15 Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Pengobatan

15 Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Pengobatann -- Manfaat dan Kegunaan Minyak Biji Jarak untuk Kecantikan, Khasiat Gatah Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Air Rebusan Daun Jarak, Manfaat Getah Jarak untuk Wajah - untuk Jerawat - untuk Obat Sakit Gigi, Manfaat Buah Jarak untuk Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan Alami

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Pengobatan -- Apakah anda tahu, apa itu pohon jarak? Pohon jarak adalah salah satu jenis pohon yang termasuk ke dalam kelompok tanaman obat atau apotek hidup. 

Artinya, pohon jarak ini bisa kita manfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hampir semua bagian yang terdapat pada tanaman ini bisa kita manfaatkan sebagai kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dari seluruh bagian yang terdapat pada pohon jarak ini, salah satu bagian yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia yaitu getahnya. Manfaat getah jarak yang paling populer di kalangan masyarakat yaitu dipercaya sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi. 

Getah jarak sangat mudah sekali di dapatkan, karena pada semua bagian pohon jarak terdapat getah seperti pada bagian batang pohon atau pada bagian daunnya.

Untuk mendapatkan getah jarak ini, kita bisa mengambilnya dengan cara mematahkan bagian pohon atau daunnya. Setelah itu, getah jarak pun aka keluar dengan sendirinya. Getah inilah yang bisa kita manfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Dalam bahasa ilmiah, getah jarak ini dikenal dengan nama Jatropa Curcas. Nama ilmiah ini di ambil dari bahasa Yunani yaitu Jatros dan Trophe. Jatros artinya ‘dokter’, sedangkan thrope artinya yaitu makannan dan nutrisi. Oleh sebab itu, sudah sejak ribuan tahun lalu tanaman dan getah jarak ini sudah dijadikan sebagai bahan obat alami dalam dunia pengobatan.

Lalu, apa sajakah manfaat dari getah jarak ini?

Ada banyak sekali manfaat dari getah jarak yang bisa kita dapatkan, getah jarak ini memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengetahu lebih banyak tentang manfaat dari getah jarak ini, anda bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Berbagai Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Pengobatan

A. Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat getah jarak yang penting untuk diketahui bagi kesehatah tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Penyakit Kulit dan Gatal-Gatal

Getah yang berasal dari tanaman atau pohon jarak ini bisa kita manfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit dan sekaligus dapat menghilangkan gatal-gatal oada kulit tubuh.

Ada banyak sekali jenis penyaki kulit yang dapat diobati dengan menggunakan getah jarak ini, mulai dari panu, kurap, jamur, koreng, eksim dan bahkan mampu mengatasi infeksi yang terjadi pada kulit. jika kondisi penyakitnya masih tergolong ringan, getak jarak tersebut bisa diandalkan dan terbukti ampuh.

Cara mengobati penyakit kulit dan gatal-gatal dengan getah jarak, yaitu :

Pertama-tama anda bisa mematahkan atau merobek daun jarak, ambil getah yang keluar menggunakan cotton bud atau kapas. Setelah itu, oleskan getah jarak tersebut pada bagian kulit yang terkena penyakit atau terasa gatal. Dalam beberapa menit, rasa gatal akan hilang dan penyakit kulit secara bertahap akan berangsur-angsur sembuh dan hilang.

Namun sebelum mengoleskan getah jarak, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit yang akan diobati dengan air hangat atau dengan cairan antiseptik. Tujuannya yaitu, agar kuman dan bakteri pada kulit tersebut bisa mati. Agar penyakit kulit yang anda derita bisa cepat sembuh, sebaiknya rutin lakukan pengobatan alami ini 2-3 kali sehari sampai sembuh.

2. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Getah yang terdapat pada tanaman jarak bisa kia manfaatkan sebagai obat oles atau salep yang dipercaya ampuh untuk menyembuhkan luka pada kulit, mulai dari luka tersayat, luka terjatuh atau luka bakar. Dengan mengoleskan getah jarak pada luka, maka luka akan cepat kering dan sembuh. 

Hal ini dikarenakan, getah jarak memiliki kandungan zat antiseptik alami yang dapat mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan dengan cepat.

Cara mengobati luka dengan getah jarak, yaitu :

Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu luka dengan air hangat, kemudian keringkan dan oleskan getah jarak yang bisa kita peroleh dari bagian batang pohon atau daun jarak. Selain itu, anda juga bisa menumbuk daun jarak kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terluka.

3. Mengobati Sariawan

Sariawan adalah penyakit yang dapat menyerang rongga mulut, penyakit ini sangat mengganggu dan membuat orang yang menderitanya merasa tidak nyaman ketika makan atau minum. Sariawan bisa disebabkan oleh karena tanpa sangaja tergigit dan akibat kekurangan asupan vitamin C. Salah satu cara alami untuk mengobati sariawan yaitu bisa dengan menggunakan getah jarak.

