11 Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Cara Mengolahnya

11 Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya -- Khasiat Getah Pepaya untuk Kesehatan, Fungsi Getah Pepaya Mentah untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Getah Pepaya untuk Gigi - untuk Kutil - untuk Luka, Manfaat Getah Pepaya untuk Pria dan Wanita, Efek Samping Getah Pepaya, Bahaya Getah Pepaya Muda, Cara Menghilangkan Gatal Akibat Getah Pepaya

https://www.infokesehatan.web.id/

11 Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya -- Siapa yang tidak mengenal buah pepaya? Pastinya semua orang sudah sangat mengenal buah yang satu ini. Pepaya adalah salah satu jenis buah tropis yang sangat diminati oleh banyak kalangan, karena rasa buah pepaya sangat manis dan memiliki daging buah yang lembut di mulut.

Buah pepaya sendiri bisa dikonsumsi langsung atau juga biasa dijadikan sup buah. Selain rasanya sangat nikmat, buah pepaya juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Di Indonesia sangat mudah untuk menjumpai pohon buah pepaya, karena pohon pepaya ini mudah sekali tumbuh dimana saja dan kapan saja karena bukan termasuk ke dalam jenis tumbuhan musiman.

Sebenarnya pada pohon pepaya ini tidak hanya bisa dimanfaatkan bagian buahnya saja, bagian lain dari pohon pepaya ini juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia. Hampir semua bagian dari pohon pepaya bisa kita manfaatkan, mulai dari bagian daun, bunga, buah, biji buah, batang pohon hingga getah pepaya pun bisa kita manfaatkan. 

Salah satu bagian dari buah pepaya yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu bagian getahnya. Getah yang bisa kita manfaatkan yaitu getah yang keluar dari buah pepaya muda dan berkualitas bagus.

Getah pepaya dapat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Hal ini dikarenakan, di dalam getah buah pepaya mengandung berbagai jenis zat. Kandungan zat yang paling banyak pada getah buah pepaya ini yaitu terdapat lebih dari 50 jenis asam amino yang terdiri dari serin, arginin, aspartat, prolin, valine, treinin, isoleusin, lysin, dan masih banyak kandungan asam amino jenis lainnya. Kandungan asam amino tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk obat dan juga kosmetik.

Untuk mengtahui lebih rinci mengenai apa saja manfaat getah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan, maka simaklah ulasan selengkapnya di bawah ini.

A. Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari getah pepaya ini untuk kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari getah pepaya ini, simak penjelasan selengkapnya di bawah berikut ini :

1. Menghilangkan Jerawat Membandel

Mendengar kata “Jerawat” mungkin bagi sebagain orang terdengar sangat menakutkan, terutama bagi pada kaum wanita. Sebab, kemunculan jerawat pada kulit wajah sering dianggap mimpi buruk bagi sebagian kalangan.

Hal tersebut dikarenakan, munculnya jerawat dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri, dan jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan noda hitam dan bekas jerawat yang sangat sulit untuk dihilangkan. Lebih parahnya lagi, jerawat dapat meninggalkan luka atau bopeng pada kulit wajah. Kondisi seperti inilah yang paling dikhawatirkan ketika jerawat tumbuh pada kulit wajah.

Sebenarnya jerawat adalah salah satu masalah klasik yang hingga saat ini sering dialami oleh banyak orang, sebenarnya jerawat ini akan hilang dengan sendirinya asalkan selalu menjaga kebersihkan kulit wajah secara rutin dan teratur, hanya saja jika tidak segera dihilangkan dapat membuat seseorang yang berjeawat tidak percaya diri saat berjumpa dengan banyak orang.

Salah satu cara untuk menghilangkannya, anda bisa menggunakan bahan alami yang dipercaya ampuh untuk membasmi jerawat hingga keakar-akarnya. Bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel yaitu dengan menggunakan getah pepaya. Manfaat getah pepaya ini dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat.

