18 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Efek Sampingnya

18 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Efek Sampingnya -- Khasiat dan Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan Penyakit, Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Kelor, Cara Mengolah Daun Kelor, Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Manfaat Daun Kelor untuk Kanker - Rahim - Kolesterol, Asam Urat, dll.


Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Efek Sampingnya -- Banyak masyarakat yang menganggap jika daun kelor adalah satu jenis tanaman obat yang sangat mujarab. Hal ini bukan tanpa alasan, karena di dalam daun kelor mengandung banyak sekali zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, bahkan daun kelor ini dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit berat.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari mindbodygreen.com mengungkapkan bahwa di dalam daun kelor mengandung potassium 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah pisang, vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel, zat besi 25 kali lebih tinggi dari bayam, vitamin C 7 kali lebih tinggi dari buah jeruk, kalsium 4 kali lebih tinggi dari susu dan mengandung protein 3 kali lebih tinggi dari yoghurt. Bagaimana, sungguh luar biasa bukan kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor?

Memang sudah sejak dulu jika daun kelor ini dikenal sebagai tanaman ajaib dan sangat mujarab, bahkan sampai saat ini khasiat dan manfaat dari daun kelor ini masih dipercaya oleh banyak masyarakat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Namun sebelum kami mengulas tentang manfaat daun kelor secara lengkap, kami akan sedikit mengulas tentang beragam kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam daun kelor.

Kandungan Gizi / Nutrisi dari Daun Kelor

Di dalam setiap 100 gram daun kelor mengandung :
  • Vitamin B1 sebanyak 0,06 mg
  • Vitamin B2 sebanyak 0,05 mg
  • Vitamin B3 sebanyak 0,8 mg
  • Vitamin C sebanyak 220 mg
  • B-karoten sebanyak 6,78 mg
  • Kadar air sebanyak 94.01%
  • Energi sebanyak 92 kal
  • Protein sebanyak 22.7%
  • Karbohidrat sebanyak 51.66%
  • Serat sebanyak.92%
  • Lemak sebanyak 4.65%
  • Kalsium sebanyak 350-550  mg
  • Potasium sebanyak 259 mg
  • Fosfor sebanyak 70 mg
  • Zat besi sebanyak 7 mg
  • Zink sebanyak 0,16 mg

Komponen Asam Amino :
  • Tryptophanv 107 mg
  • Valine sebanyak 374,5 mg
  • Argine sebanyak 406,6 mg
  • Histidine sebanyak 149,8 mg
  • Phenylalanine sebanyak 310,3 mg
  • Threonine sebanyak 117,7 mg
  • Isoleusine sebanyak 299,6 mg
  • Lysine sebanyak 342,4 mg
  • Methionine sebanyak 117,7 mg
  • Leusine sebanyak 492,2 mg

Setelah mengetahui beragam kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam daun kelor, maka penting sekali bagi anda untuk mengetahui beragam manfaat dan khasiat dari daun kelor untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang penasaran ingin tahu manfaatnya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Beragam Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Pengobatan

Berikut ini beragan manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam daun kelor mengandung beragam kandungan senyawa yanng bersifat sebagai zat antiseptik, antijamur dan anti-inflamasi. Sifat-sifat dari kandungan senyawa itulah yang membuat daun kelor sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat dau kelor untuk kesehatan kulit, diantaranya yaitu :
  1. Mempercepat proses penyembuhan luka
  2. Mencegah infeksi pada luka
  3. Menghilangkan jerawat
  4. Melembabkan kulit kering
  5. Mencegah penuaan dini

Selain itu, daun kelor juga saat ini sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan parfum dan produk kosmetik. Berdasarkan dari hasil penelitian, ekstrak daun kelor sangat efektif untuk mencegah proses pembusukan dan menghilangkan bau badan tak sedap yang disebabkan oleh bakteri.

Cara penggunaan dari daun kelor untuk mendapatkan beragam manfaat diatas yaitu dengan cara mengoleskan daun kelor pada kulit, atau anda bisa menumbuk daun kelor seperlunya sampai halus dan anda bisa menggunakannya sebagai masker kulit secara rutin dan teratur.

2. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes bisa muncul akibat dari sensiivitas hormon insulin yang menurun, sehingga menyebabkan kadar gula darah akan mengalami peningkatan secara drastis. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Wiconsin LaCrosse, mengungkapkan jika dengan rutin mengkonsumsi daun kelor terbukti efektif untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Cara mengobati penyakit diabetes dengan daun kelor, yaitu :
  1. Siapkan daun kelor segar secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih.
  2. Setelah itu, rebus sampai mendidih dan biarkan airnya surut hingga 2 gelas.
  3. Angkat dan saring airnya, lalu dinginkan.
  4. Minum selagi hangat 2-3 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum, lakukan pengobatan alami ini selama 2 bulan berturut-turut.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Di dalam daun kelor mengandung vitamin A sangat tinggi, bahkan jumlahnya 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Seperti yang kita tahu, bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan rutin minum air rebusan daun kelor dapat membuat mata menjadi sehat dan terhindar dari resiko terkena jenis penyakit mata. Ketika sedang terkena sakit mata, mata merah dan gatal-gatal, anda cukup membasuh mata dengan air rebusa daun kelor yang sudah di dinginkan.

