18 Manfaat Sawi untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

18 Manfaat Sawi untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah -- Khasiat & Manfaat Sayur Sawi Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat & Manfaat Sawi Hijau / Sawi Putih dan Efek Sampingnya, Manfaat Sawi Pahit, Khasiat & Manfaat Sayur Sawi untuk Pria dan Wanita, Cara Membuat Masker Sawi, Manfaat Sawi Hijau / Sawi Putih untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kebugaran Tubuh.


Manfaat Sawi untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah -- Ada banyak jenis sayur sawi, namun jenis yang paling diminati dan menjadi prmadona yaitu sawi putih. Sawi putih adalah jenis sawi yang paling banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang sangat enak, sedangkan untuk jenis sawi hijau kurang begitu dimiati karena rasanya yang sedikit pahit.

Meskipun terdiri dari beberapa jenis, sayur sawi memiliki kandugan gizi yang hampir sama dan jumlahnya setara. Sayur sawi dikenal kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin K. selain itu, di dalam sawi juga mengandung protein, karbohidrat dan juga lemak baik yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandugan zat penting lainnya yang ada dalam sawi diantaranya yaitu kalsium, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, folat, mangan dan juga teptofon. Sedangkan kandungan non gizi yang terkandung di dalam sayur sawi yaitu mengandung serat fiber yang cukup tinggi. Karena berbagai kandungan gizi dan nutrisi inilah yang membuat sayur sawi memiliki banyak sekal manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata sayur sawi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah.
Setelah kita semua mengetahui berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung di dalam sayur sawi, penting sekali bagi anda untuk mengetahui beragam manfaat sayur sawi baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Berikut telah kami ulas artikel secara lengkap mengenai manfaat sayur sawi, untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Sawi untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

A. Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi sayur sawi untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Anda bisa mengolah sawi hijau untuk dijadikan jus sayur yang menyehatkan, karena di dalam sawi hijau mengandung vitamin K yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh, khususnya baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Peran dari vitamin K ini dipercaya mampu membantu mengubah protein matriks pada tulang, menurunkan eksresi kalsium, membantu memaksimalkan proses penyerapa kalsium dan juga melindugi tulang dari kerusakan. Maka dengan konsumsi sayur sawi hijau mentah, maka kebutuhan vitamin K untuk tubuh akan terpenuhi.

Baca Juga : Makanan yang Mengandung Vitamin A, B, C, D, E, dan K, serta Fungsinya

2. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diebetes

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, bahkan jika tidak ditangani dengan baik secara medis dapat menyebabkan kematian. Penyakit diabetes sendiri sering kali disebabkan oleh karena ketidak mampuan tubuh dalam menghasilkan insulin, bahkan bisa juga disebabkan oleh karena terlalu tingginya kadar insulin dalam tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi satu gelas jus sawi, maka kadar glukosa dalam darah akan menurun. Selain itu, rutin minum jus sawi juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas kadar insulin dan sekaligus mencegah oksidatif stress akibat dari perubahan yang terjadi pada pasien penderita penyakit diabetes. Berdasarkan dari hasil penelitian telah membuktikan keampuhan dari jus sawi ini dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh jika diminum secara rutin dan teratur.

3. Ampuh Mencegah Kanker

Saat ini banyak sekali orang yang sedang berjuang dalam menghadapi penyakit kanker yang menyerang tubuhnya, kanker sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat dan masih banyak lagi jenis-jenis kanker lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan di dunia yang sanga sulit untuk disembuhkan, sehingga akan lebih baik jika kita melakukan pencegahan kemunculan penyakit ini.

Salah satu cara untuk mencegah kanker yang sudah terbukti ampuh yaitu dengan rutin mengkonsumsi jus sawi secara rutin dan teratur, karena di dalam jus sawi mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan mampu menghambat proses pembentukan sel kanker.

Selain itu, di dalam sayur sawi juga mengandung klorofil yang sangat baik untuk memblokir efek dari karsiogenik anima heterostik yang akan dihasilkan saat melakukan pemanggangan makanan. Efek yang dihasilkan tersebut secara tidak langsung dapat menyebabkan kemunculan kanker dalam tubuh.

