30 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

30 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Khasiat dan Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil, Efek Samping Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil, Manfaat Buah Rambutan Untuk Pria & Wanita, Khasiat Biji Rambutan, Manfaat Buah Rambutan Untuk Diet, Cara Membuat Masker dari Kulit Rambutan, Kandungan Gizi Rambutan.


Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil -- Rambutan adalah salah satu jenis buah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Umumnya, masyarakat hanya tahu jika buah rambutan ini hanya memiliki warna merah saja, tetapi sebenarnya buah rambutan terdiri dari varian warna merah dan ada juga yang berwarna merah dengan perpaduan warna kuning. Namun terlepas dari warnanya, buah tropis ini ternyata termasuk ke dalam jenis buah musiman.

Buah rambutan memiliki rasa manis dan menyegarkan, karena di dalam buah rambutan memiliki kadar air yang cukup tinggi. Maka buah rambutan ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa haus atau dahaga.

Selain mengandung kadar air yang tinggi, di dalam buah rambutan juga mengandung banyak sekali kandungan nutrisi penting yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh kita. Untuk mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang terdapat di dalam buah rambutan, simak ulasannya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Buah Rambutan

Di dalam buah rambutan mengandung nutrisi yang lengkap dan sangat diperlukan oleh tubuh kita, beberapa diantaranya seperti karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin A, vitamin C, glukosa, sukrosa, fruktosa, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, potassium, tembaga, serat makanan, asam folat, asam malat, asam sitrat, energi, thiamin, riboflavin, niacin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi dan zat penting lainnya yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, buah rambutan ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat baik untuk kesehatan, kecantikan dan bahkan baik juga untuk ibu hamil. Penasaran, apa saja manfaat mengkonusmsi buah rambutan ini? Mari kita bahas satu persatu dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

A. Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat rutin mengkonsumsi buah rambutan untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Pencernaan

Meskipun di dalam buah rambutan ini memiliki kandugan serat yang terbilang rendah, namun mengkonsumsi buah rambutan ini tetap bermanfaat untuk membantu proses pencernaan karena hampir setiap jenis buah-buahan memiliki manfaat bagi pencernaan. Kandungan serat ini akan membantu melakukan stimulasi terhadap gerakan peristaltik dan sekaligus mencegah gejala sembelit.

2. Menjaga Kesehatan dan Memperkuat Tulang

Berkat kadar mineral yang sangat tinggi dalam buah rambutan ini, beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium, kalium, natrium, fosfor, seng, zat besi, mangan dan juga magnesium sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan sekaligus membantu meningkatkan kekuatan tulang. Dengan selalu terpenuhinya asupan mineral dalam jumlah cukup setiap hari, maka dapat membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Di dalam buah rambutan juga mengandung sejumlah vitamin B yang dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, bahkan membantu dalam menjalankan proses metabolisme energi dengan melakukan konversi karbohidrat menjadi sumber energi yang bisa digunakan. Dengan selalu tersedianya vitamin B dalam tubuh dapat membantu energi dalam tubuh tetap terjaga sepajang hari.

4. Menurunkan Deman

Buah rambutan juga ternyata sangat efektif untuk membantu menurunkan demam. Dari bukti anekdotal, terutama dalam dunia pengobatan tradisonal dari Tiongkok menemukan bahwa buah rambutan dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menurunkan demam dan juga membantu meredakan peradangan lain seperti sakit kepala, sakit perut, asam urat dan arthritis.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Belum banyak orang yang mengetahui jika ternyata mengkosnumsi buah rambutan secara rutin dan dalam jumlah cukup setiap harinya dapat membantu meingkatkan kesuburan reproduksi pria dan juga wanita. Sebab, di dalam buah rambutan ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi dan penting untuk memelihara kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita.

