22 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya

22 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya -- Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat dan Khasiat Daun Ciplukan untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Daun - Batang Akar Ciplukan Sebagai Obat, Efek Samping Buah Ciplukan, Manfaat Ciplukan dan Cara Mengolahnya, Manfaat Buah Ciplukan untuk Wajah - untuk Payudara - untuk Stroke, Manfaat Tanaman Ciplukan, Kandungan Zat pada Ciplukan.


Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh -- Ciplukan adalah jenis tanaman liar yang memiliki nama latin Physialis Angulata, tanaman ini dapat dengan mudah kita temukan di area kebun sekitar persawahan. Dengan kata lain, kita bisa menemukan ciplukan di perbatasan antara kebuh dan persawahan.

Daun ciplukan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Morel Berry, tanaman ini biasanya akan banyak tumbuh setelah pada petani selesai memanen tanaman padinya. Pada tanaman ciplukan terdiri dari akar, batang, daun dan buah sama seperti jenis tanaman pada umumnya.

Tanaman ciplukan memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah, seperti di Sumatera tanaman ini dikenal dengan nama daun lato-lato, kapo-kapo dan juga tanaman bodo. Di minangkabau, ciplukan dikenal dengan nama latuik-latuik. Di pulau jawa, tanaman ini dikenal dengan cecendet, cecendet kunir dan di daerah sunda dikenal dengan nama cecenet. Dan masih banyak lagi nama-nama lainnya yang ditujukan pada tanaman liar ini.

Meskipun hanya tanaman liar, tetapi masyarakat sering memanfaatkan tanaman ini sebagai obat tradisional dan salah satu bagian tanaman yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu pada daun dan buah dari tanamana ciplukan. Hal ini dikarenakan, di dalam daun dan buah ciplukan memiliki banyak sekali kandungan zat dan nutrisi penting yang dipercaya sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan tubuh dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Namun, sebelum mengulas tentang manfaat tanaman ciplukan ini pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang berbagai kandungan nutrisi dan zat yang terkandung di dalam tanaman ciplukan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Kandungan Zat / Nutrisi Buah Ciplukan

Pada bagian daun dan buah dari tanaman ciplukan ini memiliki banyak sekali kandungan zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya seperti vitamin C, Alkaloid, Polifenol, Chlorogenic acid dan masih banyak kandungan nutrisi penting lainnya yang dipercara sangat baik dan efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.

Secara garis besar, di dalam tanaman seperti daun dan buah ciplukan ini memiliki beberapa kandungan zat yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi, anti bakteri, anti virus, anti hiperglikemi, antioksidan, analgesik, sitotoksik, imonusupresan dan masih banyak lagi kandungan zat penting lainnya yang sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya

Dil lihat dari kandungan zat dan nutrisi yang terkandung di dalam tanaman ciplukan ini, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya yaitu :

A. Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat luar biasa yang biasa dari tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mencegah Dan Mengobati Penyakit Jantung

Manfaat yang pertama dari tanaman ciplukan ini yaitu bermanfaat untuk mencegah tubuh dari resiko terkena penyakit jantung, karena di dalam daun dan buah ciplukan ini mengandung kalium yang sanggat baik untuk membantu menjaga peredaran darah dalam tubuh tetap lancar, sehingga dapat mengalirkan darah dan oksigen ke organ jantung dengan baik untuk disalurkan di seluruh organ tubuh dengan baik. Selain itu, daun dan buah ciplukan ini juga sangat efektif dipercaya mampu mengobati penyakit jantung.

2. Mengobati Sariawan

Sariwan termasuk ke dalam jenis penyakit mulut, gusi dan juga lidah. Tanda jika anda mengalami sariwan bisa dikenali dari tanda bintik merah dan putih pada bibir bagian dalam, iidan dan gusi. Bagian mulut yang tekena sariawan akan ditandai dengan rasa sakit atau perih, terutama pada saat sedang makanan dan minum. Belum lagi sariawan ini dapat menyebabkan bau mulut, karena disebabkan oleh adanya aktivitas bakteri di dalam mulut.

