21 Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita

21 Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita  -- Tips & Cara Mudah Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita, Cara Ampuh Memperoleh Bentuk Tubuh Ideal, Cara Membuat Tubuh Ideal Pria, Cara Membuat Tubuh Ideal bagi Wanita, Cara Membuat Tubuh Ideal dalam 1 Minggu, Cara Membuat Badan Ideal dari Kurus, Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria Kurus, Cara Membentuk Tubuh Wanita yang Indah, Cara Membentuk Postur Tubuh, Cara Membentuk Tubuh Wanita yang Kurus, Cara Membentuk Tubuh Ideal dengan Pola Hidup Sehat dan Berolahraga.

https://www.infokesehatan.web.id/

Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita -- Makan dengan porsi lebih sedikit dan rutin berolahraga setiap hari adalah cara yang sering kali dilakukan oleh banyak orang untuk membakar lemak tubuh dengan cepat agar memiliki bentuk tubuh yang ideal.


Namun sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam untuk menghilangkan tumpukan lemak di dalam tubuh agar tidak menyebabkan kerusakan pada sistem metabolisme tubuh, sehingga dapat berakibat tidak baik bagi kesehatan kesehatan tubuh kita sendiri nantinya.

Nah, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih dan membentuk tubuh agar terlihat lebih langsing dan ideal, ada beberapa hal dan tips yang bisa anda lakukan agar memiliki bentuk tubuh yang ideal berdasarkan informasi yang dilansir dari ehow. Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

21 Tips dan Cara Membentuk Tubuh Ideal Bagi Pria dan Wanita

Dalam melakukan upaya untuk membentuk tubuh, ada dua hal yang harus anda terapkan, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga. Dengan demikian, cara yang anda lakukan tidak akan mempengaruhi kerja dari sistem metabolisme di dalam tubuh.

A. Cara Membentuk Tubuh Ideal dengan Pola Hidup Sehat

Berikut ini pola hidup sehat yang bisa anda terapkan setiap hari untuk agar bentuk tubuh menjadi lebih ideal, diantaranya yaitu :

1. Perencanaan

Seperti dalam pepatan lama mengatakan “ketika anda mengalami kegagalan dalam merencanakan sesuatu, maka anda sendiri telah merencakan untuk mengalami kegagalan”. Menurut seorang spesialis olahraga menjelaskan bahwa, nutrisi dan sistem metabolisme tubuh, mempunyai tujuan nyata dan memiliki target selama satu minggu , maka kemungkinan untuk mencapai keberhasilan pun akan lebih besar dan berjalan dengan lancar.

Selain itu, pastikan juga anda tidak akan pernah berakhir untuk menjadi seorang yang mengalami phobia terhadap makanan apapun yang akan anda konsumsi. Jadi, pastikan anda agar dapat menemukan keseimbangan dalam menjalani apa yang anda harapkan.

2. Istirahat dan Tidur Cukup

Tidak hanya bermanfaat untuk membantu memulihkan stamina tubuh setelah lelah melakukan aktivitas seharian, tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Beda hal nya jika anda tidak mendapatkan jatah waktu istirahat dan tidur yang cukup, maka nafsu makan akan meningkat dan kerja metabolisme dalam tubuh pun akan menjadi lambat.

Jika kondisi ini terjadi, maka kelebihan lemak dalam tubuh akan tersimpan secara otomatis di dalam perut. Maka tak heran, orang yang kurang tidur dan jarang berolahraga akan memiliki perut yang buncit. Selain itu, susah tidur juga dapat disebabkan oleh karena salah dalam menjalankan aktivitas pembakaran lemak. Bahkan para ahli pun mengatakan bahwa hindari melakukan aktivitas olahraga berlebih agar dapat mengatur pola tidur dengan baik.

3. Mengetahui Jumlah Makanan yang Dikonsumsi

Pada kasus ini, justru banyak orang yang masih keliru dalam melakukannya. Banyak orang yang menganggap sepele hal ini, padahal jika kita tahu jumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat membantu mempermudah proses pembakaran lemak dalam tubuh.


