15 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya

15 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya -- Khasiat Daun Melinjo untuk Kesehatan, Manfaat Daun Melinjo untuk Lelaki / Wanita, Manfaat Daun Melinjo untuk Ibu Hamil / Promil, Manfaat Daun Melinjo untuk Mengatasi dan Mengobati Penyakit, serta untuk Diet, Keunggulan Daun Melinjo, Cara Mengolah Daun Melinjo, Efek Samping dari Daun Melinjo.

https://www.infokesehatan.web.id/

Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya -- Melinjo atau yang memiliki nama latin Gnetum Gnemon ini merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam spesies Gnetum, tanaman ini banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara dan di kepulauan Samudera Pasifik Barat.

Melinjo sendiri memiliki ukuran batang yang tergolong kecil untuk sebuah pohon, namun ada juga yang berukuran sedang. Pohon melinjo yang sudah dewasa tinggi pohonnya bisa mencapai hingga 15-20 meter. Untuk daun melinjo yang masih muda memiliki warna hijau dan jika sudah dewasa warnanya akan berubah menjadi hijau gelap.

Tanaman melinjo dapat menghasilkan buah yang mirip seperti Strobilus, di dalamnya terdapat biji berukuran cukup besar. Tanaman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan masakan, seperti sayur bening, sayur asam, sup dan aneka masakan lainnya. 

Bagian dari tanaman melinjo yang paling sering digunakan dalam masakan yaitu daun dan buahnya. Buah melinjo sendiri bisa digiling untuk dijadikan sebagai tepung dan juga dapat diolah menjadi kerupuk yang dikenal dengan sebutan kerupuk emping.

Namun tahukah anda, ternyata tanaman melinjo tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai masakan saja. Di Indonesia tanaman melinjo dianggap sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan banyak jenis penyakit, karena di dalam daun dan biji melinjo ini memiliki kandungan nutrisi / zat yang berkhasiat untuk kesehatan.

Dalam artikel kesehatan kali ini, bagian dari tanaman melinjo yang akan kami uraikan yaitu bagian daun melinjo. Artikel yang kami ulas berjudul 15 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya.

A. Kandungan Nutrisi di dalam Daun Melinjo

Menurut informasi yang kami dapatkakan dari sumber depertemen kesehatan RI mengungkapkan, bahwa di dalam daun melinjo mengandung nutrisi yang cukup lengkap mulai dari karbohidrat, lemak, kalori, protein, vitamin (Vit A, B dan C), zat besi, fosfor, kalsium dan kadar air. 

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam daun melinjo, vitamin A adalah kandungan nutrisi yang paling tinggi kadarnya. Maka tak heran jika daun melinjo ini dipercaya ampuh untuk digunakan sebagai obat mata alami, namun tentunya tidak hanya bermanfaat untuk mata tetapi juga bermanfaat untuk menyembuhkan jenis-jenis penyakit lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun melinjo ini, masyarakat Indonesia biasanya mengolah daun melinjo untuk dijadikan sebagai sayur atau bisa juga diolah untuk dijadikan minuman yang berkhasiat.

Penasaran, apa saja manfaat daun melinjo untuk kesehatan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

B. Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat dari daun melinjo ini memang sudah dipercaya dan digunakan sejak dulu untuk mengobati jenis-jenis penyakit tertentu. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi daun melinjo atau minum air rebusan daun melinjo, diantaranya yaitu :

1. Membantu Melancarkan Buang Air Kecil

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami kesulitan untuk buang air kecil dan disertai dengan rasa perih saat buang air kecil, maka anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi daun melinjo dengan cara dijadikan lalapan atau bisa juga dengan minum air rebusan daun melinjo. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal, anda bisa meminumnya secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Rutin mengkonsumsi daun melinjo juga dipercaya efektif untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat alami yang terkandung di dalam daun melinjo dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pada organ pencernaan seperti sembelit, susah BAB dan bahkan ampuh mengobati diare.

3. Mengobati Sakit Mata

Sakit mata adalah masalah mata yang sering di alami oleh masyarakat umum, orang yang terkena sakit mata ditandai dengan mata terasa perih dan sering mengeluarkan kotoran atau belekan. Untuk menyembuhkan sakit mata ini, anda bisa rutin meneteskan air rebusan daun melinjo pada mata 2 kali sehari sebanyak satu tetes sekali pakai. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sakit mata sembuh.

4. Menyembuhkan Luka Infeksi

Ketika anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka, maka jika luka tidak segera diobati dapat menyebabkan luka mengalami infeksi. Jika luka anda sudah infeksi, maka luka akan membengkak dan mengeluarkan nanah yang disertai dengan demam tinggi.

Jika dibiarkan saja tentunya akan sangat berbahaya dan bisa terjadi pembusukan pada luka tersebut, akhirnya luka tersebut akan mengalami komplikasi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka ketika anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka sebaiknya langsung obati luka dengan daun melinjo.

