12 Makanan yang Baik untuk Kecerdasan Otak Anak

12 Makanan yang Baik untuk Kecerdasan Otak Anak -- Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak, Ikan - Sayur - Buah yang Baik Untuk Kecerdasan Anak, Makanan yang Memberikan Gizi / Nutrisi untuk Kecerdasan Otak Anak, Jenis Vitamin dan Mineral untuk Kecerdasan Otak Anak, Resep Makanan Sehat untuk Kecerdasan Otak Anak.

https://www.infokesehatan.web.id/

Makanan yang Baik untuk Kecerdasan Otak Anak -- Semua ibu pasti akan melakukan berbagai upaya agar sang buah hatinya bisa tumbuh sehat dan cerdas. Termasuk dengan memberikan stimulasi yang tepat dan memilihkan jenis makanan terbaik yang didalamya mengandung gizi dan nutrisi seimbang. 

Cara ini sebaiknya dilakukan sejak kecil, bahkan diberikan sejak masih berada dalam kandungan. Ini dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan otak anak akan terjadi lebih cepat ketika anak masih berada dalam kandungan. 

Maka dari itu, sejak usia kehamilan 3 bulan pertama hingga bayi usia 5-6 bulan setelah dilahirkan. diberikan makanan terbaik yang mengandung gizi atau nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Pada masa itulah proses pembelahan sel-sel yang ada dalam otak bayi akan berkembang dengan pesat, kemudian seiring bertambahnya usia proses pembelahan sel akan berangsur-angsur melambat dan pada tahap selanjutnya sel-sel otak hanya akan mengalami pembesaran saja.

Pada saat bayi lahir, berat dari otak bayi rata-rata mencapai 1/4 berat dari otak orang dewasa tetapi jumlah sel pada otaknya bisa mencapai 2/3 dari jumlah sel otak pada orang dewasa. Itulah kenapa makanan sehat untuk otak sudah mulai diberikan pada bayi sejak masih dalam kandungan.

Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan sehat tersebut akan diserap oleh janin yang ada dalam kandungan. 

Dari sekian banyak kandungan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung kecerdasan otak, lemak adalah jenis nutrisi penting yang dapat membantu proses pembentukan sel-sel dalam otak.

Meski demikian, bukan berarti anak hanya membutuhkan asupan lemak saja. Tubuh anak pun memerlukan asupan gizi dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang otaknya agar optimal seperti vitamin dan mineral. Sebab, kedua kandungan nutrisi tersebut dapat membantu dalam meningkatkan ketajaman dalam berkonsentrasi dan memiliki kemampuan daya ingat yang sangat baik.

A. Jenis Gizi / Nutrisi Pendukung Kecerdasan Otak Anak

Ada banyak sekali kandungan gizi atau nutrisi yang sangat baik untuk mendukung kecerdasan otak anak, diantaranya seperti :

1. DHA (Docosahexaenoic Acid)

DHA adalah salah satu jenis nutrisi hasil turunan dari asam lemak omega 3 dan termasuk ke dalam komponen utama untuk mendukung pembentukan otak anak. DHA sendiri akan dihasilkan oleh tubuh secara alami berkat rutin menjaga asupan makanan yang mengandung kadar asam lemak omega 3. 

Hanya saja, jumlah dari DHA yang diproduksi oleh tubuh jumlahnya hanya sedikit dan tidak begitu efektif, sehingga tubuh anak memerlukan asupan asam lemak tambahan dari sumber makanan yang kaya akan kandungan DHA.

DHA sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh dan perkembangan otak, diantaranya yaitu dapat meningkatkan perkembangan otak, pembentukan jaringan saraf, sistem syaraf, kognitif dan juga perkembangan sensori. Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan DHA ini, maka anak anda akan tumbuh sehat dan cerdas.

2. ALA (Alpha Linolenic Acid) dan LA (Linoleic Acid)

ALA merupakan sejenis asam lemak omega 3 yang dapat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan fatal pada membran sel yang ada dalam otak. sedangkan LA atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam lemak omega 6 ini termasuk jenis asam lemak tak jenuh, lemak essensial ini dapat membantu proses pembentukan asam amino dan pengantar saraf pada otak.

3. Kolin

Kolin atau yang disebut juga dengan lesitin merupakan suatu zat gizi yang berperan sangat penting dalam meningkatkan fungsi dari memori otak dan berperan sebagai pembentuk membran sel yang berfungsi sebagai penghantar sinyal di dalam sistem saraf. 

Kolin sendiri dapat membantu meningkatkan ukuran dan juga jumlah neuron (sel otak), sehingga dapat memudahkan anak dalam belajar dan mengingat apa yang telah ia pelajari.

Tubuh akan membutuhkan kolin dalam jumlah yang lebih tinggi pada masa pertumbuhan, bahkan melebihi jumlah kolin yang diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk memenuhi kebutuhan kolin tambahan yang bisa kita peroleh dari sumber makanan.

4. Zat besi

Peran dari zat besi ini sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh, karena zat besi ini dapat membantu agar tubuh akan dapat terus berenergi dan mampu berkonsentrasi ketika sedang belajar ataupun bermain. Kadar zat besi yang ada dalam darah akan mengalami peningkatan selama masa pertumbuhan hingga usia dewasa.

