19 Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui

19 Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Cara Membuat Ramuannya --  Khasiat dan Kegunaan Daun Dadap untuk Kesehatan, Manfaat Daun Dadap untuk Pengobatan dan Kesehatan, Manfaat Daun Dadap untuk Wajah - Rambut, Manfaat Daun Dadap untuk Ibu Hamil - Ibu Menyusui - Bayi, Kandungan Zat / Senyawa pada Daun Dadap.

https://www.infokesehatan.web.id

Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Cara Membuat Ramuannya -- Daun dadap atau yang dikenal dengan nama latin Erythrina Variegata sering kali dimanfaatkan sebagai tanaman pembatas yang biasanya ditanam di pekarangan rumah.

Selain itu, daun dadap juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat untuk mengobati beragam jenis penyakit, bahkan saat ini daun dadap sudah dimanfaatkan oleh para ahli sebagai bahan untuk membuat obat-obatan herbal.

Di Indonesia daun dadap ini memiliki beragam nama julukan di tiap-tiap daerah, ada yang menybut daun dadap dengan sebutan galala itam, deris, dalungdung, dada ayam, dadap laut dan masih banyak lagi nama-nama julukan lainnya. Masyarakat sendiri umumnya sering menggunakan daun dadap ini sebagai obat, karena di dalam daun dadap mengandung beberapa jenis zat yang dipercaya mampu mengobati jenis penyakit.

Bagi anda yang belum tahu seperti apa tanaman dadap ini, anda bisa simak sedikit penjelasannya berikut ini.

A. Ciri-Ciri Tanaman Dadap

Berikut ini ciri-ciri yang dapat dikenali dari tanaman dadap, yaitu :

1. Pohon

Dilihat dari pohonnya, pohon dadap memiliki ketinggian yang mencapai 15-20 meter. Ketika usia pohon dadap ini masih muda, pada bagian kulit batang pohonnya memiliki tekstur yang halus dan bergaris-garis vertikal dan berwarna hijau, coklat muda, abu-abu atau ada juga warna keputihan. Pada bagian pohonnya terdapat duri-duri kecil berukuran 1-3 mm yang berwarna hitam.

2. Daun

Dilihat dari bagian daunnya, pohon dadap memiliki daun yang mejemuk beranak tiga, pda daunnya ada yang berwarna hijau dan hijau muda. Pada bagian tangkai daunnya memiliki penjang sekitar 10-40 cm, pada anak daunnya berbentuk bundar, belah ketupan dan ada juga yang berbentuk segitiga dengan ujung daunnya yang tumpul.

Sedangkan untuk ukuran dari anak daunnya sekitar 9-25 cm dengan lebar mencapai 10-30 cm. Biasanya daun yang ada pada pohon dadap ini akan mengalami musim gugur pada saat musim kemarau, rasa daunnya sendiri terasa pahit.

4. Bunga

Pohon dadap juga akan menghasilkan bunga yang berbentuk kerucut, biasanya bunga dadap ini akan muncul pada bagian samping atau ujung dari ranting yang gundul ketika daunnya sedang mengalami masa gugur. Sedangkan pada bagian mahkota bunganya berwarna merah jingga dan berwarna merah gelap.

5. Biji

Terakhit, untuk mengenali ciri-ciri dari pohon dadap ini yaitu bisa kita lihat pada bagian bijinya, bentuk bijinya mirip seperti telur berwarna merah, coklat atau ungu yang mengkilap.

B. Kandungan Zat / Senyawa di dalam Daun Dadap

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian pernah dilaporkan pada tahun 1980 yang menyatakan, bahwa pada beberapa bagian pohon dadap seperti batang, daun, buah dan juga akarnya memiliki kandungan zat yang bersifat racun yang dikenal dengan zat asam hidrosianida dan eritrina, sedangkan di dalam biji dadap mengandung alkaloid eritrina dan hipaforin.

Tidak hanya itu, pada bagian daun dadap sendiri mengandung protein dan nirogen yang berjumlah sangat tinggi. Daun dadap juga mengandung senyawa bermanfaat lainnya seperti alkaloid, eritrina, aritramina, aritradin, erisofina, hipaforina, anti-inflamasi dan anti-piretik.

Selain itu daun dadap juga memiliki kandungan protein dan nitrogen yang sangat tinggi. Selain senyawa tersebut, daun dadap juga memiliki kandungan alkaloid, aritramina, eritrina, aritradin, hipaforina, erisofina dan anti-inflamasi, serta anti-piretik, mendinginkan, membersihkan darah.

Sangat banyak sekali kandungan zat dan senyawa penting yang terkandung di dalam daun dadap ini, maka tak heran jika daun dadap memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, sehingga sering dimanfaatkan di dunia pengobatan.

Untuk menjadikan daun dadap ini sebagai obat tradisional sangatlah mudah, ada yang mengkonsumsi daun dadap secara langsung untuk dijadikan lalapan, dan ada juga yang mengolahnya dengan cara seperti biasa yaitu dengan merebus dan memanfaatkan air rebusannya sebagai obat.

C. Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat daun dadap dalam pengobatan bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Ampuh Turunkan Demam

Pada saat daya tahan tubuh sedang melemah, maka tubuh akan mudah sakit dan terserang demam atau panas. Ketika anda atau salah satu anggota keluarga anda ada yang terserang demam, maka anda bisa minum air rebusan daun dadap pada malam hari sebelum tidur. Kandungan senyawa yang terkandung di dalam daun dadap ini efektif turunkan demam.

2. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Penyeban radang tenggorokan umumnya dikarenakan adanya virus yang menyerang, untuk mengatasinya anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap secara rutin dua kali sehari. Hal ini dikarenakan, di dalam daun dadap ini mengandung senyawa yang bersifat sebagai anti inflamasi yang sangat ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Gejala yang ditimbulkan akibat peradangan ini, maka anda akan merasakan rasa sakit saat makan atau minum.

3. Meredakan Sakit Kepala

Ketika anda terserang sakit kepala, anda jangan dulu minum obat kimia. Anda bisa obati sakit kepala yang sedang anda derita dengan cara alami, salah satu cara alami yang ampuh untuk meredakan sakit kepala yaitu dengan minum air rebusan daun dadap. Sebab, di dalam daun dadap sendiri mengandung zat yang efektif untuk meredakan rasa sakit. Penggunaan dari obat alami ini tentunya lebih aman dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia yang dapat menimbulkan efek samping.

4. Mengobati Batuk Berdahak

Batuk berdahak memang membuat tidak nyaman, karena dahak akan terus menumpuk pada tenggorokan dan saluran pernapasan. Salah satu cara mengobati batuk berdahak bisa dilakukan dengan cara minum air rebusan daun dadap secara rutin setiap hari, kandungan yang terdapat di dalam daun dadap bisa mengencerkan dahak dan batuk pun berangsur-angsur sembuh.

5. Melegakan Saluran Pernapasan atau Asma

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tidak lancarnya sistem pernapasan, umumnya gangguan pernapasan ini dapat terjadi ketika kita sedang terserang flu atau memang sedang mengalami gangguan pada pernapasan seperti asma.

Bagi anda yang sedang mengalami gangguan pernapasan atau asma, maka anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap secara rutin 2 kali sehari. Maka secara berangsur-angsur saluran pernapasan pun akan terasa lebih lega dan lancar.

6. Mengobati Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya dapat di derita oleh anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun bisa terkena penyakit ini. penyebab dari cacingan ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan. Bagi anda yang sedang mengalami cacingan, anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap secara rutin setiap hari sampai sembuh.

7. Mengatasi Gangguan Tidur (insomnia)

Apakah saat ini anda sedang mengalami kesulitan tidur? Kurang tidur di malam hari tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan jika di alami setiap malam, tubuh akan mudah lelah, tidak bisa konsentrasi dan menyebabkan terkena penyakit anemia atau kekurangan darah.

Untuk mengatasinya, anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap, kandungan zat yang terdapat di dalam daun dadap dapat menenangkan, sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks dan bisa tidur dengan lelap.

8. Mengobati Disentri

Disentri adalah jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan, penyebabnya dikarenakan adanya virus yang menginfeksi bagian usus sehingga kotoran yang dikeluarkan akan bercampur dengan lendir dan bahkan jika kondisinya sudah sangat parah, maka akan disertai dengan keluarnya darah saat BAB. Penyakit disentri ini bisa terjadi akibat dari pola hidup yang tidak sehat dan kurangnya menjaga kebersihan pada makanan.

Salah satu cara untuk mengatasi disentri ini, anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap dua kali sehari. Zat anti bakteri yang terkandung di dalam daun dadap ini mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab disentri, serta dapat mengobati infeksi yang terjadi pada usus.

9. Mengobati Asam Urat dan Rematik

Asam urat dan rematik adalah jenis penyakit yang kerap di alami oleh masyarakat di Indonesia, terutama bagi wanita yang lebih rentan terkena penyakit ini. Penyakit asam urat dan rematik ini sering menyerang area persendian dan bahkan dapat disertai dengan terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit ini yaitu rasa nyeri dan sakit yang amat menyiksa, sehingga dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya kesulitan untuk bergerak dan juga berjalan.

Untuk anda yang saat ini sedang menderita penyakit asam urat dan rematik, anda bisa membuat ramuan obat tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit tersebut.

Cara mengolahnya, anda bisa merebus daun dadap dan kemudian meminum air rebusannya secara rutin dan teratur 2 kali sehari. Kandungan zat yang terkandung di dalamnya dapat membantu meredakan rasa sakit akibat asam urat dan rematik.

10. Mencegah Pembengkakan

Pembengkakan bisa terjadi oleh banyak hal, bisa dikarenakan terjadi benturan atau dikarenakan adanya penyakit tertentu yang menyebabkan terjadi pembengkakan. Untuk membantu meredakan pembengkakan dan tidak semakin parah, maka anda bisa minum air rebusan daun dadap secara rutin setiap hari dan juga dengan membuat obat oles dari daun dadap.

Caranya yaitu, ambil daun dadap secukupnya, lalu tumbuh hingga halus, kemudian tempelkan pada bagiang yang mengalami pembengkakan tersebut. Dalam beberapa hari, pembengkakan akan berangsur-angsur mengecil dan sembuh.

11. Melancarkan Menstruasi

Banyak wanita yang sering mengalami rasa sakit saat haid atau mentruasi, terkadang rasa sakit ini membuat seorang wanita menangis kesakitan. Selain itu, tidak sedikit pula wanita yang sering mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur.

Untuk mengatasi keluhatn-keluhan tersebut, anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap selama menstruasi, kandungan zat yang ada di dalam daun dadap ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan melancarkan siklus mentruasi.

12. Sebagai Obat Pencahar

Bagi anda yang sering mengalami kesulitan buang air besar, maka anda bisa rutin minum air rebusan daun dadap dan mengkonsumsi daun dadapnya sebagai lalapan. Air rebusan daun dadap beserta daunnya ini dapat berfungsi sebagai obat pencahar perut alami yang cukup ampuh dan tentunya aman, buang air besar akan menjadi lebih lancar dan sistem pencernaan pun akan menjadi lebih sehat.

13. Pembersih Darah Kotor

Bagi anda yang sering mengalami masalah pada kulit seperti jerawat dan bisul, maka kemungkinan anda mengalami masalah darah kotor. Untuk membersihkan darah kotor, anda tidak perlu melakukan cuci darah tapi cukup dengan rutin minum air rebusan daun dadap paling tidak seminggu sekali.

Rutin minum air rebusan daun dadap ini dapat membersihkan darah kotor dalam tubuh anda, sehingga dapat mencegah dan membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh darah kotor seperti bisul dan jerawat.

14. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Manfaat daun dadap untuk kesehatan berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu dipercaya mampu menurunkan tekanan darah berlebih atau hipertensi. Seperti yang kita tahu bahwa hipertensi adalah jenis penyakit yang cukup berbahaya, karena dapat berpotensi menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung, stroke dan bahkan pecah pembuluh darah yang berakibat pada kematian mendadak.

15. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kadar gula berlebih dalam darah juga termasuk jenis penyakit yang berbahaya, karena jika kadar gula dalam darah tidak terkendali dapat berpotensi terkena penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes melitus ini sangat sulit untuk disembuhkan, maka sebelum anda terserang penyakit ini sebaiknya jaga kondisi kesehatan anda dengan rutin minum air rebusan daun dadap agar kadar gula dalam darah anda tetap stabil dan terhindar dari resiko penyakit diabetes.

D. Manfaat Daun Dadap untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain bermanfaat bagi kesehatan secara umum, daun dadap juga bermanfaat bagi para ibu hamil dan menyusui.

1. Menurunkan Resiko Keguguran

Manfaat daun dadap juga ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan masyarakat umum, tetap juga dipercaya dapat mencegah keguguran pada ibu hamil muda. Caranya yaitu, anda hanya tinggal menumbuk daun dadap, kemudian balurkan pada bagian perut.

2. Melancarkan Produksi ASI

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, daun dadap juga bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui. Caranya yaitu, cukup minum air rebusan daun dadap secara rutin segelas perhari.

E. Manfaat Daun Dadap Lainnya

1. Untuk Pakan ternak

Masyarakat yang tinggal di pedesaan tidak hanya memanfaatkan daun dadap sebagai obat tradisional saja, tetapi juga sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang dapat membuat ternak tumbuh sehat.

2. Sebagai Bahan Pupuk

Selain itu, daun dadap juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik untuk menyuburkan tanaman.

F. Cara Membuat Ramuan Obat Tradisional dari Daun Dadap

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam pembuatan ramuan obat herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit, yaitu :
  • Ambil 1 - 2 lembar daun dadap segar yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, lalu cuci sampai bersih di bawah air mengalir
  • Setelah itu, robek-robek daun dadap dan rebus dengan 3 gelas air. Rebus sampai mendidih dan biarkan hingga airnya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja
  • Angkat dan saring airnya, agar rasanya terasa lebih nikmat, anda bisa menambahkan 1 sendok madu pada setiap 1 gelas air rebusan daun dadap tersebut
  • Minum air rebusan daun dadap yang sudah anda buat tadi selagi hangat

Catatan :
  • Informasi ini sifatnya hanya sebatas untuk pengetahuan saja, jika anda ingin memanfaatkan daun dadap ini sebagai pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli pengobatan herbal atau dokter.

Demikian ulasan kesehatan yang bisa kami sampaikan mengenai 19 Manfaat Daun Dadap untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui, serta Cara Membuat Ramuannya. Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo like dan share pada teman lainnya yang sekiranya memerlukan informasi ini. Cukup sekian dan salam sehat selalu.