Caranya cukup mudah, anda bisa menumbuk daun melinjo muda secukupnya. Setelah itu, tempelkan daun melinjo tersebut pada bagian tubuh yang terluka. Cara ini bisa anda jadikan sebagai pertolongan pertama ketika anda mengalami kecelakaan, seperti terjatuh, tersayat dan lain sebagainya.

5. Mengatasi Anemia

Jika anda sering mengalami pusing, mudah lelah dan kurang bersemangat. Maka anda kemungkinan sedang terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Untuk mengobati penyakit anemia ini tidak perlu mengkonsumsi suplemen penambah darah, tapi cukup dengan rutin mengkonsumsi daun melinjo setiap hari. Hal ini dikarenakan, di dalam daun melinjo mengandung zat besi yang cukup tinggi dan dapat membantu proses pembentukan sel darah merah baru di dalam tubuh.

6. Melancarkan Proses Persalinan

Masyarakat yang tinggal di pedesaan mempercayai bahwa daun melinjo ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil tua, karena dengan rutin mengkonsumsi daun melinjo ini dapat membantu mempermudah proses persalinan. Namun sebelum anda melakukannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan.

7. Menangkal Radikal Bebas

Ada banyak sekali faktor penyebab tubuh tekena radikal bebas, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, pola makan tidak sehat dan juga faktor lingkungan. Namun dengan rutin minum air rebusan daun melinjo ini dapat membantu tubuh lebih kuat dan mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya, sehingga tubuh dapat terhindar dari resiko terkena berbagai jenis penyakit berbahaya termasuk kanker.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu faktor yang dapat membuat tubuh mudah sakit dan terserang penyakit yaitu dikarenakan sistem kekebalan tubuh dalam kondisi lemah, sehingga virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anda bisa rutin mengkonsumsi daun melinjo atau minum air rebusan daun melinjo paling tidak seminggu sekali agar tubuh selalu dalam kondisi fit dan sehat.

9. Mengobati Gatal-Gatal pada Kulit

Ketika anda sedang berada di hutan, kemudian anda mengalami gatal-gatal pada kulit. maka anda bisa mencari tanaman melinjo, karena daun melinjo ini bisa menghilangkan gatal-gatal dengan cepat. caranya cukup dengan membalurkan daun melinjo yang sudah tumbuk halus pada kulit yang mengalami gatal-gatal.

10. Ampuh Turukan Demam

Bagi anda yang sedang sakit demam, anda bisa coba rutin mengkonsumsi daun melinjo dengan cara dijadikan sayur asam. Kandungan zat yang ada di dalam daun melinjo ini dipercaya efektif untuk membantu menurunkan deman, tidak hanya baik dikonsumsi orang dewasa tetapi juga anak-anak.

11. Membantu Menguatkan Tulang

Di dalam daun melinjo juga menghandung kalsium dan fosfor yang diduga baik untuk memperkuat tulang, sehingga rutin mengkonsumsi daun melinjo ini dipercaya dapat mencegah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis. Selain itu, daun melinjo juga baik dikonsumsi oleh remaja untuk membantu mempercepat pertumbuhan dan memperkuat tulangnya.

12. Meredakan Batuk dan Pilek

Mengkonsumsi daun melinjo dipercaya efektif untuk meredakan batuk dan pilek, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dengan rutin minum air rebusan daun melinjo ini agar batuk dan pilek yang sedang anda derita cepat sembuh.

13. Baik untuk Diet

Manfaat daun melinjo juga ternyata diyakini sangat baik untuk membantu program diet, karena di dalam daun melinjo memiliki kandungan serat, karbohidrat dan juga protein dalam jumlah cukup. Manfaat mengkonsumsi daun melinjo ketika diet dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga energi bagi tubuh, maka daun melinjo ini sangat cocok dimasukan ke dalam menu diet harian anda.

14. Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat dan khasiat dari daun melinjo ini memang sudah benar-benar teruji, bahkan daun melinjo ini sudah sejak dulu digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Masyarakat dulu sering memanfaatkan daun melinjo yang masih sebagai sayuran atau lalapan, namun semakin berkembangnya ilmu kesehatan, daun melinjo juga akhirnya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat herbal yang efektif untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

15. Manfaat Daun Melinjo Lainnya

Selain dapat dijadikan sebagai obat tradisional, daun melinjo juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan alternatif, seperti :

a. Suplemen Alami yang Mudah Meriah

Telah diakui bahwa di dalam daun melinjo mengandung sumber antioksidan alami yang sangat berkhasiat, sehingga daun melinjo ini bisa dijadikan sebagai suplemen nutrasetikal yang murah dan aman bagi kesehatan.

b. Serupa dengan Ginkgo

Dalam sebuah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan, bahwa daun melinjo ini termasuk ke dalam evolusi tanaman langka yang mempunyai kedekatan dengan jenis tanaman ginkgo biloba. Inilah yang membuat banyak orang Jepang tertaruk untuk mengembangkan jenis tanaman melinjo ini.

