15 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya

15 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya -- Khasiat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan, Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan dan Pengobatan, Kandungan Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan, Manfaat Daun Pecah Beling dan Cara Pengolahannya, Efek Samping Daun Pecah Beling, Cara Membuat Obat Dari Daun Pecah Beling.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya -- Daun pecah beling atau yang memiliki nama latin Strobilanthes Crispus atau di beberapa daerah dikenal juga dengan daun keji beling merupakan jenis daun yang sudah sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. 

Banyak orang yang tidak tahu dan menganggap jika daun tanaman pecah beling ini sebagai tanaman liar yang tidak ada manfaatnya. Hal ini mungkin karena tanaman pecah beling ini memang mudah tumbuh dimana saja tanpa harus dirawat, sehingga banyak orang yang menganggapnya sebagai tanaman liar. 

Namun tahukah anda, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun tanaman ini. Daun pecah beling ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sangat berkhasiat untuk penyembuhan banyak jenis penyakit dan bisa juga sebagai bahan alami untuk pencegahan penyakit.

Tanaman pecah beling ini tumbuh subur hampir di berbagai daerah di Indonesia. Manfaat dari tanaman ini hampir sama dengan manfaat dari daun binahong. Penamaan dari daun pecah beling ini cukup beragam di setiap daerah di Indonesia. Namun lebih umumnya dikenal dengan nama daun pecah beling, meski ada yang menyebutnya dengan daun keji beling, dan masyarakat betawi lebih mengenal daun ini dengan nama daun picah beling.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dari daun pecah beling ini, marilah kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini yang dimulai dari kandungan zat yang ada dalam tanaman tersebut.

A. Kandungan Zat di dalam Daun Pecah Beling

Di dalam daun pecah beling ini memiliki banyak sekali kandungan zat dan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga daun ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun pecah beling, diantaranya yaitu :

# Vitamin C : Vitamin ini sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh terkena berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit kanker.

# Viamin B1 : Vitamin ini disebut juga dengan Thiamin yang bermanfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh.

# Vitamin B2 : Vitamin ini disebut juga dengan Riboflavin yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pembakaran lemak, protein dan karbohidrat.

# Glikosida : zat ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit, menyehatkan jantung dan dapat meredakan rasa nyeri.

# Fosfor : Jenis mineral yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi.

# Tanin : zat yang memiliki rasa pahit dan berfungsi sebagai zat pengumpul protein dan juga beberapa jenis senyawa penting seperti asam amino dan alkaloid.

# Ferum : zat ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi hemoglobin dan sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh.

# Natrium : zat ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatur jumlah cairan yang ada dalam tubuh untuk membungkus sel dan juga cairan ekstraseluler.

# Kalium : zat ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar cairan intraseluler dalam tubuh agar tetap dalam kondisi baik.

# Kalsium : zat yang bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pembentukan tulang dan gigi, membantu proses pembekuan darah dan mencegah penyakit osteoporosis.

Daun pecah beling ini sudah digunakan sejak jaman nenek moyang kita untuk pengobatan penyakit, baik itu penyakit ringan maupun berat. Pengobatan alami dengan menggunakan daun pecah beling ini tidak menimbulkan efek samping jika digunakan dengan tepat dan teratur.

B. Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan

Berikut ini informasi lengkap mengenai manfaat daun pecah beling yang perlu anda semua ketahui untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Melancarkan Buang Air Kecil

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah kesehatan susah buang air kecil atau terasa sakit saat buang air kecil, maka anda bisa mengobatinya dengan manfaatkan daun pecah beling ini. cara penggunaannya yaitu dengan minum air rebusan daun pecah beling secara rutin setiap hari sampai penyakit anda sembuh.

Cara membuat ramuannya yaitu :
  • Siapkan 5 lembar daun pecah beling yang muda dan segar, cuci sampai bersih dengan air mengalir
  • Setelah itu, robek-robek daun pecah beling tersebut dan rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih
  • Tunggu sampai air rebusannya tinggal tersisa 1/2 gelas, lalu angkat dan saring airnya.
  • Dinginkan air rebusan daun pecah beling ini sampai cukup hangat untuk di minum, minum secara rutin 2 kali sehari sampai buang air kecil tidak terasa sakit lagi dan menjadi lancar.

2. Meluruhkan Batu Empedu

Manfaat lain dari daun pecah beling untuk kesehatan yaitu dipercaya mampu meluruhkan batu empedu, batu empedu ini bisa muncul akibat dari proses penggumpalan dan pengkristalan yang terjadi pada organ ginjal. Untuk meluruhkan batu empedu secara alami, anda bisa membuat ramuan obat herbal dari bahan daun pecah beling.