4. Mencegah Pembentukan Flak pada Arteri

Kemunculan flak pada arteri dapat menyebabkan kemuculan berbagai jenis penyakit berbahaya. Untuk mencegahnya, anda bisa rutin minum jus sawi. Hal ini dikarenakan, kandungan zat yang terkandug di dalam jus sawi sangat baik untuk membantu membersihkan saluran pembuluh arteri sehingga dapat kemunculan flak pada arteri.

5. Baik untuk Diet

Konsumsi sayur sawi juga sangat baik dilakukan oleh orang yang sedang menjalani diet, karena kandungan seratnya yang tinggi pada sayur sawi dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Maka bagi anda yang sedang menjalani program diet, jangan ragu untuk memasukan sayur sawi ke dalam menu diet harian anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet Alami

6. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol dapat disebabkan oleh karena adanya flak pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan aliran darah menjadi terhambat dan terjadi penumpukan lemak jenuh pada pembuluh darah. Hal ini dapat dipicu oleh karena kurangnya olahraga atau aktivitas fisik lainnya dan gaya hidup yang tidak sehat, jika tidak segera diatas dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan lainnya yang lebih serius seperti penyakit jantung dan juga komplikasi.

Untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil, maka disarankan untuk mengkonsumsi sayur sawi. Hal ini dikarenakan,  di dalam sayur sawi mengandung serat yang cukup tinggi dan dipercaya dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat yang bermanfaat untuk melawan serangan radikal bebas, kandungan zat ini dapat diperoleh dari berbagai jenis sayur dan buah. Salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan yaitu sayur sawi. 

Dengan rutin mengkonsumsi sayur sawi dipercaya mampu memberikan antioksidan, karena di dalam sayur sawi mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa jenis vitamin yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yaitu seperti vitamin A, C dan juga vitamin E. Maka dengan rutin mengkonsumsi sayur sawi dapat mencegah berbagai jenis panyakit yang disebabkan oleh karena paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya yaitu penyakit kanker.

8. Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Selaput Lendir

Kulit memang menjadi salah satu bagian tubuh yang penting untuk selalu kita jaga kesehatannya, sebab kulit yang sehat dapat menunjang penampilan pada tubuh kita dan dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada kulit. Salah satu cara memelihara kesehatan kulit tubuh yaitu bisa dilakukan dengan cara minum jus sawi secara rutin, karena di dalam sayur sawi mengandung vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Fungsi dari mata memang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga menjaga kesehatan mata sangatlah penting untuk dilakukan agar daya penglihatan mata dapat terjaga dengan baik.

Agar mata tetap sehat dan terhindar dari kerusakan mata, kita bisa rutin mengkomsumsi sayur sawi, karena di dalam sayur sawi memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang sangat baik dan dibutuhkan untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, rutin mengkonsumsi sayur sawi juga sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata rabun, katarak dan juga mencegah degenerasi makula.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

10. Mencegah Cacat Tabung Saraf pada Bayi

Sayur sawi juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena berkat kandugan asam folat yang terkandung di dalam sayur sawi diduga sangat baik untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi saat dilahirkan. Maka selama masal kehamilan, jangan ragu untuk mengkonmsumsi sayur sawi secara rutin setiap hari agar janin yang ada dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

11. Mencegah Osteoporosis dan Arthritis

Manfaat sayur sawi juga sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit osteoporosis dan arthritis, osteoporosis adalah suatu penyakit akibat dari terjadinya proses pengeroposan pada tulang, sedangkan arthritis merupakan jenis penyakit akibat terjadi peradangan pada sendi.

Bagi anda yang ingin terhindar dari kedua jenis penyakit ini, anda bisa mengkonsumsi secara rutin sayur sawi. Hal ini dikarenakan, di dalam sayur sawi mengandung vitamin K dan juga beberapa mineral penting yang sangat baik untuk menutrisi tulang seperti kalsium dan fosfor. Maka dengan rutin mengkonsumsi sayur sawi, tulang akan menjadi lebih sehat dan kuat.

12. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Terlalu banyak pikiran dan stres memang sering membuat seseorang mengalami kesulitan untuk bisa tidur dengan lelap atau bahkan bisa menyebabkan seseorang menderita insomnia. Insomnia sendiri adalah kondisi dimana kita mengalami kesulitan untuk tidur, sehingga dapat menyebabkan tubuh sering lemas, kurang berstamina dan sulit untuk berkonsentrasi saat bekerja esok harinya.

