16 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

16 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya -- Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Manfaat Buah Mengkudu dan Cara Menggunakannya, Bahaya dan Efek Samping Buah Mengkudu, Cara Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Cara Mengolah Buah Mengkudu, Manfaat Buah untuk Pengobatan Penyakit, Kandungan Buah Mengkudu.


Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya -- Mengkudu adalah buah asli dari Asia Tenggara. Bentuk buahnya yang lonjong dan terdapat banyak bintik-bintik pada permukaan kulit buahnya, hanya saja buah ini memiliki aroma yang kurang sedap. Secara umum, buah mengkudu sering dimanfaatkan oleh banyak masyarakat sebagai bahan makanan seperti rujak, jus dan juga sering dijadikan bahan untuk membuat masakan sayur.

Bagi anda yang tidak suka dengan buah ini, baik dari rasa maupun aromanya, sebaiknya anda mengeal lebih dekat dulu tentang beragam kandungan nutrisi dan manfaat yang mungkin belum anda ketahui. Tahukah anda, ternyata buah mengkudu sendiri terdiri dari 80 jenis, tetapi jenis mengkudu yang dapat dimakan dan bermanfaat untuk kesehatan yaitu hanya ada 20 jenis saja. Sedangkan 60 jenis sisanya mengandung zat racun yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh.

Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan mengulas tentang manfaat buah mengkudu yang baik untuk dikonsumsi. Namun sebelum mengulas lebih jauh mengenai manfaat buah mengkudu, sebaikya ketahui terlebih dahulu beragam kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam buah mengkudu.

A. Kandungan Zat pada Buah Mengkudu

Di dalam buah mengkudu memiliki beberapa kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Zat Nutrisi

Secara keseluruhan, di dalam buah mengkudu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap dan diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, protein dan juga beberapa mineral penting yang tersedia dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selenium menjadi salah satu kandungan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, mineral ini pun berperan penting sebagai antioksidan yang sangat kuat.

Selain itu, di dalam buah mengkudu juga mengandung beberapa jenis senyawa seperti xeronine, alizarin, plant sterois, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, arginine, trace elemens, phenylalanine, antra quinines, magnesium dan masih banyak lagi jenis senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Terpenoid

Kandungan zat Terpenoid ini sangat berperan penting dalam membantu proses sintesis organix dan juga membantu proses pemulihan sel-sel dalam tubuh.

3. Zat Anti Bakteri

Di dalam buah mengkudu juga mengandung beberapa zat aktif yang mampu membunuh bakteri-bakteri berbahaya penyebab infeksi seperti Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Bacillus subtilis, dan juga Escherichia coli. Zat-zat tersebut mampu mengendalikan bakteri pathogen seperti bakteri Salmonella Montivideo, S . typhi, S. scotmuelleri, S. flexnerii, Shigella dusenteriae, S. pradysenteriae dan bakteri Staphylococcus aureus.

4. Scolopetin

Scolopetin merupakan jenis senyawa yang mampu berperan aktif sebagai zat anti alergi dan juga anti peradangan.

5. Zat Anti Kanker

Di dalam buah mengkudu juga mengandung beberapa jenis zat yang berfungsi untuk melawan sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker

6. Xeronine dan Proxeronine

Buah mengkudu juga memiliki salah satu kandungan alkaloid yang disebut dengan Xeronine, tetapi di dalam buah mengkudu hanya mengandung sedikit zat xeronine, tetapi lebih banyak mengandung bahan pembentuk xeronine atau proxeronina yang dalam jumlah cukup banyak.

Proxeronina sendiri merupakan sejenis zat asam nukleat yang berfungsi sama seperti jenis koloid-koloid lainnya.xeronina dapat diserap oleh sel-sel yang ada dalam tubuh untuk tujuan mengaktifkan kandungan protein dalam tubuh yang kondisi tidak aktif, mengatur struktur dan juga pembentukan sel aktif.

B. Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu yang perlu diketahui untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa muncul akibat adanya penegangan pada otot dan saraf pusat yang ada di kepala. Meskipun hanya sakit kepala ringan, tetapi jika tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat akan berbahaya sekali.

Menurut dari hasil penelitian, bahwa buah mengkudu dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala yang sangat ampuh, karena di dalam buah ini mengandung senyawa analgesik yang bermanfaat untuk meredakan saki kepala dan juga dapat mengurangi rasa nyeri. Bahkan kemampuan senyawa analgesik pada buah mengkudu lebih kuat dibandingkan dengan morfin sulfat.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Buah mengkudu juga ternyata sangat baik dan bermanfaat diberikan kepada seseorang yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, karena di dalam buah ini mengandung senyawa yang disebut dengan xeronine yang sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi, ternyata kandungan zat fitonutrien yang terkandung di dalam buah mengkudu juga sangat efektif untuk memperlebar saluran pembuluh darah, sehingga dapat membantu meringankan kerja dari organ jantung secara optimal.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah mengkudu juga sangat dipercaya ampuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, karena di dalam buah mengkudu kaya akan kandungan serat yang khasiatnya lebih besar dibandingkan dengan buah pepaya. Beberapa manfaat buah mengkudu untuk pencernaan diantaranya seperti melancarkan buang air besar (BAB), mengatasi sembelit, diare dan juga disentri.

