24 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

24 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Daun Singkong untuk Pria dan Wanita, Kegunaan Daun Singkong untuk Tubuh, Khasiat dan Manfaat Daun Singkong untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit secara Alami, Efek Samping Daun Singkong, Masker Daun Singkong, Manfaat Daun Singkong untuk Wajah, Kandungan Zat Gizi Daun Singkong.


Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Apakah anda suka makan daun singkong? Bagi orang-orang yang tinggal diperkampungan pastinya lebih sering mengkonsumsi daun singkong, biasanya sayuran ini sering dijadikan sebagai lalapan atau aneka masakan sayur, salah satunya yaitu gulai daun singkong.

Namun tahukah anda, ternyata daun singkong juga tidak hanya memiliki rasa yang nikmat ketika diolah menjadi sayur, tetapi daun singkong juga sangat kaya akan kandungan protein. Mungkin sebagian dari anda belum pernah terbayangkan jika ternyata di dalam daun singkong mengandung protein mentah dalam jumlah yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan kandungan yang ada dalam daun bayam. Selain tinggi protein, ternyata daun singkong juga mengandung serat yang sangat tinggi.

Selain kaya protein dan serat, masih banyak lagi kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya yang ada dalam daun singkong. Maka anda tidak perlu meragukan lagi manfaat dan khasiat dari daun singkong ini untuk kesehatan. Untuk mengetahui kandungan gizi dan nutrisi penting apa saja yang terkandung di dalam daun singkong, anda bisa simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi / Nutrisi Daun Singkong

Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dapat dengan mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita, terutama bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan. Pada bagian umbinya sering dimanfaatkan sebagai makanan pokok, karena di dalamnya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Sementara pada daun tanaman singkongnya tidak hanya enak dan lezat untuk dijadikan lalapan atau dimasak, tetapi juga megandung gizi dan nutrisi lengkap yang sangat baik untuk tubuh.

Di dalam setiap 100 gram daun singkong muda mengandung protein sebanyak 3,7 gram, serat sebanyak 0,6 gram, kalori sebanyak 37 gram, lemak sebanyak 0,2 gram, karbohidrat sebanyak 7,3 gram dan mengandung kalsium sebanyak 165 gram. Selain itu, di dalam daun singkong juga mengandug nutrisi penting lainnya yang juga penting dan sangat diperlukan oleh tubuh seperti vitamin A, vitami C, vitamin B12 serta beberapa kandungan mineral penting lainnya seperti kalium, fosfor, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Maka dari itu, tak heran apabila daun singkong ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara teratur. Mengkonsumsi daun singkong dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, namun sebaiknya anda tidak mengkonsumsi daun singkong secara berlebihan karena di dalam daun hijau ini memiliki sejumlah kandungan zat yang dapat menimbulkan efek samping pada penderita hipertensi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Lantas, apa saja manfaat mengkonsumsi daun singkong untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan 

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi daun singkong. Manfaat daun singkong yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain :

1. Baik Untuk Diet

Olahan masakan daun singkong menjadi salah satu menu terbaik untuk anda yang sedang menjalani program diet, karena di dalam daun singkong mengandung kalori dalam jumlah yang tidak terlalu tinggi. Maka bagi anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dan sedang menjalani program diet, sebaiknya anda memasukan daun singkong sebagai menu makanan utama untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mengkonsumsi daun singkong dapat membuat anda cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang banyak dan sering setiap harinya.

2. Menjaga Kesehatan Pada Pencernaan

Mengkonsumsi daun singkong sangat baik untuk membantu memelihara kesehatan pada sistem pencernaan, bahkan banyak orang yang percaya jika dengan rutin mengkonsumsi daun singkong muda dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Maka dengan rutin mengkonsumsi daun singkong dalam jumlah cukup, kesehatan sistem pencernaan akan senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai gangguan terhadap kesehatan pencernaan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sebelumnya daun singkong memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, vitamin C ini dapat berperan penting sebagai sumber antioksidan alami yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi daun singkong muda, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh faktor serangan radikal bebas.

4. Memelihara Kesehatan Mata

Dengan rutin mengkonsumsi daun singkong juga ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam daun singkong mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan daya penglihatan dan mencegah berbagai gangguan kesehatan mata seperti katarak, degenerasi makula dan mata rabun.

5. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat daun singkong berikutnya yaitu terbukti efektif untuk mencegah dan mengatasi anemia, karena kandungan zat besi yang terdapat di dalam daun singkong sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Maka bagi anda yang menderita penyakit anemia akibat dari kekurangan sel darah merah dalam tubuh, disarankan agar anda rutin mengkonsumsi daun singkong muda secara rutin dan teratur setiap hari,

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Banyak masyarakat yang yakin bahwa dengan rutin mengkonsumsi daun singkong muda dapat membantu mengembalikan nafsu makan, sehingga bagi anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan sebaiknya rutin mengkonsumsi daun singkong. Dengan demikian, nafsu makan anda akan kembali normal.

7. Mengobati Diare

Daun singkong juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sejak dulu sebagai bahan alami untuk pengobatan penyakit, salah satu manfaatnya yaitu dapat mengobati diare. Berikut ini cara membuat obat diare alami dari daun singkong, yaitu :
  1. Pertama-tama bersihkan daun singkong dengan air mengalir.
  2. Kemudian rebus daun singkong dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih, biarkan airnya sampai tersisa sekitar 2 gelas saja.
  3. Setelah itu, saring airnya dan dinginkan.
  4. Minum air rebusan daun singkong tersebut sebanyak 1 gelas dalam kondisi hanga pada pagi dan sore hari.

Lakukan pengobatan diare ini secara rutin dan teratur setiap hari sampai diare sembuh.

8. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat daun singkong juga sangat dipercaya dapat membantu meringankan sakit kepala, banyak orang yang masih belum tahu jika daun singkong cukup efektif untuk meringankan sakit kepala, caranya yaitu dengan minum jus daun singkong secara rutin dan teratur.

Cara membuat obat sakit kepala alami dari daun singkong, yaitu :
  1. Siapkan daun singkong muda segar secukupnya, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir.
  2. Setelah itu, haluskan daun singkong dengan menggunakan blender dengan diberi tambahan setengah gelas air matang.
  3. Untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan madu secukupnya sesuai selera.
  4. Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari sebanyak setengah gelas jus daun singkong.

9. Memperbaiki Sel yang Rusak

Rutin mengkonsumsi daun singkong ternyata sangat baik untuk membantu dalam memperbaiki sel-sel yang rusak akibat serangan radikal bebas berbahaya, baik yang disebabkan oleh makanan maupun zat polutan. Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam daun singkong mampu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak dengan sel-sel yang baru.

10. Menambah Energi Tubuh

Di dalam daun singkong mengandung kalori dan lemak dalam jumlah cukup, kedua kandungan zat inilah yang dapat menjadi sumber cadangan energi tambahan untuk tubuh. Bahkan dari hasil penelitian lebih lanjut, kandungan lemak yang ada dalam daun singkong dapat diubah menjadi daging yang ada di bagian bawah kulit.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Daun singkong juga sangat bermanfaat untuk mengobati luka seperti luka sayatan, luka terjatuh dan bahkan luka bakar. Hal ini dikarenakan, di dalam daun singkong mengandung zat yang bersifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan sekaligus mencegah infeksi para luka.

Caranya yaitu, kunyah pucuk daun singkong dan tempelkan pada bagian kulit yang terluka. Diamkan sampai daun singkong kering. Cara ini sudah dilakukan sejak dulu hingga sekarang.

12. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Daun singkong memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi, kedua kandungan mineral penting tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan, kandungan kalsium dan fosfor bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tulang dan juga memperkuat komposisi tulang.

Maka disamping rutin minum susu untuk mendapatkan asupan kalsium dan fosfor, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi jenis makanan lain yang memiliki kandungan kalsium dan fosfor tinggi lainnya yang salah satunya yaitu daun singkong.

13. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat lain dari daun singkong yaitu dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, karena kandungan asam amino essensial yang terkandung di dalam daun singkong sengat baik untuk meningkatkan kerja dari metabolisme tubuh, sehingga energi yang akan dikeluarkan oleh tubuh akan semakin besar. Dengan rutin mengkonsumsi daun singkong, maka tubuh mampu beraktivitas dengan baik.

14. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam daun singkong juga mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, kandungan zat tersebut mampu melakukan perlawanan terhadap serangan radikal bebas, terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan.

15. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Manfaat mengkonsumsi daun singkong juga terbukti efektif untuk menurunkan resiko kanker, karena kandungan klorofil yang terdapat pada daun singkong mengandung zat oksidan yang mampu melawan zat karsinogenik yang dapat menjadi penyebab pembentukan sel kanker.