Cara membuat ramuannya, yaitu :
  • Ambil daun pecah beling sebanyak 5-8 lembar
  • Cuci dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai air rebusannya hanya tinggal tersisa 1 gelas
  • Tuangkan dan saring airnya, lalu tunggu sampai airnya cukup hangat dan siap di minum.
  • Minum secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum, lakukan pengobatan alami ini sampai penyakit anda sembuh.

3. Mengobati Ambeien

Ambeien atau wasir terjadi akibat hemoroid yaitu pelebaran pada pembuluh balik vena atau yang disebut dengan pembengkakan submukosa di bagian anus dan rektum, dimana kondisi ini akan semakin menekan akibat aliran darah dan membuat pembuluh darah yang ada di area anus semakin melebar dan bahkan bisa terjadi pendarahan apabila ambeiennya sudah parah.

Untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir ini, anda bisa memanfaatkan daun pecah beling dengan cara minum air rebusan daun pecah beling. Hal ini dikarenakan, kandungan serat dan zat lain yang terkandung di dalam daun pecah beling ini dipercaya efekif untuk menyembuhkan ambeien.

Cara membuat ramuannya, yaitu :
  • Ambil daun pecah beling sebanyak 10-15 lembar, lalu cuci dan rebus dengan 3 gelas air
  • Rebus sampai air nya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja
  • Lalu minum 2 kali sebanyak 1 gelas pada pagi hari dan 1 gelas pada malam hari sebelum tidur.
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari sampai sembuh

4. Mengobati Sakit Kuning / Liver

Penyakit kuning adalah jenis penyakit yang menyerang organ liver. Penyakit ini umumnya di alami oleh bayi yang baru lahir, namun penyebab penyakit kuning pada bayi akibat kurang terkena sinar matahari, dan cara menyembuhkannya cukup dengan rutin menjemur tubuh bayi di pagi hari. 

Sedangkan penyakit kuning yang dialami oleh orang dewasa bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu cara menyembuhkannya yaitu dengan rutin minum air rebusan daun pecah beling secara rutin 2 kali sehari.

5. Mengobati Penyakit Kencing Batu

Penyakit kencing batu ini bisa terjadi akibat adanya batu ginjal, orang yang menderita penyakit ini akan merasakan sakit ketika buang air kecil dan bahkan jika kondisinya sudah sangat parah bisa sampai mengeluarkan darah yang bercampur dengan air seni.

Salah satu cara mengobati kencing batu secara alami yaitu bisa dengan memanfaatkan daun pecah beling, karena di dalam daun pecah beling ini mengandung senyawa yang dipercaya efektif untuk menyembuhkan penyakit kencing batu.

6. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat daun pecah beling juga dipercaya mampu mengobati penyakit batu ginjal. Batu ginjal atau dalam istilah medis dikenal dengan nama nefrolitiatis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh karena adanya suatu material keras yang terbentuk di dalam organ ginjal. Material keras tersebut adalah tumpukan sisa zat limbah yang ada dalam darah, kemudian disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengeras di dalamnya.

Salah satu cara menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal tersebut bisa dilakukan dengan cara minum air rebusan daun pecah beling ini, karena daun pecah biling dipercaya mampu meleburkan batu ginjal dan mengeluarkannya bersama urine.

7. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Minum air rebusan daun pecah biling dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit, sehingga jika diminum secara rutin dapat membuat organ pencernaan menjadi lebih sehat. Untuk mengatasi sembelit, anda bisa rutin minum air rebusan daun pecah beling ini secara rutin minimal 3 kali seminggu.

8. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor merupakan jenis penyakit yang terkenal berbahaya serta mematikan, tidak sedikit pasien yang menderita kanker dan tumor meninggal dunia. Hingga saat ini dalam dunia medis memang belum ditemukan obat yang efektif untuk membunuh kanker dan tumor ganas.

Semua orang berpotensi terkena penyakit kanker dan tumor, namun penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat setiap hari. Selain itu, cara alami lain yang efektif untuk mencegah kanker dan tumor yaitu dengan rutin minum air rebusan daun pecah beling. Sebab, di dalam daun pecah beling mengandung senyawa antioksidan dan senyawa yang bersifat antikanker.

Untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit mematikan ini, anda bisa rutin minum air rebusan daun pecah beling secara rutin minumal 1 kali dalam seminggu.

9. Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dapat terjadi pada tubuh yang sudah tidak mampu lagi untuk memproduksi insulin dalam jumlah cukup setiap harinya, hormon ini bertugas untuk mengelola kadar gula darah dalam tubuh. Jika kadar unsulin yang diproduksi terlalu sedikit, maka tidak akan mampu bekerja secara optimal dalam mengarut kadar gula darah. Kondisi inilah yang membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat dan menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes.

Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit diabetes ini, anda bisa rutin minun air rebusan daun pecah beling. Karena di dalam daun pecah beling mengandung jenis zat yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan kadar insulin lebih banyak, dengan begitu kadar gula darah pun akan berangsur-angsur menurun.

Untuk menyembuhkan penyakit diabetes ini, cobalah untuk rutin minum air rebusan daun pecah beling ini 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum. Disamping itu anda tetap harus rutin melakukan pemeriksaan medis untuk mengetaui perubahannya.

10. Mencegah Kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tubuh terkena berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, hipertensi dan juga stroke. Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh karena pola makan yang tidak sehat dan juga jarangnya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Selain dengan menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga, minum air rebusan daun pecah beling juga dapat menjadi solusi alternatif untuk mencegah peningkatan kolesterol berlebih.

11. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Di dalam daun pecah beling juga mengandung mineral penting berupa kalsium dan fosfor, kedua kandungan mineral ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat dan terhindar dari kerusakan. Untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat dan kuat, anda bisa rutin minum air rebusan dan pecah beling paling tidak seminggu sekali.

12. Menghilangkan Gatal-Gatal pada Kulit

Daun pecah beling juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan gatal-gatal, baik karena di gigit serangga, nyamuk atau penyabab lainnya. Cara menghilangkan gatal-gatal pada kulit yaitu bisa dilakukan dengan daun pecah beling.

Caranya yaitu dengan menumbuk daun pecah beling secukupnya dan gosok-gosokan pada bagian kulit yang terasa gatal. Diamkan selama 15 menit, kamudian basuh dengan air bersih.

13. Mengobati Diare

Diare adalah kondisi dimana seseorang terus-menerus buang air besar, tanda-tanda seseorang sedang terkena diare tinja atau feses akan berubah menjadi encer atau lembek. Memang terdengar sepele, tapi jika diare ini berlangsung lama tentu akan berbahaya bagi orang yang menderitanya.

Tubuh orang yang menderita diare akan mengalami dehidrasi, jika di alami oleh bayi dan balita berpotensi besar menyebabkan kematian. Maka dari itu, anda  bisa mengobatinya dengan meminum air rebusan daun pecah beling.

14. Mengobati Sakit Maag

Selain dipercaya ampuh untuk mengatasi diare, ternyata daun pecah beling juga bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Maag adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada pencernaan, kondisi ini dapat di picu oleh kadar asam lambung yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan lambung mengalami iritasi.

Salah satu cara alami yang ampuh untuk mengobati sakit maag, anda bisa rutin minum air rebusan daun pecah beling 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.

15. Mengobati Penyakit Disentri

Disentri merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang usus, usus akan mengalami infeksi dan pada akhirnya dapat menyebabkan seseorang yang terkena penyakit ini mengalami diare yang disertai dengan keluarnya lendir atau bahkan darah saat BAB.

Salah satu cara alami yang dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit disentri ini yaitu dengan rutin minum air rebusan daun pecah beling. Kandungan zat antibakteri yang terkandung di dalam pecah bulan ini mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab disentri dan sekaligus menyembuhkan infeksi yang terjadi pada usus. 

Cobalah rutin minum air rebusan daun pecah beling sebanyak 1 gelas sekali minum, minum secara rutin 2 kali sehari pada pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Lakukan pengobatan alami pada penyakit disentri ini sampai penyakitnya benar-benar sembuh.

Catatan :
  • Informasi yang kami bahas dalam artikel diatas sifatnya hanya sebatas pengetahuan saja, sehingga kami sarankan agar anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter sebelum anda menggunakan daun pecah beling untuk mengobati penyakit yang sedang anda derita saat ini.
  • Di dalam daun pecah beling juga mengandung zat-zat kimia yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, sehingga akan ada efek samping yang ditimbulkan. 

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan dalam pembahasan kali ini mengenai 15 Manfaat Daun Pecah Beling untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Pengolahannya. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih telah membaca informasi ini. Ayo turut bagikan informasi ini pada teman lain yang membutuhkan. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Cukup sekian salam sehat selalu.