29 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

29 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit - Untuk Rambut - Untuk Kulit -Untuk Kulit Gatal, Efek Samping Lidah Buaya, Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Pria dan Wanita, Kandungan Lidah Buaya, Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan Alami.


Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Tanaman lidah buaya atau dikenal juga dengan ilmiah Aloe Vera, lidah buaya merupakan jenis tanaman yang sudah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun lamanya.

Sudah sejak dulu lidah buaya digunakan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan dan juga pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit berat maupun ringan. Jenis tanaman unik dan berkhasiat ini banyak ditemukan dengan mudah dikawasan kering di benua Afrika.

Seiring berkembangnya jaman dan kemajuan dibidang ilmu pengetahuan serta teknologi, tanaman lidah buaya ini terus mengalami perkembangan sangat pesat untuk digunakan sebagai bahan dasar dalam di industri farmasi dan juga industri kosmetika diseluruh dunia. Selain itu, tanaman lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan dan juga minuman yang menyehatkan.

Kandungan Gizi / Nutrisi Lidah Buaya

Berdasarkan dari hasil penelitinan, tanaman lidah buaya ini sangat kaya akan kandungan nutrisi dan zat-zat penting yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia seperti vitamin, mineral, zat enzim, asam amino, polisakarida dan beragam komponen lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya itu saja, seperti yang dijelaskan oleh Wahyono E dan Kusnandar sekitar pada tahun 2002 silam menjelaskan, bahwa di dalam tanaman lidah buaya mengandung beragam jenis zat yang sangat berfungsi sebagai zat anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan juga berfungsi untuk membantu mengoptimalkan proses dalam melakukan regenerasi sel dalam tubuh.

Di dalam tanaman lidah buaya ditemukan suatu jenis zat bernama Aloe emodin, merupakan salah satu jenis kandungan senyawa organik yang termasuk dalam golongan antrokuinon yang dapat mengaktivasi terhadap jenjang sinyal dari kadar insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan juga yang dapat meningkatkan laju dari sintesis glikogen dengan cara memperlambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga tanaman lidah buaya ini sangat berkhasiat untuk menurunkan rasio kadar gula dalam darah.

Sementara di berbagai negara di kawasan Eropa, Amerika dan Australia sudah memanfaatkan tanaman lidah buaya ini sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan dan aneka minuman kesehatan.

Selain itu, di dalam tanaman lidah buaya atau aloe vera juga mengandung berbagai jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh kecuali vitamin D, mineral penting seperti enzim, saponin dan juga 20 jenis dari total 22 jenis asam amino.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, lidah buaya juga merupakan jenis tanaman yang sangat baik untuk diguanakan dalam melakukan perawatan kecantikan kulit seperti menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan pada kulit, peremajaan kulit, menghilangkan noda bekas luka dan berbagai masalah kecantikan lainya termasuk perawatan rambut serta kulit kepala.

Beragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dilihat dari kandungan nutrisi penting yang bisa kita temukan dalam tanaman lidah buaya ini, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan perawatan menggunakan tanaman lidah buaya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bagi anda yang penasaran ingin tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari tanaman lidah buaya, simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

A. Manfaat Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kia dapatkan dari tanaman lidah buaya untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam tanaman lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan antioksidan, senyawa antioksidan yang terkandung di dalam tanaman ini sangat kuat, sehingga sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Sehingga mengkonsumsi daun dari tanaman lidah buaya ini sangat baik dan dianjurkan sekali untuk mencegah tubuh dari resiko berbagai jenis penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh. Tanaman lidah buaya ini bisa kita oleh untuk dijadikan jus, anda bisa minum jus lidah buaya secara rutin dan teratur sekali dalam sehari pada pagi atau malam sebelum tidur.

2. Mendetoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Selain kaya akan kandunga antioksidan, di dalam tanaman lidah buaya juga mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan protein yang terkandung di dalam tanaman ini terbukti sangat ampuh untuk menetralisir zat-zat racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Racun-racun tersebut sangat berbahaya, bahkan dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, minum jus lidah buaya sangat disarankan untuk meningkatkan efektifitas dari sistem penetralsiir racun dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein yang terdapat di dalam di dalam tanaman lidah buaya ini sangat tinggi dan cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, kandungan protein tersebut dapat memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan kanduga lemak dan karbohidrat yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya ini tidak begitu mengkhawatirkan sehingga tidak akan mengganggu program diet yang sedang anda jalankan.

