaiki jaringan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Ampuh Hilangkan Jerawat Membandel

Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh karena adanya masalah pada sistem pencernaan atau ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Buah delima merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C, manfaat dari buah ini dapat membantu dalam mengatur produksi sebum pada kulit yang merupaka  suatu zat minyak yang kemudian disekresikan oleh kulit yang menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak. Kulit wajah yang berminyak inilah yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat.

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yaitu bisa anda lakukan dengan melakukan perawatan dengan menggunakan buah delima. Caranya yaitu, buatlah jus buah delima tanpa menggunakan air, lalu tambahkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon segar. Aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, oleskan jus buah delima tersebut secara merata pada kulit wajah anda yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, bersihkan kulit wajah anda hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih dan lembut.

Untuk mendapatkan hasil optimal dalam perawatan kecantikan ini, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sampai jerawat hilang.

5. Baik Untuk Kulit Kering

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit berjerawat saja, ternyata buah delima juga bermanfaat untuk mengatasiu kulit wajah yang kering. Berkat struktur molekul dari buah delima yang berukuran sangat kecil sangat memungkinkan untuk bisa masuk dengan mudah ke dalam kulit, sehingga akan sangat efektif untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

Caranya yaitu, buatlah jus buah delima tanpa air, lalu campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat, lalu keringkan dan kemudian oleskan jus buah delima tersebut secara merata dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bersihkan dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam, dalam beberapa hari kulit wajah anda akan terasa lebih lembut dan halus.

6. Baik untuk Kulit Berminyak

Kandungan minyak alami yang terdapat pada buah delima juga dapat membantu mengatasi kulit wajah berminyak, bahkan kadar minyak buah delima ini sering dimasukan ke dalam sebuah produk perawatan kecantikan. Kandungan minyak buah delima ini sangat efektif untuk mengurang produksi minyak berlebih, menghilangkan jerawat dan menenangkan iritasi pada kulit ringan.

7. Mencegah Penuaan Dini

Buah delima memiliki kandungan zat yang bersifat sebagai anti penuaan, sehingga manfaat buah delima ini dapat membantu proses peremajaan kulit secara internal dan juga eksternal. Melakukan perawatan kulit dengan menggunakan jus buah delima dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat terkena paparan sinar matahari ataupun akibat proses penuaan.

Dengan adanya kandungan minyak biji buah delima ini dapat membantu memperkuat lapisan kulit dan memperlambat proses penuaan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih halus dan tampak lebih muda dari usianya.

Selain itu, melakukan perawatan kulit menggunakan jus buah delima ini dapat memperpanjang usia fibroplasts. Yaitu suatu sel yang ikut untuk membantu memproduksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin sendiri berfungsi untuk mendukung kulit agar lebih elastis, sehingga kulit akan tampak lebih muda dan meminimalisir kulit keriput.

8. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Melakukan perawatan kulit dengan menggunakan jus buah delima juga ternyata sangat efektif untuk membantu melindungi kulit dari dampak buruk terkena paparan sinar matahari. Sebab, kandungan minyak yang dihasilkan dari biji buah delima ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas berbahaya, sehingga dengan rutin minum jus buah delima dan juga melakukan perawatan menggunakan masker buah delima, kulit wajah anda akan terlindungi dan paparan sinar UV dan sekaligus meminimalisir pembentukan sel kanker kulit.

C. Manfaat Buah Delima Bagi Ibu Hamil dan Janinnya

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata buah delima juga bermanfaat untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah delima mengandung berbagai kandungan nutrisi dan zat yang sangat bermanfaat untuk mendukung kehamilan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan seperti flavonoid (antosianin), asam folik, asam sitrat, asam malat, gula buah, vitamin A, B6, C dan E serta beberapa kandungan mineral penting lainnya yang sangat bermanfaat seperti kalsium, fosfor, besi dan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :
  1. Baik untuk perkembangan otak janin
  2. Memberikan sistem imun bagi ibu dan bayi
  3. Membantu pembentukan tulang dan gigi bayi
  4. Menghindari dehidrasi
  5. Mencegah kram kaki

Itulah berbagai Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil yang dapat kami ulas. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Jangan lupa like dan share. Cukup sekian dan salam sehat.