21 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Makanan Lain

21 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan Makanan Lain -- Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Jengkol - Durian - Obat - Madu - Mie Instan - Udang - Coklat, Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan secara Bersamaan, Makanan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Makanan Lain, Pasang Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

https://www.infokesehatan.web.id/

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Makanan Lain -- Tubuh manusia membutuhkan asupan berbagai kandungan gizi dan nutrisi diperoleh dari berbagai jenis makanan dan minuman, tentunya kita semua juga tahu bahwa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Selain makanan dan minuman sehat, ada banyak juga jenis makanan dan minuman yang tidak boleh kita konsumsi secara bersamaan, karena pada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang di dalamnya terdapat kandungan zat kimia berbahaya. Ketika makanan atau minuman tersebut dikonsumsi secara bersamaan akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, bahkan menimbulkan jenis penyakit tertentu bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Ada jenis-jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara tunggal atau tanpa dicampur dengan makanan lain, termasuk susu. Misalnya saja pada buah-buahan yang pada dasarnya memiliki sifat asam dengan kadar pH yang rendah, sehingga jika dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan atau minuman lain dapat menyebabkan terjadi proses fermentasi di dalam lambung.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Penasaran, jenis makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan? Langsung saja simak ulasan selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Beragam Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Makanan Lain

Berikut ini beberapa jenis makanan yang tidak boleh anda konsumsi secara bersamaan dengan jenis makanan lain, diantaranya yaitu :

1. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Bayam dan Kacang Kedelai

Ada banyak orang yang sering memasak sayur bayam dengan dicampur bersama lauk pauk berupa tempe, dimana tempe sendiri notabene terbuat dari bahan kacang kedelai yang difermentasikan. Perlu anda semua ketahui juga bahwa kacang kedelai ini tidak cocok jika dikonsumsi dengan bayam, karena di dalam bayam memiliki kandungan asam oksalat yang menimbulkan reaksi dengan kalsium yang terkandung di dalam kacang kedelai dan dapat menyebabkan terbentuk endapan yang tidak bisa larut yaitu kalsium oksalat.

Kacang kedelai yang dimasak dan dimakan bersamaan dengan sayur bayam dapat mempengaruhi proses penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga bisa berakibat terjadi penyumbatan pada perut.

2. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Kacang Kedelai dan Bawang Hijau

Di dalam kacang kedelai mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, protein, lemak, mineral dan beberapa jenis zat lainnya. Sedangkan kandungan yang paling dominan pada bawang hijau yaitu memiliki kandungan asam oksalat yang sangat tinggi. Ketika kedua jenis zat seperti kalsium dan asam oksalat ini bertemu secara bersamaan, maka asam oksalat akan dapat menghancurkan kalsium tersebut.

Mengkonsumsi kacang kedelai bersamaan dengan bawang hijau bisa mempengaruhi proses penyerapan kalsium dalam tubuh, jika kebiasaan ini terus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan asupan kalsium. Sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan tubuh mengalami kejang-kejang, patah tulang dan osteomalacia (penurunan kadar mineral dalam tulang).

3. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Susu Kedelai diminum bersama dengan Telur

Telur adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan protein, beda hal nya dengan susu kedelai yang dapat mempengaruhi penurunan aktivitas dari enzim protease. Enzim ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein dalam tubuh, tubuh tidak akan mendapatkan asupan protein yang baik dari telur ini apabila dikonsumsi secara bersamaan dengan susu kedelai.

4. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Minum Susu Bersamaan dengan Coklat

Susu dan coklat tidaklah baik dikonsumsi secara bersamaan, karena di dalam susu mengandung kalsium dan protein yang sangat tinggi, sedangkan di dalam coklat memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi. Kalsium yang berasal dari susu dan kadar asam oksalat yang terdapat di dalam coklat akan membentuk sebuah kalsium oksalat yang tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat mengakibatkan orang yang mengkonsumsinya mengalami diare apabila dikonsumsi secara bersamaan.

5. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Susu dikonsumsi Bersamaan dengan Sayuran

Kandungan zat kimia yang terdapat di dalam sayuran dapat menimbulkan dampak buruk terhadap proses metabolisme kalsium yang berasal dari produk susu. Maka dari itu, susu dan sayuran juga termasuk makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara bersamaan dengan sayuran.

6. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Susu dikonsumsi Bersama dengan Buah Pomelo

Kandungan asam yang terdapat pada buah pomelo jika dicampurkan dengan kandungan protein yang terkandung di dalam susu bisa menyebabkan sakit perut, kadar asam ini juga dapat merangsang perut dan bahkan menyebabkan terkena diare.

7. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Susu dikonsumsi Bersama dengan Berbagai Jenis Buah-buahan

Mungkin ada banyak sekali diantara kia yang sering mengkonsumsi buah-buahan secara bersamaan dengan susu, baik itu buah apel, mangga, kelapa, buah naga, semangka, melon dan berbagai jenis buah-buahan lainnya.

