16 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

16 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Bahaya & Manfaat Kelengkeng Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua dan Ibu Menyusui, Manfaat Buah Kelengkeng untuk Program Hamil, Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan, Manfaat Buah Kelengkeng untuk Pria & Wanita.



Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil -- Selain mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan, ternyata buah kelengkeng memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan bahkan baik juga untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Bagi masyarakat Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan buah kelengkeng atau lengkeng ini. Sebenarnya buah ini memiliki banyak nama yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia, namun nama umum yang dikenal banyak masyarakat yaitu kelengkeng atau lengkeng.

Buah kelengkeng ini kerap dijadikan sebagai makanan favorit, karena keberadaan dari buah ini sangat mudah untuk didapatkan di berbagai daerah, bahkan kita sendiri bisa menanamnya di pekarangan rumah atau kebun belakang rumah.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Kelengkeng

Buah berukuran kecil dan memiliki kulit buah berwarna coklat ini sepintas sangat mirip dengan buah leci yang cukup populer di China. Meskipun ukuran buahnya kecil, namuan jika dilihat dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat banyak dan sangat bermanfaat sekali untuk tubuh.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi penting yang ada dalam buah kelengkeng, diantaranya yaitu :
  • Air sebanyak 83 gram
  • Vitamin C sebanyak 84 gram
  • Vitamin B1 (Tiamin) sebanyak 0,031 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,014 gram
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,3 mg
  • Kalsium sebanyak 1 gram
  • Zat besi sebanyak 0,13 gram
  • Kalium sebanyak 266 mg
  • Magnesium sebanyak 10 gram
  • Zinc sebanyak 0,05 mg
  • Protein sebanyak 1.3 gram
  • Karbohidrat sebanyak 15 gram
  • Serat sebanyak 1,3 gram

Agar kita tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat dari buah kelengkeng ini, maka pada ulasan kali ini akan kami uraikan beragam manfaat buah kelengkeng ini untuk kesehatan dan juga untuk ibu hamil. Untuk informasi lebih jelasnya, mari kita simak bersama-sama penjelasannya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

A. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah kelengkeng yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung seperti gagal jantung, jantung koroner dan serangan jantung dapat disebabkan oleh karena adanya masalah pada kesehatan jantung. Maka untuk menjaga kesehatan organ jantung agar tetap terjaga dengan baik dan bekerja dengan normal, tubuh membutuhkan asupan nutirisi penting seperti kalium, magnesium dan juga potassium dalam jumlah cukup setiap harinya.

Salah satu makanan yang mengandung nutrisi penting tersebut yaitu buah kelengkeng, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng dapat membantu mencegah terkena penyakit jantung. Dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng ini dapat membantu merelaksasikan otot dan juga saraf yang terhubung dengan organ jantung, sehingga dapat mempengaruhi tekanan darah di dalam tubuh dan membuat kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Sepertin yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam buah kelengkeng mengandung nutrisi penting seperti kalium, potassium dan juga magnensium dalam jumlah yang cukup tinggi. Ketiga kandungan mineral penting tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin dan teratur dapat membantu mengontrol agar tekanan darah tetap seimbang.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi buah-buahan adalah salah satu hal penting yang harus dipenuhi ketika sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, salah satu buah yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan yaitu buah kelengkeng. Sebab, di dalam buah ini mengandung sumber karbohidrat yang sangat baik untuk membantu proses pembentukan sumber energi.

Bahkan pada saat sedang menjalani diet sekalipun, tubuh akan tetap mendapatkan sumber energi dalam jumlah cukup setiap harinya. Selain itu, di dalam buah lengkeng juga mengandung kadar air yang sangat tinggi, sehingga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi saat sedang menjalankan program diet.

4. Mencegah Kanker

Hampir semua jenis buah mengandung antioksidan, antioksidan sendiri adalah sumber nutrisi penting yang sangat ampuh untuk mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Sel kanker sendiri disebabkan oleh karena terjadi kerusakan pada sel-sel tubuh yang dipicu oleh radikal bebas, salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan membersihkan sel-sel yang rusak sebelum sel tersebut mempengaruhi sel-sel sehat.