Tidak hanya itu, di dalam lidah buaya juag mengandung serat alami yang terbukti sangat efektif untuk membantu melancarkan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, masukan lidah buaya ini ke dalam daftar menu diet harian anda, anda bisa mengolahnya untuk dijadikan olehan makanan atau jus.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat tanaman lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya inflamasi dan juga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, dengan menyuntikan ekstrak lidah buaya ke dalam darah dapat membantu meningkatkan kemampuan sel darah merah agar dapat terdifusi dan juga menyalurkan oksigen keseluruh tubuh. Dengan demikian, resiko terkena penyakit kardiovaskular dapat diminimalisir.

5. Baik untuk Penderita Diebates

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang saat ini banyak sering menyerang manusia, penyebab dari penyakit diabetes sendiri dikarenakan pola hidup yang tidak sehat.

Berdasarkan fakta, rutin minum jus lidah buaya sangat efektif untuk membantu dalam mengatur kadar gula darah dengan baik berkat adanya 3 senyawa penting yang ada dalam tanaman lidah buaya ini. tiga senyawa tersebut antara lain yaitu mannans, lektin dan anthraquinones. Maka dari itu, mengkonsumsi atau minum jus lidah buaya sangat disarankan untuk mereka pada penderita penyakit diabetes.

6. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat tanaman lidah buaya juga terbukti efektif untuk membantu melancarkan pencernaan, karena kandungan serat yang ditemukan dalam lidah buaya dapat membantu fungsi usus dalam mengoptimalkan proses penyerapan protein dalam makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, konsumsi lidah buaya juga sangat berkhasiat untuk mencegah kebiasaan mulas. Maka dengan rutin konsumsi lidah buaya dapat menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan.

7. Mencegah Peradangan

Beberapa bagian tubuh dapat menyebabkan peradangan, misalnya saja pada bagian sel ataupun tulang. Kandungan vitamin, mineral, DNA, serat dan juga beberapa jenis zat lain. Berbagai kandungan yang ada pada lidah buaya tersebut sangat efektif untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. maka, untuk mencegah agar tubuh terhindar dari peradangan, konsumsi lidah buaya secara rutin dan teratur.

Manfaat Lainnya Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan 

Konsumsi lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk :
  1. Meningkatkan alkalisasi dalam tubuh
  2. Mencukupi kebutuhan asupan asam amino dalam tubuh
  3. Mengobati wasir / ambeien
  4. Mempercepat proses penyembuhan luka
  5. Mengobati bisul
  6. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

B. Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata tanaman lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kecantikan mulai dari kuli wajah, kulit tubuh, rambut dan masalah kecantikan pada bagian tubuh lainya. Berikut ini beberapa manfaat tanaman lidah buaya untuk kecantikan, diantaranya yaiu :

1. Melebatkan Rambut

Manfaat tanaman lidah buaya atau aloe vera memang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam urusan melakukan perawatan rambut, karena banyak sekali bermunculan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan dasar tanaman lidah buaya mulai dari shampo, konditioner dan produk perawatan rambut lainnya.

Salah satu manfaat dari lidah buaya untuk rambut yaitu dipercaya mampu melebatkan rambut secara alami dengan cara meningkatkan pertumbuhannya, sehingga rambut tumbuh lebih lebat dan terlihat lebih sehat dan indah.

Hal ini dikarenakan, di dalam tanaman lidah buaya mengandung enzim yang dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala yang menumpuk, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu, alkalisasi pada lidah buaya sangat efektif untuk membantu menstabilkan kadr pH rambut, sehingga menjadi lebih baik dan berada pada tingkat normal.

2. Mencegah Peradangan Pada Kulit Kepala

Peradangan yang terjadi pada kulit kepala mungkin akan sering terjadi pada anda yang mempunyai kulit kepala sensitif, kondisi kulit kepala tersebut dapat menyebabkan kulit kepala mudah mengalami peradangan.

Untuk mencegahnya, anda bisa melakukan perawatan kulit kepala dengan menggunakan masker lidah buaya secara rutin, karena kandungan bradykinase, anti-inflammatic, enzim analesgic dan juga asam salisilat dapat membantu dalam mencegah kulit kepala agar terhindar dari resiko terjadinya peradangan yang dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal-gatal dan iritasi.

