20 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya

20 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya -- Khasiat & Manfaat Buah Kelapa Tua / Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat dan Manfaat Mengkonsumsi Daging Kelapa Setiap Hari, Manfaat Buah Kelapa Muda Bagi Pria & Wanita, Manfaat Buah Kelapa Hijau / Kuning, Cara Membersihkan Muka Muka dengan Air Kelapa.


Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya -- Sudah tidak perlu diragukan lagi jika kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya pada buahnya saja, namun juga pada bagian lain seperti akar, pohon daunnya pun banyak dimanfaatkan oleh manusia. Pohon kelapa sendiri termasuk jenis pohon yang dapat tumbuh tinggi dan banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, pada buahnya daging kelapa, air kelapa, tempurung hingga kulit buah atau sabut kelapanya pun dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka tak heran jika pohon kelapa ini banyak tumbuh di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Namun pada kesempatan kali ini, inti dari artikel kali ini hanya akan mengulas tentang manfaat dari buah kelapanya saja yaitu daging buah kelapa dan airnya. Seperti yang kita tahu bahwa air kelapa sering dimanfaatkan sebagai minuman pelas dahaga, rasa air kelapa sendiri sangat manis dan menyegarkan. Sedangkan daging buah kelapanya pun dapat kita manfaatkan untuk keperluan memasak, namun bisa juga dikonsumsi langsung bersama dengan air kelapanya.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi dari Buah Kelapa

Dengan rutin mengkonsumsi buah dan juga air kelapa, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah kelapa mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh mulai dari vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin dan juga biotin.

Semua kandungan nutrisi yang ada dalam buah kelapa tersebut mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh apabila dikonsumsi setiap hari. Buah kelapa yang sudah tua memang kurang enak untuk dikonsumsi, namun anda bisa mengkonsumsi buah kelapa muda yang justru kandungan gizi dan nutrisinya lebih banyak dan lebih lengkap.

Penasaran, mau tahu apa saja manfaat buah kelapa baik untuk kesehata ataupun kecantikan? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh dengan rutin mengkonsumsi buah kelapa, diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat mampu menangkal berbagai serangan radikal bebas, bakteri dan juga virus yang membawa wabah penyakit yang dapat menyerang tubuh. Agar dapat terhindar dari serangannya, maka sistem kekebalan tubuh harus terjaga kekuatannya, sehingga tubuh mampu melawan berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit ini. Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah kelapa, karena di dalam buah kelapa mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.

2. Meningkatkan Energi Tubuh

Energi yang ada dalam tubuh dihasilkan dari aneka jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari, beberapa jenis makanan yang banyak mengandung sumber energi untuk tubuh berasal dari karbohidrat yaitu seperti nasi, gandum dan juga daging buah kelapa yang masih muda. Seperti yang kita tahu bahwa snergi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga tubuh mampu melakukan aktivitas dengan baik setiap hari. Tubuh yang kekurangan energi akan menyebabkan tubuh mudah capek, lemas dan letih. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berenergi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah kelapa muda secara rutin setiap hari. Sebab, di dalam buah kelapa muda mengandung sumber kalori yang banyak dan baik untuk meningkatkan energi tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah kelapa muda dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Menguatkan Tulang

Manfaat buah kelapa berikutnya yaitu dipercaya sangat berkhasiat untuk memperkuat tulang. Sebab, di dalam buah kelapa muda mengandung kalsium, fosfor dan juga magnesium yang cukup tinggi. Kandungan mineral penting tersebut sangat bermanfaat untuk membantu meningkakan kekuatan tulang, sehingga tulang tidak akan mudah mengalami pengeroposan dan terhindar dari resiko terkena penyakit osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kelapa juga dipercaya sangat bermanfaat untuk menjaga organ jantung tetap sehat dan dapat bekerja secara optimal, karena berkat kandungan kalium yang ada dalam buah kelapa mampu melancarkan peredaran darah menuju jantung dan kemudian disalurkan kembali keseluruh tubuh dengan baik. Dengan demikian, kesehatan organ jantung akan senantiasa terjaga dan bekerja dengan optimal.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengkonsumsi buah kelapa juga sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan, karena kandungan serat yang terkandung di dalam buah kelapa ini sangat baik untuk membanti organ pencernaan bekerja dengan baik dan lancar. Dengan demikian, tubuh kita akan terhindar dari berbagai gangguan yang berkaitan dengan pencernaan seperti sembelit, susah BAB dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

5. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Gigi

Buah kelapa juga dapat membuat gigi sehat dan kuat, karena di dalam buah kelapa mengandung kalsium dan magnesium yang tidak hanya baik untuk tulang saja. Buah ini tentunya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan optimal.

6. Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Rutin mengkonsumsi buah dan air kelapa yang dikombinasikan sangat baik untuk membantu mengobati orang yang menderita penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan, di dalam buah kelapa ini mengandung nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan dan fungsi organ ginjal.

7. Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Buah dan air kelapa dapat menjadi sumber makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil, karena di dalam buah dan air kelapa ini mengandung nutrisi oenting yang diperlukan oleh tubuh wanita yang sedang hamil seperti vitamin dan mineral. Dengan rutin mengkonsumsi buah dan air kelapa muda secara rutin setiap hari, maka tubuh ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan akan senantiasa terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa mengkonsumsi buah dan air kelapa dapat membuat anda meraswa kenyang lebih lama, karena di dalam buah kelapa mengandung serat dan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain dari buahnya, air kelapa juga bermanfaat untuk menambah energi tubuh sehingga sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sistem metabolisme dalam tubuh sangat baikn untuk memelihara kesehatan organ di dalam tubuh. Dengan memiliki sistem metabolisme tubuh yang sempurna, maka peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar. Dengan rutin mengkonsumsi buah kelapa dan airnya, sistem metabolisme tubuh akan meningkat dan berfungsi dengan baik.

10. Mencegah Diabetes

Meskipun buah kelapa dan airnya memiliki rasa manis, namun rasa manis tersebut dihasilkan dari kandungan gula alami yang sangat baik untuk tubuh. Buah ini dapat menjadi pengganti dari konsumsi gula setiap harinya, sehingga anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes yang sangat berbahaya.

B. Manfaat Buah Kelapa untuk Kecantikan

Selain nikmat dan menyehat saat dikonsumsi, buah kepala juga ternyata sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk digunakan dalam perawatan kecantikan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk merawat kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat buah kelapa untuk kecantikan yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Makeup Removal

Jika setelah memakai make up jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan muncul berbagai masalah pada kulit wajah, seperti kulit berminyak, jerawat dan komedo. Cara membersihkan sisa make up pada kulit wajah yaitu dengan menggunakan minyak kelapa.

Caranya yaitu, oleskan minyak kelapa secukupnya saja, lalo gosok-gosokan dengan gerakan memutar pada bagian kulit wajah dan leher secara merata. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit. Lalu bersihkan dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan santan kelapa. Ulangi lagi dengan menggunakan air bersi h dan sabun seperti biasa.

2. Melembabkan Kulit

Buah kelapa yang sudah diolah menjadi minyak dan santan kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit wajah, sehingga cocok digunakan oleh anda yang memiliki masalah kulit kering.

Caranya yaitu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah secara menyeluruh dengan air dan sabun pembersih wajah yang biasa anda gunakan sehari-hari dan keringkan. Setelah itu, oleskan minyak kelapa murni secara merapa pada kulit wajah dan leher sambil digosok-gosokan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, bersihkan minyak tersebut dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan santan kelapa. Lakukan secara berulang minimal 2 kali usapan agar hasilnya lebih optimal. Cara ini tidak hanya dapat digunakan pada kulit wajah saja, tetapi juga bisa pada kulit tubuh lainnya. Dengan rutin melakukan perawatan ini, kulit akan menjadi lembab dan lembut.

3. Mencegah Penuaan Dini

Selain bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah yang kering, cara diatas juga bisa anda lakukan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Lakukan perawatan tersebut secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput, kulit kering, kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya yang muncul sebelum waktunya.

4. Sebagai Lulur untuk Kulit Tubuh

Manfaat lain dari buah kelapa ini bisa anda jadikan sebagai lulur alami untuk melakukan perawatan kulit tubuh, sepertu mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan kulit tubuh.

Caranya yaitu : siapkan buah kelapa tua yang masih segar sebanyak 1 butir, lalu parut sampai habis dan gunakan parutan kelapa tersebut untuk digunakan lulur. Caranya dengan membalurkan parutan kelapa tersebut secara merata ke seluruh kulit tubuh sambil digosok-gosokan secara perlahan, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum mandi.

