12 Manfaat Getah Karet Bagi Kehidupan Manusia

12 Manfaat Getah Karet Bagi Kehidupan Manusia -- Manfaat Getah Karet Dalam Kehidupan Sehari Hari, Manfaat Pohon Karet dan Getahnya untuk Manusia, Manfaat dan Khasiat Getah Karet untuk Kesehatan, Manfaat Getah Karet Bagi Lingkungan, Macam-macam Kegunaan Getah Karet, Pemanfaatan Getah Pohon Karet, Kegunaan Getah Karet Dalam Dunia Industri.


Manfaat Getah Karet Bagi Kehidupan Manusia -- Mendengar nama “karet”, pastinya dalam pikiran anda sudah membayangkan suatu benda yang elastis dan kenyal. Salah satu produk jadi yang dihasilkan dari getah karet yang paling sering kita jumpai yaitu ban motor atau mobil, sebenarnya ada banyak sekali berbagai produk yang terbuat dari bahan dasar karet mulai dari stempel karet, sepatu renang, pakaian selam, selang air dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karet sendiri sepenuhnya berasal dari sumber-sumber alam yaitu dibuat dari getah pohon karet, kemudian getah tersebut diolah untuk dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai produk berbahan karet yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebelum kami mengulas lebih jauh tentang manfaat karet, untuk menambah pengetahuan lebih dalam mengenal tanaman karet, simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa itu tanaman karet?

Tanaman karet adalah jenis tanaman yang bisa hidup hingga 30 tahun lamanya. Tanaman karet sendiri memang bukan jenis tanaman asli dari Indonesia, akan tetapi perkembangan tanaman karet di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mungki beberapa kalangan masyarakat hanya tahu jika manfaat karet itu hanya sebagai bahan dasar dalam pembuatan karet, padahal ada banyak manfaat tanaman karet lainnya dalam kehidupan manusia.

Bahan dasar dalam pembuatan produk karet yaitu terbuat dari getah tanaman karet, getah yang dihasikan pada pohon karet ini berwarna putih mirip seperti air susu dansanga lengket. Proses pengamilan getah karet sendiri dilakukan dengan cara melakukan proses penyadapan, cara dalam proses penyadapan pohon karet yaitu dengan melukai batang pohon karet itu dengan menggunakan alat-alat kerja tradisional.

Teknik dalam melukai pohon karet pun harus dilakukan dengan tepat, yaitu dengan pola mengerucut ke bawah sehingga getah karet akan turun dan masuk ke dalam wadah yang sudah disediakan untuk menampung getah karet yang keluar. Para penyadap getah karet biasanya tidak akan mengambil langsung getah tersebut, tetapi didiamkan terlebih dahulu dalam penampungan selama beberapa hari menunggu hingga penuh. Pada saat diambil, getah-getah tersebut akan membentuk blok yang sangat lengket.

Nah, untuk mengenal lebih dekat mengenai getak karet ini, mari kita simak sejarah penemuan dan perkembangannya, jenis-jenisnya, serta manfaatnya bagi kehidupan manusia.

A. Sejarah Penemuan dan Perkembangan Getah Karet

Berikut ini akan kami informasikan kepada anda semua mengenai sejarah penemuan dan pekembangan karet yang perlu anda semua ketahui, yaitu :

# Pada tahun 1731, selama dilakukan ekspedisi ke kawasan Amerika Selatan. Para penjajah dari Perancis yang bernama Charles Marie de La Condamine telah kembali mengirimkan sample karet yang sudah jadi ke Eropa, tujuannya untuk mendorong dalam mendukung kepentingan ilmiah yang lebih detail.

# Pada tahun 1770, ada seorang ilmuan dari inggris bernama Joseph Priestley menemukan bahwa potongan-potonmgan karet bisa digunakan untuk menghapus tulisan-tulisan yang dibuat dengan menggunakan pensil pada kertas. Bahkan di Inggris, penghapus masih disebut dengan nama karet hingga saat ini.

