19 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

19 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah dan Kulit, Cara Membuat Minyak Kelapa Murni, Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan, Manfaat Minyak Kelapa untuk Bibir - untuk Rambut - untuk Jerawat - untuk Ibu Hamil - untuk Bayi, Efek Samping Minyak Kelapa, Manfaat Minyak Kelapa Murni.


Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan -- Umumnya minyak kelapa sering digunakan untuk menggoreng makanan, menumis dan berbagai olahan masakan lainnya. Disamping itu, ternyata minyak kelapa juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh dan digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan seperti kulit dan rambut.

Sebelum kami mengulas tentang manfaat minyak kelapa, kami akan sediki mengulas informasi tentang minyak kelapa agar kita mengenal lebih dekat tentang minyak kelapa. Berdasarkan dari hasil studi yang dilakukan oleh para ahli, ternyata menunjukan bahwa mendapatkan asupan minyak kelapa dapat berpengaruh terhadap peningkatan resistensi virus dan juga bakteri yang sering membawa wabah penyakit. Selain itu,  asupan minyak kelapa juga cukup berpengaruh pada hormon positif dan juga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Bagi orang yang mengkonsumsi minyak kelapa akan mendapatkan perbaikan untuk dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, karena minyak kelapa diduga dapat meningkatkan penggunaan insulin di dalam tubuh. 

Asupan minyak kelapa mampu meningkatkan fungsi dari tiroid dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, ada banyak lagi manfaat minyak kelapa untuk kesehatan ataupun kecantikan. Untuk anda yang ingin mengetahui berbagai manfaat minya kelapa, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

A. Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Jenis minyak kelapa yang baik dan sehat yaitu yang memiliki kadar murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan produk minyak kelapa olahan. Minyak kelapa murni atau VCO ini merupakan ekstra kelapa segar yang tanpa menggunakan bahan tambahan zat-zat kimia dan juga tanpa diproses menggunakan suhu tinggi. Tujuannya yaitu untuk menjaga berbagai kandungan alami di dalamnya seperti senyawa phenolic tidak mengalami kerusakan. Maka dari itu, minyak kelapa murni dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang berkhasiat.

Tidak hanya itu, kandungan senyawa yang ada dalam minyak kelapa murni seperti nasam kaprilat, asam kaprat dan juga asam laurat. Semua kandungan senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai pendukung dalam pertumbuhan probiotik yang ada dalam saluran pencernaan dan juga mampu melawan bakteri jahat. Berikut beberapa manfaat minyak kelapa yang diduga baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebenarnya banyak orang yang salah paham dengan menganggap jika minyak kelapa tidak baik untuk kesehatan jantung, bahkan disebut-sebut sebagai pemicu dari penyakit jantung. hal ini dikarenakan, di dalam minyak kelapa mengandung banyak sekali lemak jenuh. Namun pada kenyataannya, justruk minyak kelapa sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung, sebab di dalam minyak kelapa memiliki kandungan asam larut mencapai 50% yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi dan juga kolesterol tinggi.

Kandungan lemak jenuh yang terkandung di dalam minyak kelapa sebenarnya tidak membahayakan seperti kandungan lemak jenuh yang terdapat pada minyak sayur. Hal ini dikarenakan, konsumsi minyak kelapa tidak akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar kolesterol LDL dan juga mencegah kerusakan pada pembuluh darah arteri, sehingga dapat mencegah penyakit aterosklerosis.
2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat minyak kelapa juga sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena di dalam minyak kelapa mengandung lipid antimikroba. Asam laurat, asam kaprilat dan juga asam kaprat yang bersifat sebagai anti kanker, anti jamur dan juga anti virus.

Pada tubuh manusia, asam laurat akan diubah menjadi monolaurin. Dalam hasil sebuah penelitian menjelaskan bahwa kandungan zat tersebut sangat baik untuk membasmi virus dan juga bakteri yang sering kali menjadi pemicu utama dari beberapa jenis penyakit seperti herpes, influenza dan bahkan HIV. Selain itu, minyak kelapa juga terbukti mampu membasmi bakteri seperti Listeria monocytogenes, Helicobacter pylori dan juga bakteri Protozoa.

3. Ampuh Untuk Mengobati Luka Bakar

Minya kelapa juga ternyata ampuh untuk mengobati luka bakar, seperti tersiram air panas, terkena knalpot motor dan jenis luka bakar lainnta. Jika tidak segera diobati, luka bakar akan minimbulkan bekas dan juga rasa perih pada kulit. Cara mengobati luka bakar dengan minyak kelapa cukup mudah, anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang mengalami luka bakar secara merata. Dalam beberapa lama, rasa perih akan berangsur-angsur hilang dan luka bakar pun akan cepat sembuh.