Cara menggunakanya cukup dengan mengoleskan getah buah pepaya secara merata pada bagian kulit wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa melakukan cara menghilangkan jerawat secara alami ini secara rutin setiap hari.

2. Tumit Pecah - Pecah

Apakah anda saat ini sedang mengalami kulit pada tumit yang kering dan pecah-pecah? Tentunya memilki tumit kaki yang kering dan pecah-pecah bukanlah suatu perkaya yang menyenangkan, karena masalah ini dapat membuat para penderitanya merasa tidak percaya diri ketika bepergian dengan mengenakan sanda. Meskipun letaknya agak bersembunyi, namun bagi anda yang selalu ingin tampil cantik dan menarik tentu kondisi seperti ini bukanlah masalah biasa.

Tumit kaki pecah-pecah dapat disebabkan karena kulit pada tumit mengalami kehilangan kelembaban alaminya, sehingga membuat kulit pada tumit menjadi kering dan menjadi pecah-pecah. Tentunya semua jenis kulit memerlukan pelembab alami agar kulit tetap lembab dan halus.

Namun anda tidak perlu khawatir, salah satu cara untuk mengatasi tumit pecah-pecah bisa dilakukan dengan cara menggunakan getah pepaya. Caranya cukup dengan mengoleskan getah buah pepaya muda pada bagian kulit tumit secara merata, lakukan secara rutin 2 kali sehari sampai kulit kembali mulus.

3. Mengobati Luka Bakar

Salah satu cara mengobati luka bakar secara alami yaitu bisa menggunakan getah pepaya, anda bisa mengoleskan getah buah pepaya muda secara merata pada bagian kulit yang terkena luka bakar.

Namun cara ini hanya boleh dilakukan pada luka bakar yang tingkat keparahannya masih tergolong ringan, sehingga tidak dianjurkan untuk dioleskan pada luka bakar yang cukup parah hingga lapisan kulit paling dalam.

Luka bakar mungkin bisa terjadi ketika anda sedang melakukan aktivitas, ketika anda mengalami luka bakar yang ringan anda bisa langsung mengoleskan getah pepaya muda secara merata dan secara perlahan luka bakar pun akan mengering dan sembuh secara alami.

Pengobatan ini sifatnya herbal, maka mungkin saja proses penyembuhannya akan sedikit lebih lama. Tetapi yang paling penting untuk anda ingat, bahwa dengan dilakukan secara rutin dan teratur luka bakar bisa cepat sembuh.

4. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat getah pepaya berikutnya dipercaya ampuh untuk mengobati sakit gigi. Tentunya anda semua sudah tahu jika salah satu penyebab sakit gigi yaitu dikarenakan adanya peradangan pada bagian gigi yang berlubang, terutama pada bagian gigi yang paling dalam yaitu gigi geraham.

Gigi berlubang dapat disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang berasal dari pembusukan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi dan tidak langsung dibersihkan dengan cara menggosok gigi. Bakteri-bakteri tersebut akan terkontaminasi dengan air liur, sehingga secara perlahan dapat menyebabkan gigi terkikis dan berlubang. 

Untuk mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang, anda bisa mengoleskan atau memasukan getah pepaya pada bagian gigi yang berlubang. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat.

Gigi adalah aset yang sangat berharga dan penting, selain dapat mendukung penampilan juga berfungsi untuk mengunyah makanan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu merawat gigi dengan rutin membersihkan gigi dengan cara menggosok gigi secara rutin dan teratur 2 kali sehari atau setelah makan. Dengan demikian, kesehatan gigi akan senantiasa terjaga dan kuat hingga tua.

5. Mengobati Bisul

Ketika anda mendapati suatu benjolan seperti jerawat pada tubuh anda, hanya saja ukurannya lebih besar dari jerawat, maka bisa jadi benjolan tersebut adalah bisul.

Bisul adalah munculnya benjolan pada permukaan kulit yang mirip seperti jerawat. Bisul ini biasanya akan muncul akibat peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Bisul ini tampak kemerahan dan disertai dengan rasa sakit ketika ditekan. Jika bisul sudah benar-benar meradang di dalamnya akan terdapat nanah berwarna kekuning-kuningan dan bercampur dengan darah.

Beberapa bagian tubuh yang kerap terkena bisul yaitu seperti ketiak, pantat dan betis. Jika anda terserang bisul, sebelum bisul tersebut mengalami peradangan yang lebih parah, anda bisa mengoleskan getah pepaya agar bisul bisa cepat kempes dan mati. Oleskan 2-3 kali sehari, namun sebelum dioleskan sebaiknya bisul dikompres terlebih dahulu dengan air hangat untuk membunuh bakteri pada bisul tersebut.

6. Mengobati Alergi Pada Kulit

Selain ampuh menghilangkan jerawat dan bisul, ternyata getah pepaya juga bermanfaat untuk mengobati alergi pada kulit. Namun getah pepaya tersebut harus diproses terlebih dahulu untuk dijadikan tepung agar lebih mudah dalam mengaplikasikannya pada kulit yang terkena alergi.

7. Mengobati Kulit yang Melepuh

Ketika kulit pada bagian tubuh anda melepuh dikarenakan terkena air panas atau minyak panas, maka anda bisa segera mengoleskan getah pepaya pada luka melepuh tersebut. Namun jika luka melepuhnya cukup lebar, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter, karena getah pepaya ini hanya boleh digunakan jika luka melepuh yang anda alami tidak terlalu parah.

8. Menghilangkan Kutil

Kulit adalah jenis penyakit kulit yang sering di alami oleh banyak masyarakat, karena kutil ini biasanya muncul disebabkan karena terjadinya penebalan pada lapisan kulit yang melebihi batas normal.

Cara menghilangkan kutil secara alami bisa anda lakukan dengan cara mengoleskan getah pepaya, anda bisa mengoleskannya secara rutin 2-3 kali sehari. Secara perlahan kutil pun akan menghilang dengan sendirinya.

9. Digunakan Sebagai Bahan Obat Tradisional

Manfaat lain dari getah pepaya ini yaitu sering dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat obat tradisonal. Hanya saja untuk mengolah getah pepaya menjadi obat memerlukan proses yang cukup panjang. Pada intinya, getah dari buah pepaya ini bisa kita jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.

10. Digunakan Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kosmetik

Kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kaum wanita, karena kosmetik ini sudah menjadi kebutuhan pokok dan wajib dimiliki oleh wanita untuk mendapatkan penampilan yang cantik dan menarik.

Banyak para produsen kosmetik yang memanfaatkan getah pepaya ini sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai produk kosmetik, karena manfaat getah pepaya ini sangat baik untuk kulit.

11. Manfaat Getah Pepaya Lainnya

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, batang dan daun pada pohon pepaya memiliki banyak sekali kandungan getah putih yang mirip seperti susu Getah ini berpeluang besar untuk dikembangkan sebagai bahan alami untuk mencegah kanker.

Manfaat getah pepaya untuk kesehatan memang sudah dibuktikan secara ilmiah, seperti yang dikutip dari Journal Society of Biology yang menyatakan bahwa di dalam getah pepaya memiliki kandungan papain yang memiliki sifat antikanker dan antitumor.

Peran tersebut semakin diperkuat dengan kandungan senyawa lain yang terdapat di dalam getah bening seperti karpain, alkaloid bercincin laktonat yang terbagi menjadi tujuh kelompok rantai metilen.

Berdasarkan dari hasil konfigurasi tersebut, kandungan karpain tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker dan tumor, tetapi juga bermanfaat untuk menghambat kinerja dari beberapa mikroorganisme yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ pencernaan. Maka getah pepaya ini pun cukup efektif untuk menekan resiko dari penyakit tifus.

Selama ini getah pepaya memang lebih sering dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai bahan alami untuk mengempukkan daging. Caranya yaitu dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya selama beberapa jam pada suhu kamar.