# Pada tahun 1791, di Inggris seorang peneliti bernama Samuel Peal telah berhasil mengembangkan metode waterproofing kain dengan menambahkan larutan karet.

# Pada tahun 1818, mahasiswa kedokteran di Skotlandia James Syme telah berhasil membuat jas hujan dengan menggunakan kain yang dilapisi getah karet.

# Pada tahun 1823, di Inggris Charles Macintosh telah belajar melakukan penemuan Syme ini dengan memurnikan, mematenkan, mendapatkan kepopuleran dan keberuntungan dengan membuat mantel karet yang tahan air. Sejak saat ini, mantel karet tahan air ini cukup dikenal saat itu.

# Seorang penemu asal Amerika Serikat bernama Charless Goodyear pada tahun 1800 sampai dengan 1860 telah berhasil menemukan cara untuk membuat pulkanisir karet setelah menambahkan sulfur ke dalam sebuah kompor panas.

# Pada tahun 1876, Sir Henry Wickham telah menyelundupkan ribuan bibit pohon karet dari Brasil dan kemudian membawanya ke Inggris. Bibit pohon karet tersebut kemudian ditanam di Kew Gardens dan kemudian setelah panen, mereka mengekspor getah karet tersebut ke berbagai negara di Asia. Setelah itu, mereka pun membangung perkebunan karet raksasa dan saat ini menjadi penghasil getah karet terbanyak di dunia.

# Pada tahun 1877, produsen karet US, bernama Chapman Mitchell telah berhasil mengembangkan proses daur ulang karet secara komersil yang dilakukan dari awal.

# Pada tahun 1882, John Boyd Dunlop telah berhasil menciptakan penumatik yang di dalamnya berisi udara pada sebuah karet ban. Sejak itulah, pengembangan mobil bertenaga bensin yang menggunakan ban karet membuat kebutuhan karet terus meningkat dalam jumlah yang sangat besar di seluruh dunia.

# Pada tahun 1883, seorang ahli di bidang kimia di AS bernama George Oenslager telah berhasil mengembangkan cara yang lebih cepat untuk membuat vulkanisir dari karet dengan menggunakan bahan kimia organik berbasis karbon akselerator.

# Pada tahun 1930, sebuah tim ahli kimia dari AS pada sebuah perusahaan Dupont yang juga didampingi oleh Wallace Carothers telah berhasil mengembangkan karet sintetis revolusioner yang disebut dengan polychloroprene dan dijual dalam bentuk neoprene. Tidak lama setelah itu, tim ahli yang sama pula telah berhasil mengembangkan bahan revolusioner sebagai Nylon.

B. Jenis-Jenis Karet, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak sekali jenis-jenis karet yang telah berhasil dikembangkan dari getah karet. Berikut akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis karet, kelebihan dan kekurangannya.

1. Lateks

Kelebihan dari jenis karet lateks ini yaitu dapat dimanfaatkan pada sebuah container. Lateks adalah jenis karet yang sengat elastis dan memiliki ketahanan yang sangat baik, karena sifatnya yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi, Lateks bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat cetakan glove. Selain itu, lateks juga bisa dibuat untuk bahan pengecoran lilin dan gypsum.

Sedangkan kekurangan dari lateks yaitu pada sebuah produk lateks yang berbiaya sangat rendah dapat menyebabkan penyusutan. Untuk membuat cetakan lateks memerlukan waktu yang cukup lama dan prosesnya sangat lambat. Misalnya saat digunakan untuk membuat sikat pada sebuah cetakan lateks membutuhkan waktu pengerjaan selama 10 hari atau bahkan lebih, cetakan lateks juga tidak cocok untuk digunakan dalam pengecoran resin.

2. Polysulfide

Kelebihan pada sebuah cetakan Polysulfide yaitu memiliki bahan yang sangat lembut, memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan memiliki ketahanan yang sangat baik. Pada beberapa ven yang dibua dari Polysulfide ini mampu bertahan hingga 40 tahun. Jenis karet yang satu ini sangat baik digunakan untuk membuat cetakan yang halus.

