18 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

18 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh dan Nutrisinya, Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil Muda / Hamil Tua dan Janinnya, Bolehkan Ibu Hamil Makan Duku, Efek Samping Makan Buah Duku, Cara Membuat Masker Buah Duku, Buah Duku untuk Jerawat.


Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Janin -- Buah Duku atau yang dikenal dalam bahas latin dengan sebutan Lansium domesticum adalah jenis buah-buahan yang cukup populer di Indonesia. Buah ini sangat disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, karena rasa dari buah ini sangat manis dan sedikit asam yang menyegarkan.

Meskipun buah ini disukai banyak kalangan masyarakat dari berbagai usia, namun tidak banyak orang yang tahu jika buah duku memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, kecantikan dan bahkan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah duku sendiri biasanya sering disajikan dalam bentuk manisan, campuran sirup atau bisa juga dikonsumsi langsung.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Duku

Sebelum kami mengulas informasi tentang manfaat duku ini, kami akan terlebih dahulu mengulas tentang kandugan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah duku. Di dalam setiap 100 gram buah duku tersedia beberapa kandungan penting yang sangat bermanfaat, seperti :
  • Kalori, sebanyak 70 kal
  • Protein, sebanyak 1,0 gram
  • Karbohidrat, sebanyak 13 gram
  • Kalsium, sebanyak 18 mg - 20 mg
  • Fosfor, sebanyak 9 mg - 30 mg
  • Lemak, sebanyak 0,2 gram
  • Mineral, sebanyak 0,7 gram
  • Zat besi, sebanyak 0,9 mg
  • Serat, sebanyak 2,3 gram
  • Karoten, sebanyak 13 I.U.
  • Tiamin, sebanyak 89 mcg
  • Riboflavin, sebanyak 124 mcg
  • Asam askorbat, sebanyak 1,0 mg
  • Phytin, sebanyak 1.1 mg (berat kering)

Dilihat dari kandungan kalori di dalam buah duku, manfaat dari buah duku ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel dan buah jeruk. Selain itu, di dalam buah duku juga memiliki kandungan serat fiber yang sangat tinggi. Dilihat dari berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah duku sangat bermanfaat untuk tubuh.

Penasaran, apa saja manfaat buah duku ini? Mari kita simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Janin

A. Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah duku untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Sakit Perut

Di dalam buah duku memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kandungan serat ini sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah duku dalam jumlah cukup, maka dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan seperti sakit perut, susah buang air besar, sembelit dan juga diare. Selain buahnya, ternyata kulit dan biji buah duku juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan obat sakit perut, diare dan juga obat disentri alami.

2. Mengandung Sumber Antioksidan

Buah duku juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan ini mampu berperan dalam membentengi tubuh untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya yang ada dalam tubuh. Bahaya dari radikal bebas sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh pengaruh dari zat beracun dan polusi udara.

Meski hanya dalam jumlah kecil, vitamin C bermanfaat untuk melindungi molekul penting yang terdiri dari protein, karbohidrat, lipid dan juga asam nukleat dari kerusakan yang disebabkan oleh karena radikal bebas, racun dan juga zat-zat polutan.

Bahkan dari sebuah studi yang telah diterbitkan dalam “Food Chemistry” mengungkapkan bahwa di dalam buah duku mengandung zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya, kemampuan yang dimilikinya itu hampir mirip dengan senyawa antioksidan yang ada dalam buah pisang dan pepaya.

3. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gusi

Dalam hal ini masih erat kaitannya dengan manfaat dari kandungan vitamin C yang ada dalam buah duku. Kandungan vitamin C ini memiliki peran yang aktif dalam menjaga kesehatan mulut dan gusi kita. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup, maka dapat menyebabkan gusi berdarah, selain itu kandungan vitamin tersebut juga mampu menjaga permeabilitas dari lapisan sel yang terdapat di dalam mulut dan juga gusi.

Maka dengan selalu mencukupi asupan vitamin C ini, maka manfaat mengkonsumsi duku dapat membantu mencegah sariawan dan mengobatinya hingga sembuh. Selain itu, kandungan mineral penting seperti fosfor yang terkandung di dalam buah duku sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan memperkuat gigi. Dengan rutin mengkonsumsi buah duku, dijamin gigi anda akan lebih sehat dan kuat.

