Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Manfaat Buah Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat & Manfaat Terong Ungu / Putih / Hijau untuk Wanita & Pria, Khasiat & Manfaat Terong Ungu & Terong Hijau, Manfaat Air Rebusan Terong Ungu, Khasiat & Manfaat Kulit Terong Ungu, Manfaat Sayur Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat & Manfaat Sayur Terong.


Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Apakah anda suka makan terong? Anda semua pasti sudah kenal dengan sayuran berbentuk lonjong dan panjang yang satu ini. Masyarakat Indonesia sering memanfaatkan terong sabagai sayuran yang dapat diolah dengan berbagai cara, baik dijadikan sayur lodeh, sambal terong balado atau terong goreng. Rasanya sangat enak, gurih dan tekturnya yang lembut setelah dimasak.

Dibalik rasanya yang enak dan lezat, ternyata terong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan dalam dunia kecantikan, terong juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan. Namun sebelum kami mengulas lebih jauh mengenai manfaat terong untuk kesehatan dan kecantikan, kami akan mengulas sedikit tentang terong.

Sebenarnya terong sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, setiap jenis terong memiliki bentuk, warna dan juga ukuran yang berbeda-beda. Namun jenis terong yang paling disukai dan paling sering diolah menjadi masakan yaitu jenis terong ungu. Pada awalnya, terong pertama kali ditemukan di India, kemudian seiring berjalannya waktu keberadaan terong terus menyebar hingga ke berbagai negara di dunia termasuk ke Indonesia.

Terong ini mudah sekali kita temukan di pasar-pasar tradisional ataupun di pasar modern, harga terong sendiri sangatlah terjangkau. Hal ini dikarenakan, tanaman terong mudah tumbuh dimana saja dan cepat sekali berbuah, bahkan proses pemeliharaannya pun sangat mudah. Maka tak heran jika terong menjadi salah satu jenis sayuran yang dikenal oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan. Bahkan bagi anda yang seorang vegetarian wajib memasukan salah satu jenis sayuran yang satu ini ke dalam daftar menu harian.

Kandungan Gizi dan Nutrisi dari Terong

Dibalik rasanya yang sangat enak, ternyata di dalam terong mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penitng yang sangat bermanfaat dan diperlukan oleh tubuh. Di dalam terong sendiri menyimpan berbagai kandungan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin K. Selain itu, di dalam terong juga memiliki kandungan triptophan dan juga asam folat.

Di dalam terong juga memiliki beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium, kaliu, Fosfor, tembaga, mangan dan magnesium. Beberapa kandungan kalsium tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting untuk tubuh meskipun jumlahnya hanya sedikit. Selain mengandung vitamin dan mineral, di dalam terong juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi.

Sedangkan untuk vitamin B yang terdapat pada terong terdiri dari beberapa jenis yang terdiri dari Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2) dan Niacin (vitamin B3). Kandungan jenis vitamin tersebut dapat dengan mudah larut dalam air dan memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Setelah mengetahui berbagai kandungan gizi dan nutrisi penting yang ada dalam terong, penting sekali untuk anda semua mengetahui beragam manfaat mengkonsumsi terong untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk mengetahui informasi secara lengkap mengenai manfaat terong, anda bisa simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Ragam Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi terong untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkosnumsi terong secara rutin ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung dalam tubuh kita, karena di dalam terong mengandung kalium yang sangat berkhasiat untuk menstabilkan detak jantung dan mencegah terjadinya resistensi cairan yang mengakibatkan terkena penyakit jantung koroner.

2. Menu Sehat Terbaik Bagi Vegetarian

Bagi anda seorang vegetarian, hanya sedikit menu yang bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh anda. Ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam terong, sehingga dengan rutin mengkonsumsi terong dapat membantu mencegah tubuh agar tidak kekurangan gizi.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Di dalam terong mengandung banyak nutrisi penting dan juga fitonutrien berupa nasunin yang diyakini mampu melindungi membran sel saraf dan juga otak, sehingga dengan rutin mengkonsumsi terong dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh karena pengaruh dari efek radikal bebas. Selain itu, terong juga bermanfaat untuk memfasilitasi dalam proses transfer pesan antara sel saraf, sehingga fungsi otak akan meningkat dan mampu untuk berfikir dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh melar tidak hanya dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik, tetapi juga bisa menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit pada tubuh. Hanya saja masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan, sehingga banyak orang yang sering merasa putus asa untuk mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan hasil optimal dalam menjalankan diet, maka penting sekali untuk memperhatikan jenis makanan yang harus dikonsumsi sehari-hari. Pastikan makanan yang dikonsumsi rendah lemak dan kalori serta mengandung serat yang tinggi. Salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk mendukung diet yaitu terong, karena terong mengandung serat tinggi yang mampu mengikat lemak dan kemudian membuangnya bersama dengan feses.