4. Batasi Makan Cemilan

Banyak orang yang merasa nyaman dan bahagia ketika sedang menikmati cemilan. Namun tahukah anda, ternyata menurut pada ahli menjelaskan bahwa kebiasaan ngemil dapat menyabotase dari hal kerja keras anda dalam melakukan pembakaran lemak. Hal ini dikarenakan, rata-rata di dalam setiap jenis cemilan mengandung kalori sebanyak 200 kalori.

Bahkan ada banyak para peneliti yang menjelaskan bahwa dalam jangka waktu 30 tahun kebelakang, jumlah kalori yang terdapat pada cemilan meninggkat hngga mencapai 600 kalori. Maka, jika anda memang masih belum bisa meninggalkan cemilan secara sekaligus, maka anda bisa mengawalinya dengan membatasi asupan cemilan setiap hari dengan porsi yang lebih sedikit.

5. Jauhi Minuman Bersoda

Perlu kita ketahui bahwa kebiasaan minum minuman bersoda sangat tidak baik bagi kesehatan dan juga dapat membuat kita mudah merasa lapar setiap saat. Meski anda sudah rutin berolahraga, anda tidak akan mendapatkan hasil optimal untuk membentuk tubuh ideal selama anda masih tetap mengkonsumsi minuman bersoda. Maka dari itu, untuk membantu memaksimalkan proses pembakaran lemak dalam tubuh, sebaiknya hindari minuman bersoda dari sekarang.

6. Konsumsi Lemak Sehat

Berdasarkan penjelasan dari Institute of Medicine, merekomendasikan untuk rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Jenis makanan yang mengandung lemak sehat bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan, buah alpukat dan juga minyak essensial.

Namun penting sekali bagi anda untuk mengetahui berapa banyak jumlah lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh anda, sehingga dapat mencepat tubuh mendapatkan asupan lemak secara berlebihan meski lemak tersebut termasuk lemak sehat.


7. Dukungan dari Teman dan Keluarga

Minta kepada orang-orang yang ada di sekeliling anda seperti teman, saudara atau orang tua untuk mendukung kerja keras anda dalam melakukan pembakaran lemak tubuh. Dengan meminta dukungan dari orang-orang terdekat, maka keberhasilan dalam membentuk tubuh yang ideal bisa anda dapatkan dengan cepat dan mudah.

8. Menjalani Puasa Intermiten

Cara mengurangi lemak dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan cara berpuasa, namun puasa intermiten ini berbeda dengan puasa biasa. Puasa intermiten ini dilakukan selama 24 jam, anda dapat melakukannya seminggu sekali. Sepintas memang puasa ini terdengar ekstrem, namun jika dilakukan dengan rutin sangat baik bagi kesehatan dan dapat menghilangkan tumpukan lemak dalam jumlah yang cukup banyak.

9. Mengatur Hari Bebas

Cara membakar lemak dengan olahraga memang akan terasa sulit untuk dilakukan, baik secara mental maupun secara fisik. Itulah kenapa banyak para peneliti yang menyarankan kepada mereka yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal untuk mengatur waktu bebas mereka, ini dilakukan untuk memberikan waktu istirahat pada tubuh dari berbagai aktivitas yang biasa anda lakukan sehari-hari.

10. Perbanyak Minum Air Mineral

Berdasarkan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa, minum air mineral dalam jumlah cukup setiap harinya dapat membantu menghindarkan diri anda dari rasa lapar berlebih. Dengan banyak minum air mineral, anda dapat mengontrol nafsu makan dengan baik, anda bisa minum segelas air mineral sebelum makan dan segelas sesudah makan.

Dengan cara ini, maka keinginan makan berlebih bisa terhindarkan karena dengan minum air mineral sebelum dan sesudah makan dapat membuat anda merasa cepat kenyang. Namun hindari minum ketika masih mengunyah makanan di dalam mulut. Selain itu, banyak minum air mineral juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan di dalam lambung dan usus.


B. Cara Membentuk Tubuh Ideal Dengan Olahraga

Selain menjalai pola hidup sehat setiap hari, untuk membantu mempercepat penurunan berat badan juga bisa kita lakukan dengan olahraga. Olahraga ini sangat penting dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari, karena olahraga adalah cara yang paling ampuh untuk membakar lemak dalam tubuh dan membentuk masa otot tubuh. Dengan rajin berolahraga, berat badan akan tetap stabil dan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda jalankan untuk membentuk tubuh ideal, baik untuk pria maupun wanita, diantaranya yaitu :

1. Bersepeda

Jenis olahraga yang baik dilakukan untuk membakar lemak dan membentuk tubuh yaitu dengan bersepeda, kegiatan olahraga ini dapat membakar kalori dalam jumlah banyak. Selain itu, bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan dan dapat menghindarikan kita dari stres, karena dilakukan di luar ruangan.

2. Berenang

Jenis olahraga berikutnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan tumpukan lemak berlebih dalam tubuh yaitu berenang. Anda bisa melakukan olahraga ini secara beberapa putaran selama 1-2 jam secara rutin dan teratur setidaknya satu kali dalam seminggu, maka dalam beberapa minggu anda akan mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai harapan.

3. Squash

Jenis olahraga yang satu ini bisa kita lakukan bersama-sama dengan teman ataupun pasangan, kegiatan olahraga ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Olahraga ini berfungsi untuk mengencangkan otot bagian paha dan kaki, olahraga ini bisa anda jadikan solusi alternatif lain dari olahraga skipping atau gym.

4. Jalan Kaki

Kegiatan olahraga jalan cepat adalah salah satu jenis latihan kardio yang sangat mudah dan efektif untuk membantu mengencangkan otot-otot pada perut, paha dan kaki. Bahkan olahraga ini sangat baik dilakukan secara rutin setiap hari, sebaiknya dilakukan pada pagi hari ketika udara masih bersih dan segar. Tidak hanya dapat dilakukan oleh pria saja, tetapi juga dapat dilakukan oleh wanita dan bahkan baik juga dilakukan oleh anak-anak.

5. Mengangkat Beban

Menurut seorang peneliti yang telah melakukan penelitian menjelaskan bahwa, olahraga mengangkat beban adalah salah satu jenis olahraga yang efektif untuk membakar lemak tubuh dalam waktu cepat. Olahraga ini juga bisa dilakukan pria maupun wanita. Selain dapat mengaktifkan sistem kerja otot tubuh, angkat bebas juga dapat meningkatkan kerja dari sistem metaboilisme tubuh.


6. Single-Leg Deadlift

Single-Leg Deadlift adalah gerakan senam yang cocok dilakukan oleh para kaum wanita, senam ini bermanfaat untuk membanti mengencangkan otot bokong dan juga otot inti pada tubuh sehingga dapat mencegah sakit punggung.

Caranya, yaitu :

Posisikan tubuh berdiri sambil memegang sepasang dumbbell, kemudian bungkukan tubuh anda ke dengan dengan menggunakan salah satu kaki dengan posisi lurus ke belakang. Setelah itu, luruskan punggung dengan mengangkat kaki kebalakang. Tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian kebalikan ke posisi awal ketika anda berdiri.

Selanjutnya, tekuk pinggul anda ke depan dan secara perlahan turunkan tubuh anda hingga posisinya sejajar dengan posisi kaki yang telah anda angkat ke bagian belakang. Pada saat posisi tubuh anda menekuk, latih otot bokong anda untuk menahan tubuh tetap pada posisi lurus.

7. Side plank

Gerakan sebam berikut ini bisa anda jadikan sebagai rahasia untuk mengencangkan dan mengecilkan lingkar pinggang anda, karena gerakan ini dapat melatih kerja dari otot perut bagian dalam.

Caranya yaitu :

Cara melakukan gerakan side plank ini sangat mudah sekali, pertama-tama posisikan tubuh anda berbaring ke bagian sisi kiri dan kanan. Kemudian tahan tubuh anda dengan menggunakan tangan. Posisikan kaki anda lurus ke bawah tubuh. Tahan posisi ini dengan cara mengangkat pinggul selama 30 detik hingga tubuh anda membentuk garis lurus dari pergelangan kaki ke bagian pundak. Langkah selanjutnya, putar balik posisi tubuh anda ke bagian sisi lainnya dan ulangi gerakan senam ini.