4. Meningkatkan Stamina Tubuh

Konsumsi minyak kelapa dapat membantu mengembalikan stamina tubuh yang terkuras setelah melakukan aktivitas pekerjaan, karena di dalam minyak kelapa mengandung jumlah kalori yang cukup banyak, sehingga dapat bermanfaat untuk mengembalikan stamina tubuh dengan cepat.

Baca Juga : Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Membasmi Infeksi Jamur

Di dalam minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak yang cukup tinggi, kandungan asam lemak ini dapat berfungsi sebagai fungisida alami yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan zat tersebut memiliki kemampuan dalam membasmi jamur dengan cara memasukan dirinya ke dalam membran jamur yang menjadi salah satu faktor penentu dalam kehidupan jamur. Maka dengan demikian, jamur tidak bisa berkembang biak dan kemudian akan hancur.

6. Menjaga Berat Tubuh Tetap Ideal

Dari hasil studi yang telah dilakukan oleh para ahli pada tahun 2009 menemukan adanya hubungan antara konsumsi minyak kelapa dengan penurunan berat badan pada kaum perempuan, bahkan para ahli pun mengemukakan bahwa ternyata minyak kelapa mudah sekali untuk dicerna dan juga dapat membantu menjaga resistensi insulin dalam tubuh.

Cara menurunkankan berat badan dengan minyak kelapa sangat mudah, anda cukup menambahkan satu sendok teh minyak kelapa dalam menu diet harian anda. Lakukan cara alami ini secara bertahap hingga mencapai 4 sendok makan perhari.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, karena dapat merusak fungsi otak sehingga dapat membuat penderitanya sering lupa akan segala sesuatu dalam kehidupannya seperti keluarga, teman, aktivitas dan lain sebagainya.

Menurut hasil penelitian menemukan adanya keterkaitan antara minyak dengan penyakit Alzheimer, kandungan zat keton yang terdapat di dalam minyak kelapa diduga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak ketika kadar glukosa dalam tubuh berada pada batas normal. Selain itu, zat keton juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan memori otak bagi para penderita alzheimer.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

8. Mencegah Penyakit Hati

Kandungan asam lemak dan juga rigliserida dalam minyak kelapa diduga sangat baik untuk mencegah penyakit hati, karena kedua kandungan zat tersebut sangat mudah untuk diproses untuk dijadikan sebagai sumber energi ketika sudah mencapai hati. Konsumsi minyak kelapa dalam jangka panjang dapat membantu mengurangi beban dari kerja organ hati dan juga sangat baik untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam hati.

9. Mencegah dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Konsumsi minyak kelapa juga ternyata sangat bermanfaat untuk membantu mencegah dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta mampu membantu meningkatkan sekresi hormon insulin dalam tubuh. Hal ini sangat efektif untuk membantu proses pelepasan glukosa dalam darah, sehingga minyak kelapa ini sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

10. Baik untuk Penderita Hipertensi

Konsumsi minyak kelapa juga diyakini sangat baik untuk mereka yang terkena penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi. Hal ini dikarenakan, di dalam minyak kelapa mengandung zat yang dapat menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah arteri. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa perhari, tekanan darah dalam tubuh pun akan berangsur-angsur menurun.

Baca Juga : Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

B. Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata minyak kelapa juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan. Apa sajakah manfaatnya? Langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

1. Ampuh Basmi Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah tidak harus selalu menggunakan obat atau produk kecantikan berbahan kimia saja, tapi cara menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan dengan cara alami. Selah satunya dengan menggunakan minyak kelapa.

Kandungan asam laurat yang terkandung di dalam minyak kelapa juga dipercaya sangat ampuh untuk mencegah dan mengurangi peradangan serta melawan infeksi bakteri. Maka dari itu, kandungan zat tersebut dapat dijadikan sebagai antibiotik alami untuk kulit yang berjerawat. Di samping itu, pastikan juga anda tidak lupa untuk rutin menjaga kebersihan kulit dan selalu memperhatikan asupan makanan.

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak kelapa sangatlah mudah, anda cukup mengoleskan minyak kelapa hangat pada kulit wajah yang berjerawat secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 meni, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara alami ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

2. Sebagai Pelembab Kulit

Selain ampuh untuk membasmi jerawat, ternyata minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit. Selain dapat digunakan pada kulit yang sehat, ternyata minyak kelapa juga sangat baik digunakan untuk kulit yang terkena penyakit eksim dan psoriasis. Sifat antibakterial pada kandungan minyak kelapa diduga sangat berkhasiat untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri stafilokokus pada penyakit ini pada penyakit kulit tersebut.

Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Sehingga kulit akan tetap terjaga kelembabannya dan terhindar dari resiko penyakit kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari seperti kanker kulit.

3. Menyehatkan Kulit Kepala

Dengan rutin dan teratur merawat kulit kepala menggunakan minyak kelapa sangat baik untuk mencegah ketombe, kulit kepala kering dan bahkan ampuh untuk membasmi kutu rambut beserta telurnya. Maka bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai masalah pada kulit kepala, anda bisa rutin melakukan perawatan dengan memijat secara lembut kulit kepala dengan minyak kelapa.

4. Merawat Kesehatan Rambut

Minyak kelapa dapat menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk menutrisi rambut, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin melakukan perawatan rambut dengan minyak kelapa ini. minyak kelapa bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut, melembabkan rambut dan juga menjadi rambut sehat dan indah berkilau. Selain itu, manfaat minyak kelapa untuk rambut juga dapat membantu mencegah hilangnya protein pada rambut yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Minyak kelapa juga sangat baik untuk dijadikan sebagai kondisioner alami yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada rambut. Di dalam minyak kelapa memiliki kandungan protein yang sangat baik dan diperlukan oleh rambut agar rambut tetap sehat dan terlihat indah. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa, melakukan perawatan rambut dengan minyak kelapa dapat melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh karena kelelahan.

Baca Juga : Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Membersihkan Kulit Wajah

Minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah. Minyak kelapa mampu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa make up hingga ke pori-pori, sehingga dapat membuat kulit wajah tampak lebih bersih dan cerah.

Cara membersihkan kulit wajah dengan minyak kelapa sangat sederhana, anda cukup mengoleska minyak kelapa secara merata pada permukaan kulit wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat kemudian keringkan.

6. Melembabkan Kulit Bibir

Minyak kelapa juga bisa kita gunakan sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit bibir yang kering. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada permukaan kulit bibir secara merata, biarkan minyak kelapa meresap secara sempurna ke dalam kulit bibir.

7. Sebagai Krim Cukur

Minyak kelapa juga bisa kita manfaatkan sebagai krim cukur alami, sehingga dapat membantu proses cukup mencukur lebih mudah dan aman. Penggunaan minyak kelapa saat mencukur dapat membuat pisau cukup melucur dengan lembut, sehingga sangat cocok anda gunakan ketika akan mencukur rambut, bulu ketiak atau bulu tungkai dan rambut pada bagian tubuh lainnya.

8. Mempercantik Kutikula Kuku

Kutikula kuku yang kasar memang dapat membuat kuku menjadi terasa kasar, namun dengan melakukan perawatan kuku menggunakan minyak kelapa dapat membuat kutikula kuku terlihat lebih cantik dan sehat. Kandungan yang terdapat kada kutikula kuku dapat membantu dalam menghidrasi kulit kutikula yang tips dan dapat memperkuat kuku, sehigga akan terlihat lebih muda dan cantik.

Cara merawat kutikula kuku agar terlihat indah sehat dan cantik anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada kutikula, kemudian biarkan hingga meresap secara merata pada kulit. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mencegah infeksi jamur yang sering menyerang kuku, karena kandungan yang terdapat pada minyak kelapa dapat berfungsi sebagai antibakteri alami dan juga anti jamur.
9. Mengangkan Sel Kulit Mati

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan berkutnya yaitu dipercaya sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit, terutama kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa dan gula pasir sebagai bahan alami untuk membuat scrub wajah.

Caranya yaitu, campurkan dua sendok makan madu dan satu sendok makan gula pasir. Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan gunakan untuk membersihkan wajah dengan cara menggosok-gosokannya secara perlahan pada kulit wajah, lakukan dengan cara gerakan memutar agar sel kulit mati dapat terangkat secara maksimal.

Dengan melakukan perawatan secara rutin dan teratur minimal seminggu sekali, kulit wajah akan terlihat lebih bersih, halus dan lembut.

Minyak kelapa sebenarnya bisa anda buat sendiri dirumah, namun jika anda tidak sempat bisa membelinya karena banyak dijual dipasaran. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa ini untuk merawat kulit agar kelembaban kulit tetap terjaga, namun jika anda ingin menggunakan minyak kelapa untuk pengobatan, sebaiknya anda mengkonsumsinya dalam jumlah wajar karena manfaat minyak kelapa untuk kesehatan masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Apalagi jika anda memiliki gangguan kesehatan yang serius, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Demikian ulasan mengenai 19 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan, Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sehat untuk semua. Please share and like