15 Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Membuat Ramuannya

15 Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Membuat Ramuannya -- Khasiat Akar Pinang Bagi Kesehatan, Manfaat dan Khasiat Akar Pinang untuk Kesehatan, Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan Pria & Wanita, Khasiat Akar Pinang untuk Kejantanan, Efek Samping Akar Pinang, Akar Pinang untuk Pengobatan Tradisional, Kandungan Zat dan Senyawa Akar Pinang



Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Membuat Ramuannya -- Pohon pinang adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki nama latin areca cathecu. Pohon pinang sendiri memiliki batang pohon yang menjulang tinggi seperti pohon kelapa, sedangkan buahnya berbentuk bulat lonjong dan berwarna kekuning-kuningan.

Selain itu, buah pinang sering dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya, bagian dari tumbuhan pinang lainnya yang sering dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional yaitu akar pohonnya.

Tahukah anda, ternyata pada bagian akar dari pohon pinang ini memilki banyak kandungan zat dan senyawa penting yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui kandungan zat dan senyawa penting yang ada dalam akar pohon pinang, anda bisa simak ulasannya dibawah berikut ini.

Kandungan Zat dan Senyawa Penting di dalam Akar Pinang

Berikut beberapa kandungan zat dan senyawa penting yang ada pada akar pohon pinang, diantaranya yaitu :
  • Alkalin  Alkaloid, Gluvakolin, dan Guvasine

Berkat beberapa kandungan zat dan senyawa penting diatas, akar pinang di klaim memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan dan pengobatan berbagai jenis penyakit, baik yang ringan hingga yang berat.

Khasiat dan Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar pinang bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang dapat terjadi akibat bekerja terlalu berat yang tidak mampu diterima oleh tubuh, apalagi jika aktivitas pekerjaan yang dilakukan terlalu sering merunduk dan berdiri. Ada banyak sekali berbagai jenis obat yang bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit pada pinggang, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan akar pinang.

Cara membuat ramuan obat sakit pinggang dari akar pinang, yaitu :
  1. Siapkan akar dan buah pinang secukupnya, lalu cuci sampai bersih dan jemur hingga kering minimal seharian.
  2. Setelah itu, geprek buah dan akar pinang dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas.
  3. Rebus akar dan buah pinang tersebut sampai mendidih dan tunggu sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja.
  4. Langkah selanjutnya, saring airnya dan biarkan hingga cukup hangat untuk diminum.

Aturan Minum , yaitu :
  • Minum ramuan tersebut selagi hangat secara rutin dan teratur minimal 1 kali sehari, jika rasa sakit yang diderita sudah cukup parah dan menyiksa bisa minum 2 kali sehari.
  • Lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari sampai sakit pinggang benar-benar sembuh.

2. Mengecilkan Rahim Setelah Melahirkan

Bagi setiap wanita pasca melahirkan akan membuat rahim menjadi melar sesuai dengan ukuran tubuh bayi. Cara untuk mengecilkan rahim kembali normal disarankan untuk minum ramuan yang terbuat dari akar pinang secara rutin setiap hari. Untuk mengetahui cara pembuatan ramuannya, anda bisa simak uraiannya dibawah berikut ini.

Cara Membuat Ramuanya :
  1. Siapkan akar pinang secukupnya saja, lalu cuci sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian jemur dibawah panas matahari sampai benar-benar kering, tujuannya yaitu untuk menghilangkan kandungan zat yang bersifat racun.
  3. Setelah kering, rebus akar pinang tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tunggu hingga airnya susut menjadi 1 gelas.
  4. Lalu, saring airnya dan tunggu hingga air rebusan akar pinang tersebut hangat dan siap untuk diminum.

Aturan Minum :

Minum ramuan akar pinang diatas secara rutin dan teratur minimal 1 kali sehari selama satu minggu berturut-turut.

3. Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat akar pinang juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. beberapa jenis penyakit kulit yang dapat diobati dengan akar pinang ini yaitu seperti penyakit eksim, kudis, kurap, panu dan masih banyak jenis penyakit kulit lainnya. Jenis-jenis penyakit kulit tersebut akan mudah sekali menular jika tidak segera diobati dengan cepat dan tepat. Akar pinang ini bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan salep untuk dioleskan pada kulit.

Cara Membuat Salep dari Akar Pinang :

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat obat salep dari akar pinang untuk kulit, yaitu :
  1. Siapkan akar pinang kering, kapur sirih dan juga cuka secukupnya.
  2. Haluskan akar pinang dan campurkan dengan semua bahan hingga membentuk krim atau salep.
  3. Salep sudah siap digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

Untuk mendapatkan khasiat secara optimal, gunakan salep ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari dengan mengoleskannya secara tipis-tipis saja pada kulit yang terserang penyakit.