Setelah itu, bersihkan dengan mandi seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur minimal sekali dalam seminggu, dalam satu bulan anda sudah bisa melihat hasilnya kulit menjadi lebih halus, lembut dan cerah.

5. Menghilangkan Ketombe

Bagi anda yang sudah merasa stres dengan ketombe yang tidak kunjung hilang setelah melakukan berbagai cara, maka anda tidak ada salahnya jika anda mencoba menggunakan buah kelapa untuk menghilangkan ketombe yang ada pada kulit kepala anda.

Caranya yaitu, pertama-tama basahi rambut dengan air hangat, lalu balurkan santan kelapa pada rambut dan kulit kepala secara meratan sambil dipijat-pijat dengan lembut. Setelah itu, tutup kepala dengan menggunakan handuk basah dan diamkan selama 15-25 menit. Terakhir, bilas dengan cara keramas seperti biasa dengan menggunakan shampo seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan rambut ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

6. Menghilangkan Kutu Rambut

Adanya kutu pada rambut dan kulit kepala tentunya akan membuat kita tidak nyaman seperti muncul gatal-gatal dan bahkan sebagian orang mengalami borok di kulit kepala akibat digerogoti kutu rambut. Akibat adanya kutu rambut ini, maka tentunya akan membuat anda merasa kurang percaya diri saat berkumpul bersama teman-teman atau rekan-rekan ditempat anda bekerja.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami bisa anda lakukan sama seperti cara menghilangka ketoma yang kami bahas pada poin diatas. Hanya saja, anda bisa menambahkan air perasan jeruk lemon untuk membantu membasmi kutu rambut dengan hasil yang lebih maksimal. Lakukan cara diatas secara rutin dan teratur 3 kali dalam seminggu, setelah satu minggu anda bisa lihat hasilnya.

7. Melembabkan Rambut

Memiliki rambut yang kering dan bercabang akan sangat sulit untuk diatur, sehingga dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Caranya yaitu, basahi rambut dan kulit kepala anda terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan. Setelah itu, campurkan santan kelapa dan sedikit minyak kelapa menjad satu. Kemudian balurkan bahan alami yang sudan anda buat tadi secara merata keseluruh rambut anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air dingin biasa. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan rambut ini secara rutin sekali dalam seminggu.

8. Sebagai Kondisioner Alami

Salah satu alasan kenapa minyak kelapa sering dimanfaatkan sebagai konditioner alami untuk merawat rambut dan kulit kepala, karena di dalam minyak kelapa mengandung nutrisi penting yang sangat baik seperti vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut.

Cara melakukan perawatan dengan menggunakan konditioner yang terbuat dari bahan minyak kelapa ini yaitu, teteskan minyak kelapa pada telapak tangan secukupnya dan ratakan. Setelah itu, usapkan pada rambut mulai dari pangkal hingga ujungnya secara berulang. Setelah selesai, tutup rambut dengan menggunakan shower cup dan biarkan semalaman. Kemudian bilas hingga bersih pada pagi harinya dengan keramas seperti biasa memakai shampo.

9. Membantu Memutihkan Gigi

Percaya atau tidak buah kelapa juga sangat bermanfat untuk memutihkan gigi, lho? Penasaran, bagaimana caranya?

Caranya cukup campurkan parutan kepala, beberapa tetes minyak kelapa dan sedikit baking soda. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu gosok-gosokan ke gigi secara rutin setiap hari minimal 1 kali sehari. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan kumur-kumur atau bisa juga dengan menggosok gigi seperti biasa.

10. Menghilangkan Stretch Mark

Manfaat buah kelapa terakhir yaitu bermanfaat untuk membantu menghilangkan stretch mark. Caranya sangat mudah, anda cukup mencampurkan parutan buah kelapa, minyak kelapa dan satu sendok air perasan jeruk lemon. Aduk sampai tercampur merata, lalu balurkan pada bagian kulit tubuh yang terdapat Stretch Mark sambil digosok-gosokan dengan lembut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan mandi seperti biasa.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaat buah kelapa ini?

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan untuk Ibu Hamil

Demikian ulasan mengenai 20 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Menggunakannya. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan terima kasih. Ayo sukai halaman fb blog ini.