Namun kini anda sudah tidak perlu khawatir, karena di dalam daun dan buah ciplukan ini mengandung vitamin C, zat anti septik dan bakteri yang sangat berkhasiat untuk membasmi bakteri yang bersarang di dalam mulut. Makan pantas jika tanaman ciplukan ini sangat ampuh untuk mengobatin sariawan di mulut dengan cepat dan aman.

Cara mengobati sariawan dengan ciplukan sangat mudah, anda hanya perlu rutin berkumur-kumur dengan air rebusan daun ciplukan secara rutin 2-3 kali sehari sampai sariawan sembuh.

3. Mengobati Bisul

Bisul merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang umum di alami oleh masyarakat, munculnya penyakit kulit ini akan sangat mengganggu sekali dalam beraktivitas dan bahkan jika munculnya di bagian kulit tubuh yang terbuka akan membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Munculnya bisul juga dapat membuat kita merasa kurang percaya diri, karena orang yang mengalami bisulan identik di anggap oleh masyarakat umum orang yang jorok, jarang mandi dan lain sebagainya. Padahal, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena penyebab dari munculnya bisul ini disebabkan oleh karena adanya penyumbatan pori-pori kulit dan darah kotor.

Salah satu cara mengobati bisul yaitu bisa dilakukan dengan menggunakan daun dan buah ciplukan, sebab di dalam daun dan buah ciplukan mengandung zat antiseptik dan antibakteri yang diduga efektif untuk mengobati bisul.

Caranya yaitu, tumbuk halus daun dan buah cipukan secukupnya dan tambahkan sedikit garam dapur. Setelah itu, basuh atau kompres bisul dengan air hangat dan tempelkan daun dan buah ciplukan yang telah ditumbuk tadi. Ikat dengan kain dan diamkan selama semalaman. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur, dalam beberapa hari bisul akan kempes dan mati.

4. Mengobati Penyakit Asma

Sebetulnya penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan, karena penyakit asama disebut juga dengan penyakit genetik yang sifatnya kambuhan. Hal yang bisa kita lakukan yaitu melakukan pencegahan agar gejala asma ini tidak gampang kambuh dan meredakan gejala asma pada saat sedang kambuh.

Selain menghindari hal-hal yang sering menjadi penyebab kambuhnya asma, anda bisa melakukan pengobatan untuk meredakan gejala asma yang sedang diderita yaitu dengan minum air rebusan daun dan buah ciplukan secara rutin 2 gelas per hari.

5. Menurunkan Deman

Manfaat tanaman ciplukan juga sangat efektif untuk membantu menurunkan demam atau panas pada tubuh, caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun dan buah ciplukan secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum. Jika diberikan kepada anak-anak diatas 12 tahun, cukup 2 kali sehari saja sebanyak setengah gelas sekali minum.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Dau dan buah ciplukan juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan kalium yang terdapat di dalam tanaman ini sangat efektif untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit darah tinggi dengan cepat dan aman.

Caranya yaitu, minum secsara rutin segelas air rebusan daun dan buah ciplukan 2 kali sehari sampai tekanan darah kembali normal. Sedangkan cara pencegahan agar tekanan darah tidak kembali meningkat, sebaiknya anda tetap rutin minum air rebusan daun dan buah ciplukan minimal 2 kali seminggu.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat tanaman ciplukan tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi saja, tetapi juga sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. cara yang dapat anda lakukan pun sama dengan cara diatas, minum 2-3 gelas perhari dan untuk langkah pencegahan bisa minum 1 gelas per hari.

7. Bermanfaat Untuk Menyadarkan Orang Pingsan

Cara alami untuk menyadarkan orang yang pingsan bisa dilakukan dengan menggunakan daun ciplukan dan minyak kelapa. Caranya yaitu, tumbuk daun ciplukan secukupnya dan beri beberapa tets minyak kelapa, setelah itu, remas-remas dan oleskan pada leher dan kening orang yang mengalami pingsan. Biasanya, dalam dalam beberapa saat orang yang pingsan akan kembali sadar.

8. Mengembalikan Energi Tubuh

Setelah melakukan aktivitas seharian penuh, maka energi tubuh akan terkuras habis dan menyebabkan tubuh terasa lelah, letih dan badan terasa pegal-pegal. Untuk mengembalikan stamina dan energi tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian, anda bisa mengkonsumsi buah ciplukan secara langsung atau diolah dengan cara dirabus dan meminum airnya.