4. Meningkatkan Libido

Manfaat akar pinang juga ternyata sangat ampuh untuk membangkitkan libido bagi pasangan suami istri. cara membuat ramuannya pun sangat mudah dan sederhana, cukup dengan merebus akar pinang yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Penasaran, bagaiman cara selanjutnya? Simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Cara membuat ramuannya, yaitu :
  1. Siapkan akar pohon pinang yang sudah dicuci dan dikeringkan secukupnya, lalu tumbuk.
  2. Setelah itu, jemur kembali hingga kering dan haluskan kembali hingga membentuk serbuk. Jika anda membuatnya dalam jumlah banyak, anda bisa memasukannya kedalam toples kedap udara dan masukan ke dalam kulkas.
  3. Cara membuat racikan obat untuk meningkatkan libido, anda cukup merebus 3 sendok makan bubuk akar pinang dengan 1 gelas air hingga medidih, lalu angkat dan angin-anginkan.
  4. Setelah cukup hangat, minum air rebusan akar pinang tersebut 1 jam sebelum melakukan hubungan intim bersama dengan pasangan (istri). sedangkan untuk mengatasi ejakulasi dini secara permanen, anda bisa minum ramuan ini 1 gelas setiap hari sampai sembuh.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat vital, karena jantung ini berfungsi untuk memompa darah dan juga oksigen menuju keseluruh tubuh. Maka jika organ jantung ini terkena penyakit dan mengalami penuruan dalam fungsinya, tentunya akan berpengaruh buruh terhadap kesehatan dan juga fungsi dari organ tubuh lainnya. Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk kita memelihara kesehatan organ jantung kita dengan baik.

Salah satu cara menjaga kesehatan organ jantung agar dapat berfungsi dengan baik yaitu dengan rutin minum ramuan yang terbuat dari akar pohon pinang. 

Cara membuat ramuannya, yaitu :
  1. Siapkan akar seperlunya saja, lalu cuci sampai bersih dan jemur hingga kering.
  2. Setelah kering, potong kecil-kecil akar pohon pinang ini dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas.
  3. Biarkan air rebusan akar pinang ini mendidih dan surut hingga airnya hanya tinggal tersisa 1 gelas saja.
  4. Saring airnya, lalu minum selagi hangat sampai habis.

Untuk melakukan pencegahan, anda bisa rutin minum air rebusan akar pinang ini secara rutin seminggi sekali, sedangkan untuk pengobatan penyakit jantung disarankan untuk meminum ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

6. Menghentikan Diare

Penyebab diare dapat disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi organ pencernaan, virus tersebut bisa berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi. Maka dari itu, bagi anda yang rentan terkena diare harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan dan hindar memasak makanan setengah matang.

Selain itu, penderita diare beresiko mengalami banyak kehilangan cairan yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menjadi lemas dan tidak nafsu makan. Jika kondisi ini terjadi pada anda atau anggotak keluarga anda, maka langkah yang harus anda lakukan sebagai tindakan pertama dirumah yaitu dengan memberikan ramuan air rebusan akar pinang secara rutin setiap hari.

Caranya membuat ramuannya, yaitu :
  1. Cuci bersih akar pinang dengan air mengalir hingga tidak ada tanah yang menempel pada akar pinang, lalu jemur hingga kering. 
  2. Setelah itu, rebus akar pinang tersebut dengan air sebanyak 2 gelas.
  3. Biarkan air rebusan akar pohon pinang tersebut surut dan hanya tinggal tersisa 1 gelas saja,
  4. Selanjutnya, angkat dan saring airnya. Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan, lalu aduk hingga madu larut.
  5. Minum secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sampai diare sembuh.

Jika dalam 3 hari diare tidak kunjung berhenti dan bahkan bertambah parah, tubuh terasa lemas, tidak mau makan, tidak mau minum. Maka segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penangan medis.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di dalam akar pinang mengandung senyawa aktif yang bernama Guvasine yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Memiliki imunitas tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri pembawa penyakit. Untuk memiliki imunitas tubuh yang kuat, salah satu caranya yaitu dengan minum air rebusan akar pinang secara rutin dan teratur minimal 2 minggu sekali.

8. Menurunkan Demam

Meski demam sebagai tanda tubuh sedang melawan virus yang menyerang sistem pertahanan tubuh, namun jika tidak diatasi dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas pekerjaan sehari-hari. Untuk meredakan demam secara alami, caranya yaitu anda bisa minum air rebusan akar pinang secara rutin 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum.

9. Mengobati Sakit Tifus

Selain bermanfaat untuk menurunkan demam, minum air rebusan akar pinang juga berkhasiat untuk mengobati sakit tifus. Untuk mengobati sakit tifus, caranya yaitu anda bisa minum 2 kali sehari secara rutin dan teratur sampai sembuh.

10. Mengatasi berbagai Masalah pada Kulit Wajah

Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, kulit berminyak, flek hitam, tanda penuaan dini dan berbagai masalah pada kulit wajah. Maka anda bisa mengatasinya dengan rutin melakukan perawatan kulit wajah dengan air rebusan akar pinang secara rutin setiap hari sampai masalah pada kulit wajah anda teratasi.

