Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya -- Manfaat & Khasiat Akar Pepaya untuk Pengobatan Alami, Manfaat dan Khasiat Akar Pepaya untuk Kesehatan, Kandungan dan Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan, Manfaat Akar Pepaya untuk Pria & Wanita beserta Cara Penggunaannya, Efek Samping Akar Pepaya, Cara Mengelola Akar Pepaya untuk Pengobatan Alami.


Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya – Pepaya? Ya, siapa sih yang tidak mengenal salah satu jenis buah yang satu ini. Keberadaan pohon pepaya memang sangat mudah kita jumpai di berbagai daerah  di Indonesia. Bahkan pohon pepaya terdiri dari banyak jenisnya, karena tanaman pepaya ini termasuk jenis tanaman tropis yang dapat tumbuh subur di Indonesia.

Masyarakat di Indonesia biasanya tidak hanya memanfaatkan buahnya saja, tetapi juga sering memanfaatkan bagian lain dari pohon pepaya ini seperti daun, batang dan juga akar. Sesuai dengan topik kita kali ini, artikel ini akan mengulas tentang manfaat dari salah satu bagian dari pohon pepaya, salah satunya yaitu akar pepaya. 

Tahukah anda, ternyata akar pepaya ini memiliki kandungan berbagai jenis zat dan senyawa penting yang berkhasiat untuk dijadikan sebagai obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan tubuh lainnya.

Namun sebelum kami mengulas lebih dalam mengenai manfaat akar pepaya bagi kesehatan, kami akan sedikit membagikan sedikit informasi mengenai kandungan zat dan senyawa yang terkandung di dalam akar pepaya. Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini!

Kandungan Zat di Dalam Akar Pepaya

Seperti yang kita tahu bahwa akar pada sebuah tanaman memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi tumbuhan itu sendiri, karena akar bertugas untuk menyerap nutrisi dari tanah yang dibutuhkan oleh tanaman agar dapat tumbuh dengan subur. Maka dari itu, banyak orang yang percaya bahwa di dalam setiap akar tanaman salah satunya akar pohon pepaya memiliki kandungan zat dan senyawa penting yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa kandungan zat yang terdapat di dalam akar pepaya, diantaranya yaitu mengandung papain, karpain, sianogenetik, zat glikosida, fitokinase, kimopapain, asam malat, kalsium maleat dan masih banyak lagi kandungan zat dan nutrisi penting lainnya yang ada dalam akar pohon pepaya.

Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Banyak daerah di Indonesia yang masyarakatnya sering memanfaatkan akar pepaya sebagai bahan yang digunakan untuk pengobatan yang sudah dilakukan sejak jaman dulu oleh nenek moyang kita. 

Meski demikian, hingga saat ini masih banyak masyarakat umum yang belum tahu bahwa akar pepaya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, pada artikel kali ini admin akan membagikan sedikit informasi mengenai manfaat akar pepaya yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pada pembaca sekalian.

Berikut ini beberapa manfaat akar pepaya untuk kesehatan dan cara mengolahnya, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal memang tidak bisa dianggap remeh, karena penyakit ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat oleh ahli medis. Hal ini dikarenakan, organ ginjal memiliki fungsi yang begitu vital bagi tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun dan juga zat berbahaya yang berasal dari makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. Apabila organ ginjal sedang dalam kondisi tidak sehat, maka jelas seluruh organ dalam tubuh pun akan ikut terganggu.

Di samping anda melakukan pengobatan medis, anda bisa melakukan upaya penyembuhan dengan pengobatan alternatif lain yag sifatnya alami seperti menggunakan akar pepaya. Sebab, di dalam akar pepaya mengandung sejumlah zat yang dipercaya mampu memperbaiki kerusakan dan menormalkan kembali fungsi organ ginjal dalam tubuh.

Cara mengobati penyakit ginjal dengan akar pepaya, yaitu :

Persiapkan bahan-bahannya seperti :
  • Akar pepaya, sebanyak 20 gram
  • Akar alang-alang, sebanyak 20 gram
  • Kumis kucing, sebanyak 10 gram
  • Air putih, sebanyak 700 ml

Cara Membuat Ramuan :

Pertama-tama cuci sampai bersih beberapa bahan alami yang diperlukan, lalu potong-potong ukuran kecil. Setelah itu, rebus semua bahan tersebut dengan air yang sudah dipersiapkan sampai mendidih, tunggu sampai air menyusut hingga tersisa sekitar setengahnya saja. Angkat dan saring airnya, tuangkan ke dalam gelas dan tunggi hingga cukup hangat untuk diminum. Setelah air rebusan akar pepaya cukup hangat dan siap untuk diminum, minum ramuan tersebut sampai habis.

Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, minum ramuan yang telah dibuat tadi secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

2. Mengobati Penyakit Kandung Kemih

Apabila sedang buang air kecil dan disertai dengan rasa sakit, maka itu adalah salah satu tanda jika adanya masalah pada kandung kemih. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu bisa dilakukan dengan akar pepaya, dengan rutin minum air rebusan yang dicampur dengan bawang putih dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan pada saat sedang buang air kecil.