3. Menghilangkan Ketombe Membandel

Selai dapat melebatkan rambut, ternyata tanaman lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk membantu membasmi ketombe yang membendel pada rambut dan kulit kepala. Hal ini dikarenakan, di dalam lidah buaya mengandung zat asam yang sangat baik untuk membasmi ketombe secara optimal.

Caranya yaitu, anda cukup mengoleskan gel yang terdapat pada bagian dalam daging tanaman lidah buaya. Oleskan secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15-30 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dan kulit kepala dengan keramas seperti biasa. Jika cara ini dilakukan dengan rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu, maka ketome akan hilang.

4. Sebagai Conditioner Alami

Gel yang dihasilkan dari tanaman lidah buaya sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut dan kulit kepala secara menyeluruh. Kandungan protein yang tinggi pada gel lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel rambut dan kulit kepala yang rusak, sehingga dengan rutin mengoleska gel lidah buaya ini rambut dan kulit kepala akan menjadi lebih sehat dan kuat.

5. Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Kandungan protein yang teradapat pada gel lidah buaya sangat efektif untuk mencegah kerontokan pada rambut, kandungan protein yang ada pada gel lidah dapat memperkuat akar rambut dan juga rambut dari pangkal hingga ujung. Dengan rutin melakukan perawatan rambut dengan menggunakan gel lidah buaya, maka rambut akan lebih sehat, kuat dan tidak mudah rontok.

6. Melembabkan Rambut

Bagi anda yang memiliki masalah rambut kering dan rusak, namun anda bingung bagaimana cara melakukan perawatannya agar rambut kembali lembab dan sehat? Salah satu solusi tepat dan sehat yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rambut kering dan rusak yaitu dengan melakukan perawatan dengan gel lidah buaya secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi yang ada pada gel lidah buaya dapat membantu memenuhi nutrisi rambut. Dengan demikian, jika rutin melakukan perawatan rambut kering dengan mengoleskan gel lidah buaya pada rambut seperti cara diatas, maka rambut kering yang anda miliki akan kembali lembab dan sehat.

7. Melembabkan Kulit Tubuh

Selain dapat melembabkan rambut, ternyata tanaman lidah buaya juga sangat bermafaat untuk melembabkan kulit tubuh. caranya yaitu, anda bisa menggunakan gel lidah buaya ini untuk dijadikan sebagai masker kulit tubuh seperti penggunaan lulur.

Setelah itu, diamkan masker atau lulur gel lidah buaya tersebut kering selama 30 menit. Terakhir, bilas masker atau lulur yang telah dibalurkan pada kulit tubuh hingga benar-benar bersih. Jika ingin mendapatkan hasil optimal kulit menjadi halus, lembut dan lembab, sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

8. Mencegah Penuaan Dini

Gel lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah di usia muda. Dengan rutin melakukan perawatan dengan gel lidah buaya minimal 2 kali dalam seminggu, tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus, kulit kering, kulit kusam akah dapat dicegah. Sehingga, kulit wajah kita akan terlihat lebih sehat, cerah dan awet muda.

9. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan berikutnya yaitu dipercaya sangat ampuh mencegah dan menghilangkan jerawat membandel dengan cepat beserta dengan noda bekas jerawat. Caranya cukup dengan rutin mengoleskan gel lidah buaya setiap malam sebelum tidur, biarkan semalaman dan bersihkan pada keesokan paginya. Maka jerawat pun akan segera hilang, bahkan jerawat bisa hilang hanya dalam semalam.

10. Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak dan mengkilap, anda bisa melakukan perawatan kulit wajah dengan masker gel lidah buaya, karena gel lidah buaya ini mampu menyerap minyak dengan maksimal dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Maka, jika rutin melakukan perawatan ini kulit wajah akan terlihat lebih bersih, bebas minyak dan bebas kilap.

Manfaat Lainnya Tanaman Lidah Buaya untuk Kecantikan :
  1. Berfungsi Sebagai Sunblock
  2. Mengurangi Bekas Stretch Mark
  3. Membersihkan Sisa Make Up
  4. Melentikan Bulu Mata
  5. Melembabkan Kulit Wajah
  6. Menghilangkan Kantung Mata / Mata Panda
  7. Melembabkan dan Memerahkan Bibir

Itulah ulasan yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai 29 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan yang kami sampaikan di atas bisa memberikan manfaat bagi teman-teman semua dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan maupun kecantikan.

Kami ucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Ayo bagikan artikel ini pada teman lainnya. Like juga fb blog ini. Cukup sekian dan salam sehat.