Salah satu cara memperbaiki kualitas tidur, sehingga anda bisa tidur dengan lelap setiap malam yaitu dengan rutin mengkonsumsi sayur sawi. Hal ini dikarenkaan, di dalam sayur sawi mengandung zat kolin yang berkhasiat untuk membantu mengatasi insomnia dengan cara menenangkan saraf dan otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. Dengan demikain, anda bisa tidur dengan nyenyak dan esok paginya tubuh akan terasa lebih segar dan siap untuk melakukan aktivitas dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

13. Mencegah Peradangan

Di dalam jus sawi juga mengandung zat penting yang bersifat antiinflamasi, kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk mencegah peradangan yang terjadi pada tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi sayur sawi, tubuh akan mejadi lebih sehat dan terhindar dari terjadinya peradangan.

14. Baik untuk Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang lancar menandakan jika tubuh kita dalam kondisi sehat, karena jika sistem pencernaa sedang terganggu dapat berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari. Selain itu, pencernaan yang tidak lancar juga dapat menyebabkan munculnya berbagai ganguan kesehatan pada pecernaan seperti susah BAB, sembelit, diare dan juga sakit perut.

Untuk menjaga agar pencernaan tetap sehat dan berfungsi dengan baik, anda dapat mengkonsumsi sayur sawi secara rutin dan teratur karena di dalamnya terdapat kandungan serat yang cukup tinggi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat bisa diperoleh dengan cara rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi sayur sawi, karena di dalam sayur sawi mengandung vitamin dan juga senyawa panting yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

16. Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ paling vital dalam tubuh, sehingga penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita tahu bahwa organ jantung ini berfungsi untuk memompa darah dan jjuga oksigen agar dapat mengalir dengan lancar keseluruh tubuh, seseorang dinyatakan meninggal dunia apabila jantungnya sudah berhenti berdetak.

Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan jantung agar dapat bekerja dengan baik dan optimal. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan konsumsi sayur sawi, karena di dalam sayuran ini mengandung kalium dan senyawa penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan jantung.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

17. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi sayur sawi juga sangat bermanfaat untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi, karena di dalam sayu sawi mengandung kalium yang berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Dengan demikian, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan tekanan darah dalam tubuh pun akan menjadi lebih stabil dan terkontrol dengan baik.

B. Manfaat Sayur Sawi Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa sayur sawi hanya baik untuk kesehatan, karena telah banyak dilakukan penelitian dan mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sayur sawi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Namun pada kenyataanya, berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa sayur sawi juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai masker wajah untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba tips merawat kulit wajah dengan sawi yang telah kami ulas pada artikel dibawah berikut ini.

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Sawi

Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan membuat masker wajah menggunakan sawi, gunakan sawi yang segar dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong kecil-kecil kemudian masukan ke dalam blender dan haluskan. Langkah selanjutnya yaitu, campurkan jus sawi yang telah anda buat tadi dengan bahan alami lain seperti minyak zaitun dan air peradan jeruk lemon segar secukupnya. Aduk kembali sebentar saja agar semua bahan alami tersebut tercampur merata.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah serta Jenis Makanan yang Baik untuk Perawatannya

Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan. Lalu, oleskan masker sawi yang telah anda buat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah dan diamkan selama 30 menit atau sampai masker kering. Terakhir, bilas hingga bersih dan rasakan perbedaannya. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kecantikan alami ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu setiap malam sebelum tidur.

Dengan rutin melakukan perawatan kecantikan kulit wajah dengan sayur sawi ini dipercaya sangat bermanfaat untuk menghaluskan, melembabkan, mencerahkan dan mencegah munculnya berbagai masalah yang sering mumcul pada kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan cantik alami serta terhindar dari berbagai masalah kulit.

Sayur sawi termasuk jenis bahan alami yang sangat mudah dicari, harganya pun sangatlah terjangkau. Maka untuk miliki kulit wajah yang sehat dan cantik tidak harus mahal lho, ladies? Anda bisa manfaatkan sayur sawi ini untuk merawat kulit wajah secara alami.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh dan Wajah Secara Alami

Demikianlah artikel yang dapat kami ulas pada postingan kali ini mengenai 18 Manfaat Sawi untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat. Thanks very much.