5. Baik untuk Melancarkan Pencernaan

Jika anda saat ini sedang menderita rasa sakit akibat kesulitan buang air besar, maka sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi terong. Hal ini dikarenakan, kandungan serat yang terdapat di dalam terong sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan sehingga dapat membuat BAB menjadi lebih mudah dan lancar.

6. Mengontrol Gula Darah

Masih berkaitan dengan serat, kandungan serat pada terong juga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, sayuran yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh anda sedang memiliki riwayat penyakit diabetes. Sebab, terong memiliki kemampuan untuk membantu dalam mengatur proses penyerapan kadar glukosa dalam darah.

7. Membantu Mengatasi Kecanduan Rokok

Memiliki kebiasaan buruk merokok memang akan sangat membahayakan jika tidak segera dihentikan, tidak hanya berdampak pada diri para perokok saja tetapi juga kepada orang lain yang ada di sekitar kita. Untuk berhenti dari kebiasaan merokok memang tidaklah mudah, diperlukan kesabaran dan keinginan kuat agar benar-benar bisa berhenti merokok.

Disamping itu, cara lain yang patut untuk dicoba yaitu dengan rutin mengkonsumsi terong. Hal ini dikarenakan, di dalam terong mengandung nikotin walah dalam jumlah yang sangat rendah, sehingga lama kelamaan kecanduan rokok pun akan mulai berkurang. Anda tidak perlu khawatir, meskipun mengandung nikotin, mengkonsumsi terong dalam jangka panjang tidak akan membahayakan kesehatan seperti pada rokok.

8. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Tubuh yang mengalami kekurangan darah dapat menyebabkan penderitanya sering mengalami kelelahan, lemas, sering pusing dan kurang bertenaga. Meski jumlahnya hanya sedikit, mengkonsumsi terong juga sangat baik untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit anemia. Hal ini dikarenakan, di dalam terong mengandung zat besi yang sangat baik untuk melancarkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

9. Sebagai Anti Bakteri

Manfaat terong juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan juga parasit. Sebab, di dalam terong memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai zat antibakteri dan anti virus. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa rutin mengkonsumsi terong secara rutin setiap hari.’

10. Membangkitkan Gairah Kaum Pria

Banyak orang terutama para kaum pria yang percaya bahwa rutin mengkonsumsi terong dapat membantu mendongkrak gairan pada kaum pria dalam melakukan hubungan intim dengan pasangannya (istri). sebab, di dalam terong mengandung zat yang bersifat sebagai afrodisiak yang dapat meningkatkan gairah.

11. Mencegah dan Membasmi Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang sangat mematikan, karena sampai saat ini masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan kanker. Biasanya, dokter hanya akan memberikan obat-obata yang berfungsi untuk menghambat perkembangan kanker di dalam tubuh, sehingga kanker tidak akan cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Namun jika tingkat keparahan dari kanker ini masih berada pada stadium awal, maka disamping anda rutin melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara medis, ada bisa coba rutin mengkonsumsi terong setiap hari. Sebab, di dalam terong mengandung zat yang bersifat sebagai antikanker. Kandungan zat inilah yang akan membantu menghambat dan bahkan membantu membasmi kanker yang sedang berkembang di dalam tubuh.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas yang lemah pada tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah sakit dan rentan terkena berbagai jenis penyakit. Salah satu cara alami untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka anda bisa rutin mengkonsumsi terong. Hal ini dikarenakan, di dalam sayuran yang satu ini memiliki kandungan beberapa jenis vitamin dan juga nutrisi penting lainnya yang sangay bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

13. Sumber Antioksidan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam sayur terong memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, senyawa antioksidan ini sangat bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang sering menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit. Beberapa kandungan seperti asam klorogenat, nasunin, caffeic dan flavonoid dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang kuat. Maka degan rutin mengkonsumsi terong setiap hari, tubuh akan lebih kuat dan tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

14. Baik untuk Kesehatan Tulang

Tulang pada tubuh kita tidak hanya membutuhkan asupan kalsium saja, tetapi juga memerlukan asupan kandungan nutrisi dan juga mineral penting lainnya yang baik untuk memelihara kesehatan tulang. Terong adalah salah satu jenis sayuran yang sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

15. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Tewrong merupakana salah satu jenis sayuran yang mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh, sahingga sangat disarankan bagi anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi untuk rutin mengkonsumsi sayur yerong setiap hari. Dengan demikian, kadar kolesterol darah dalam tubuh akan tetap stabil dan terhindar dari berbagai hangguan kesehatan yang disebabkan oleh kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh.

16. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Kandungan kalium tidak hanya bermanfaat untuk mensyabilkan kerja organ jantung saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Maka bagi anda yang sedang menderita penyakit hipertensi, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi terong secara rutin setiap hari.

17. Menjaga Kesehatan Usus Besar

Konsumsi terong tidak hanya bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan saja, tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Usus besar yang sehat dan berfungsi dengan baik akan terhindar dari penumpukan kotoran pada saluran usus besar, sehingga dapat mencegah pembentukan kanker pada usus besar. Selain itu, rutin mengkonsumsi terong juga sangat bermanfaat untuk mencegah wasir atau ambeien.

18. Penambah Energi Tubuh

Proses pembentukan energi dalam tubuh akan bertambah besar dan cepat apabila tubuh mendapatkan asupan vitamin B dalam jumlah cukup setiap harinya. Sebab, vitamin B dapat berfungsi untuk mempercepat proses pemecahan akrbohidrat, protein dan juga lemak untuk diproses menjadi energi yang bermanfaat untuk tubuh.

19. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Organ hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh, karena fungsi hati dapat mengeluarkan racun yang menumpuk dalam tubuh yang dihasilkan dari sisa-sisa metabolisme tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi terong, organ hati akan selalu terjaga kesehatannya.

20. Menjaga Kesehatan Mata

Sama seperti wortel, terong juga mengandung vitamin A dan betakaroten yang sangat baik untuk menutrisi mata. Dengan rutin mengkosnsumsi terong, maka kesehatan mata akan senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata rabun, katarak dan degenerasi makula.

B. Manfaat Terong untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, ternyata terong juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat terong untuk kecantikan yang penting untuk anda ketahui, terutama bagi para kaum wanita. Berikut informasinya!

1. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat terong yang pertama untuk perawatan kecantikan yaitu dipercaya ampuh untuk membantu mengatasi kulit kering. Masalah kulit kering memang tidak bisa dianggap sepele, karena bisa disebabkan oleh karena mungkin kulit kurang mendapatkan asupan nutrisi dalam jumlah cukup. Untuk mengembalikan kelembaban alami kulit, maka anda bisa rutin mengkonsumsi terong karena di dalam terong mengandung beberapa jenis vitamin dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk menutrisi kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Gejala dan tanda kulit mengalami penuaan dini yaitu dimulai dari munculnya kerutan, garis-garis halus dan juga flek hitam pada permukaan kulit wajah. Kulit yang mengalami penuaan dini akan terlihat tua meski usia sebenarnya masih muda. Bagi anda yang ingin terhindar dari penuaan dini, anda sebaiknya rutin mengkonsumsi terong. Hal ini dikarenakan, di dalam terong mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab mucnulnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

3. Menghilangkan Jerawat

Manfaat terong selanjutnya yaitu dipercaya sangat ampuh untuk membantu menghilangkan jerawat yang membandel pada kulit wajah. Caranya yaitu, anda bisa mengolah terong untuk dijadikan sebagai masker alami yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan kulit berjerawat.

4. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Melakukan perawatan kulit dengan masker terong juga dapat menjadikan kulit tampak lebih cerah dan halus, karena kandungan nutrisi yang ada dala terong dapat membantu proses regenerasi sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih sehat, cerah dan terasa halus.

5. Menghilangkan Komedo

Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan masker terong dan diimbangi dengan rutin mengkonsumsi terong sangat baik untuk menghilangkan komedo pada kulit wajah.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat terong ini?

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Terong untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ulasan yang telah kami sampaikan bermanfaat. Terima kasih dan salam sehat.