17 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan

17 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Daun Salam, Macam-macam Manfaat Daun Salam, Khasiat dan Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan, Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk Obat Herbal dan Kecantikan, Efek Samping Daun Salam, Kandungan Daun Salam, Manfaat Daun Salam untuk Pria dan Wanita, Kegunaan Daun Salam.


Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Siapa yang tidak mengenal daun salam. Daun salam merupakan jenis dedaunan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam membuat bumbu masakan. Daun salam sendiri dapat menghasilkan aroma yang sangat khas pada masakan, sehingga mampu menggugah selera makan bagi yang mencium aromanya.

Namun pada kesempatan kali ini, kami bukan mau membahas mengenai masakan, melainkan manfaat daun salam khususnya dalam urusan kesehatan. Daun salam merupakan jenis dedaunan yang termasuk ke dalam jenis tanaman yang secara umum sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam bumbu masakan, namun ilmiah dari daun salam sendiri yaitu syzgium polyanthum dan juga dikenal dengan sebutan Bay Leaf.

Daun salam memiliki bentuk dan ukuran yang tidak terlalu lebar dan bentukya agar menguncup di bagian ujung daunnya. Alasan masyarakat Indonesia daun salam dijadikan sebagai bahan pelengkap dari bumbu masakan yaitu karena daun ini memiliki aroma yang sangat khas., sehingga dapat membuat masakan menjadi lebih harum dan dapat menggunggah selera makan.

Dibalik aromanya yang khas, ternyata daun salam juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam pembuatan obat-obatan tradisional. Hal ini dikarenakan, di dalam daun salam mengandung banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sebelum mengulas tentang manfaat daun salam ini, anda bisa simak terlebih dahulu beragam kandungan zat dan nutrisi penting yang terkandung di dalam daun salam. Berikut informasinya!

Kandungan Zat / Nutrisi Di Dalam Daun Salam

Di dalam daun salam menyimpan banyak sekali kandungan zat-zat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini kandungan zat dan nutrisi penting yang terkandung di dalam setiap 100 gram daun salam, seperti :
  • Vitamin A, sebanyak 6.185 IU
  • Vitamin B6, sebanyak 1,7 mg
  • Vitamin B12, sebanyak 0 µg
  • Vitamin C, sebanyak 46,5 mg
  • Vitamin D, sebanyak 0 IU
  • Kalori, sebanyak 313 kkal
  • Lemak, sebanyak Total  8 gram
  • Lemak, sebanyak jenuh 2,3 gram
  • Lemak tak jenuh ganda, sebanyak 2,3 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal, sebanyak 1,6 gram
  • Karbohidrat, sebanyak 75 gram
  • Protein, sebanyak 8 gram
  • Serat pangan, sebanyak 26 gram
  • Kalsium, sebanyak 834 mg
  • Kalium, sebanyak 529 mg
  • Magnesium, sebanyak 120 mg
  • Zat besi, sebanyak 43 mg

Kandungan zat lainnya yang terkandung di dalam daun salam, diantaranya yaitu :
  • Di dalam daun salam mengandung banyak sekali senyawa aktif yang mudah sekali menguap di dalam tubuh, seperti a-pinene, ß-pinene, myrcene, limonene, linalool, neral, metil chavicol, a-terpineol, eugenol, geranyl asetat dan chavicol. Kandungan senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan, zat antiseptik dan juga anti kanker.
  • Di dalam daun salam juga mengandung asam laurat yang dapat berfungsi sebagai obat nyamuk.
  • Kandugan minyak essensial yang terkandung di dalam daun salam bermanfaat untuk digunakan sebagai obat tradisonal untuk mengobati penyakit nyeri otot, arthritis, bronkitis, dan juga gejala flu.

Jika dilihat dari kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam daun salam tersebut, manfaat daun salam untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, daun salam juga dipercaya bermanfaat untuk kecantikan.

Beragam Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat daun salam yang bisa anda dapatkan bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Pengobatan Penyakit Diabetes

Bagi para pasien penderita penyakit diabetes, perlu anda ketahui bahwa daun salam mengandung senyawa aktif yang terbukti efektif untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi. Daun salam ini dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes tipe 2, cara mengobati diabetes dengan daun salam dapat dilakukan dengan cara minum air rebusan dan salam secara rutin dan teratu selama 30 hari.

Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan di dalam daun salam ini mampu membantu meningkatkan proses pembentukan insulin dalam tubuh, sehingga minum air rebusan dan salam sangat cocok untuk diberikan kepada para penderita diabetes dan juga bagi orang yang mengalami resistensi insulin.

2. Memelihara Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan senyawa penting yang terkandung di dalam daun salam seperti salisilat, rutin, asam caffeic dan juga fitonutrien ternyata sangat berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan dan fungsi organ jantung serta mencegah seseorang terkena penyakit stroke. Selai itu, kandungan senyawa flavonoid yang ada dalam daun salam juga sangat efektif untuk membantu dalam mengendalikan tekanan darah pada tubuh pasien hipertensi.

cara memelihara kesehatan kardiovaskular, anda bisa minum air rebusan daun salam secara rutin dan teratur, cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus daun salam sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air, lalu rebus sampai airnya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan daun salam tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum, minum dalam kondisi hangat dan rasakan khasiatnya.

3. Meredakan Rasa Sakit

Kandungan minyak yang terdapat di dalam ekstrak daun salam dapat bersifat sebagai zat anti-inflamasi yang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit rematik, arthritis, strain dan jugaakibat  keseleo. Kandungan minyak yang terdapat di dalam daun salam juga terbukti efektif untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat peradangan yang disertai dengan pembengkakan.

4. Mencegah Kanker

Manfaat daun salam berikutnya sangat dipercaya ampuh mencegah dan mengatasi kanker, karena di dalam daun salam mengandung quercetin, asam caffeic, euganol dan juga catechin. Semua kandungan senyawa penting tersebut sangat berperan aktif dalam melawan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kanker.

Selain itu, di dalam daun salam juga sangat berkhasiat untuk mencegah pembentukan kanker serviks. Hal ini dikarenakan, di dalam daun salam memiliki beberapa kandungan nutrisi penting seperti phytonutrient yang dikenal dengan nama parthenolide. Kandungan fitonutrien yang terdapat di dalam daun salam tersebut sudah terbukti secara klinis bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan sel kanker serviks.

5. Meredakan Batuk

Dau salam juga ternyata dipercaya ampuh untuk mengobati gejala flu seperti batuk, pilek, demam dan juga flu.  Selain itu, daun salam juga efektif untuk membantu meredakan gejala batuk yang disertai dengan sesak nafas.

Cara meredakan batuk dengan daun salam sangat mudah, anda hanya perlu merebus daun selama sebanyak 2-3 lembar saja dengan air bersih sebanyak 1 gelas. Rebus hingga mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tinggal tersisa setengah gelas saja, lalu saring airnya dan minum secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari dalam kondisi hangat sebanyak setengah gelas.

6. Ampuh Mengobati Gatal-Gatal Akibat Digigit Serangga

Kandungan minyak yang ada dalam ekstrak daun salam mengandung asam laurat yang sangat efektif untuk mengobati gatal-gatal akibat terkena sengatan lebah atau gigitan serangga. Caranya yaitu, oleskan minyak yang terkandung dalam ekstrak daun salam pada kulit yang terkena gigitan serangga.

7. Mengobati Penyakit Ginjal

Manfaat daun salam berikutnya dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit ginjal seperti infeksi ginjal, gagal ginjal dan bahkan batu ginjal. Cara mengobati penyakit ginjal dengan daun salam cukup mudah, yaitu dengan merebus 5 gram daun salam dengan air sebanyak 2 gelas, lalu rebus hingga mendidih dan biarkan sampai air rebusannya hanya tersisa 1 gelas saja. Saringan dan dinginkan, lalu minum air rebusan dau salam tersebut secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

8. Mengobati Penyakit Rematik dan Asam Urat

Meskipun kedua jenis penyakit ini tidak sama, namun cara pengobatan alami yang dilakukan bisa dengan rutin minum air rebusan daun salam secara rutin dan teratur setiap hari. Ini dikarenakan, di dalam daun salam mengandung zat puri yang sangat baik untuk menghamcurkan tumpukan kadar asam urat yang mengkristal pada area persendian.

Caranya yaitu, rebus 10 lembar daun salam dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah airnya hanya tersisa 1 gelas saja, matikan apinya dan biarkan air rebusan daun salam tersebut hingga airnya cukup hangat untuk diminum. Minum air rebusan daun salam tersebut secara rutin dan teratur 2-3 kali dalam satu hari sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Lakukan pengobatan alami ini sampai gejala penyakit rematik dan asam urat yang anda derita sembuh.

9. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Anemia

Di dalam daun salam ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak, zat besi ini sangat baik untuk membantu mengobati penyakit anemia. Penyakit anemia sendiri merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh karena tubuh kurang mendapatkan asupan zat besi dalam jumlah cukup setiap harinya, sehingga dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah. Gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan sel darah merah pada tubuh yaitu sering mengalami pusing, cepat lelah, kurang bersemangat dan sering mengantuk.

Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun salam sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Sebab, di dalam daun salam mengandung zat besi yang merupakan komponen penting dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Caranya cukup dengan rutin minum air rebusan daun salam secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari, lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan tekanan darah dalam tubuh anda sudah dalam kondisi normal.

10. Meredakan Gangguan Pernapasan dan Asma

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun salam juga terbukti efektif untuk meredakan gangguan pernapasan dan gejala asma. Ketika anda sedang menderita sesak napas, segera minum air rebusan daun salam dalam kondisi hanga secara rutin dan teratur 3 kali sehari. Kandungan senyawa aktif dalam daun salam akan dengan cepat meredakan gangguan pernapasan dan asma, rasa hangat yang dihasilkan dari daun salam akan membuat tenggorokan menjadi lega.

11. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Minum air rebusan daun salam juga sangat efektif untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi, karena di dalam daun salam mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi. Dengan rutin minum air rebusan daun salam secara rutin dan teratur, maka dapat mencegah resiko terjadi kerusakan pada tulang dan gigi.

12. Mengobati Penyakit Hipertensi

Penyakit hipertensi atau lebih akrab dikenal dengan penyakit darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, karena apabila tekanan darah dalam tubuh terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, stroke dan bahkan beresiko menyebabkan pecah pada pembuluh darah. Sebab, di dalam daun salam mengandung kalium yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan demikian, tekanan darah dapat terkendalikan dengan baik dan tetap stabil.

B. Manfaat Daun Salam untuk Kecantikan

Selain berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, ternyata daun salam juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

1. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering dan kasar, maka anda bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan dengan daun salam. Hal ini dikarenakan, kandugan minyak yang terdapat pada ekstrak daun salam dapat mengembalikan kelembaban alami pada kuli, terutama pada kulit wajah.

Caranya yaitu, ambil daun salam yang masih segar dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkan pada permukaan kulit wajah secara merata sambil digosok-gosok dengan gerakan memutar secara perlahan. Diamkan minimal 15 menit, lalu basuh hingga bersih dengan air dingin.

Sebelum melakukan perawatan kulit diatas, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan terasa lebih halus dan lembab.

2. Menghilangkan Jerawat

Di dalam daun salam mengandung zat antiseptik dan antibakterial yang sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat, sehingga dengan rutin membersihkan kulit wajah dengan air rebusan daun salam yang hangat dapat membunuh kuman dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Bersihkan kulit wajah dengan air rebusan daun salam secara rutin pada pagi dan malam sebelum tidur, selain jerawat hilang kulit pun akan terlihat bersih dan bersinar.

3. Membantu Meregenerasi Sel Kulit

Rutin membersihkan kulit wajah dengan air rebusan daun salam juga ternyata sangat efektif untuk membantu melakukan proses regenerasi sel kulit, sehingga tumpukan sel kulit mati akan terangkat secara menyeluruh dan kulit wajah pun akan terhindar dari berbagai masalah kulit termasuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

4. Menghilangkan Ketombe

Ketombe memang sering kali membuat setiap orang yang mengalaminya merasa tersiksa dan tidak percaya diri, karena ketombe dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok. Salah satu cara menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok secara alami yaitu dengan menggunakan air rebusan daun salam.

Caranya yaitu, basuh rambut dan kulit kepala dengan air rebusan daun salam hangat sambil dipijat-pijat secara perlahan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan cara keramas. Lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur 2 kali seminggu selama 1 bulan.

5. Membasmi Kutu Rambut

Selain dapat menghilangkan ketombe dan mengatasi masalah rambut rontok, cara yang dilakukan diatas juga sangat bermanfaat untuk membasmi kutu rambut. Hanya saja, setelah anda membasuh rambut dengan air rebusan daun salam, tutup rambut dan kulit kepala dengan menggunakan shower cup. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan cara keramas seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur 3 kali seminggu.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan manfaatnya?

Demikian ulasan mengenai Beragam Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Kecantikan yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa jaga pola hidup anda agar tetap sehat.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo berbagi informasi ini pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua.