23 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit

23 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit -- Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Untuk Kesehatan, Manfaat Daun Pepaya untuk Kecantikan, Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Efek Samping Daun Pepaya, Manfaat Daun Pepaya untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit, Manfaat Daun Pepaya untuk Wanita - Pria - Ibu Menyusui, Khasiat Daun Pepaya Muda, Cara Merebus Daun Pepaya untuk Obat, Cara Membuat Jus Daun Pepaya.


23 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Mencegah, dan Mengobati Penyakit -- Masih banyak orang yang belum tahu jika ternyata daun pepaya bisa dimanfaatkan sebagai sayuran, daun pepaya sering di santap dengan cara dijadikan lalapan atau juga bisa juga dijadikan olahan masakan lainnya sebagai pendamping nasi. Daun pepaya memiliki rasa pahit tetapi jika diolah dengan baik dengan bumbu rempah-rempah, rasa pahit tersebut akan hilang dan menjadikan daun pepaya ini memiliki rasa yang nikmat.

Namun tahukah anda, ternyata dibalik rasa pahit pada daun pepaya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsimnya bagi kesehatan tubuh. Di dalam daun pepaya mengandung zat dan senyawa penting yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis.

Tanpa perlu basa basi, pada artikel kesehatan kali ini akan membahas mengenai beragam manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Beragam Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit

Berikut ini beberapa manfaat dari daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Anti Kanker

Manfaat daun pepaya pertama yang perlu anda ketahui yaitu ternyata berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan jika di dalam daun pepaya mengandung zat pahit, zat tersebut dapat berperan dalam mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, daun pepaya juga sering direkomendasikan untuk dijadikan sebagai bahan untuk terapi kemoterapi yang sangat baik untuk dilakukan oleh mereka pada penderita penyakit kanker diseluruh dunia.

Ekstrak daun pepaya bermanfaat untuk membantu dalam mengatur T-sel dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit kanker. Maka dari itu, meskipun rasanya sedikit pahit sebaiknya anda tidak membatasi diri untuk tidak mengkonsumsi daun pepaya ini agar dapat terhindar dari penyakit berbahaya dan mematikan ini.

2. Sebagai Anti Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme yang sering menjadi penyebab dari munculnya berbagai jenis penyakit, untuk mencegah perkembangan bakteri dalam tubuh anda bisa mengkonsumsi daun pepaya.

Hal ini dikarenakan, di dalam daun pepaya mengandung senyawa karpain yang sangat berkhasiat untuk menghambat jamur, parasit, cacing dan juga bakteri agar tidak bisa masuk ke dalam tubuh dan jaringan. Inilah salah satu alasan kenapa daun pepaya ini sering dijadikan sebagai bahan dasar obat herbal dalam pengobatan tradisional, karena dipercaya efektif untuk mencegah perkembangan bakteri dan bahkan menghentikan aktivitasnya.

3. Menjaga Kesehatan Usus

Usus adalah salah satu bagian dalam tubuh yang sangat sensitif dan rentan terkena penyakit jika tidak benar-benar dijaga kesehatannya. Maka dari itu, sangatlah penting untuk kita agar senantiasa melindungi kesehatan usus dengan mengkonsumsi makanan dan minuam sehat.

Salah satu jenis makanan sehat yang sangat baik untuk melindungi usus yaitu daun pepaya, bahkan daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan cacing pada lapisan dinding usus. Hal ini dikarenakan, di dalam daun pepaya ini terdapat kandungan senyawa aktif bernama tanin yang sangat efektif untuk membasmi cacing dalam usus.

4. Mengobati Penyakit Tifus atau Tipes

Selai dapat diobati dengan minum ramuan obat alami yang terbuah dari bahan ekstrak cacing, penyakit tifus juga ternyata dapat diobati dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai obat tifus alami. Hal ini dikarenakan, di dalam daun pepaya mengandung zat tanin, karpain dan juga zat yang berfungsi sebagai antibakterial yang memiliki kemampuan dalam meredakan penyakit tifus. Dengan rutin mengkonsumsi daun pepaya atau minum air rebusan daun pepaya dapat membantu meredakan gejala penyakit tifus dengan cepat.

5. Melakukan Regenerasi Sel Darah

Manfaat daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel darah. Sel darah sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dapat terkendalikan dengan baik, karena bagi orang yang memiliki kadar sel darah atau trombosit yang lemah atau terlalu tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Untuk menjaga agar sel darah dalam tubuh tetap normal dan terjaga kestabilannya, disarankan agar rutin mengkonsumsi daun pepaya. Hal ini dikarenakan, di dalam daun pepaya mengandung beberaoa nutrisi dan vitamin penting seperti vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk melindungi tubuh.

