16 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

16 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Putih & Biji Merah, Khasiat dan Manfaat Jus Jambu Biji Merah Untuk Pria & Wanita, Khasiat Daun Jambu Biji, Manfaat Masker Jambu Biji Untuk Wajah, Cara Membuat Masker dari Buah Jambu, Efek Samping Jambu Biji, Manfaat Jambu Biji untuk Kulit Tubuh, Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil & Janin.


Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang cukup disukai oleh banyak kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah ini begitu disukai banyak orang. Maka tak heran jika buah yang memiliki nama latin Guava ini cukup banyak yang membudidayakannya, bahkan hampir seluruh negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis seperti di Indonesia.

Disamping rasanya yang manis dan nikmat, ternyata berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam buah jambu ini memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Beberapa kandungan nutrisi yang paling tinggi kadarnya di dalam jambu biji yaitu vitamin A, vitamin C, Serat, Asam Amino, Antioksidan dan juga mengandung fitonutrien yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Bahkan menurut hasil penelitian, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam jambu biji 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Sungguh luar biasa, bukan?

Maka dari itu, bagi anda yang memerlukan asupan vitamin C lebih banyak sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi buah jambu biji ini baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai jus. Nah, jika dilihat berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah jambu biji ini. Penasaran, mau tahu apa saja manfaat jambu biji? Simak penjelasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

A. Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah jambu biji untuk kesehatan tubuh, yaitu :

1. Menangkal Kanker

Manfaat pertama yang paling terkenal dari jambu biji yaitu diduga sangat ampuh untuk menangkal penyakit kanker. Sebab di dalam buah jambu biji memiliki kandungan kalori dan juga lemak yang rendah, terutama pada jambu biji merah.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah ini pun sangat tinggi dan sekaligus berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya yang dapat menjadi penyebab kanker.

2. Melancarkan Pencernaan

Selain kaya akan kandungan vitamin C, di dalam jambu biji juga mengandung serat larut sekitar 5,4 gram pada setiap buahnya. Kandungan serat inilah yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang ada di dalam usus. Selain itu, kandungan serat juga bermanfaat untuk melindungi membran usus dari ikatan berbagai zat kimia berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh, zat-zat tersebut biasanya berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

3. Menjaga Fungsi Saraf Dan Otak

Dengan rutin mengkonsumsi buah jambui biji ini, maka sedang berusaha untuk menjaga agar fungsi saraf dan juga otak agar dapat berfungsi dengan baik. Sebab, di dalam jambu biji memiliki kandungan vitamin B3 dan juga vitamin B6 yang sangat berkhasiat untuk merangsang kerja otak. Selain itu, vitamin B6 juga dikenal dengan nama istilah pyridoxine yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mencukupi asupan gizi dan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh otak dan saraf.

4. Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa vitamin C yang terkandung di dalam jambu biji berfungsi juga sebagai zat antioksidan alami yang mampu menangkal serangan radikal bebas dengan cepat. Perkembangan radikal bebas yang ada dilingkungan saat ini sudah sangatlah mengkhawatirkan, karena berasal dari berbagai polusi udara seperti asap rokok, asap mesin kendaraan, sinar matahari/UV dan berbagai jenis zat polutan lainnya.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Di dalam jambu biji juga mengandung senyawa elektrolit yang dikenal dengan nama kalium, peran dari kalium ini sangat penting dan diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengontrol dan mengendalikan tekanan darah tinggi akibat dari adanya suatu reaksi natrium.

Jadi, apabila anda merasa memiliki gangguan pada tekanan darah dalam tubuh, maka sebaiknya rutin mengkonsumsi buah jambu biji. Hal ini dikarenakan, di dalam jambu biji mengandung kalium yang berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tuuh sama halnya dengan jambu merah.

Gejala dari tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele, karena penyakit ini sudah banyak memakan korban dan sering membunuh penderitanya secara perlahan dan jarang sekali menampakan gejala yang signifikan pada tubuh penderitanya.

6. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Fungsi dari kelenjar tiroid sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh, karena jika fungsi dari kelenjar tiroid ini terganggu tentunya akan berdampak pada menurunnya kesehatan tubuh. Maka, sangat penting bagi kita untuk senantiasa memelihara kesehatan kelenjar tiroid ini dengan cara mengkonsumsi buah jambu biji, karena di dalam jambu biji mengandung mineral penting berupa tembaga yang sangat berkhasiat untuk menjaha kesehatan kelenjar tiroid.