16. Mencegah Stroke

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi daun singkong bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami serangan stroke, yaitu jenis penyakit yang disebabkan oleh faktor degenerative. Penyakit ini memang sangat berbahaya dan bahkan bisa mematikan apabila tidak segera diatasi, untuk mengobati penyakit stroke memang terbilang cukup sulit namun penyakit ini bisa dicegah.

Cara mencegah penyakit stroke yaitu dengan rutin mengkonsumsi daun singkong. Hal ini dikarenakan, di dalam daun singkong mengandung isoflavin yang selama ini sering dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati penyakit stroke. Maka dari itu, daun singkong ini sangat baik untuk dijadikan sebagai makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi oleh pasien penderita stroke.

17. Mengobati Penyakit Rematik dan Asam Urat

Sudah sejak dulu jika daun singkong sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit rematik dan asam urat, karena kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam daun singkong sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit rematik dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

18. Mengobati Batuk dan Flu

Rutin mengkonsumsi daun singkong dipercaya ampuh untuk menyembuhkan batuk dan flu. Kandungan zat yang terdapat pada daun singkong mampu melegakan batuk dan flu.

19. Meningkatkan Daya Ingat

Mengkonsumsi daun singkong juga dipercaya dapat meningkatkan daya ingat seseorang, karena di dalam daun singkong mengandung asam amino essensial yang merupakan pecahan dari protein yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga diperlukan asupan protein dari luar rubuh seperti dengan mengkonsumsi daun singkong. Maka dari itu, daun singkong ini sangat baik dikonsumsi oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga lansia untuk mencegah para lansia mengalami kepikunan.

20. Menyembuhkan Wasir

Bagi anda yang sedang menderita gejala penyakit wasir, maka sebaiknya hindar mengkonsumsi makanan-makanan yang keras dan sulit untuk dicerna karena dapat memperparah wasir. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan wasir, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi daun singkong.

Dengan mengkonsumsi daun singkong dapat membantu melancarkan BAB tanpa menimbulkan rasa sakit, karena di dalam daun singkong mengandung serat yang cukup tinggi dan baik dikonsumsi oleh penderita peyakit wasir atau ambeien.

B. Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Daun singkong tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh apabila dikosumsi secara rutin dan teratur, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan membuat masker alami untuk perawatan kulit wan rambut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya mengenai manfaar daun singkong untuk kecantikan dibawah berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Bagi anda yang ingin terhindar dari masalah munculnya penuaan pada kulit sebelum waktunya, maka anda bisa mencegannya dengan melakukan perawatan kulit wajah menggunakan daun singkong. Hal ini dikarenakan, di dalam daun singkong mengandung berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kulit.

Cara mecegah dan mengatasi penuaan dini dengan daun singkong cukup mudah, anda hanya perlu mengolah daun singkong ini menjadi jus. Setelah itu, anda bias mengaplikasikannya sebagai masker wajah dan gunakan secara rutin dan teratur sesuai kebutuhan.

Dengan rutin melakukan perawatan menggunakan masker wajah yang terbuat dari daun singkong, kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan tampak lebih segar serta terlihat awet muda.

2. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Manfaat melakukan perawatan kecantika kulit wajah dengan daun singkong dipercara efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah, sehngga kukit wajah akan terhindar dari jeawat, komedo dan tidak tampak mengkilap.

3. Menghilangkan Jerawat

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yang cukup efektif yaitu dengan menggunakan masker daun singkong. Caranya yaitu, haluskan terlebih dahulu daun singkong dengan blender tanpa air, lalu tambahkan air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan aduk kembali hingga kedua bahan tercampur merata.

Sebelum menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat dan keringkan, setelah itu, oleskan masker daun singkong ini secara merata pada permukaan kulit wajah yang berjerawat atau bisa juga diaplikasikan secara menyeluruh pada permukaan kulit wajah dan leher. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil optimal dari perawatan kecantikan alami ini, sebaiknya lakukan secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur sampai jerawat hilang.

4. Menyuburkan Rambut

Selain baik untuk kulit, ternyata daun singkong juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan rambut agar rambut tumbuh sehat dan subur. Untuk anda yang memiliki masalah kebotakan pada rambut, anda bisa mengatasinya dengan mengaplikasikan masker daun singkong ini secara rutin dan teratur pada kulit kepala minimal 3 kali seminggu. Jika dilakukan dengan rutin, maka rambut anda akan kembali tumbuh dengan sehat dan lebat.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat daun singkong?

Ayo Baca Juga : Manfaat Singkong dan Ubi Jalar untuk Kesehatan

Demikian ulasan mengenai 24 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan, Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo share pada teman lainnya. Like juga halaman fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.