8. Step-ups

Jenis olahraga yang cocok untuk membentuk tubuh ideal dan bisa dilakukan oleh pria maupun wanita yaitu dengan melatih otot bokong dan juga otot paha bagian belakang, sehingga lebih kencang, kuat dan bentuk kaki akan menjadi lebih ramping. Gerakan olahraga ini juga bisa mengencangkan otot paha depan ketika anda meluruskan lutut untuk diturunkan ke posisi bawah.

Caranya yaitu :

Pertama-tama posisikan tubuh anda berdiri di depan bangku atau anak tangga. Kemudian langkahkan satu kaki anda dengan sangat kuat seperti gerakan ketika anda akan menaiki anak tangga, bagian kaki yang pertama yaitu kaki kanan terlebih dahulu, kemudian ikuti dengan kaki kiri. Langkah selanjutnya turunkan kaki anda satu persatu ke bawah mulai dari kaki kanan terlebih dahulu, kemudian ikuti dengan kaki kiri.

Lakukan gerakan olahraga ini beberapa kali secara rutin setiap hari. Pastikan anda selalu menjaga keseimbangan tubuh selama melekukan gerakan ini, jangan mencondongkan tubuh anda ke depan atau kebelakang.

9. Bridge

Jenis olahraga berikutnya yang bisa anda lakukan untuk membentuk tubuh ideal yaitu dengan melakukan gerakan senam bridge. Gerakan senam ini memang terlihat sangat sederhana, tapi ternyata sangat efektif untuk membentuk otot bagian bokong, otot perut dan juga paha depan maupun belakang. Selain itu, olahraga ini juga sangat baik untuk menjaga tulang punggung tetap sempurna.

Cara melakukannya, yaitu :

Pertama-tama posisikan tubuh anda berbaring terlebih dahulu diatas matras atau lantai, kemudian tekuk lutut dengan posisi telapak kaki menginjak lantai. Setelah itu, angkat pinggul anda hingga membentuk garis lurus dan tahan beberapa saat. Setelah itu, kembalikan posisi tubuh anda pada posisi awal, kemudian angkat kembali pinggul anda.

10. Shoulderstand

Cara melakukan gerakan Shoulderstand ternyata lebih mudah, namun memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Latihan gerakan ini dapat membentuk otot lengan, perut, bokong dan juga kaki.

Cara melakukannya, yaitu :

Pertama-tama posisikan tubuh anda berbaring secara telentang dan angkat kedua kaki beserta pinggul anda dari lantai. Angkat terus kedua kaki dan pinggul anda hingga posisinya lurus hampir sejajar dengan kepala. Kemudian letakan tangan anda untuk menyangga punggung, usahakan untuk menjaga keseimbangan dan posisi kaki tetap lurus ke atas.

11. McGill Curl Up

Dengan melakukan gerakan olahraga ini dapat membentuk otot perut, menguatkan tulang punggung dan juga menguatkan otot di sekitar punggung, sehingga dengan rutin melakukan olahraga ini dapat mencegah nyeri punggung.

Cara melakukannya, yaitu :

Posisikan tubuh anda dengan berbaring telentang di lantai, luruskan kaki bagian kaki dan kaki kiri ditekuk hingga posisi telapak kaki menapak ke lantai. Kemudian letakan telapak tangan anda di bagian bawah lengkungan alami tulang punggung yang ada di bagian bawah tubuh anda.

Selanjutnya, secara perlahan angkat kepala dan bahu dari lantai tanpa harus menekuk punggung bagian bawah atau bagian tulang belakang. Tahan posisi saat mengangkat kepala dan bahu kurang lebih selama 8 detik. Tarik napas sepanjang anda mengangkat kepala dan bahu, lakukan gerakan ini sebanyak 4-5 kali dan lakukan secara bergantian dengan kaki kiri. Agar terasa lebih menangtang, anda bisa mengangkat siku dari lantai ketika anda sedang menekuk kepala.


Itulah 21 Cara Membentuk Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita yang bisa dilakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih dan salam sehat untuk semua.