Cara mengobati sariawan dengan getah jarak, yaitu :

Pertama-tama ambil batang atau daun jarak yang segar langsung dari pohonnya, kemudian patahkan dan ambil getahnya. Anda bisa ambil getah jarak menggunakan tangan atau kapas, lalu oleskan pada bagian mulut yang mengalami sariawan dan tahan beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat. Ulangi pengobatan alami pada sariawan ini secara rutin dan teratur setiap hari 2-3 kali sehari sampai sariawan sembuh.

4. Mengobati Sakit Gigi

Bagi anda yang sedang menderita sakit gigi, anda bisa memanfaatkan getah jarak untuk meredakan rasa sakit gigi yang sedang anda derita. Kandungan zat antiseptik yang ada pada getah jarak dapat membunuh kuman dan bakteri yang berkembang di dalam gigi, sehingga dengan mengoleskan getah jarak pada gigi dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan getah jarak, yaitu :

Ambil selembar daun jarak dan tumbuk sampai mengeluarkan getah, lalu tempelkan tumbukan daun jarak tersebut pada bagian gigi yang sakit atau gigi yang berlubang. Selain itu, cara alternatif kedua yaitu cukup dengan mengoleskan getah jarak menggunakan kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Tahan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan berkumur. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

5. Mengobati Iritasi Pada Mata

Selain memiliki sifat antiseptik alami, getah jarak juga bersifat anti iritant, sehingga getah jarak ini sangat efektif untuk membantu mengobati luka dan juga mengatasi iritasi yang terjadi pada mata. Seperti yang kita tahu bahwa mata adalah bagian tubuh yang paling sensitif terhadap iritant dan juga polutan, sehingga mata mudah sekali terkena iritasi.

Perhatian, meski getah jarak ini dipercaya ampuh untuk mengatasi mata yang terkena iritasi, tapi kami tidak menganurkan anda untuk melakukannya mengingat mata merupakan organ yang sanga sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata jika anda tetap ingin memanfaatkan getah jarak ini untuk mengobati iritasi pada mata anda.

6. Mengobati Perut kembung

Getah yang terdapat pada tanaman jarak ini juga dipercaya dapat mengobati perut kembung dengan cepat. Perut kembung adalah suatu kondisi dimana perut terasa penuh dan disertai dengan rasa sakitm ini dikarenakan kadar asam di dalam lambung sedang meningkat.

Untuk membantu meredakannya, banyak orang yang percaya bahwa getah jarak ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan perut kembung.

7. Mengatasi Peradangan di dalam Mulut

Manfaat getah jarak berikutnya yang penting untuk anda ketahui yaitu dipercaya efektif untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam mulut. Selain dapat terkena sariawan, mulut juga bisa mengalami peradangan yang gejalanya mirip seperti sariawan. 

Untuk mengobati peradangan ini, kita bisa memanfaatkan getah jarak sebagai obat alami karena di dalam getah jarak ini mengandung zat yang bersifat anti-radang.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu meneteskan getah jarak sebanyak beberapa tetes ke dalam segelas air matang hangat. Aduk dan gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur, lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.

8. Mengatasi Masalah Susah BAB

Manfaat getah jarak untuk kesehatan berikutnya yaitu dipercaya mampu mengatasi gangguan pada pencernaan yang mengakibatkan susah buang air besar. Orang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bahkan jika berlangsung cukup lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan serta menimbulkan berbagai jenis penyakit yang lebih serius.

Maka dari itu, ketika anda mengalami kesulitan untuk buang air besar, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan getah jarak. Namun jika dalam beberapa hari tidak ada perubahan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

9. Mengobati Masuk Angin

Bagi anda yang sering bepergian dengan menggunakan sepeda motor atau sering bekerja di malam hari, maka besar sekali kemungkinan anda mengalami masuk angin. Namun anda tidak perlu khawatir, karena untuk mengobati masuk angin kita bisa mamanfaatkan getah jarak sebagai obat tradisional untuk mengatasi masuk angin.

Cara mengatasi masuk angin dengan getah jarak, yaitu :

Pertama-tama ambil beberapa lembar daun jarak segar langsung dari pohonnya, kemudian siangi daun jarak tersebut diatas api atau panci panas sampai daun layu. Setelah itu, olesei daun jarak dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih dan tempelkan pada perut dan bagian tubuh lainnya.