4. Mencegah Kanker

Berdasarkan dari laporan yang diterbitkan oleh Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, bahwa di dalam daun kelor memiliki kandungan asam amino, antioksidan, fitonutrien karotenoid, quercetin dan juga senyawa antibakterial yang dapat bekerja sama untuk mencegah dan bahkan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Dengan rutin minum air rebusan daun kelor secara rutin 2-3 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum, maka dapat membantu mengobati penyakit kanker yang sedang diderita.

5. Mengobati Penyakit Rematik dan Asam Urat

Bagi ada yang menderita penyakit rematik dan asam urat, namun tidak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi berbagai jenis obat. Maka solusi alternatifnya anda bisa rutin minum air rebusan daun kelor secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam air rebusan daun kelor mengandung nutrisi dan zat penting yang sangat baik meredakan rasa sakit dan nyeri, peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada area persendian akibat kadar asam urat yang terlampau tinggi.

Di dalam daun kelor mengandung potassium dalam jumlah yang cukup tinggi, kandungan tersebut sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Caranya sangat mudah, anda cukup minum air rebusan sebanyak 1 gelas 3 kali sehari.

6. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang disebabkan oleh karena kurangnya mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup. Untuk mengobati sariawan yaitu dengan memberikan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya. 

Untuk mendapatkan sumber vitamin C, anda bisa minum air rebusan daun kelor karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalam daun kelor 7 kali lebih tinggi dari buah jeruk. Dengan demikian, sariawan akan cepat sembuh.

Selain dengan cara di minum, anda juga bisa rutin berkumur dengan air rebusan daun kelor tersebut setiap pagi dan malam sebelum tidur untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

7. Menjaga Kesehatan Otak dan Saraf

Daun kelor termasuk jenis makanan berprotein tinggi dan kaya akan kandungan asam amino jenis triptofan, sehingga daun kelor sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak dan saraf.

Kandungan yang terdapat di dalam daun kelor sangat baik untuk membantu meningkatkan hormon serotonin yang dapat membuat perasaan menjadi lebih baik (mood), serta kandungan antioksidan yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan tiroid. Dengan memiliki mood yang baik, maka secara otomatis kesehatan otak dan saraf akan bekerja dengan optimal.

8. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman obat yang di dalamnya mengandung kalsium dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalsium yang ada dalam susu dan produk olahannya. Bahkan menurut hasil pengujian menjelaskan bahwa kandungan kalisum yang terkandung di dalam daun kelor 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium dalam susu.

Kandungan kalsium ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kekuatan dan kepatan tulang. Sehingga bagi anda yang rutin minum air rebusan daun kelor setiap hari dapat terhindar dari proses pengeroposan tulang (osteoporosis), sehingga air rebusan daun kelor tidak hanya baik untuk orang dewasa saja, tetapi juga sangat baik untuk anak-anak untuk mendukung mendapatkan tumbuh kembang yang optimal.

9. Mengobati Pegal Linu

Manfaat daun kelor berikunya yaitu dipercaya sangat ampuh untuk mengobati pegal lino, karena di dalam daun kelor ini mengandung senyawa bernama pterigospermin yang memberikan sensasi hangat apabila dioleskan pada kulit. Sensasi hangat tersebut dapat memberikan rasa nyaman, meredakan pegal-pegal, merileksasikan otot kram dan mengatasi keseleo.

Cara mengobati pegal linu dengan daun kelor, yaitu :
  1. Pertama-tama ambil daun kelor secukupnya, cuci sampai bersih dan haluskan dengan cara di tumbuk.
  2. Setelah itu, balurkan pada kulit yang terasa sakit secara merata sambil dipijat dengan lembut.
  3. Diamkan selama beberapa menit dan rasakan sensasi hangatnya.
  4. Jika rasa hangatnya sudah berkurang, bersihkan dengan lap basah hangat dan balurkan lagi dengan ramuan yang baru.
  5. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur sampai pegal linu sembuh.

10. Memelihara Kesehatan Organ Jantung

Di dalam daun kelor mengandug senyawa yang bersifat sebagai anti-inflamasi, daun kelor ini sudah digunakan sejak dulu sebagai bahan alami dalam pengobatan kuno di India (Ayurveda) dalam mencegah atau mengobati peradangan yang terjadi pada tubuh.