7. Membantu Memaksimalkan Penyerap Nutrisi

Di dalam buah jambu biji juga mengandung senyawa penting bernama mangan. Senyawa ini berfungsi untuk membantu proses penyerapan nutrisi pada saat makanan masih berada dalam usus. Kesehatan tubuh manusia sendiri tergantung dari seberapa besar kandungan gizi dan nutrisi yang diserap oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari.

8. Merelaksasi Tubuh

Ketika saat ini anda sedang merasa penat dengan aktivitas keseharian, maka cobalah untuk mengkonsumsi atau minum segelas jus jambu biji tanpa gula dan berbaringlah. Meski hanya terkesan tindakan kecil, namun cara tersebut sangat efektif untuk membuat tubuh terasa lebih rileks dan dapat membuat mood menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebab, di dalam jambu biji mengandung magnesium yang mampu memberikan relaksasi terhadap tubuh. Magnesium sendiri dapat membantu untuk mengendurkan otot dan saraf yang tegang akibat dari kurang istirahat dan juga stres berlebih.

B. Manfaat Jambu Biji Untuk Kecantikan

Disamping bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata jambu biji juga sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kecantikan para kaum wanita. Untuk informasi lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Merawat Kulit Wajah

Kandugan nutrisi yang paling utama di dalam buah jambu biji ini yaitu vitamin C, seperti yang telah disampaikan pada poin kesehatan bahwa vitamin C yang terkandung di dalam jambu biji ini lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Maka dari itu, pantas apabila jambu biji ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan alami. Salah satu cara memanfaatkan jambu biji ini yaitu bisa dijadikan sebagai masker wajah.

Cara membuatnya yaitu, ambil satu buah jambu biji yang telah matang dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong kecil-kecil dan masukan ke dalam blender dan haluskan. Setelah dihaluskan, tambahkan satu butir putih telur ayam kampung dan dua sendok makan minyak zaitun. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur merata, masker wajah pun sudah siap untuk digunakan.

Cara pemakaianannya pun sangat mudah, namun sebelum anda memakai masker wajah ini sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan. Setelah itu, oleskan masker jambu biji yang telah dibuat tadi secara merata pada kulit wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bersihkan kembali dengan air dingin biasa.

Pada awal pemakaian, anda akan merasasakan kesegaran pada kulit wajah anda dan kulit wajah terasasa lebih halus dan ringan. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit wajah ini secara rutin dan teratur minimal seminggu sekali.

2. Melindungi Kulit Dari Bahaya Sinar UVA Dan UVB

Tahukah anda, ternyata jambu biji juga sangat bermanfaat untuk melindungi kulit wajah ataupun tubuh dari bahaya terkena paparan sinar UVA dan UVB. Hal ini dikarenakan, di dalam buah jambu biji ini mengandung zat likopen dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan likopen yang terdapat pada buah tomat.

Likope sendiri merupakan sebuah zat yang dapat melindungi kulit dari efek buruk terlalu sering dan terlalu lama terkena paparan sinari matahari secara langsung, karena dapat menyebabkan muncul berbagai permasalahan pada kulit dan lebih parahnya dapat menyebabkan kanker kulit.

3. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Di dalam buah jambu biji mengandung berbagai jenis vitamin dan juga antioksidan yang sangat baik untuk merawat kulit agar dapat terhindar dari munculnya berbagai tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Berkat kandungan nutrisi tersebut, tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput dan juga tanda panuaan dini lainnya bisa terhindarkan. Selain itu, radikal bebas yang sudah masuk ke dalam kulit juga akan menghilangkan dengan sendirinya.

4. Sebagai Toner Kulit Alami

Masih berkaitan dengan kandungan vitamin dan juga mineral penting yang terkandung di dalam jambu biji, bahwa jambu biji juga dapat digunakan sebagai bahan penyegar kulit secara alami. Tingkat elastisitas kulit akan tetap terjaga dengan baik, sehingga kulit akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, keriput, stretch mark, garis halus dan masih banyak lagi segala permasalahan kulit lainnya yang bisa diatasi dengan melakukan perawatan dengan toner alami ini.