Polifenol adalah salah satu senyawa yang mampu menangani masalah ini, bahkan pada saat bersamaa senyawa ini dapat melakukan regenerasi sel yang baru dan sehat. Salah satu buah yang kaya akan kandungan polifenol yaitu buah lengkeng, sehingga buah ini termasuk ke dalam jenis buah yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker.

5. Ampuh Untuk Mengendalikan Stres

Stres adalah kondisi psikologis yang sering dialami oleh banyak orang, salah satu penyebab stres yaitu dikarenakan kehidupan sosial yang tidak sehat, mendapatkan tekanan berlebih dalam pekerjaan dan masih banyak lagi faktor penyebab stres lainnya. Ada banyak sekali cara yang terbukti efektif untuk dapat mengendalikan stres, selain dengan olahraga konsumsi buah kelengkeng juga menjadi solusi terbaik untuk membantu mengendalikan tingkat stres yang sedang di alami.

6. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat buah kelengkeng juga sangat efektif untuk membantu mencegah seseorang menderita penyakit anemia, bahkan buah kelengkeng ini juga sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah anemia jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Sebab, di dalam buah kelengkang mengandung vitamin C dan juga zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan zat tersebut dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

7. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh yang Sehat

Di dalam buah kelengkeng ini mengandung riboflavin dalam jumlah yang sangat tinggi, fungsi dari senyawa ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang sehat. Zat riboflavin akan berkontribusi untuk merangsang enzim khusus untuk membantu tubuh dalam mengoptimalkan proses lemak, karbohidrat dan juga protein dengan cara yang sangat tepat.

8. Mengobati Sakit Perut

Buah kelengkeng juga memiliki beberapa jenis zat yang efektif untuk mengobati sakit perut, karena fungsi dari kandungan mikrobanya dapat membantu mengatasi masalah perut dengan cara menghilangkan dan membunuh kuman dan bakteri yang menjadi pemicu utama dari sakit perut.

9. Menjaga Kesehatan Mulut

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah lengkeng ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga membran yang telah rusak, sehingga dengan mengkonsumsi buah kelengkeng ini dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Hal ini dikarenakan, buah kelengkeng termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan mineral, buah ini juga dapat membantu menjaga struktur gigi agar lebih kuat.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi buah kelengkeng juga ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Sebab, di dalam buah lengkeng ini mengandung zat polifenol yang dapat merespon dengan cepat ketika radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan kemudian akan mengeluarkannya dari dalam tubuh agar tidak mempengaruhi sel-sel tubuh yang sehat.

Dengan demikian, manfaat mengkonsumsi buah lengkeng ini dapat membantu proses regenerasi sel yang dilakukan dengan cara yang sangat cepat dan tepat tanpa menyebabkan munculnya masalah kesehatan kulit. Maka jika ingin memiliki kulit sehat dan bebas masalah kulit, maka jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi buah kelengkeng.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Di dalam buah lengkeng mengandung vitamin B dan vitamin C yang berfungsi sangat penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak, kulit yang terluka juga termasuk ke dalam jenis sel kulit yang telah rusak dan vitamin C dapat memperbaikinya. Sifat antimikrobanya dapat membantu mencegah luka terkena infeksi lebih lanjut, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah lengkeng ini dapat membantu memperceat proses penyembuhan luka.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat buah lengkeng untuk kesehatan berikutnya sangat dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng ini dapat membantu menurunkan resiko terkena peyakit jantung dan stroke menjadi lebih kecil.

B. Manfaat Kelengkeng untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Berikut ini beberapa manfaat yang penting untuk diketahui oleh ibu hamil bahwa di dalam buah kelengkang mengandung berbagai nutrisi dan zat penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Seperti yang kita tahu bahwa pada masa kehamilan adalah masa yang sangat rentan terhadap kesehatan tubuhnya, sehingga ketika memasuki masa kehamilan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan suplai nutrisi harian tubuh.

Bagi wanita hamil, rutin mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk membantu memelihata kesehatan tubuh ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan. Namun hal yang sering menjadi masalah yaitu ibu hamil kerap sekali mengalami penurunan nafsu makan ketika sedang hamil, sehingga asupan nutrisi harian tubuh jelas akan berkurang. Salah satu solusi dalam hal ini yaitu dengan menyediakan cemilan sehat agar kondisi perut tidak kosong.