Selain itu, di dalam daun kelor juga mengandung kalium yang berperan sangat penting dalam memelihara kesehatan organ jantung, sehingga membuat organ jantung dapat berfungsi dengan baik dan normal serta dapat terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan, kalium yang terkandung di dalam daun kelor ini bermanfaat untuk membantu melancarkan peradaran darah, menurunkan kadar kolesterol dan melebarkan pembuluh darah. Maka dengan rutin minum air rebusan daun kelor bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan organ jantung agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

11. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun kelor juga ternyata tidak hanya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, tetapi juga saat ini sering digunakan sebagai minuman pelangsing alami yang terkenal sangat ampuh. Dengan rutin minum air rebusan 2 gelas perhari dapat membantu melancarkan pencernaan, merangsang metabolisme tubuh untuk membantu proses pembakaran lemak dan kalori dengan cepat.

Untuk mendapatkan hasil optimal, disamping minum air rebusan daun kelor anda juga sebaiknya mengimbanginya dengan rutin berolaga untuk mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh terutama pada bagian perut.

12. Menambah Energi Tubuh

Dengan rutin minum secangkir air rebusan daun kelor hangat di pagi hari dapat bermanfaat untuk memberikan energi tambahan, sehingga tubuh akan lebih berstamina dan mampu menjalani aktivitas sepanjang hari. Selain itu, minum air rebusan daun kelor juga dapat mencegah tubuh mengalami kelelahan saat beraktivitas.

13. Melancarkan Pencernaan

Minum air rebusan daun kelor juga dipercaya ampuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga buang air pun akan menjadi lebih lancar. Selain itu, manfaat air rebusan daun kelor juga dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan pencernaan seperti sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

14. Meningkatkan Fungsi Ekskresi

Manfaat minum air rebusan daun kelor dipercaya dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ ginjal dan hati, tubuh bisa dikatakan sehat dan bugar apabila aktivias pembuangan limbah dalam tubuh berjalan dengan baik dan lancar.

15. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Di dalam daun kelor mengandung kalium yang cukup tinggi, kandungan kalium ini sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah dalam tubuh.

Selain itu, manfaat daun kelor juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari resiko penyakit jantung dan bahkan serangan stroke akibat tekanan darah yang terlampau tinggi dan tak terkendalikan.

16. Obat Batuk Alami

Air rebusan daun kelor juga dipercaya sangat berkhasiat untuk membantu meredakan batuk, karena sensasi hangat pada daun kelor ini akan melegakan tanggorokan dan meringankan gatal-gatal pada tenggorokan. Untuk mengobati batuk, anda bisa minum setengah gelas air rebusan daun kelor yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan madu. Minum secara rutin 3 kali sehari sampai batuk sembuh.

17. Menurunkan Demam

Kandungan nutrisi dan senyawa penting yang terkandung di dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan demam, sehingga jika anda atau anak anda sedang demam bisa minum air rebusan daun kelor secara rutin dan teratur sampai demam sembuh turun.

18. Menghilangkan Bau Mulut

Memiliki masalah dengan bau mulut memang akan membuat kita merasa kurang percaya diri, apalagi poada saat berbincang dengan seseorang. Bau mulut sendiri disebabkan oleh karena adanya bakteri yang berkumpul dan berkembang biak di dalam mulut, sehingga dapat menyebabkan pembusukan yang membuat aroma panas menjadi tidak sedap alias bau.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun kelor, yaitu cukup dengan rajin-rajin berkumur menggunakan air rebusan daun kelor secara rutin dan teratur setiap setelah menggosok gigi. Bakteri yang hidup dan berkembang biak dalam mulut seketika akan langsung hilang.

B. Efek Samping Daun Kelor bagi Kesehatan

Sebenarnya daun kelor ini aman dikonsumsi atau diminum air rebusannya, bahkan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit, asalkan anda mengkonsumsinya dalam dosis yang wajar atau tidak berlebihan.

Selain memiliki manfaat yang baik, ternyata daun kelor ini memilki efek samping khususnya bagi ibu hamil. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor karena di dalam daun kelor mengandung beragam kandungan zat dan nutrisi yang dapat memicu keguguran pada ibu hamil.

Jadi, untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya, alangkah lebih baiknya ibu hamil tidak mengkomsumsi daun kelor.

Demikianlah ulasan mengenai 18 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Efek Sampingnya yang dapat kami bahas pada artikel kesehatan kali ini. Semoga apa yang kami bahas di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Ayo bagikan artikel ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Terima kasih dan salam sehat.