Selain itu, rutin mengkonsumsi buah rambutan juga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kejantanan atau infertilitas pada kaum pria.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat vitamin C yang terdapat di dalam buah rambutan juga dapat berperan penting dalam memperkuat dan sekaligus memperbaiki kerusakan pada dinding pembuluh darah. Jika dinding pembuluh darah mengalami kerusakan, maka dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya. Dengan demikian, rutin mengkonsumsi buah rambutan dapat memberikan alat pertahanan yang sangat baik bagi kesehatan organ jantung kita.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah rambutna sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam buah ini mengandung vitamin A yang sangat baik dan dibutuhkan oleh mata agar kesehatand dan daya penglihatan mata tetap terjaga dengan baik seiring bertambahnya usia. Selain itu, mengkonsumsi buah rambutan juga sangat baik untuk anda yang sering bekerja di depan layar komputer atau laptop seharian.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rutin mengkonsumsi buah rambutan terbukti efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, karena kandungan vitamin C yang ada dalam buah rambutan mampu melawan berbagai serangan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, sehingga tubuh yang selalu mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup tidak akan mudah sakit dan lebih tahan terhadap serangan berbagai penyakit.

9. Mengobati Sariawan, Bibir Pecah-Pecah, dan Sakit Tenggorokan

Kandungan vitamin C juga sangat bermanfaat untuk mengobati sariawan, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan. Penyakit tersebut disebabkan oleh karena tubuh kekurangan mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan ini dapat melemahkan dan menyembuhan beberapa jenis penyakit tersebut.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, maka sebaiknya anda segera melakukan penanganan untuk mengobatinya. Sebab, penyakit darah tinggi akan sangat berbahaya dan memicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satu cara alaminya yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan. Sebab, di dalam buah rambutan mengandung kalium yang sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

11. Mengobati Diare

Terjadinya penyakit diare menandakan jika kondisi kesehatan pada sistem pencernaan sedang terganggu, adanya ganggua pada lambung akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman.

Salah satu cara mengobati diare secara alami yaitu bisa dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan, kandungan zat antioksidan dan zat lain yang ada dalam buah rambutan akan membasmi bakteri tersebut dan mengembalikan kondisi usus dan lambung kembali normal serta lebih terlindungi.

12. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat rutin mengkonsumsi buah rambutan juga sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah, karena di dalam buah tropis ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apabila penyakit kolesterol tinggi ini tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat, maka tubuh akan sangat beresiko menderita penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit hipertensi, jantung koroner dan stroke.

13. Mengatasi Peradangan

Di dalam buah rambutan juga mengandung zat anti inflamasi yang sangat ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh, efek peradangan ini dapat menyerang bagian tubuh mana saja seperti sendi, otot, tenggorokan dan juga paru-paru.

Jika penyakit peradangan ini tidak segera diatasi, maka akan bersampak berbahaya bagi kesehatan tubuh dan beresiko terkena berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan, zat anti inflamasi ini akan menghentikan peradangan yang terjadi dalam tubuh.

14. Menurunkan Berat Badan

Tahukah anda, ternyata rutin mengkonsumsi buah rambutan dalam jumlah cukup dan teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, buah rambutan ini termasuk jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menjalani program diet. Hal ini dikarenakan, rutin mengkonsumsi buah rambutan dapat membantu meningkatkan sumber energi dalam tubuh dan memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

15. Mencegah Dehidrasi

Berkat kadar airnya yang sangat tinggi, mengkonsumsi buah rambutan ini juga sekaligus dapat menghidrasi tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan, tubuh akan terhindar dari resiko mengalami dehidrasi dan membuat tubuh tetap sehat, segar dan bugar sepanjang hari.

16. Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah jenis penyakit yang berbahaya dan bahkan mematikan, sehingga penyakit kanker ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang. Sebab, penyakit kanker sangat sulit untuk disembuhkan dan sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengobatinya. Maka dari itu, sebelum penyakit mematikan ini mengintai anda, sebaiknya cegah dar sekarang dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk mencegah penyakit kanker yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan, karena di dalam buah rambutan mengandung zat anti kanker yang sangat kuat dan mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang sering menjadi penyebab terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Jenis-jenis kanker yang dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan ini yaitu seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, kanker tenggorokan dan kanker paru-paru.

17. Menjaga Kesehatan Ogan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi sangat vital, karena organ ginjal ini berfungsi untuk melakukan detoksifikasi zat-zat racun berbahaya dalam tubuh melalui urin. Di dalam ginjal terdapat banyak sekali zat-zat racun, sebab ginjal memang menjadi tempat untuk memilah toksin yang masuk ke dalam tubuh.