Sedangkan kekurangan pada Polysulfide yaitu memiliki bau yang ofensif, Polysulfide harus dicampur dengan berat yang sama dan jika tidak akurat bahan karet ini tidak akan bekerja. Jenis karet Polysulfide ini dibuat dengan biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan lateks.

3. Silikon Karet

Keuntungan silikon karet ini merupakan jenis karet terbaik dibandingkan dengan jenis karet yang ada. Pada karet ini memiliki kombinasi sifat yang sanga baik, memiliki ketahanan kimia yang baik dan juga tahan terhadap panas, sehingga silikon dijadikan sebagai pilihan terbaik dalam pembuatan resin.

Sedangkan kekurangan silikon secara umum dianggap tinggi dalam biaya produksinya, silikon juga lebih sensitif terhadap zat tertentu dan memiliki siklus hidup yang pendek.

4. Polyurethan Karet

Keuntungan dari Polyurethan karet ini yaitu lebih mudah untuk digunakan, pada jenis karet ini memiliki banyak bahan campuran rasio dengan volume sederhana. Biaya produksi pada jenis karet ini umumnya lebih murah dibandingkan dengan jenis karet silikon dan polysulfide.

Sedangkan kekurangan Polyurethan karet ini yaitu mirip seperti karet silikon, walaupun jenis karet ini memiliki sifat yang bagus tetapi jenis karet ini mudah sekali terpengaruh oleh kondisi udara yang lembab.

Itulah beberapa jenis olahan karet yang dihasilkan dari getah karet alami dan bisa diolah kembali untuk dijadikan berbagai produk yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Pengolahan bahan baku karet tersebuit tentunya harus didukung dengan teknologi masa kini, sehingga akan tercipta produk-produk berkualitas yang dibutuhkan dalam berbagai keperluan sehari-hari.

C. Manfaat Getah Karet Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat getah karet sangatlah banyak sekali bagi kehidupan manusia, getah karet yang sudah diolah menjadi produk tertentu dapat kembali di daur ulang untuk dijadikan beragam produk yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Ada banyak sekali manfaat getah karet bagi manusia, diantaranya yaitu :

1. Untuk Membuat Tikar Lantai

Tikar lantai yang terbuat dari bahan dasar getah karet tersedia dalam berbagai ukuran dan model yang telah dirancang dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan. Jenis tikar lantai yang terbuat dari karet ini dapat menempel pada lantai tanpa harus menggunakan perekat, karena manfaat dari tikar karet ini tidak akan membuat orang yang berjalan diatasnya tergelincir. Ini adalah salah satu manfaat dan kelebihan dari tikar lantai berbahan karet.

Selain itu, tikar lantai berbahan karet ini juga masih dapat di daur ulang kembali, sehingga dapat mendukung program recycle. Tikar karet ini juga dapat mencegah terjadinya reaksi alergi dari zat yang berpotensi menyebabkan penggunanya mengalami keracunan, ketahanan dari tikar karet ini juga sangat lama.

2. Untuk Membuat Ban Karet yang Dapat di Daur Ulang

Selain dapat dibuah menjadi tikar lantai, getah karet juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat ban karet. Ban kendaraan yang terbuat dari bahan karet ini bisa didaur ulang kembali, bahkan di tempat pembuangan sampah di Amerika Serikat terdapat tumpukan ban bekas dari jutaan mobil yang telah dibuang dan akan dimanfaatkan kembali dengan cara di daur ulang.

3. Untuk Membuat Bantalan

Bantalan yang terbuat dari bahan karet akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, slip karet memiliki permukaan yang sangat lembut dan dapat membantu melindungi sendi dan tulang ketika berjalan pada permukaan yang keras.

Terlalu sering berjalan dan bekerja pada permukaan yang keras bisa meningkatkan resiko mengalami degenerasi tulang rawan pada bantalan sendi. Maka bagi seseorang yang sering bekerja dan berjalan pada permukaan yang keras akan tetap terlindungi berkat penggunaan bantalan karet ini.