Cara membuat ramuan obat untuk mengatasi penyakit kandung kemih yaitu :

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Akar pepaya, sebanyak 10 gram
  • Bawang putih, sebanyak 3 siung
  • Air putih, sebanyak 100 ml

Cara Membuat Ramuan :

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencuci akar pepaya dengan air bersih, lalu potong-potong dan jemur hingga kering. Setelah itu, parut bawang geprek bawang putih dan rebus bersama dengan akar pohon pepaya dengan air yang telah dipersiapkan. Proses perebusannya cukup 20 menit saja atau sampai mendidih, lalu angkat dan saring airnya. Dinginkan airnya, lalu minum selagi hangat sampai habis. Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

3. Mengobati Casingan

Cacingan adalah salah satu jenis penyakit yang kerap diderita oleh anak-anak, karena anak-anak masih belum sadar akan pentingnya untuk menjaga kebersihan dan membuat cacing mudah sekali masuk ke dalam tubuh. 

Penyakit cacingan ini bisa membuat tumbuh kembang anak terganggu, sehingga sebagai orang tua kita harus segera melakukan tindakan dengan memberikan anak obat cacing. Salah sau obat cacing yang sudah terbukti ampuh sejak dulu yaitu dengan memanfaatkan akar pohon pepaya, kandungan zat yang terkandung di dalamnya mampu membasmi cacing yang ada dalam saluran usus.

Cara memanfaatkan akar pepaya sebagai obat cacing alami, yaitu :

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • Akar pepaya, sebanyak 15 gram
  • Bawang putih, sebanyak ½ gram
  • Air putih, sebanyak 100 ml

Cara Membuatnya :

Seperti biasa, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mencuci akar pepaya sampai benar-benar bersih. Setelah itu, potong kecil-kecil akar pepaya dan jemur hingga kering. Setelah itu, rebus akar pepaya dan bawang putih sampai mendidih. Kemudian, angkat dan saring airnya kemudian tunggu hingga airnya cukup hangat dan siap untuk diminum. Jika anda memang tidak suka dengan rasanya yang sangat pahit, anda bisa menambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin minimal 2 kali sehari salama 3 hari berturut-turut.

4. Mengobati Penyakit Rematik

Pada umumnya, penderita penyakit rematik adalah mereka yang berusia diatas 40 tahun dan usia lanjut, seseorang yang menderita penyakit ini akan merasakan rasa sakit dan nyeri yang aman menyiksa pada daerah persendian, terutama pada saat bagun tidur dipagi hari. Banyak dari mereka yang menganggap jika dengan minum obat rematik hanya dapat meredakan rasa sakit sesaat saja, tidak lama setelah itu rasa sakit akan datang kembali dan bahkan lebih parah.

Bagi anda yang sudah bingung mencari obat apa yang ampuh untuk meredakan rasa sakit dan sekaligus mengobati penyakit rematik secara total, salah satu obat alami yang sudah dipercaya sejak dulu hingga sekarang salah satunya yaitu dengan minum air rebusan akar pepaya secara rutin dan teratur. Untuk mengetahui cara pembuatan ramuan obat tradisonal untuk mengobati rematik, yaitu sebagai berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu :
  • Akar pepaya, sebanyak 30 gram
  • Daun sirih, sebanyak 30 gram
  • Daun ketapang china, sebanyak 15 gram
  • Daun sambiloto, sebanyak 20 gram
  • Daun Jeruk nipis, sebanyak 20 gram
  • Cabe rawit merah, sebanyak 6 buah

Cara membuat ramuannya, yaitu :

Cuci bersih semua bahan dan tumbuh sampai halus, lalu rendam dengan cairan alkohol 75% selama kurang lebih 1 minggu. Setelah itu, saring dan peras airnya. Gunakan cairan tersebut untuk digunakan sebagai minyak urut, oleskan secara merata pada bagian persendian yang terasa sakit. Sensasi hangat yang ditimbulkannya akan membuat rasa sakit reda dan hilang. Lakukan pengobatan alami penyakit rematik ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

5. Menyegarkan dan Penambah Energi Tubuh

Setiap selesai melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh terasa lelah, maka anda dapat minum ramuan yang terbuat dari bahan akar pepaya agar energi dan stamina tubuh kembali prima. Ramuan ini sudah digunakan sejak dulu oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan berat, hasilnya pun terbukti ampuh dan dapat membuat tubuh kembali berstamina dan bertenaga. Untuk mengetahui cara pembuatan ramuannya, anda bisa lihat ulasannya berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu :
  • Akar pepaya, sebanyak 2 potong
  • Daun pepaya, sebanyak 1 lembar
  • Air bersih, sebanyak 1 liter

Cara membuat ramuannya, yaitu :

Pertama-tama haluskan akar pepaya dan daunnya yang sebelumnya sudah dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, rebus kedua bahan tersebut dengan air yang telah dipersiapkan. Rebus sampai airnya mendidih dan biarkan sampai airnya hanya tinggal tersisa setengahnya saja. Kemudian angkat dan saring ainya, lalu dinginkan sebentar sampai cukup hangat untuk diminum. Jika ingin terasa nikmat, anda bisa menambahkan madu secukupnya saja agar rasanya tidak terlalu pahit. Minum selagi hangat sampai habis dengan dosis 1 setengah gelas 3 kali sehari.

