23 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Membuat Masker Semangka

23 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat & Manfaat Buah Semangka untuk Diet Sehat, Cara Melakukan Diet Semangka, Khasiat & Manfaat Buah Semangka untuk Pria & Wanita, Cara Membuat Masker Semangka, Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan, Manfaat Buah Semangka untuk Penyembuhan Penyakit, Manfaat Buah Semangka untuk Kesuburan, Cara Menghilangkan Jerawat dengan Semangka, Manfaat Buah Semangka Bagi Kecantikan Kulit Wajah.


Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet -- Semangka adalah salah satu jenis buah yang dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia. Biasanya buah ini dapat dijumpai sepanjang musim, tetapi rasa buah ini akan sangat manis dan menyegarkan apabila di musim kemarau. Untuk varietas asli dari buah semangka ini mempunyai daging buah berwarna merah dan di dalamnya terdapat banyak sekali biji-biji kecil, buah semangka ini memiliki kadar air yang sangat tinggi dan memiliki rasa manis yang menyegarkan.

Saat ini, buah semangka sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu semangka kuning, semangka tanpa biji dan beberapa jenis semangka lainnya. Meskipun buah semangka memiliki beberapa varietas, namun untuk kadar gizi yang terkandung di dalamnya hampir sama dan sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi dari Buah Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia, karena rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah ini disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dinalik rasa buahnya yang manis, ternyata di dalam buah semangka ini mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap dan bermanfaat.

Berikut ini beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di setiap 100 gram buah semangka, yaitu :
  • Protein sebanyak 1,74 gram
  • Serat sebanyak 1,9 gram
  • Kalori sebanyak 85 kalori
  • Vitamin A sebanyak 1630 IU
  • Vitamin B6 sebanyak 0,123 mg
  • Vitamin C sebanyak 23,4 mg
  • Vitamin E sebanyak 0,15 mg
  • Vitamin K sebanyak 0,4 mcg
  • Kalium sebanyak 319 mg
  • Fosfor sebanyak 31 mg
  • Magnesium sebanyak 30 mg
  • Kalsium v19 mg
  • Sodium v2,9 mg
  • Zat Besi sebanyak 0,98 mg
  • Selenium sebanyak 1,2 mcg
  • Mangan sebanyak 0,112 mg
  • Tembaga sebanyak 0,15 mg
  • Seng sebanyak 0,32 mg
  • Tiamin sebanyak 0,092 mg
  • Riboflavin v0,09 mg
  • Niasin v0,521 mg
  • Folat sebanyak 9 mcg
  • Asam Pantotenat 0,654 mg

Di dalam buah semangka memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap, sepotong buah semangka mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh. Itulah kenapa, buah semangka sering dijadikan makanan sehat yang dapat memelihara kesehatan tubuh. Selain itu, buah semangka juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan dan diet.

Beragam Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet

A. Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah semangka bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Asma

Manfaat pertama dari buah semangka terbukti ampuh untuk mencegah penyakit asma, namun buah ini hanya bersifat pencegah saja agar gejalanya tidak gampang kambuh bukan untuk menyembuhkan. Karena, di dalam buah semangka juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningjatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada saluran pernapasan.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain efektif untuk mencegah penyakit asma, ternyata buah semangka juga efektif untuk membantu menurukan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Maka, bagi anda yang menderita penyakit hipertensi, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah semangka ini. Hal ini dikarenakan, di dalam buah semangka mengandung kalium yang sangat efektif untuk membantu memperlebar pembuluh darah. Rutin mengkonsumsi buah semangka ini dapat membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menangkal Pembentukan Sel Kanker

Buah semangka memiliki sumbe vitamin C yang sangat tinggi dan juga mengandung zat licopen. Kedua jenis zat penting ini dapat berperan sebagai zat antioksidan yang sangat kuat untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan terjadinya pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

4. Mengatasi Sembelit

Buah semangka juga memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, kandungan serat yang terdapat di dalam semangka dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit. Sembelit sendiri adalah kondisi akibat dari kekurangan asupan serat larut di dalam usus, kandungan serat yang terdapat di dalam buah semangka ini dapat membantu proses pembentukan gel alami pada usus besar, sehingga buag air besar akan menjadi lebih lancar dan mencegah terjadinya sembelit.

5. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa di dalam buah semangka ini memiliki kadar air yang sangat tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah semangka secara rutin dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan asupan cairan atau mineral, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah semanga tubuh akan terhindar dari efek dari dehidrasi.

Tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan tubuh menjadi lemah, kurang bersemangat dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Selain itu, tubuh yang mengalami dehidrasi juga dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan pada organ ginjal. Maka untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah semangka.

6. Mencegah Peradangan

Terjadinya peradangan pada organ tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya, karena di dalam buah semangka ditemukan adanya kandungan senyawa kolin yang dapat berfungsi penting dalam membantu menjaga keseimbangan otot tubuh, meningkatkan daya ingat dan juga menjadikan tubuh lebih rileks.

Selain itu, kandungan kolin yang terdapat di dalam buah semangka ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan sel dalam tubuh, membantu proses pengiriman sinyak syaraf otak dan motorik serta mengoptimalkan proses penyerapan kandungan lemak dalam tubuh.

7. Meredakan Nyeri Otot

Di dalam buah semangka juga mengandung senyawa asam amino citruline yang bermanfaat untuk membantu meredakan rasa nyeri pada otot. Senyawa ini pun sangat bermanfaat untuk menjadikan otot tubuh yang tegang kembali rileks, sehingga buah semangka ini sangat cocok untuk diberikan kepada mereka yang rutin menjalani olahraga atau pekerjaan berat.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, karena di dalam buah semangka mengandung senyawa likopen yang diperlukan oleh tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah semangka aliran darah menuju organ jantung akan menjadi lebih lancar dan maksimal, memelihara sel dalam tubuh, mengurangi efek dari oksidatif pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung atau serangan jantung.

9. Baik untuk Diet

Di dalam buah semangka mengandung asam amino yang bermanfaat untuk membantu mengatasi tumpukan lemak dalam tubuh. Senyawa asam amino kemudian akan dirubah menjadi arginin oleh ginjal, sehingga kemampuan senyawa tersebut akan semakin kuat yang mampu melemahkan sel-sel lemak yang ada dalam tubuh dan dilarutkan melalui saluran pengeluaran. Maka dari itu, buah semangka ini benar-benar sangat dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet.

10. Mengatasi Peradangan

Ada banyak sekali jenis semangka yang bisa kita temukan dalam buah semangka, diantaranya yaitu senyawa fenolik, karotenoid, triterpenoid dan juga senyawa flavonoid. Semua jenis senyawa tersebut terbukti efektif untuk membantu mengatasi masalah peradangan dan menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit serius. Selain itu, di dalam buah semangka juga mengandung cucurbicatin yang dapat menjadi agen dari senyawa anti inflamasi, sehingga dapat menyebabkan sel dalam tubuh kembali pulih dengan cepat.

11. Melancarkan Urin

Bagi seseorang yang memiliki masalah kesehatan pada saluran diuretik dan organ ginjalnya, maka buah semangka bisa dijadikan sebagai terapi pengobatan alami yang terbukti cukup ampuh. Sebab, di dalam buah semangka mengandung kadar air yang sangat tinggi dan dapat membantu meningkatkan aliran urin dari dalam tubuh. Selain itu, buah semangka juga dapat membantu memproduksi racun dalam hati, sehingga dapat membantu meringankan beban kerja dari organ ginjal.

12. Mencegah Pembentukan Lemak

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang terbukti bermanfaat untuk menjadikan tubuh dapat merasakan efek dari alkali yang berasal dari kadar air di dalam buah semangka. Maka dengan rutin dan teratur mengkonsumsi buah semangka, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh makanan yang memiliki kandungan lemak dan zat asam lainnya.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Buah semangka sudah sejak dulu sangat terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah munculnya berbagai keluhan pada mata seperti mata rabun, katarak dan degenerasi makula. Sebab, di dalam buah semangka ini mengandung vitamin A dan betakaroten yang sangat baik untuk menutrisi mata agar tetap terjaga kesehatannya.

B. Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat buah semangka yang baik untuk digunakan sebagai bahan alami dalam melakukan perawatan kecantikan, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Penuaan Dini

Nutrisi yang terkadung di dalam buah semangka seperti vitamin A, vitamin C dan juga senyawa likopen dapat membantu dalam melawan serangan radikal bebas pada kulit. sering terkena paparan panas matahari secara langsung dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda panuaan seperti kulit keriput, muncul garis-garis halus da masih banyak lagi tanda-tanda penuaan lainnya yang mungki bisa muncul.

Namun, berkat kandungan zat antioksidan di dalam buah semangka ini dapat membantu dalam menangkal serangan radikal bebas tersebut dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh kita. Oleh karena itu, jika ingin memiliki kulit sehat dan cantik konsumsi buah semangka secara rutin dan teratur.

2. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, konsumsi buah semangka juga sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi harian pada kulit. hal ini dikarenakan, di dalam buah semangka mengadung nutrisi yang terbilang lengkap dan baik untuk kulit sepeti vitamin A misalnya. Dengan rutin mengkonsumsi buah semangka, maka kulit akan terlihat lebih halus dan lembut.

3. Sumber Kolagen Alami

Buah semangka juga sangat bermanfaat untuk menjaga tingkat elastisitas kulit, karena di dalam buah semangka ini dapat membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan kolagen sehingga kulit akan tampak lebih halus dan lembut. Selain itu, kadar air dari buah semangka yang tinggi dapat membantu dalam memenuhi kabutuhan cairan untuk memelihara kulit akan terhidrasi dengan baik.

4. Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Apabila anda memiliki jenis kulit yang kering, maka rutin mengkonsumsi buah semangka sangat cocok untuk anda. Sebab, kadar air yang tinggi dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dan terhindar dari resiko mengalami dehidrasi. Maka, dengan rutin mengkonsumsi buah semangka dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit dari dalam.

5. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Memiliki pori-pori kulit wajah yang besar dapat menyebabkan kelenjar minyak mengalami proses sekresi secara berlebih, sehingga dapat menyebabkan kulit wajah tampak berminyak dan mengkilap. Kulit wajah yang cenderung berminyak akan terlihat kusam dan kurang segar, sehingga harus segera diatasi dengan cara mengkonsumsi buah semangka secara rutin dan teratur setiap hari dalam jumlah cukup. Kandungan nutrisi seperti vitamin C yang terkandung di dalam buah semangka ini dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

6. Meremajakan Kulit

Rutin mengkonsumsi buah semangka juga sangat efektif untuk membantu meremajakan kulit dengan cara dilakukan regenerasi sel kulit mati. Dengan demikian, kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah bercahaya.

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Melakukan perawatan kulit wajah dengan mengkonsumsi buah semangka, maka dapat menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Karena, di dalam buah semangka mengandung vitamin C yang sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam.

8. Menghilangkan Jerawat

Selain dapat mencerahkan kulit wajah, ternyata manfaat buah semangka untuk kecantikan juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan, di dalam buah semangka mengandung vitamin C dan juga zat antibakterial yang sangat ampuh untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

9. Menghilangkan Komedo

Komedo dan jerawat biasanya sering dipicu oleh produksi minyak berlebih pada kulit wajah, karena kelenjar minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori kulit wajah yang menyebabkan kulit wajah menjadi mudah sekali berminyak.

Selain itu, komedo juga bisa muncul akibat dari penggunaan produk kosmetik dan make up yang tidak cocok dan menyebabkan terjadi penyumbat pori-pori kulit. Salah satu cara ampuh untuk membersihkan kulit wajah dan menghilangkan komedo, anda bisa melakukan perawatan kulit wajah menggunakan masker buah semangka dan rutin minum jus semangka setiap hari.

10. Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, buah semangka juga ternyata dipercaya baik untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Karena di dalam buah semangka ini mengandung nutrisi penting dan lengkap yang sangat dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala. Selain dengan minum jus buah semangka, cara merawat rambut dan kulit kepala bisa juga dilakukan dengan melakukan perawatan dengan menggunakan masker buah semangka.

C. Cara Membuat Masker Semangka

Bauh semangka tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi juag dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan kulit dan rambut. Cara membuatnya yaitu :
  • Siapkan buah semangka secukupnya, masukan daging buah semangka ke dalam blender tanpa menambahkan air dan haluskan.
  • Setelah itu, tambahkan air perasan jeruk lemon sebanyak 1 sendok teh dan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  • Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk dan gunakan sebagai masker untuk kulit wajah.
  • Namun sebelum melakukan perawatan wajah menggunakan masker semangka ini, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan.
  • Selanjutnya, oleskan masker semangka secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga masker kering.
  • Setelah itu, bersihkan dengan air bersih.

Catatan :

Masker buah semangka ini juga bisa anda gunakan untuk melakukan perawatan rambut dan kulit kepala.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit wajah dengan masker semangka ini secara rutin minimal 2 kali seminggu. Disamping itu, anda tetap harus rutin minum jus semangka sebagai bentuk perawatan kulit dari dalam.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang 23 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Membuat Masker Semangka. Semoga bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan salam sukses. Jangan lupa untuk like halaman fb blog ini. Baca juga artikel lainnya di blog ini.