Namun hindari mengkonsumsi makanan seperti biskuit dan snack, karena di dalam jenis cemilan tersebut mengandung penyedap rasa yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, kandungan penyedap makanan dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil. Salah satu jenis cemilan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu buah kelengkeng.

Dibalik dari ukuran buahnya yang sangat kecil, buah lengkeng ternyata sangat bermanfaat untuk diberikan kepada ibu hamil. Sebab, di dalam buah lengkeng mengandung berbagai jenis zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk ibu hamil. Maka tak heran, jika ternyata buah lengkeng ini sangat baik dikonsumsi setiap hari, karena dapat mendukung tumbuh kembab janin secara optimal di dalam kandungan.

Lalu, apa saja manfaat dari buah kelengkeng untuk ibu hamil?

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah kelengkeng untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :

1. Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil kerap mengalami penurunan nafsu makan. Dampak buruk penurunan nafsu makan ini akan menyebabkan stamina ibu hamil ikut menurun, sehingga ibu hamil akan merasa kurang bersemangat atau bahkan malas untuk melakukan aktivitas apapun. Untuk mengembalikan nafsu makan ibu hamil, salah sat solusi terbaik yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng.

Mengkonsumsi buah kelengkeng dapat membantu mengembalikan nafsu makan ibu hamil, bahkan kandungan glukosa yang terkandung di dalam buah kelengkeng ini mampu mengembalikan stamina tubuh karena kandungan glukosa dan sukrosa yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu saja,  konsumsi buah lengkeng dalam jumlah cukup juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan susah tidur yang kerap di alami oleh ibu hamil selama kehamilan.

2. Baik untuk Melacarkan Pencernaan

Manfaat lain dari buah lengkeng untuk ibu hamil yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan, karena pada asal kehamilan banyak ibu hamil yang mengalami gejala seperti rasa mual dan muntah yang lebih dikenal oleh kita dengan sebutan morning sickness. Gejala lain yang sering di alami oleh ibu hamil yaitu terganggunya kesehatan pencernaan seperti mengalami susah buang air besar, perut kembang dan juga diare.

Untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut, maka ibu hamil dapat mengkonsumsi buah kelengkeng. Sebab, di dalam buah kelengkeng mengandung lemak dan protein nabati yang sangat baik untuk membantu menstimulasi proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

3. Sebagai Obat Cacing Alami

Buah kelengkeng juga ternyata sangat berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat cacing alami yang baik digunakan oleh ibu hamil, karena di dalam buah kelengkeng ini mengandung asam tartic yang terbukti efektif untuk mengobati penyakit cacingan. Obat cacing alami ini sangat baik dan aman digunakan oleh ibu hamil ketimbang dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dapat berdampak buruk pada kehamilan dan janin, sehingga buah kelengkeng ini dapat menjadi solusi terbaik bagi ibu hamil.

4. Sumber Vitamin Bagi Tubuh Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi penting seperti vitamin dalam jumlah cukup setiap harinya. Sebab, vitamin yang didapatkan dari berbagai sumber makanan sehat dan alami sangat dianjurkan untuk diberikan kepada ibu hamil dalam membantu menunjang kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Salah satu vitamin yang peling tinggi di dalam buah kelengkeng yaitu vitamin C, vitamin ini sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah tubuh ibu hamil dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas. Untuk mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup, maka ibu hamil bisa mengkonsumsi buah kelengkeng namun sangat disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari berbagai jenis buah dan sayuran lainnya.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ibu hamil tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah kelengkeng ini secara berlebihan. Sebab, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan rasa panas pada tubuh ibu hamil yang membuat suhu di dalam peru ibu hamil menjadi meningkat dan akan cukup membahayakan.

Itulah berbagai Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang penting untuk diketahui. Semoga apa yang telah kami bahas di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan buat kita semua dalam menjaga kesehatan tubuh. Sekian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua, silahkan baca juga artikel lainnya di blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.