Hal ini dikarenakan, rasa manis pada buah ciplukan ini diindikasikan karena adanya kandungan gula alami di dalamnya. Kandungan gula tersebut sangat baik da bermanfaat untuk menambah energi tubuh anda, sehingga pada keesokan harinya tubuh akan kembali segar dan bertenaga untuk kembali melakukan aktivitas dengan baik.

9. Mencegah dan Mengobati Gejala Flu

Di dalam buah ciplukan mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk mencegah dan mengobati gejala flu. Caranya yaitu, cukup dengan minum air rebusan dan ciplukan secara rutin setiap hari.

10. Mengobati Radang Tenggorokan

Minum air rebusan daun dan buah ciplukan juga sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Anda bisa minum air rebusan daun dan buah ciplukan secara rutin dan teratur 2 kali sehari dalam keadaan hangat.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Di dalam daun dan buah ciplukan mengandung klorofil yang sangat berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, luka akan cepat kering dan sembuh. Selain itu, kandungan zat yang terdapat pada daun dan buah ciplukan juga dapat bersifat sebagai antiseptik, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Cara mengobati luka dengan tanaman ciplukan yaitu, anda bisa menumbuk daun dan buah ciplukan secukupnya, lalu tempelkan pada kulit yang terluka. Ganti setiap hari, dengan cepat luka pun akan cepat sembuh.

12. Mengobati Penyakit Epilepsi

Orang yang terkena penyakit epilepsi atau penyakit ayan dapat dengan mudah mengalami kehilangan kesadaran, kondisi ini biasanya akan disertai dengan kejang-kejang dan keluarnya buih atau busa dari mulutnya. Penyakit ini dikenal juga dengan nama sawan babi atau dalam istilah medis dikenal dengan nama epilepsi.

Untuk mengobati penyakit epilepsi ini, masyarakat dulu biasanya sering memberikan ramuan obat yang terbuat dari daun dan buah ciplukan. Namun sebelum memberikannya kepada anggota keluarga anda, ada baiknya jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, karena tanaman ciplukan ini hanya sebatas pendamping saja untuk mempercepat proses penyembuhan dari penyakit epilepsi.

Pasien penderita epilepsi bisa diberikan minum air rebusan daun dan buah ciplukan secara rutin dan teratur 2 kali sehari, lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari selama seminggu dan rasakan khasiatnya.

13. Mencegah Penyakit Paru Paru Basah

Penyakit paru-paru basah adalah salah satu jenis penyakit yang faktor penyebab utamanya yaitu disebabkan oleh karena infeksi virus, bakteri, jamur dan beberapa faktor penyebab lainnya yang berkaitan dengan infeksi mikroba. Beberapa hal penyebab tersebut membuat organ paru-paru mengalami peradangan yang disebut dengan pneumonia atau lebih akrab dikenal di masyarakat dengan sebutan paru-paru basah.

Manfaat daun cecendet ini dipercaya efektif untuk mencegah seseorang yang mengkonsumsinya dari infeksi penyakit paru-paru basah ini, caranya yaitu dengan rutin minum ramuan herbal dari rebusan daun ciplukan atau cecendet ini setiap hari.

14. Mencegah Dan Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh para kaum wanita, padahal penyakit ini tidak hanya dapat menyerang para kaum wanita saja tetapi juga bisa menyerang kaum pria. Penyakit kanker payudara ini termasuk jenis penyakit tumor ganas yang dapat menyebabkan produksi jaringan ekstra yang tidak dapat terkendalikan dan kemudian dapat menyebabkan terbentuknya masa atau benjolan yang disebut dengan tumor. Tumor sendiri ada yang bersifat jinak dan ada juga yang bersifat ganas, jenis tumor yang sangat membahayakan yaitu tumor ganas dan termasuk kanker payudara.

15. Mengobati Penyakit Gondok

Gondok adalah salah satu jenis penyakit yang dapat terjadi akibat adanya pembengkakan pada kelenjar leher, tepat berada dibawah jakun atau yang disebut dengan laring, dalam istilah kedokteran penyakit ini disebut dengan penyakit kelanjer getah bening.