6. Mencegah Penyakit Malaria

Malaria adalah salah sati jenis penyakit endemil yang sering diderita oleh mastarakat di Indonesia. Maka dari itu, sangat penting sekali agar anda selalu memperhatikan asupan makanan agar kondisi penyakit tersebut tidak bertambah parah atau rentang terjangkit penyakit malaria.

Di dalam daun pepaya ini ternyata sangat efektif untuk mencegah terkena penyakit malaria, karena daun pepaya mengandung zat yang bersifat sebagai anti malaria. Jika tidak segera diobati, penyakit ini akan sangat berbahaya dan bahkan dianggap sebagai penyakit yang mematikan.

7. Mencegah Terjangkit Penyakit Demam Berdarah

Sama hal nya dengan penyakit malaria, penyakit demam berdarah atau DBD ini juga termasuk jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Penyakit demam berdarah termasuk jenis penyakit yang disebabkan oleh karena infeksi virus Dengue,  proses penyebaran atau penularan virus ini sering dilakukan melalui gigitan nyamuk.

Seseorang yang terjangkit virus ini umumnya tidak menimbulkan gejala yang kritis dan membahayakan, namun jika tidak segera diatas kondisinya akan semakin memburuk dan bahkan harus mendapatkan penanganan medis dengan dilakukannya perawatan intensif di rumah sakit. Maka sebelum kondisinya parah, sebaiknya segera lakukan penanganan sedini mungkin dengan memberikan jus daun pepaya.

Karena, di dalam daun pepaya ini mengandung enzim papain yang sangat berkhasiat untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh yang sangat diperlukan dalam pengobatan penyakit demam berdarah.

8. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Di balik rasa pahit pada daun pepaya ini, ternyata manfaat daun pepaya juga terbukti efektif untuk membantu meredakan rasa sakit atau nyeri yang sering terjadi dan di alami oleh para kaum wanita dewasa dan remaja saat sedang haid. Bahkan bagi anda yang belum menikah, anda bisa memanfaatkan daun pepaya ini untuk menghilangkan gejala “sumilangeun” atau gejala sakit perut akibat dari darah haid yang tidak kunjung keluar.

Manfat daun pepaya untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan nyeri saat haid ini sudah terbukti efektif, karena di dalam daun pepaya mengandung berbagai jenis vitamin dan juga nutrisi penting yang dapat meredakannya. Ketika nyeri haid datang menyerang, segera minum air rebusan daun pepaya atau jus daun pepaya secara rutin 2 kali sehari.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tidak hanya buahnya saja, daun buah pepaya juga bermanfaat untuk membantu meningkaykan sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang sehat dan kuat, maka dapat melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Untuk menjaga agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga, maka sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi yang salah satunya yaitu daun pepaya.

Daun pepaya memiliki kandungan mineral penting dan juga vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan terhidar dari serangan berbagai jenis penyakit.

10. Membantu Melancarkan Pencernaan

Banyak orang yang hanya tahu jika buah pepaya sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan, namun ternyata tidak hanya buahnya saja tetapi daun pepaya juga sangat berkhasiat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Sebab, di dalam daun pepaya juga mengandung serat yang cukup tinggi yang sagat baik untuk mengoptimalkan kerna dari pencernaan. Selain itu, rutin minum jus dau pepaya juga sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai gangguan pada pencernaan seperti susah buang air besar dan sembelit.

11. Mencegah Anemia

Daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk membantu mencegah anemia, karena di dalam daun pepaya mengandung zat besi yang cukup tinggi sama halnya dengan daun singkong dan sayuran hijau lainnya. Anemia sendiri adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan sel darah merah, sehingga dapat menyebabkan tubuh cepat lelah, sering pusing dan kurang berstamina.

Maka jika anda mengalami gejala-gejala seperti itu, sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi daun pepaya atau dengan minum jus daun pepaya setiap hari. Karena, kandungan zat besi dan nutrisi penting lainnya yang ada dalam daun pepaya ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

12. Mencegah Katarak

Mata katarak memang tidak bisa diobati dengan menggunakan obat saja, biasanya dokter akan menangani penyakit katarak dengan cara melakukan operasi katarak. Maka dari itu, untuk meminimalisir dari resiko terkena penyakit katarak, banyak para pakar pengobatan herbal yang menyarankan untuk rutin mengkonsumsi atau minum jus daun pepaya. Karena di dalam daun pepaya mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menutrisi mata agar mata tetap sehat dan terhindar dari resiko terkena katarak.

13. Mencegah Emfisema

Emfisema merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang organ paru-paru, meski penyakit ini jarang menyerang namun tetap perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan gangguan serius pada alat pernapasan. Salah satu cara mencegah penyakit Emfisema ini yaitu dengan rutin mengkonsumsi daun pepaya, karena di dalam daun pepaya mengandung vitamin D yang dapat mencegah dan bahkan mengobati penyakit tersebut.