Selain itu, daun pepaya juga dapat digosok-gosokan secara langsung pada daging dengan tujuan untuk mengeluarkan getah yang terdapat pada daun pepaya tersebut agar bisa meresap ke dalam daging.

B. Cara Memanfaatkan Getah Pepaya

Ada 2 cara yang bisa digunakan dalam memanfaatkan getah buah pepaya, yaitu diaplikasikan secara langsung atau dikelola terlebih dahulu menjadi tepung. Berikut penjelasannya.

1. Diaplikasikan secara Langsung

Bagi anda yang masih belum tahu bagaimana cara memanfaatkan getah pepaya, berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yaitu :
  • Getah pepaya biasanya paling banyak ditemukan pada bagian buah pepaya muda, anda bisa menusuk atau membelah buah pepaya muda tersebut dan ambil getahnya yang terus keluar.
  • Bersihkan terlebih dahulu bagian-bagian tubuh yang ingin anda obati dengan air hangat
  • Setelah getah pepaya siap, anda bisa mengoleskan getah tersebut secara perlahan dan sedikit-sedikit pada bagian tubuh yang sakit dengan menggunakan kapas.
  • Diamkan selama beberapa menit sampai kering, kemudian bersihkan kembali dengan air hangat.

Khusus untuk mengobati jerawat, anda bisa mengaplikasikan getah pepaya ini secara rutin dan teratur pada bagian kulit yang berjerawat dan bekasnya. Namun dalam upaya menghilangkan bekas jerawat akan lebih lama dibandingkan dengan cara menghilangkan jerawat yang masih aktif.

2. Dikelola Terlebih Dahulu menjadi Tepung

Selain dapat diaplikasikan secara langsung getah pepaya pada bagian tubuh yang sakit, anda juga bisa mengolah getah pepaya ini untuk dijadikan tepung agar lebih mudah dalam mengaplikasikannya.

Cara mengolah getah pepaya menjadi tepung, yaitu :
  • Pertama-tama siapkan buah pepaya muda, lalu lakukan penyadapan pada buah pepaya tersebut untuk diambil getahnya. Alasan kenapa memilih buah pepaya yang masih muda, yaitu karena jumlah getah pada buah pepaya muda lebih banyak dibandingkan dengan buah pepaya yang sudah matang, keluarkan getahnya sampai habis lalu tuangkan ke dalam wadah.
  • Setelah getah pepaya siap, getah kemudian dijemur hingga benar-benar kering dibawah terik panas matahari selama beberapa hari. Jika ingin lebih cepat, anda bisa mengeringkan getah pepaya dengan menggunakan oven.
  • Pada saat dijemur, usahakan agar getah selalu terjaga kebersihannya agar tetap steril saat digunakan.
  • Setelah getah pepaya kering maksimal, getah kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender, lalu saring hingga menjadi tepung yang halus.

Dalam menjalankan proses pembuatan tepung getah pepaya ini harus dilakukan dengan perlahan dan terjaga kebersihannya, sehingga tepung getah tetap terjaga kesterilannya saat digunakan sebagai obat pada luka.

Selain dapat memudahkan dalam pengaplikasiannya, tujuan dari pembuatan tepung getah pepaya ini juga dapat mencegah terjadinya alergi pada jenis-jenis kulit tertentu, karena jika langsung dioleskan getahnya mungkin akan menimbulkan reaksi gatal-gatal.

Tepung getah pepaya ini juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat yaitu dengan mengolah tepung getah pepaya ini untuk dijadikan sebagai masker atau krim

Caranya yaitu dengan mencampurkan tepung getah pepaya dengan sedikit minyak zaitun dan aduk hingga membentuk masker atau krim. Cara menggunakannya, cukup dengan mengoleskan masker tersebut pada bagian kulit wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan.

Itulah tadi penjelasan mengenai 11 Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya. Semoga informasi di atas bisa kita jadikan sebagai ilmu pengetahuan. Terima kasih teah membaca artikel ini. Ayo like dan share pada teman lainnya. Cukup sekian & salam sehat.