10. Mengobati Rematik dan Asam Urat

Siapa sangka, ternyata getah jarak juga dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit rematik dan asam urat. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit rematik dan asam urat adalah jenis penyakit yang sangat menyiksa bagi siapa saja yang menderitanya, karena penyakit ini dapat menimbulkan gejala rasa nyeri pada persendian terutama pada saat bangun tidur di pagi hari.

Salah satu cara untuk mengobatinya, kita bisa memanfaatkan daun jarak sebanyak 5-6 lembar. Setelah itu, tumbuh daun jarak tersebut hingga halus dan tambahkan sedikit minyak gosok. Setelah itu, balurkan daun jarak tersebut pada bagian persendian yang terasa sakit dan rasakan khaisatnya.

B. Manfaat Daun Jarak untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, ternyata getah jarak juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kecantikan. Hanya saja, bagian dari tanaman jarak yang digunakan untuk kecantikan yaitu pada bagian daunnya. Berikut ini beberapa manfaat getah jarak yang penting untuk diketahui, diantaranya yaitu :

1. Menghilangkan Noda Hitam dan Bekas Luka

Daun jarak bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami dalam pembuatan masker kulit, masker kulit dari daun jarak ini dipercaya sangat ampuh untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan noda hitam dan juga bekas luka.

Cara menghilangkan noda hitam dan bekas luka dengan daun jarak, yaitu :

Pertama-tama siapkan beberapa daun jarak segar, lalu tumbuk hingga halus dan balurkan pada kulit wajah yang terdapat noda hitam atau bekas luka. Biarkan selama semalaman, lalu bersihkan dengan air bersih pada keesokan pagi harinya. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur, dalam beberapa minggu noda hitam dan bekas luka akan mulai tersamarkan atau bahkan menghilang.

2. Mengecilkan Pori-Pori Besar

Pori-pori pada kulit wajah bisa membesar dikarenakan kerusakan pada kulit, kondisi seperti kerap terjadi akibat penggunaan produk kosmetik tertentu yang dapat memicu alergi. Selain itu, suhu panas juga dapat memicu pembesaran pada pori-pori kulit. 

Sebenarnya, pori-pori kulit bisa melakukan buka tutup dengan sendirinya, hanya saja jika terjadi kerusakan atau kelainan pada kulit pori-pori tidak dapat menutup kembali. Untuk mengecilkan pori-pori, kita bisa memanfaatkan getah jarak sebagai cara mengecilkan pori-pori secara alami.

Caranya yaitu, haluskan beberapa lembar daun jarak dan rebus dengan segelas air hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Setelah air rebusan daun jarak ini dingin, anda bisa mengkompreskannya pada bagian kulit yang memiliki pori-pori besar. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari pada malam hari sebelum tidur.

3. Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak

Daun jarak juga ternyata dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan dan ketiak. Bagi anda yang mengalami kondisi ini, maka ada baiknya untuk mencoba air jarak untuk menghilangkannya. 

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu merebus 10 lembar daun jarak dengan 2 liter air. Rebus hingga airnya mendidih, kemudian saring dan campurkan ke dalam ember yang berisi air dingin bersih untuk mandi. Gunakan air tersebut untuk mandi, lakukan cara menghilangkan bau badan dan ketiak secara alami ini minimal 2 kali seminggu.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Getah yang terkandung di dalam daun jarak juga dipercaya efektif untuk mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam.

Caranya yaitu dengan rutin memasuh kulit wajah dengan air rebusa daun jarak yang sudah didinginkan. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, dalam beberapa minggu anda sudah bisa melihat hasilnya.

5. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Membasuh muka dengan air rebusan daun jarak yang sudah didinginkan juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan komedo pada kulit wajah, karena di dalam daun jarak mengandung getah memiliki sifat anti bakterial yang ampuh membasmi kuman ataupun bakteri penyebab jerawat. 

Dengan rutin membasuh muka dengan air rebusan daun jarak, maka jarawat dan komedo pun akan berangsur-angsur berkurang.

Perhatian :

Bagi anda yang ingin memanfaatkan getah jarak ini untuk kesehatan dan kecantikan, sebaiknya anda hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat dan dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti gatal-gatal, iritasi pada kulit dan keracunan dan reaksi efek samping lainnya.

Itulan penjelasan yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai manfaat getah jarak untuk kesehatan dan kecantikan, namun perlu anda ingat bahwa informasi yang kami bahas diatas sifatnya hanya sebatas informasi untuk menambah pengetahuan saja.

Menurut informasi yang kami dapat, tanaman ini cukup riskan untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal ataupun bahan alami untuk perwatan kecantikan. Oleh sebab itu, kami lebih menyarankan kepada anda untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai 15 Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Pengobatan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya di blog ini ya. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sehat.