17. Meningkatkan Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan sering kali di abaikan oleh banyak orang, padahal masalah ini akan berdampak buruk bagi kesehatan apabila dibiarkan saja terlebih bagi anak-anak. Sebab, tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup apabila jarang mendapatkan asupan makan.

Maka dari itu, untuk mengembalikan nafsu makan kembali normal anda bisa mencoba mengkonsumsi daun pepaya atau bisa juga dengan dibuat jus dengan campuran bahan lain seperti buah-buahan atau sayuran yang anda sukai.

Meskipun anda akan merasa tidak suka di awal mengkonsumsinya, namun kandungan nutrisinya seperti papaan, vitamin dan juga mineral penting yang terkandung di dalam daun pepaya ini dapat mengembalikan nafsu makan anda kembali lahap.

18. Mengobat Sakit Perut

Manfaat daun pepaya juga efektif untuk mengobati sakit perut, baik karena terlalu banyak makan makanan pedas atau akibat dari minum susu. Untuk meredakan sakit perut secara alami, anda bisa mengkonsumsi daun pepaya.

Cara mengobati sakit perut dengan pepaya cukup mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi langsung daun pepaya muda atau mengolahnya untuk dijadikan jus. Cara alami ini dapat memberikan sensasi dingin pada perut, sehingga sakit perut berangsur-angsur akan reda.

19. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalani program diet sehat, karena di dalam daun pepaya mengandung serat yang cukup tinggi, rendah lemak, dan juga kaya nutrisi. Maka dari itu, untuk anda yang ingin berhasil dalam program diet yang sedang anda jalani saat ini, masukan daun pepaya ini ke dalam menu makanan harian anda.

20. Mengobati Cacingan

Pasti akan terasa sedih ketika melihat si kecil sedang menderita penyakit cacingan, karena penyakit dapat membuat si kecil tidak nafsu makan, penurunan berat badan dan menjadi kurang aktif seperti biasanya.

Untuk mengobati cacingan pada anak, anda bisa membuatkan anak anda menu makanan dari daun pepaya muda, karena di dalam daun pepaya mengandung zat yang sangat efektif untuk membasmi cacing penyebab anak cacingan.

21. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Darah tinggi merupakan jenis penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat umum, terutama bagi mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Secara umum, penyakit darah tinggi ini dapat menimbulkan gejala seperti sering pusing, bahu terasa tegang, sakit kepala dan beberapa gejala lainnya. Hipertensi sendiri disebabkan oleh karena terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Untuk menurunkan tekanan darah, salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi daun pepaya atau minum air rebusan daun pepaya.

Hal ini dikarenkan, di dalam daun pepaya mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian, aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh kembali lancar dan tekanan darah dalam tubuh pun akan kembeli normal.

22. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang baru menyusui, biasanya sering mengeluhkan kurang lancarnya produksi ASI. Kondisi ini sering kali membuat para ibu merasa khawatir karena tidak bisa memberikan ASI dengan cukup kepada sang buah hati. Jika anda mengalami kondisi seperti ini, anda tidak perlu khawatir karena salah satu cara alami untuk melancarkan produksi ASI yaitu bisa dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi ASI untuk bayi, sehingga bayi bisa mendapatkan ASI dengan cukup.

Caranya bukan dengan dikonsumsi, melainkan dengan cara menempelkan daun pepaya yang sudah dilayukan. Namun usahakan agar jangan sampai menempel pada bagian putting. Lakukan cara ini satu jam sebelum menyusui, setelah melakukan beberapa kali produksi ASI akan semakin lancar.

23. Melancarkan Buang Air Kecil

Kesulitan buang air kecil tentunya akan sangat mengganggu, karena buang air kecil ini sangat baik untuk membersihkan tubuh dari racun. Maka salah satu cara mengobati susah buang air kecil secara alami bisa anda lakukan dengan cara minum air rebusan daun pepaya muda, karena di dalam daun pepaya muda mengandung karpein yang dapat membantu melancarkan proses pembuangan air kecil, sehingga tidak akan menyebabkan penyakit.

Perhatian !!!
Meski daun pepaya ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, tetap anda harus cerdas dan berhati-hati agar tidak mengkonsumsi daun pepaya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, di dalam daun pepaya juga mengandung zat-zat berbahaya yang jika dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat dari daun pepaya?

Baca Juga : 14 Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Demikianlah ulasan kesehatan mengenai 23 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit, semoga ulasan yang kami sampaikan diatas dapat bemanfaat dan sampai jumpa.