4. Dimanfaatkan Sebagai Bahan Bakar

Manfaat getah karet juga bisa kita gunakan untuk bahan bakar, bahan bakar dari karet ini sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat yang tinggal di pedesaan. Biasanya getah karet ini digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, obor dan keperluan lainnya.

5. Menjalin Kerjasama di Bidang Ekonomi Internasional

Tidak semua negara dapat menanam pohon karet dan memiliki perkebunan karet, sehingga bagi negara-negara yang memiliki lahan perkebunan yang luas bisa menjalin kerjasama di bidang ekonomi untuk mengembangkan industri karet murni dan juga produk jadi berbahan karet. Kerjasama ini tentu dapat membantu meningkatkan kemajuan ekonomi pada masih-masing negara dan tentunya dapat meningkatkan pemasukan negara.

6. Pembuatan Berbagai Perabot Dapur

Getah karet juga bisa diolah untuk dijadikan sebagai beragam produk perabotan dapur, perabot dapur yang terbuat dari bahan karet tentu lebih aman dan memiliki ketahanan yang sangat baik. Ada banyak sekali produk-produk perabot dapur yang terbuat dari bahan getah karet ini.

7. Sebagai Bahan Obat-obatan

Getah kerat juga tidak hanya dapat dijadiakan sebagai produk barang untuk kebutuhan manusia sehari-hari saja, tetapi juga bisa dijadikan bahan dalam pembuatan obat-obatan.

Bagian pohon karet yang biasanya digunakan sebagai bahan obat yaitu biji karet, karena di dalam biji karet mengandung beberapa jenis senyawa dan juga nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti protein, lemak, air dan masih banyak jenis senyawa penting lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selain itu, di dalam biji karet juga mengandung akroten, tiamin, tokoferol dan nikotinat yang sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan tertentu. Cara pembuatannya sendiri tentu dengan menggunakan prosedur kimiawi yang cukup panjang, dan melalui uji laboratorium terlebih dahulu untuk memastikan efektifitasnya dan efek samping yang ditimbulkannya.

8. Bahan Campuran pada Makanan

Seperti pada poin diatas, getah karet juga memiliki banyak kandungan yang dipercaya sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan campuran makanan. untuk campuran makanan, getah karet ini harus melalui proses pengolahan dengan benar sesuai prosedur agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. getah karet yang sudah dioleh sesuai prosedur dapat dijadikan sebagai campuran snack, kue dan juga pembuatan makanan bayi.

9. Pembuatan Karet

Manfaat getah karet yang paling sering digunakan yaitu untuk membuat karet. Getah karet dapat menghasilkan berbagai produk utama, produk sampingan dan juga limbah yang bisa dimanfaatkan. Contoh beberapa produk yang terbuat dari bahan getah karet yaitu seperti ban karet, bantalan karet, sandal karet dan masih banyak lagi manfaat getah karet lainnya.

10. Bahan Baku dalam Industri Sintetis

Getah karet juga sangat dibutuhkan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai produk sintetis, industri sintetis sendiri tidak akan pernah luput dari kehidupan manusia. Ada banyak sekali kemudahan yang bisa kita peroleh dengan adanya industri karet sintetis.

Beberapa produk yang dihasilkan dari industri sintetis yaitu seperti alat kesehatan, alat-alat kendaraan, perkakas dan masih banyak lagi produk-produk lainnya yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

11. Digunakan untuk Membuat Properti

Karet juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan berbagai produk properti rumah, seperti kursi, meja, lemari dan lain sebagainya.

12. Pembuatan Alat-alat Olahraga

Getah karet juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan berbagai produk alat-alat olahraga, penggunaan karet sebagai bahan dasar dalam pembuatan alat olahraga dianggap lebih aman dan awet.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai 12 Manfaat Getah Karet Bagi Kehidupan Manusia. Semoga apa yang telah kami bahas pada artikel di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo like dan share pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sehat.