Untuk mendapatkan manfaat secara optimal dari buah mengkudu ini untuk pencernaan, maka anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dengan diolah untuk dijadikan minuman jus segar. Namun usahakan minum jus buah mengkudu ini sebelum anda mengkonsumsi makanan berat dalam porsi besar.

4. Anti Inflamasi

Peradangan memang dapat menyerang siapa saja dan dimana saja. Peradangan umumnya sering menyerang mulai dari area persendian hingga ke bagian kulit. Untuk mencegah terjadinya peradangan tersebut, maka sangat disarankan agar anda rutin mengkonsumsi buah mengkudu dalam jumlah yang cukup.

Hal tersebut dikarenakan di dalam buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Jenis senyawa inilah yang mampu mencegah dan membantu mengatasi peradangan, bahkan jika rutin mengkonsumsi buah mengkudu kandungan analgesik yang terkandung di dalam buah tersebut mampu meredakan rasa nyeri akibat peradangan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan lainnya yaitu dipercaya sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena di dalam buah ini mengandung beberapa jenis mineral alami, peptida, vitamin C, vitamin E dan juga koenzim Q10 yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Apabila sistem kekebalan tubuh kita sudah kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan juga akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang ekstrim. Terlebih untuk jenis penyakit seperti flu, pilek, batuk, pusing, masuk angin, dan beberapa jenis penyakiit lainnya.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Tubuh sebenarnya sangat membutuhkan peran dari kolesterol, akan tetapi jenis kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu jenis kolesterol baik (HDL), sedangkan jenis kolesterol jahat justru dapat menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit serius yang berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan kematian.

Berdasarka dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Pakistan – Arab Saudi sekitar pada tahun 2011 menjelaskan bahwa, kandungan zat xeronine dan proxeronine yang terkandung di dalam buah mengkudu sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih dalam darah dan sekaligus membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang paling baik, sebaiknya anda minum air rebusan buah mengkudu secara rutin setiap hari sampai kadar koleserol dalam darah dalam kondisi stabil.

7. Mencegah Kanker

Buah mengkudu juga sangat efektif untuk mencegah kanker. Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan mematikan, karena penyakit ini dianggap sebagai penyakit pembunuh nomor 2 di dunia setelah penyakit jantung. Penyakit ini sangat sulit sekali untuk disembuhkan, apalagi jika tingkat keparahannya sudah menginjak stadium akhir, karena sampai saat ini masih belum ditemukan obat untuk meyembuhkannya.

Maka dari itu, bagi anda yang belum terkena penyakit ini sebaiknya cegah dari sekarang. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kanker yaitu dengan mengkonsumsi buah mengkudu, karena di dalam buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat dan mampu menangkal serangan radikal bebas yang merupakan penyebab utama penyakit kanker.

8. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat memang tidak boleh dianggap sepele, karena meskipun gejala yang ditimbulkannya hanya pada waktu-waktu tertentu saja tetapi jika terus dibiarkan dapat menyebabkan penderita penyakit asam urat mengalami gagal ginjal dan bahkan terkena serangan stroke secara tiba-tiba.

Cara alami untuk mengobati penyakit asam urat ini, anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur setiap hari. Hal ini dikarenakan, buah mengkudu memiliki kandungan senyawa iridoid yang sangat tinggi, senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan senyawa iridoid yang terkandung di dalam buah mengkudu juga sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan yang terjadi akibat penumpukan kadar asam urat yang terlalu tinggi.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah mengkudu juga sangat bermanfaat dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes, karena di dalam buah ini mengandung senyawa proxeronine yang mampu menurunkan dan sekaligus mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar kadar gulanya tidak terlalu tinggi. Kadar gula darah yang selalu terkendali dengan baik, maka resiko terkena penyakit diabetes pun akan dapat diminimalisir.

10. Mengobati Penyakit Gondok

Penyakit gondok bisa muncul akibat dari adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid, cara mengatasinya para ahli banyak yang menyarankan untuk mengurangi konsumsi garam dalam makanan yang biasa dikonsumsi setiap harinya. Disamping membatasi konsumsi garam, konsumsi buah mengkudu juga bisa menjadi solusi dalam membantu mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid secara bertahap.

11. Melancarkan Peredaran darah

Efek buruk dari peredaran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah arteri, jika kondisi ini tidak segera diatasi dengan cepat akan dapat menyebabkan kemunculan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti hipertensi, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan juga serangan stroke.