Perlu anda semua ketahui bahwa seharusnya buah-buahan tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu, karena di dalam buah-buahan mengandung kadar asam yang tidak baik apabila dikombinasikan dengan susu yang dikenal kaya akan kandungan protein di dalamnya. Kadar asam oksalat pada buah-buah-buahan dapat mengikat protein dalam tubuh, sehingga akan lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh.
8. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Asam Laktat dikonsumsi Bersama dengan Ham

Asam laktat sendiri adalah sejenis zat yang banyak terkandung di dalam yogurt dan masih banyak jenis makanan lainnya yang mengandung asam laktat ini. Apabila yogurt ini dikonsumsi bersamaan dengan ham atau daging yang ada di dalam sandwich dapat meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit kanker.

Biasanya para produsen akan menambahkan asam nitrat ini untuk mencegah terjadinya proses pembusukan dan botulinus, tujuannya yaitu untuk memperpanjang pelestarian dari produk daging. Ketika bertemu secara bersamaan dengan asam nitrat organik, maka dapat mengalami perubahan menjadi nitrosamine dan memiliki sifat karsinogen.

9. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Daging dikonsumsi Bersama dengan Buah Semangka

Semangka adalah jenis buah yang menyegarkan dan dikenal memiliki sifat dingin, karena di dalam buah semangka ini mengandung kadar air yang sangat tinggi. Sedangkan di dalam daging baik itu daging kambing ataupun sapi memiliki sifat panas, sehingga ketika kedua jenis makanan ini dikonsumsi secara bersamaan dapat mempengaruhi pasokan energi dalam tubuh dan mengganggu fungi limpa yang ada dalam lambung.

10. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Daging dikonsumsi Bersama dengan Cuka

Seperti yang telah kami bahas pada poin diatas, bahwa daging adalah jenis makanan yang memiliki sifat panas, sedangkan cuka memiliki sifat hangat. Apabila kedua jenis makanan ini dikonsumsi secara bersamaan dengan  cuka dapat membantu mengover aktifkan energi dan juga peredaran dalam dalam tubuh.

Berdasarkan daru hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Compendium of Materia Medica, menjelaskan bahwa di dalam sebuah buka berjudul pengobatan herbal cina, makan daging kambing atau sapi bersamaan dengan cuka dapat menyebabkan kerusakan pada organ jantung dan dapat menyebabkan organ jantung tidak akan mampu bekerja dengan optimal.

11. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Daging Sapi dikonsumsi Bersama dengan Chestnut

Di dalam chestnut memiliki kandungan vitamin C yang bisa menghasilkan reaksi dengan mikro yang ada pada daging sapi, sehingga dapat menurunkan kualitas gizi dan nutrisi yang ada pada chestnut. Dengan mengkonsumsi kedua jenis makanan ini secara bersamaan dapat berdampak tidak baik pada organ pencernaan dan bisa menyebabkan terkena dispepsia.

12. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Kepiting dikonsumsi Bersama dengan Teh

Ketika mengkonsumsi kepiting bersamaan dengan teh akan menimbulkan reaksi pada pencernaan, cairan lambung akan menjadi encer karena di dalam minuman teh ini memiliki kandungan asam tannic yang jumlahnya hampir sama dengan yang ada pada buah kesemek. Hal ini tentu tidak hanya dapat mengakibatkan gangguan asimilasi saja, tetapi juga bisa menurunkan kemampuan lambung dalam mensterilkannya.

13. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Konsumsi Udang bersamaan dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C

Ketika udang dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi (contohnya es jeruk), maka orang yang mengkonsumsinya akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Hal ini dikarenakan, di dalam udang mengandung suatu zat kimia yang bernama Arsenic Pentoxide (As2O5). Jika zat ini bertemu dengan makanan atau suplemen yang mengandung vitamin C dapat menimbulkan reaksi di dalam perut, dimana akan mengubah As2O5 menjadi menjadi As2O3 yang dianggap beracun dan membahayakan tubuh.

Jika hal ini terjadi, maka seseorang yang mengalaminya dapat mengalami kerusakan pada organ hati, ginjal, jantung, pembuluh darah hingga berujung pada kematian apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis. Oleh karena itu, bagi anda yang suka makan udang sebaiknya hindari minum atau mengkonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin C.

14. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Buah Kesemek dikonsumsi Bersamaan dengan Kentang Manis

Apabila kentang manis dikonsimsi bersamaa dengan buah kesemek, maka kandungan asam hidroklorik yang terkandung di dalam kentang manis tersebut bisa mengendap di dalam tubuh. Endapan tersebut tidak akan bisa larut, sehingga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada pencernaan.

15. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Mengkonsumsi Jenis Buah-buahan tertentu Bersamaan dengan Makanan Laut

Beberapa jenis buah-buahan tertentu seperti buah delima, kesemek atau buah anggur jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit perut, mual, perut kembung dan bahkan diare. 

Itu disebabkan oleh karena adanya kandungan tannin yang terdapat di dalam buah-buahan tersebut, sehingga jika digabungkan dengan protein bisa menghasilkan suatu zat yang tidak bisa larut dan juga tidak bisa dicerna oleh tubuh. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya berikan jeda waktu sekitar 4 jam setelah anda mengkonsumsi salah satu makanan laut atau buah-buahan tersebut.

16. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Wortel dikonsumsi Bersamaan dengan Lobak Putih

Di dalam lobak putih memiliki kandungan vitamin C, namun kandungan yang terdapat di dalam wortel bisa merusaknya jika dikonsumsi secara bersamaan. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi kedua jenis makanan ini secara terpisah dengan jeda waktu beberapa lama untuk mendapatkan asupan nutrisi secara optimal.

17. Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan : Kesemek dikonsumsi Bersamaan dengan Ubi Jalar

Ketika makan buah kesemek sebaiknya tidak bersamaan dengan ubi jalar, karena jika dikonsumsi secara bersamaan dapat menyebabkan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menyebabkan gangguan perut, juga dapat terjadi proses fermentasi gula yang terkandung di dalam ubi jalar dan juga dapat meningkatkan kadar asam di dalam lambung. Lebih parahnya lagi, makan buah kesemek bersamaan dengan ubi jalar dapat memicu pendarahan pada lambung dan tukak lambung.

Baca Juga : Makanan Sehat yang Baik untuk Kecerdasan Otak Anak

18. Jenis Makanan Lain yang Tidak Boleh dikonsumsi secara Bersamaan, yaitu :
  1. Buah semangka dikonsumsi bersamaan dengan susu
  2. Buah manggis dikonsumsi bersama dengan minuman manis
  3. Buah durian dikonsumsi bersamaan dengan minum bir
  4. Buah pir dikonsumsi bersamaan dengan madu

Info Plus-plus no. 1 : Hindari Mengkonsumsi Madu Bersama Makanan Berikut 

Meskipun mengkonsumsi madu sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun anda tetap harus menghindarinya apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan berikut ini :
  • Hindari mengkonsumsi madu bersamaan dengan bawang, karena dapat menyebabkan kerusakan pada organ mata dan bahkan beresiko mengalami kebutaan.
  • Hindar mengkonsumsi madu bersamaan dengan tahu jepang (tofu), karena dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran.
  • Hindari mengkonsumsi madu bersamaan dengan kacang kedelai, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada organ pencernaan dan merusakan sistem pendengaran.
  • Hindari mengkonsumsi madu bersamaan dengan teh, karena dapat menyebabkan gangguan pada organ pencernaan.
  • Hindari mengkonsumsi madu bersamaan dengan kepiting, karena dapat menyebabkan tubuh mengalami keracunan dan bahkan kematian.

Baca Juga : Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Penting sekali untuk anda semua ketahui, bahwa pada dasarnya mengkonsumsi suatu jenis makanan harus dilakukan dengan tepat, seimbang dan tentunya tidak berlebihan. 

Sebagai contoh, dalam pola makan yang sehat makanan yang dikonsumsi haruslah mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang, yaitu antara kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serat dan mineralnya harus dalam jumlah yang cukup.

Info Plus-plus no. 2 : Berkaitan dengan Diet

Bagi anda yang ingin diet, ada banyak pola diet sehat yang bisa anda terapkan saat ini, semua pola diet sehat itu baik untuk dilakukan asalkan tetap tidak melupakan fungsi esensial dari setiap komponen dasar yang ada pada makanan tersebut.

Dalam melakukan kombinasi pada makanan, hingga saat ini masih belum ada para ahli yang merekomendasikan tentang kombinasi makanan yang dapat diikuti. Namun pada dasarnya, selama semua komponen makanan yang dikombinasikan tersebut dapat terpenuhi, maka makanan tersebut tidak masalah untuk dikonsumsi. 

Namun hal ini tentu tidak akan berlaku untuk anda yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, sehingga dalam hal ini sangat perlu dilakukan pemilihan jenis makanan secara bijak. Terlebih bagi anda yang sedang mengalami adanya kelainan pada tubuh, seperti :

# Kegemukan (obesitas), dimana jika anda memiliki berat badan yang berlebih akibat pola makan yang tidak sehat.

# Memiliki berat badan yang terlalu rendah atau terlalu kurus, dimana kondisi tubuh seperti ini dapat menyebabkan nutrisi yang terdapat di dalam makanan tidak akan dapat terserap dengan sempurna dan pada akhirnya tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi. Misalnya kondisi ini disebabkan oleh karena ada gangguan pada usus dan bagian usus yang berfungsi untuk menyerap nutrisi.

# Memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu, misalnya saja akibat gula sintetikm sayur-sayuran, buah-buahan dan jenis daging tertentu.

# Adanya gangguan terhadap penyerapan jenis nutrisi tertentu, misalnya seperti penyerapan zat besi. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari minum teh setelah makan, terutama setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang di dalamnya kaya akan kandungan zat besi.

Jika anda ingin menanyakan terkait pola diet sehat sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh anda, maka kami sangat menyarankan kepada anda untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi di klinik. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan pola diet yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Baca Juga : Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan Makanan Lain. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan buat anda semua. Terima kasih membaca artikel ini. Ayo like dan share.