Kelanjer getah bening tersebut akan memproduksi hormon yang bermanfaat untuk melakukan stimulasi terhadap metabolisme sel dalam tubuh. salah satu cara mengobati penyakit gondok ini dan sekaligus mengurangi pembengkakan serta rasa sakit, anda bisa minum air rebusan daun ciplukan secara rutin dan teratur 2 kali sehari secara rutin dan teratur sampai penyakit gondok yang anda derita sembuh.

16. Mendukung Detoksifikasi dalam Tubuh

Manfaat tanaman ciplukan berikutnya dipercaya dapat mendukung proses detoksifikasi dalam tubuh untuk membantu mengeluarkan kadar racun berbahaya dalam tubuh. kandungan zat antioksidan yang terkandung di dalam daun ciplukan ini dapat membantu mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh yang biasanya dihasilkan dari makanan. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari daun ciplukan ini, ada bisa rutin minum air rebusan daun ciplukan secara rutin dan teratur minimal seminggu sekali.

17. Membantu Menyembuhkan Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo merupakan jenis penyakit yang menyerang kepala, sehingga menyebabkan seseorang yang terserang penyakit ini akan menderita sakit kepala hebat dan disertai dengan gerakan tubuh yang tidak normal seperti sensai melayang atau berputar.

Kondisi ini disebabkan oleh karena terganggunya sistem vestibular pada tubuh. Disamping melakukan pengobatan medis, anda bisa mencoba pengobatan alami dengan minum air rebusan dari batang, akar dan daun ciplukan ini.

Cara membuat ramuannya, yaitu siapkan batang, akar dan daun tanaman ciplukan secukupnya. Cuci sampai bersih beberapa kali, lalu rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dengan 3 gelas air dan biarkan sampai airnya hanya tersisa 2 gelas saja. Saring airnya, lalu minum secara rutin dan teratur selagi hangat 2-3 kali sehari.

B. Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Awet muda adalah dambaan setian orang, terlebih lagi bagi kaum wanita. Mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk menjaga diri agar terus awat muda dan cantik. Namun ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan diri dengan cara alami, yaitu dengan makan buah ciplukan atau minum rebusan airnya.

Kandungan yang terdapat pada buah Ciplukan berupa vitamin C dan antioksidan yang tinggi dapat membentuk kolagen yang dapat membuat anda terhindar dari kerut dan keriput yang datang sebelum waktunya.

2. Meremajakan Kulit

Manfaat baeikutnya yang bisa diperoleh dengan mengkomsumsi buah ciplukan yaitu dapat meremajakan kulit. Artinya kulit-kulit yang sudah tua akan terkelupas dan diganti dengan kulit baru.

3. Membuah Kulit Halus

Lagi-lagi kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ciplukan berperan penting bagi kecantikan. Kali ini berperan untuk menghaluskan kulit.

4. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering dapat diatas secara alami yaitu dengan mengkomsumsi buah ciplukan. Kulit kering yang diatas bukan hanya pada wajah saja, tetapi pada bagian lainnya seperti pada kali, tangan, dan tubuh.

5. Memutihkan Kulit

Kulit yang terlihat hitam tentu tidak terlihat menarik. Maka dari itu, kulit yang putih bersinar menjadi impian khususnya kaum wanita. Buah ciplukan ternyata bisa membantu memutihkan kulit. Kandungan yang terdapat pada buah ciplukan akan membantu mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru.

Manfaat Lainnya

Selain itu, masih banyak manfaat lainya dari buah ciplukan untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan, seperti Mencegah bibir pecah-pecah, Mengatasi jerawat, Menghilangkan komedo, Menghilangkan letih, Menghilangkan lesu, dan lain-lain

C. Efek Samping Buah Ciplukan

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, ciplukan juga memiliki efek samping jika dikomsumsi terlalu banyak. Maka dari itu, jika anda ingin mengkonsumsi ciplukan, kon

Adapun efek samping dari buah ciplukan yaitu :
  • Lidah terasa perih, tenggorokkan terasa terbakar, mencret, sakit perut, serta bisa mengalami mual dan muntah.

Itulah tadi pembahasan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua mengenai 22 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya. Mengingat begitu berkhasiatnya tanaman obat yang satu ini, tidak ada salahnya jika anda menanamnya di belakang rumah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga kita bisa mengambil manfaat baik dari buah ciplukan setelah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sehat. Please like and share.