Ginkgo biloba adalah jenis tanaman yang termasuk ke dalam spesies pohon tertua yang sudah tumbuh sejak 150-200 juta tahun dan tanaman ini sangat dipercaya dapat dijadikan sebagai tonik untuk otak, karena manfaatnya dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

Daun ginkgo juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi dan kuat, sehingga dapat berperan penting dalam melakukan proses oksidasi radikal bebas yang dapat menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan, pikun dan juga penyebab kanker.

C. Keunggulan Daun Melinjo

Berikut ini beberapa kelebihan dari daun melinjo yang perlu anda semua ketahui, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Antimikroba Alami

Hingga saat ini, seorang doktor biokimia yang berasal dari Osaka Prefecture University, Jepang telah menemukan dua jenis protein yang menunjukan adanya aktivitas antioksidan yang sangat tinggi dan kuat.

Hampir pada semua bagian dari tanaman melinjo ini pernah dibuat ekstraknya, mulai dari bagian daun, kulit batang, akar dan juga biji melinjo. Mereka pun telah menemukan kandungan protein yang sangat potensial berasal dari daun melinjo, pada penelitian tersebut ditemukan adanya aktivitas dari antioksidan sintetik BHT.

Dari kedua fraksi protien tersebut, telah ditemukan khasiat dan fungsi lain dari daun melinjo ini sebagai antimikroba alami. Itu artinya, kandungan protein yang ada pada melinjo juga dapat dimanfaatkan sebagai pengawet alami untuk makanan dan sekaligus dapat bermanfaat untuk membasmi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus.

Peptida Gg-AMP yang telah diisolasi dari biji melinjo juga telah terindikasi memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu menghambat perkembangan beberapa jenis bakteri gram positif dan juga negatif.

2. Dapat diolah Menjadi Masakan dan Cemilan

Selain pada bagian daunnya, pada bagian biji melinjonya bisa kita olah untuk dijadikan sebagai cemilan yang sehat dan renyah. Melinjo ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sama halnya dengan daun melinjo, biji melinjo juga bisa diolah dengan cara di sayur seperti sayuran jenis lain atau bisa dijaidkan sebagai campuran sayur asam.

Banyak orang yang tidak tahu jika rutin mengkonsumsi sayur asam yang dibuat dari daun dan biji melinjo dapat berfungsi sebagai antioksidan, namun tidak disarankan bagi anda yang menderita penyakit rematik dan asam urat, karena makan biji melinjo bisa meningkatkan kadar purih dalam tubuh.

D. Cara Mengolah Daun Melinjo

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengolah daun melinjo ini, yaitu :

1. Dimasak atau Disayur

Dalam memanfaatkan daun melinjo ini sebenarnya sangat mudah, masyarakat umum lebih sering mengolah daun melinjo untuk dijadikan sayur asam. Setelah dimasak, daun melinjo ini terasa lembut dan mudah sekali dicerna oleh usus, sehingga konsumsi daun melinjo dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan susah buang air besar.

Namun daun melinjo yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan sayur asam ini yaitu dengan memilih yang masih muda, karena daun melinjo yangb sudah tua rasa pahit dan teksturnya keras.

2. Direbus dan Diambil Airnya

Sudah sejak lama bahwa daun melinjo dipercaya dapat dijadikan obat alami untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Jika anda ingin memanfaatkan daun melinjo ini sebagai obat tradisional, anda bisa membuat ramuan dengan merebus daun melinjo dan memanfaatkan airnya untuk diminum.

Caranya yaitu, siapkan segenggam daun melinjo muda dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus sampai mendidih dan airnya hanya tinggal tersisa 1 gelas saja. Angkat dan saring airnya, tunggu sampai cukup hangat dan minum air rebusan daun melinjo tersebut secarfa rutin 2 kali sehari jika digunakan untuk pengobatan. Sedangkan untuk pencegahan, cukup di minum 1-2 kali seminggu saja.

3. Ditumbuk

Selain dimasak dan direbus, ternyata daun melinjo juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati luka luar. Beberapa jenis luka yang efektif disembuhkan dengan daun melinjo ini yaitu luka sayatan, luka bakar dan berbagai jenis penyakit kulit.

Caranya yaitu, ambil daun melinjo secukupnya dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan atau kompreskan pada bagian kulit yang terluka atau terkena penyakit kulit. Daun melinjo ini mengandung zat antiseptik dan antibakteri alami, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka dan menghambat perkembangan kuman serta bakteri.

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai 15 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan, serta Cara Mengolahnya. Semoga apa yang kami bahas diatas bisa memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi para pembaca semuanya.

Namun informasi ini sifatnya hanyalah sebatas untuk menambah pengetahuan saja, sehingga jika anda ingin menggunakannya untuk mengobati penyakit yang sedang anda derita sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli yang telah berpengalaman atau dokter.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo bantu like dan share artikel ini pada teman lainnya. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Cukup sekian dan salam sehat selalu.