Cara membuatnya yaitu, rebus beberapa potong jambu biji sampai mendidih, kemudian, gunakan air rebusa jambu biji tersebut sebagai toner alami untuk membersihkan kulit wajah. Lakukan perawatan kulit wajah ini secara rutin dan teratur setiap hari hingga mendapatkan hasil optimal.

5. Menghilangkan Jerawat

Jambu biji juga ternyata terbukti cukup ampuh untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat, karena dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah setiap malam dengan menggunakan jus jambu biji dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah secara alami dan aman. Sebab, di dalam buah jambu biji mengandung vitamin C yang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan alami dan bersifat antibakterial yang mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain dapat menghilangkan jerawat, cara alami ini juga efektif untuk membantu menghilangkan noda hitam bejas jerawat dan menghaluskan kulit yang kasar. Maka dengan rutin melakukan perawatan ini, kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih, bebas jerawat dan tampak lebih cerah bercahaya.

6. Memperindah Rambut

Manfaat jambu biji untuk kecantikan berikutnya dipercaya dapat dengan efektif untuk memperindah rambut, karena di dalam buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala dan rambut. Seperti vitamin A, B kompleks, C,kalium, magnesiu, serat, mangan, flavonoid dan masih banyak kandungan nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk rambut.

Maka, bagi anda yang sedang dilanda masalah kesehatan rambut seperti rambut rontok, rambut berketombe, bercabang, berminyak dan masalah rambut lainnya. Jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah jambu biji dan melakukan perawatan rambut dengan menggunakan jus jambu biji.

Cara melakukan perawatan rambut dengan jambu biji sangat mudah, anda hanya perlu membasuh rambut anda setengah basah. Setelah itu, balurkan masker jus jambu biji secukupnya secara merata mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas hingga bersih dengan cara keramas seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin minimal seminggu sekali.

7. Melangsingkan Tubuh

Memiliki bentuk tubuh yang langsing dan ideal memang menjadi harap setiap orang, terlebih bagi para kaum wanita yang selalu ingin tampil cantik dan menarik dihadap banyak orang. Saking ingin memiliki tubuh langsing, banyak yang rela untuk melakukan diet, membeli produk pelangsing tubuh hingga melakukan olahraga secara rutin setiap hari.

Disamping anda menjalani program diet dan menjalani olahraga secara rutin dan teratur, dalam cara menurunkan berat badan anda juga harus mendapatkan asupan gizi dan nutrisi seimbang dari makanan sehat seperti buah dan sayuran, salah satunya yaitu jambu biji.

Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun dijadikan jus. Dengan minum jus buah jambu biji selama menjalani diet, maka anda tidak akan mudah merasa lapar dan lemas. Sebab, minum jus jambu biji dapat bermanfaat untuk menahan rasa lapar lebih lama dan sekaligus menjaga stamina tubuh tetap fit meski sedang diet.

C. Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Tahukah anda, ternyata jambu biji juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil lho? Sebab, di dalam buah jambu biji mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh ibu hamil seperti vitamin A, B, C, asam folat, serat dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainya yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Dengan rutin mengkonsumsi jus jambu biji saat hamil, maka dapat membantu mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan mulai dari tulang, otak dan berbagai organ tubuh lainnya. Selain itu, minum jus jambu biji saat hamil dapat membantu meningkatkan stamina tubuh saat hamil, sehingga anda tidak akan mudah lelah selama melakukan aktivitas sehari-hari baik dikantor ataupun dirumah.

Di dalam buah jambu biji juga mengandung zat besi yang berkhasiat untuk membantu produksi sel darah merah baru di dalam tubuh ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Dengan demikian, tubuh ibu hamil dan janin akan senantiasa terlindungi setiap hari dan bayi akan lahir dengan selamat.

Bagaimana, sangat melimpah bukan manfaat jambu biji ini?

Itulah ulasan mengenai Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang kami bahas di atas dapat memberikan banyak manfaat bagi anda para pembaca sekalian.

Setelah tahu beragam manfaat jambu biji secara lengkap dan jelas, jangan ragu lagi untuk makan jambu biji serta minum jus buah jambu biji ini setiap hari agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Cukup sekian ulasan ini. Like and share please. Thanks very much.