19 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

19 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet, Khasiat & Manfaat Buah Strawberry untuk Perawatan Kecantikan, Masker Strawberry Setiap Hari, Manfaat Buah Strawberry untuk Bibir - untuk Memutihkan Wajah - untuk Gigi - untuk Rambut - untuk Kesuburan, Kandungan Gizi Buah Strawberry.


Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Buah cantik berwarna merah ini memang sangat populer di Indonesia. Selain memiliki bentuk dan warna merah yang cantik, ternyata rasa dari buah strawberry ini pun begitu khas dan disukai oleh banyak masyarakat dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. selain itu, buah yang satu ini pun tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung tetapi juga sering diolah untuk dijadikan produk olahan makanan dan minuman.

Maka dari itu, pantas saja jika buah strawberry ini banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu udara dingin.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Penting di dalam Buah Strawberry

Selain rasanya nikmat dan menyegarkan, ternyata di dalam buah ini pun memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat baik untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan. Untuk mengetahui kandugan gizi dan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam buah strawberry ini, simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terkandung di dalam setiap 100 gram buah strawberry, yaitu :
  • Kalori sebanyak 32 kcal
  • Karbohidrat sebanyak 7,7 gram
  • Air sebanyak 91%
  • Vitamin A sebanyak 1 µg
  • Vitamin C sebanyak 58,8 mg
  • Vitamin E sebanyak 0,29 mg
  • Vitamin K sebanyak 2,2 µg
  • Vitamin B1 (Thiamine) sebanyak 0,02 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,02 mg
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,39 mg
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid) sebanyak 0,13 mg
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) sebanyak 0,05 mg
  • Vitamin B9 (Folat) sebanyak 24 µg
  • Protein sebanyak 0,7 gram
  • Gula sebanyak 4,9 gram
  • Serat sebanyak 2 gram
  • Lemak sebanyak 0,3 gram
  • Kalsium sebanyak 16 mg
  • Zat Besi sebanyak 0,41 mg
  • Magnesium sebanyak 13 mg
  • Fosfor sebanyak 24 mg
  • Potassium (Kalium) sebanyak 153 mg
  • Sodium sebanyak 1 mg
  • Seng (Zinc) sebanyak 0,14 mg

Beragam Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Dilihat dari banyak kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam buah strawberry ini, maka pantas jika buah strawberry memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain buah jeruk, di dalam buah strawberry juga terdapat sumber vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan kandungan vitamin C yang ada dalam buah strawberry ini lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk, sehingga banyak para ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi atau minum jus staraberry jika ingin mendapatkan asupan vitamin C lebih banyak untuk tubuh.

Selain itu, vitamin C ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mampu melawan serangan virus. Dengan demikian tubuh kita tidak akan mudah sakit dan lebih tahan terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Meskipun jumlah vitamin A yang terkandung di dalam buah strawberry tidak banyak, namun tetap saja jika dikonsumsi secara rutin buah ini sangat bermanfaat untuk mata. Selain itu, buah strawberry juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan berkhasiat untuk mencegah munculnya berbagai penyaki mata seperti katarak, degenerasi makula dan berbagai jenis penyakit mata lainnya. Menurut penjelasan dari para peneliti dari Health & Science University Oregon menjelaskan bahwa vitamin C mampu meningkatkan fungsi dan juga masa hidup dari pada sel-sel retina mata.

3. Mencegah Peradangan

Buah strwaberry juga memiliki kandungan senyawa yang bernama quercetin, senyawa ini merupakan sejenis flavonoid dan juga zat anti inflamasi yang mampu menurunkan resiko terjadinya aterosklerosis. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts, menjelaskan bahwa dengan tercukupinya quercetin dalam tubuh dengan diimbangi olahraga secara rutin dan teratur mampu menghambat pembentukan plak aterosklerosis. Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah strawberry mempu berperan dalam melakukan pencegahan terhadap peradangan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam buah strawberry mengandung antioksidan dan juga polifenol yang sangat melimpah, sehingga buah cantik ini dijadikan sebagai makanan sehat yang sangat ideal untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari resiko terkena penyakit. Selain itu, di dalam buah cantik ini juga mengandung anthocyanin yang memiliki kemampuan untuk melindungi pembuluh darah arteri dari tumpukan plak dan juga mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

5. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan serat yang ada dalam buah strawberry sangat efektif untuk mencegah resiko terkena kanker kerongkongan dan juga kanker usus. Menurut penjelasan dari American Institute for Cancer Research, kandungan anti kanker dari buah strwaberry bisa dikaitkan dengan keberadaan kandungan asam ellagic yang dapat mencegah terjadinya kanker kulit, kanker kandung kemih, kanker payudara dan juga kanker paru-paru.