Salah satu cara melancarkan kembali peredaran darah, maka banyak para ahli yang menyarankan untuk rutin mengkonsumsi jua mengkudu setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mengkudu mengandung zat bernama scopoletin yang sangat berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

12. Mengobati Sakit Kuning

Penyakit kuning bisa muncul akibat terjadinya penumpukan bilirubin di bagian jaringan dan juga sel tubuh, tanda-tanda kemunculan dari penyakit ini biasanya dapat dikenali dari wajah yang menjadi pucat, kulit menguning, tubuh terasa lemas dan terjadi penurunan berat badan secara drastis.

Berdasarkan dari hasil studi di Amerika Serikat yang dilakukan oleh University of Chicago membuktikan jika buah mengkudu ternyata sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit kuning. Sebab, di dalam buah mengkudu mengandung senyawa bioaktif dan juga mineral penting yang mampu menghancurkan penumpukan zat bilirubin yang terdapat pada jaringan atau sel-sel tubuh tersebut. Maka dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus buah mengkudu, penyakit kuning akan berangsur-angsur sembuh.

13. Menyembuhkan Infeksi Usus

Infeksi atau peradangan pada usus bisa disebabkan oleh infeksi kuman dan bakteri yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Munculnya peradangan tersebut dapat ditandai dengan munculnya rasa nyeri, perih dan bahkan hingga mengeluarkan darah pada saat BAB.

Cara mengobati infeksi atau peradangan pada usus tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu mentah secara rutin setiap hari. Karena menurut penjelasan dari para ahli menyebutkan jika buah mengkudu mengandung zat yang bernama scolopetin yang bersifat antibakterial, sifat dari zat tersebut mampu memusnahkan bakteri tersebut.

14. Mampu Mengatasi Keracunan

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Universuty of Yale mengungkapkan bahwa manfaat mengkonsumsi buah mengkudu sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi keracunan makanan, karena dengan mengkonsumsu buah mengkudu zat-zat racun akan terserap dan ikut dikeluarkan dari dalam tubuh. Pada saat dilakukan penelitian kepada 5 orang pasien yang mengalami keracunan, setelah mengkonsumsi buah mengkudu 4 orang diantaranya telah seumbuh.

15. Mengobati Radang Tenggorokan

Penyebab munculnya peradangan pada tenggorokan dapat disebabkan oleh karena adanya luka pada bagian organ tersebut, baik itu luka kecil maupun besar. Dengan adanya kandungan senyawa yang bersifat antibakterial dan anti-inflamasi, manfaat buah mengkudu ini terbukti ampuh untuk mengobati peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Untuk mendapatkan khasiat dari buah mengkudu untuk para penderita radang tenggorokan, sebaiknya konsumsi secara rutin buah mengkudu baik dalam bentuk jus atau dikonsumsi secara langsung.

16. Mengobati Penyakit Bronkitis

Infeksi yang terjadi pada bagia bronkitis bisa terjadi akibat adanya pengaruh dari infeksi bakteri atau kuman, bakteri tersebut dapat menyerang area bronkitis yang masuk melalui saluran pernapasan, apalagi bagi anda yang sering bernapas dengan menggunakan mulut tentunya akan lebih mudah terkena infeksi bronkitis.

Bagi anda yang sedang terkena infeksi bronkitis, maka penyakit ini bisa disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ini mengandung senyawa yang bersifat antibakterial, sehingga sangat ampuh untuk membasmi kuman dan juga bakteri penyebab penyakit bronkitis.

C. Bahaya dan Efek Samping Konsumsi Buah Mengkudu

Buah mengkudu sebenarnya aman dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan dan tetap dikonsumsi dalam batas wajar. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka kandungan senyawa yang ada dalam buah ini bisa menjadi bumerang bagi tubuh anda sendiri.

Buah mengkudu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh :

1. Ibu Hamil dan Menyusui

Buah mengkudu tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, karena di dalam buah tersebut terdapat zat yang bisa meningkatkan resiko keguguran bagi wanita hamil muda dan bayi lahir prematur. Sebab, buah mengkudu sendiri sering digunakan sebagai obat alami untuk melakukan aborsi. Selain itu, buah ini pun tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui, karena dapat menjadi efek racun pada ASI.

2. Penderita Penyakit Ginjal

Di dalam buah mengkudu mengandung kalium yang sangat tinggi, zat ini sangat berbahaya bagi anda yang menderita penyakit ginjal.

3. Penderita Penyakit Liver

Buah mengkudu juga tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit liver, karena kandungan mineral yang terkandung di dalam buah mengkudu dapat menyebabkan kerja organ hati atau liver menjadi terganggu.

Itulah pembahasan mengenai 16 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat bagi anda serta bisa menambah wawasan kita semua. Jagalah kesehatan agar  hidup terasa bahagia.

Demikian pembahasan kali ini, semoga apa yang kami sajikan bisa membantu membuah hidup anda semakin sehat dan bahagia. Cukup sekian dan salah sehat. Please share and like. Thanks very much.