Caranya yaitu, ambil beberapa akar pinang dan cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air sebanyak 1 liter hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Setelah cukup hangat, anda bisa gunakan air rebusan akar pinang ini untuk mencuci kulit wajah secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur.

11. Obat Sakit Gigi

Sakit gigi memang salah satu masalah kesehatan yang sangat umum di alami oleh banyak orang, salah satu faktor penyebab seseorang sakit gigi yaitu disebabkan oleh karena adanya infeksi bakteri pada dasar gigi. Jika tidak segera di obati, rasa sakit yang diderita terasa sangat menyiksa sehingga dapat mengganggu aktivitas pekerjaan sehari-hari. 

Salah satu obat sakit gigi tradisional yang paling ampun yaitu dapat memanfaatkan akar pinang, kandungan senyawa yang terkandung di dalam akar pinang ini bersifat sebagai anti septik dan anti bakteri. Selain itu, di dalam akar pinang juga mengandung zat yang dapat meredakan rasa sakit yang diderita akibat sakit gigi.

Caranya yaitu, anda bisa berkumur setiap pagi dan malam hari dengan menggunakan air rebusan akar pinang. Lakukan setiap setelah anda menggosok gigi, dalam waktu yang tidak terlalu lama sakit gigi akan berkurang dan hilang.

12. Mengobati Cacingan

Manfaat dari akar pinang juga bisa digunakan sebagai obat cacing alami yang sudah terbukti ampuh, karena di dalam akar pinang juga mengandung zat yang mampu membasmi cacing yang ada dalam usus seperti cacing pita, cacing kremi, cacing tambang dan juga cacing gelang.

Cara mengobati cacingan dengan akar pinang sangatlah mudah, anda hanya perlu rutin minum air rebusan akar pinang secara rutin 2 kali selama 3 hari berturut-turut. Dengan rutin melakukan pengobatan alami ini, maka anda akan terbebas dari cacingan. Cara ini juga bisa diterapkan pada anak-anak dengan dosis setengah gelas untuk anak diatas 6 tahun.

13. Mengobati Penyakit Difteri

Difteri adalah salah satu jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh karena infeksi bakteri dan sifatnya mudah menular pada orang-orang yang ada disekitarnya. Penyakit ini biasanya akan menyerang pada selaput lendir di hidung dan juga tenggorokan. Jika tidak segera ditangani dengan serius, penyakit difteri ini juga akan membahayakan. Salah satu cara mengobatinya yaitu bisa dengan rutin minum air rebusan akar pinang.

Di dalam akar pinang mengandung zat yang bersifat sebagai antiseptik dan antibakteri. Caranya yaitu, ambil akar pinang secukupnya saja, lalu cuci sampai bersih dan keringkan. Setelah itu, haluskan dan seduh dengan menggunakan air panas. Diamkan hingga cukup hangat, lalu gunakan untuk berkumur pada pagi dan malam sebelum tidur secara rutin setiap hari sampai penyakit difteri sembuh.

14. Mengobati Penyakit Disentri

Disentri adalah jenis penyakit yang dapat menyerang usus dan dapat menyebabkan orang yang menderitanya mengalami diare terus menerus hingga berminggu-minggu. Jika penyakit ini tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat, maka dapat berbahaya dan bahkan menyebabkan kematian jika diderita oleh bayi dan balita. namun bagi orang dewasa dan tingkat keparahannya masih belum terlalu parah, anda bisa mengobati disentri ini menggunakan obat tradisional, yaitu dengan rutin minum air rebusan akar pinang. 

Penyebab dari penyakit disentri sendiri disebabkan oleh karena infeksi bakteri, kandungan zat yang terkandung di dalam akar pinang ini bersifat sebagai zat antibakteri yang terbukti sangat ampuh membasmi bakteri penyebab disentri. Untuk mendapatkan khasiat akar pinang secara optimal untuk mengobati disentri, sebaiknya anda rutin minum air rebusan akar pinang ini 2-3 kali sehari sampai sembuh.

15. Mencegah Kanker

Manfaat akar pinang selanjutnya yaitu dipercaya ampuh untuk mencegah kanker, karena menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Lee & Choi pada tahun 1999 mengungkapkan bahwa di dalam akar pinang mengandung zat antioksidan yang cukup kuat dan mampu menangkal dan melawan serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. 

Antioksidan tersebut dapat berperan penting dalam mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh, sehingga dengan minum air rebusan akar pinang ini dipercaya berkhasiat untuk mencegah tubuh terkena penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, kanker paru-paru dan berbagain jenis kanker lainnya.

Perlu kami ingatkan lagi bahwa artikel kesehatan di blog ini hanya sebatas informasi untuk menambah pengetahuan saja, sehingga jika anda ingin memanfaatkannya sebagai obat bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli medis lainnya.

Itulah beberapa Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan dan Pengobatan, serta Cara Membuat Ramuannya. Dalam penggunaan akar pinang ini, anda tetap harus berhati-hati karena di dalam akar pinang mengandung zat berbahaya yang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Cukup sekian dan salam sehat. Baca juga artikel lainnya di blog ini.