6. Mengobati Penyakit Malaria

Manfaat akar pepaya juga dipercaya efektif untuk mengobati penyakit malaria, penyakit ini memang tidak boleh dianggap sepele karena penyakit malarian satu tingkat lebih berbahaya dibandingkan dengan penyakiit DBD. Saking berbahayanya, banyak pasien malaria yang meninggal dunia akibat telat mendapatkan penanganan serius. Sebagai tindakan utama, anda bisa minum air rebusan akar pepaya secara rutin dan teratur.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat ramuan obat herbal untuk mengobati penyakit malaria, anda bisa simak langkah-langkahnya dibawah berikut ini.

Bahan yang diperlukan, yaitu :
  • Akar pepaya, sebanyak 3 potong
  • Daun pepaya muda, sebanyak 1 lembar
  • Tempe busuk, sebanyak 1 ruas jari
  • Garam, sebanyak 1 sendok teh

Cara membuat ramuannya, yaitu :

Cuci bersih akar dan daun pepaya. Setelah itu, tumbuk semua bahan sampai hancur. Langkah selanjutnya, rebus dengan 100 ml air bersih sampai medidih. Terakhir, saring dan peras airnya. Minum air perasan tersebut secara rutin selama tujuh hari berturut-turut.

7. Mengobati Wasir atau Ambeien

Seseorang yang menderita pemyakoit wasir dan ambeien tentu akan membuatnya tidak nyaman dan bahkan disertai dengan rasa sakit. Salah satu cara untuk mengobatinya, anda bisa rutin minum air rebusan daun dan akar pepaya juga dipercaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien. Apabila cara alami ini dilakukan dengan rutin, maka ambeian akan mengecil dan akan segera sembuh.

8. Mengurangi Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat minum air rebusan akar pepaya juga ternyata dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, kolesterol tinggi sendiri sering menjadi penyebab dari datangnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, darah tinggi dan juga stroke. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, anda bisa rutin minum air rebusan akar pepaya 2-3 kali sehari.

9. Baik untuk Pencernaan

Manfaat minum air rebusan akar dan daun pepaya diduga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pada pencernaan seperti susah BAB, mencegah sembelit, diare, sekit perut dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

10. Menghilangkan Keputihan

Bagi ada yang memiliki masalah keputihan, sebagai solusi alternatif untuk mengatasinya anda bisa rutin minum air rebusan akar pepaya dan daun sirih. Kandungan anti jamur dan anti bakteri yang terkandung dalam kedua bahan tersebut ampuh membasmi perkembangan bakteri pada arena kewanitaan. Selain dengan cara diminum, anda juga bisa memanfaatkan air rebusan tersebut untuk membersihkan area kewanitaan yang mengalami keputihan. Lakukan perawatan kewanitaan ini secara rutin hingga keputihan tidak muncul kembali.

11. Mengobati Panas Dalam

Masalah panas dalam memang bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi jika tidak segera diobati akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman apalahi pada saat sedang beraktivitas. Salah satu cara alami untuk mengobati panas dalam yaitu dengan rutin minum air rebusan akar pepaya.

12. Mengurangi Nyeri Haid

Selain bermanfaat untuk menghilangkan keputihan, ternyata manfaat akar pepaya juga diduga ampuh untuk mengurangi rasa nyeri saat datang haid. Haid adalah siklus menstruasi yang rutin muncul setiap bulannya bagi para kaum wanita, namun terkadang pada saat datang haid sering disertai dengan rasa nyeri yang cukup menyiksa dan membuat tubuh tidak nyaman.

Cara untuk mengurangi rasa nyeri haid tersebut, anda bisa memanfaatkan akar pepaya sebagai bahan alami untuk membuat minuman sehat penghilang rasa sakit saat haid. Caranya cukup merebus 3 ruas akar pepaya dan satu lembar daun pepaya, rebus dengan 3 gelas air dan biarkan sampai mendidih dan tersisa 2 gelas saja. Saring airnya dan dinginkan sebentar, lalu minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas pada pagi dan sore hari.

13. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain ampuh untuk menurunkan darah tinggi, minum air rebusan akar pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi, anda bisa minum 1 gelas 2-3 kali sehari.

14. Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, air rebusan akar pepaya juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup dengan membasuh kulit wajah yang berjerawat dengan air hangat rebusan akar pepaya secara rutin pada pagi dan sore hari.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat akar pepaya ini?

Meski demikian, jika anda akan memanfaatkan akar pepaya ini untuk mengobati penyakit yang sedang anda derita, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan, ulasan yang kami sampaikan diatas hanya sekedar informasi untuk menambah pengetahuan saja.

Itulah ulasan kesehatan mengenai Manfaat Akar Pepaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda semua. Cukup sekian terima kasih.