6. Mencegah Hipertensi

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker, ternyata mengkonsumsi buah strawberry secara rutin dan teratur sangat efektif untuk membantu mencegah dan sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebab, di dalam buah strawberry mengandung kalium dalam jumlah cukup tinggi. Kandungan kalium ini sangat efektif untuk menghilangkan efek dari natrium yang ada dalam tubuh. Kurang mendapatkan asupan kalium sama hal nya dengan memberikan peluang besar untuk meningkatkan resiko penyakit darah tinggi atau hipertensi. Jadi, jika anda ingin terhindar dari resiko terkena penyakit hipertensi, jangan lewatkan untuk minum jus buah strawberry setiap hari.

7. Baik untuk Diet

Kandungan Anthocyanin yang ada dalam buah cantik ini berfungsi sebagai antioksidan yang cukup kuat, zat ini dapat membantu meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh yang dikenal dengan adiponectin. Hormon ono memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan. Selain itu, di dalam buah strawberry juga mengandung kadar air dan serat yang tinggi. Dengan demikian, buah ini sanggat baik dan cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet dan membantu menurunkan berat badan berlebih.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan antioksidan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan otak akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan kecerdasan otak. Maka dari itu, buah strawberry ini sangat baik untuk diberikan kepada anak-anak. Dengan rutin mengkonsumsi buah strawbeery ini, anak-anak dapat tumbuh sehat dan cerdas.

9. Mencegah Sembelit

Manfaat buah strawnberry juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah pada pencernaan, seperti sembelit dan susan buang air besar dan sekaligus mengatasinya secara alami. Hal ini dikarenakan, buah strawberry mengandung kadar air yang sangat tinggi seperti hal nya yang terkandung dalam buah anggur, semangka dan juga buah melon. Dengan kadar air yang tinggi sangat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan membuat buang air besar menjadi lancar dan teratur.

10. Mengurangi Gejala Alergi

Dengan adanya kandungan anti inflamasi yang berasal dari quercetin dapat membantu dalam meringankan gejala yang ditimbulkan akibat alergi seperti gatal-gatal, pilek dan mata berair. Namun hingga saat ini, masih belum dilakukan penelitian untuk membuktikan hai ini.

11. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi buah strawberry memiliki kemampuan dalam mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil, karena di dalam buah strawberry memiliki indeks glikemik yang sangat rendah dan mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan rutin minum jus buah straberry ini, maka kadar gula darah dalam tubuh akan berangsur-angsur turun dan stabil.

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan baru-baru ini menjelaskan bahwa dengan rutin mengkonsumsi 37 buah strawberry dalam waktu satu hari, secara signifikan dapat menghindarkan tubuh dari terkena penyakit kompilkasi akibat diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Selain itu, dari hasil penelitian lun menemukan adanya kandungan antioksidan berupa fisetin dan flavonoid dapat mendukung keberlangsungan dari hidup neuron bersamaan dengan dilakukannya pencegahan terhadap kedua organ ginjal.

12. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat buah strawberry sudah dipercaya sejak lama jika bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sehingga para ahli kesehatan menyarankan kepada anak-anak agar suka makan buah cantik yang satu ini. Sebab, di dalam buah strawberry mengandung kalsium dan juga fosfor yang baik untuk menutrisi tulang dan gigi.

Dengan rutin minum jus strawberry sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, mempercepat pertumbuhan, menguatkan tulang dan gigi. Selain baik untuk anak-anak, buah strawberry juga sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa dan lansia untuk memelihara kesehatan tulang serta mencegah resiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

B. Manfaat Strawberry untuk Perawatan Kecantikan

Buah strawberry tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit, terutama bagi para kaum wanita yang suka melakukan perawatan kulit. berikut ini beberapa manfaat buah strawberry untuk perawatan kecantikan kulit, diantaranya yaitu :

1. Pembersih Kulit

Buah strawberry memiliki sifat sebagai pembersih kulit sehingga baik untuk digunakan sebagai scrub pembersih kulit, sabun wajah dan juga masker wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit wajah.

Hal tersebut dikarenakan di dalam buah strawberry mengandung antioksidan, vitamin C, asam salisilat dan exfoliant. Selain itu, melakukan perawatan dengan buah straberry dapat mengecilkan pori-pori yang besar, mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebsa dan juga melindungi kulit dari polusi.