4. Mempercepat Pemulihan Tubuh Setelah Sakit

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah duku terbukti sangat berkhasiat untuk membantu proses reecovery, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu memulihkan kondisi tubuh setelah bangun dari sakit atau bagi para atlet dalam memulihkan stamina tubuh setelah menjalani latihan berat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika saat ini anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, maka jadikan buah duku sebagai makanan sehat sehari-hari selama menjalani diet anda. Memanfaatkan buah duku dalam diet dapat membantu mengontrol lemak dalam tubuh, karena kandungan vitamin C dalam buah duku terbukti sangat efektif untuk melakukan biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut dengan Carnitine.

Carnitine sendiri merupakan tindakan yang mengarahkan molekul lemak menuju ke dalam sel pada jaringan yang dijadikan sebagai tempat pembakaran lemak. Sedangkan jika kurangnya molekul lemak saat dilakukan proses metabolisme tubuh, maka dapat menyebabkan terjadinya penurunan energi dalam tubuh yang membuat tubuh mengalami kelelahan. Oleh sebab itu, tingkat dari Carnitine yang ada dalam tubuh mampu menurunkan akumulasi lemak di dalam tubuh.

6. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Berkat adanya kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah duku, mengkonsumsi buah duku secara rutin dan dalam jumlah cukup dapat membantu proses metabolisme kolesterol untuk dijadikan sebagai asam empedu, sehingga sangat memungkinkan untuk memiliki implikasi terhadap tingkat dari kadar kolesterol dalam darah dan juga mampu mencegah munculnya penyakit batu empedu.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Di dalam buah duku juga mengandung beberapa jenis vitamin B yang terdiri dari vitamin B1, B2, riboflavin dan juga tiamin. Kandungan thiamine yang ada dalam buah duku diduga sangat ampuh untuk mencegah seseorang yang rutin mengkonsumsi buah duku agar terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.

Disamping itu, kandungan riboflavin yang ada dalam buah duku ini dapat mempromosikan produksi sumber energi dari sumber karbohidrat harian. Selain itu, manfaat mengkonsumsi buah duku juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

8. Sumber Riboflavin

Buah duku memiliki kandungan vitamin B2 yang disebut dengan riboflavin, kandungan tersebut sangat baik untuk membantu dalam pengolahan karbohidrat menjadi sumber energi. Sumber energi yang dihasilkan dapat digunakan untuk menjaga sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

Di dalam satu porsi buah duku dengan berat 3,5 ons mengandung 124 mg riboflavin atau sekitar 8 sampai dengan 11 persen dari total jumlah riboflavin yang dibutuhkan oleh tubuh pria ataupun wanita dewasa. Tubuh wanita dewasa membutuhkan sekitar 1.100 hingga 1.600 mg, sedangkan untuk pria membutuhkan sekitar 1.300 mg.

9. Memelihara Kesehatan kulit

Mengkonsumsi buah duku sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam, karena di dalam buah duku mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas, kelembaban alami kulit, mencegah tanda penuaan dini, melindungi kulit dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Rutin mengkonsumsi buah duku sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata, mata juga sangat membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah cukup agar daya penglihatan mata tetap terjaga dengan baik serta terhindar dari resiko terkena berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata katarak, mata rabun, degenerasi makula dan berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang mata.

Dilihat dari manfaatnya, maka buah duku ini sangat dikonsumsi oleh orang-orang yang memakai kacamata dan yang sering menghabiskan waktu sehairan di depan layar komputer atau laptop.

B. Manfaat Buah Duku untuk Kecantikan

Buah duku tidak hanya baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi buah duku juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan perawatan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat buah duku untuk merawat kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Bermanfaat Untuk Menjaga Kulit Tetap Cantik dan Berseri

Untuk memiliki kulit yang cantik tidak harus putih, meskipun warna kulitnya cenderung agak gelap tetapi jika kulitnya sehat dan terawat dengan baik akan terlihat cantik dan berseri. Sebab, kulit yang sehat selalu terpenuhi asupan nutrisi hariannya dan akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, kulit kusam, kulit berjerawat, kulit kering dan berminyak.

2. Ampuh Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah duku untuk kecantikan berikutnya dipercaya ampuh untuk menghilangkan jerawat, karena di dalam buah duku mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakterial. Kandungan senyawa ini sangat ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah menggunakan masker buah duku, maka jerawat secara bertahap akan mulai berkurang dan bahkan hilang tanpa meninggalkan bekas noda hitam.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah duku sangat mudah, anda cukup menghaluskan buah duku bersama dengan bijinya menggunakan blender. Lalu, oleskan masker buah duku ini secara merata pada kulit wajah yang berjerawat. Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit dan bersihkan. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur sampai jerawat anda hilang dan tanpa meninggalkan bekas noda hitam di wajah.