Namu besar kemungkinan jika masih ada toksin yang dapat tertinggal dalam ginjal, kandungan mineral fosfor yang terkandung di dalam buah rambutan ini akan membantu mentralisir toksin tersebut dengan cara memaksimalkan fungsi dan kerja dari organ ginjal. Dengan demikian, sisa toksin yang tertinggai akan dapat dikeluarkan.

B. Manfaat Buah Rambutan untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah rambutan juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Berikut ini beberapa manfaat buah rambutan untuk kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Perawatan Kulit

Ada beberapa jenis antioksidan yang terkandung di dalam buah rambutan, senyawa polifenol dan juga beberapa jenis vitamin penting dari buah ini sangat bermanfaat untuk membantu menetralisir radikal bebas dalam sistem, termasuk penyebab terjadinya kerusakan kulit. konsumsi buah rambutan dapat membantu dalam memperbaiki kondisi peradangan yang terjadi, sekaligus bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Mencegah dan Menghilangkan Tanda Penuaan Dini

Sering melakukan aktivitas diluar rumah ternyata dapat berdampak buruk bagi kulit wajah, apalagi jika kulit wajah sering terkena paparan sinar matahari dan polusi secara langsung. Efek buruk dari radikal bebas tersebut dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput, kulit kering, flek hitam, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi buah rambutan. Sebab, di dalam buah rambutan mengandung vitamin C yang berperan penting dalam membantu melakukan regenerasi sel kulit agar kulit terhindar dari resiko mengalami penuaan dini.

3. Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Memiliki kulit wajah kusam memang dapat membuat kita merasa kurang percaya diri, karena kulit kusam membuat penampilan kurang menarik, apalagi bagi para kaum wanita. Untuk mencerahkan kulit wajah yang terlihat kusam, anda bisa memanfaatkan buah rambutan untuk melakukan perawatan alami pada kulit wajah.

Caranya yaitu, ambil daging buah rambutan segar secukupnya dan haluskan dengan blender. Setelah itu, jadikan jus buah rambutan yang telah dibuat tadi sebagai masker wajah.

4. Perawatan Rambut

Buah rambutan juga ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai makanan sehat saja, tetapi juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat masker rambut alami yang sangat bermanfaat untuk merawat rambut agar selalu terjaga kesehatannya, memperbaiki kilau rambut, tektur rambut dan juga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.

5. Menghitamkan Rambut Beruban

Selain buahnya, biji buah rambutan juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut beruban.

Caranya yaitu, jemur biji buah rambutan hingga kering dan kemudian tumbuh hingga halus. Setelah itu, tambahkan minyak zaitun secukupnya dan balurkan secara merata pada rambut yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu dengan keramas. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas kembali dengan air bersih.

6. Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah rambutan untuk kecantikan berikutnya yaitu bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan aman tanpa menimbulkan efek samping.

Caranya yaitu cukup dengan melakukan pemaskeran dengan menggunakan jus buah rambutan. Namun sebelum melakukan perawatan ini, bersihkan terleih dahulu kulit wajah yang berjerawat dengan air hangat dan keringkan. Setelah kulit wajah dibersihkan atau dikompres dengan air hangat, oleskan masker buah rambutan ini secara merata pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya lakukan perawatan kulit wajah berjerawat ini secara rutin setiap malam sampai jerawat hilang.

C. Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Di dalam buah rambutan mengandung banyak sekali nutrisi dan kandungan zat penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, sehingga ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah rambutan secara rutin.

Namun perlu anda semua ketahui bahwa, meski buah rambutan ini memiliki banyak manfaatnya untuk ibu hamil anda tetap harus berhati-hati jangan mengkonsumsinya terlalu banyak untuk menghindari efek samping yang bisa saja terjadi pada tubuh anda.

Berikut ini beberapa manfaat buah rambutan untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :
  1. Mengurangi pusing, mual dan muntah
  2. Mencegah anemia
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Mengobati sakit kepala
  5. Mencegah sembelit dan susah buang air besar
  6. Mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan
  7. Menjaga stamina tubuh selama kehamilan
  8. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat buah rambutan ini?

Itulah ulasan mengenai Beragam Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil. Semoga informasi yang kami sajikan pada pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Like and share, please.