2. Toner Kulit

Selain bersifat sebagai pembersih, buah strawberry juga dapat dijadikan sebagai toner wajah alami dengan cara dijadikan jus. Toner alami dari buah strawberry ini bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Cara membuat toner alami dari buah strawberry yaitu dengan menghaluskan buah strawberry menggunakan blender dengan ditambahkan 50 ml air mawar, lalu simpan di dalam kulkas selama seharian sebelum digunakan. Toner alami ini dapat bertahan hingga 10 hari di dalam kulkas.

3. Memperbaiki Kerusakan Kulit

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah strawberry ini sangat efektif untuk memperbaiki jaringan kulit yang ikut terlibat dalam proses pembuatan kolagen. Di dalam satu cangkir buah strawberry mengandung sumber vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membantu memperbaiki kerusakan sel kulit.

4. Menjadikan Rambut Sehat, Indah Berkilau

Buah strawberry juga bisa kita jadikan sebagai konditioner alami yang sangat baik untuk merawat rambut agar terlihat sehat, indah dan berkilau.

Cara membuat konditioner alami dari buah strawberry sangat mudah, anda cukup menghaluskan 7 sampai dengan 8 buah strawberry yang sudah matang dengan menambahkan 1 sendok mayones, aduk hingga membentuk pasta yang halus.

Setelah konditioner alami tersebut jadi, anda bisa mengoleskannya pada kulit kepala dan rambur secara merata. Kemudian tutup dengan handuk dan diamkan selama 15-30 menit. Selanjutnya, bilas rambut dengan melakukan keramasa seperti biasa. Lakukan perawatan alami ini secara rutin dan teratur setiap seminggu sekali.

5. Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Memilki kulit kaki kering dan pecah-pecah tentunya dapat membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri. Salah satu cara alami untuk mengatasi kulit kaki kering dan pecah-pecah yaitu bisa diatasi dengan melakukan perawatan dengan scrub strawberry.

Cara membuat Scrub strawberry cukup mudah, ambil 6-8 buah strawberry dan haluskan. Setelah itu, tambahkan satu tetes gliserin dan ganduk secukupnya saja. Sebelum digunakan, rendam terlebih dahulu kaki dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit.

Selanjutnya, gosok dengan lembut menggunakan spon untuk mengangkat sel kulit mati dan kulit kasar pada kaki. Kemudian bersihkan dengan air dingin, lalu olesi dengan lotion. Lakukan perawatan kulit kaki ini secara rutin minimal 2 kali seminggu. Kulit kaki yang asalnya kering dan pecah-pecah akan kembali halus, mulus dan lembut.

6. Menghilangkan Kantung Mata

Munculnya kantung mata memang menjadi masalah bagi setiap orang, sehingga membuat kita tidak akan merasa percaya diri pada saat akan pergi keluar rumah. Kantung mata sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu akibat kurang tidur. Untuk menghilangkan kantung mata ini, anda bisa coba lakukan perawatan alami dengan menggunakan buah strawberry.

Caranya yaitu :

Siapkan buah strawberry dan iris tipis-tipis. Kemudian posisikan tubuh anda berbaring, lalu tempelkan irisan buah strawberry tersebut pada bagian bawah mata dan rilekslah selama 10-15 menit. Setelah itu, lepaskan dan bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur, kantung mata berangsur-angsur akan hilang dan kulit akan kembali cerah.

7. Mengatasi Kulit Berminyak

Jenis kulit setiap orang berbeda-beda, ada yang berminyak, kering dan normal. Kulit wajah berminyak merupakan salah satu tanda jika kulit tersebut bermasalah, bahkan pada kulit wajah yang berminyak lebih berpotensi mengalami banyak masalah seperti munculnya jerawat, komedo, pori-pori besar dan kulit kusam.

Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, salah satunya dengan melakukan perawatan dengan menggunakan masker wajah alami dari buah strawberry.

Caranya yaitu :

Siapkan beberapa buah strawberry matang yang masih segar, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat untuk membersihkan kotoran dan membka pori-pori kulit yang tersumbat.

Selanjutnya, oleskan masker buah strawberry tersebut secara merata pada permukaan kulit wajah yang berminyak, diamkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai masker kering. Terakhir, bersihkan masker pada kulit wajah anda dengan air dingin. Dalam seketika, kulit wajah anda akan terlihat lebih bersih dan cerah.

Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kulit wajah berminyak ini secara rutian setiap 2-3 kali seminggu.

Itulah sekilas informasi mengenai 19 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Silahkan berbagi info ini pada teman lainnya. Jangan lupa like halaman fb blog ini. Terima kasih dan salam sehat.