3. Melembabkan Kulit Kering

Pesona kecantikan seorang wanita tidak hanya dapat dilihat dari kulit wajah saja, tetapi juga pada bagian rambut pun pancara kecantikan bisa muncul. Maka dari itu, melakukan perawatan rambut juga tidak kalah penting untuk diperhatikan karena bagi wanita rambut adalah sebuah mahkota yang harus selalu dijaga dengan baik. Cara melakukan perawatan rambut, anda bisa melakukannya dengan menggunakan hair mask yang terbuat dari buah duku.

Berkat kandungan protein yang terdapat di dalam buah duku, buah duku ini dipercaya sangat bermanfaat untuk menjaga kelambaban alami pada kulit kepala, mencegah kerontokan dan juga menutrisi kulit kepala dari dalam. Dengan rutin melakukan perawatan rambut menggunakan masker duku ini, maka rambut akan terlihat lebih sehat, mengembang dan lembut.

4. Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik Berkilau

Mempunyai kuku yang bersih dan terlihat cantik memang menjadi dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan kuku yang cantik, banyak wanita yang mengaku jika rutin melakukan perawatan kuku dengan menggunakan air buah duku secara rutin. Hasil yang di dapat pun kuku menjadi terlihat lebih bersih, halus dan berkilau.

C. Manfaat Buah Duku untuk Ibu Hamil

Tidak sampai disitu saja, buah duku juga ternyata sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah duku untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :

1. Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah zat yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, bahkan selama kehamilan jumlah asam folat yang dibutuhkan jauh lebih banyak dibandingkan dalam kondisi normal. Tubuh ibu hamil membutuhkan asupan asam folat untuk mencegah gangguan selama masa kehamilan, jumlah asam fola yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu sekiar 400 - 600 per harinya. Maka dari itu, jangan pernah lewatkan untuk mengkonsumsi buah duku setiap hari dalam jumlah cukup.

Berikut ini beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :
  • Mencegah janin lahir dalam kondisi cacat atau lahir prematur
  • Meningkatkan produksi dan kualitas sel darah merah
  • Membantu pembentukan jaringan dan juga sel pada tubuh bayi
  • Membantu memperbaiki DNA

Untuk mendapatkan asupan asam folat dalam jumlah cukup selama masa kehamilan, maka anda dapat mengkonsumsi atau minum jus buah dan sayur sebelum ada merencanakan kehamilan. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi buah duku.

2. Mencegah Terkena Radikal Bebas

Di dalam buah duku mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah duku dapat membantu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah duku tubuh ibu hamil akan terhindar dari radikal bebas, sehingga tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan tidak akan terganggu.

3. Mengandung Banyak Vitamin dan Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

Buah duku mempunyai banyak sekali kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Di dalam setiap 1 kg buah duku mengandung karbohidrat sebanyak 130 gram, fosfor sebanyak 90 mg, mineral sebanyak 7 gram, protein sebanyak 10 gram, kalsium sebanyak 180 mg, lemak sebanyak 2 gram dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya. Fungsi dan manfaat dari terpenuhinya asupan nutrisi tersebut dapat membantu mendukung tumbuh kembang bayi hingga tiba saatnya masa persalinan.

Sebenarnya banyak sekali berbagai jenis nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori dan zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Semua nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya bisa didapatkan dari buah duku saja, tetapi juga dari berbagai buah dan sayuran lainnya.

4. Mencegah Anemia

Ibu hamil kerap sekali mengalami gejala anemia selama kehamilannya, jika kondisi tersebut tidak segera diatasi dengan baik dapat berdampak buruk bagi tubuh ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Maka dari itu, manfaat lain dari rutin mengkonsumsi buah duku ini dapat membantu mengatasi gejala anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Sebab, di dalam buah duku mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi yang sangat baik utuk mengatasi anemia yang di alami oleh ibu hamil.

Itulah Beragam Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil dan Janin. Semoga apa yang dapat saya sampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Untuk mendapatkan manfaat buah duku secara optimal, disarankan agar anda mengkonsumsi buah duku tersebut minimal 5 butir perhari. Cukup sekian dan terima kasih.