Tubuh yang mengalami kekurangan asupan zat besi bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan otaknya, terlebih pada fungsi dari sistem neutransmiter atau sistem pengantar sarafnya. Kondisi ini bisa mengakibatkan kemampuan untuk berkonsentrasi, daya ingat dan kemampuan dalam belajar menjadi menurun. Namun dengan terpenuhinya asupan zat besi ini, maka daya ingat dan konsentrasi pada otak akan terus meningkat.

5. Seng

Tingkat konsentrasi seng yang paling tinggi di dalam otak ditemukan dalam neuron, fungsinya yaitu untuk membantu mengontrol kemampuan belajar dan mengingat. Maka dari itu, asupan seng sangat diperlukan untuk membantu dalam memelihara daya ingat ketika sedang belajar dan bermain.

6. Yodium

Yodium dapat ditemukan dalam tubuh, hanya saja jumlahnya sangat sedikit sekali yaitu kurang dari 0,00004 persen dari total berat badan anak. Sedangkan yodium harian yang diperlukan oleh tubuh yaitu sekitar 90-120 mcg, sebagian besar yodium dapat ditemukan dalam kelenjar tiroid yang akan digunakan untuk membantu dalam pembentukan hormon tiroksin.

Hormon tiroksin sendiri sangat diperlukan oleh tubuh untuk mendukung tumbuh kembang anak pada masa pertumbuhan, mulai dari fisik, mengatur suhu tubuh, meningkatkan fungsi otot dan saraf serta meningkatkan pembentukan sel darah merah. apabila tubuh mengalami kekurangan asupan yodium dalam jumlah cukup, maka anak akan mengalami penurunan kemampuan belajar dan mengingat pelajarannya.

7. Vitamin B6 dan B12

Nutrisi penting berikutnya yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak yaitu vitamin B6 dan B12. Manfaat vitamin B6 sendiri dapat membantu meningkatkan kemampuan memori dan otak untuk memproses informasi dengan lebih cepat. Sedangkan manfaat vitamin B12 sangat baik untuk memperbaiki serta saraf pada otak dan menjaga agar kadar homocysteine yang ada dalam darah dalam jumlah cukup dan sehat. Dengan terpenuhinya kedua jenis vitamin ini, maka kesehatan dan kecerdasan otak anak akan semakin optimal.

B. Makanan yang Baik untuk Kecerdasan Otak Anak

Kandungan gizi dan nutrisi yang cukup dapat membantu mengoptimalkan kerja dan kemampuan otak anak, kandungan nutrisi terbaik bisa didapatkan dari sumber makanan. Tetapi ada beberapa jenis makanan tertentu yang memiliki fungsi khusus untuk mencerdaskan otak anak. 

Berikut ini jenis-jenis makanan sehat yang baik untuk mencerdaskan otak anak, diantaranya yaitu :

1. Sayuran Berwarna

Ada beberapa jenis sayuran yang memiliki warna, sayuran tersebut memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap dan baik untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. 

Beberapa jenis makanan sehat yang paling direkomendasikan untuk diberikan kepada anak diantaranya yaitu tomat, brokoli, wortel, bayam, ubi jalar merah, kubis merah, labu dan masih banyak jenis sayuran berwarna lainnya.

Di dalam sayuran-sayuran berwarna tersebut didalamnya mengandung banyak sekali nutrisi dan antioksidan yang sangat baik untuk menyehatkan sel-sel di dalam otak. Namun jika anak-anak anda tidak suka makan sayuran, maka anda bisa mensiasatinya dengan membuat aneka cemilan yang terbuat dari sayuran tersebut.

2. Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3, kandungan lemak ini juga dikenal dengan DHA dan EPA terbaik.

Dari hasil penelitian, orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 dalam jumlah cukup akan memiliki kemampuan berpikir dan daya ingat yang lebih tajam. Hal ini dikarenakan, di dalam ikan salmon ini mengandung yodium dalam jumlah yang sangat tinggi. Yodium ini sangat bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel-sel saraf baru, menjaga kesehatan mental dan memperbaiki suasana hati.

Bahkan menurut seorang ahli yang melakukan  penelitian, ia berpendapat bahwa terpenuhinya asupan asam lemak omega 3 ini dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi otak tetap optimal dan lentur. Memiliki otak yang lentur sangat erat kaitannya dengan kemampuan otak dalam mengorganisasi hubungan pada setiap sel dalam tubuh, serta dapat membantu mempengaruhi tingkat inteligensi, emosional dan tingkat sosialnya kepada setiap orang.

3. Telur

Sudah bukan rahasia umum lagi jika ternyata telur juga sangat baik untuk mendukung kecerdasan otak anak, karena di dalam telur mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin setiap hari. hanya saja, bagian yang paling bagus untuk dikonsumsi yaitu pada bagian kuning telurnya saja, karena di dalam kuning telur mengandung kolin yang sangat tinggi dan mampu membantu meningkatkan kemampuan otak anal.

4. Susu dan Yogurt

Di dalam susu dan juga beberapa produk susu seperti yogurt mengandung vitamin B dan protei  yang sangat tinggi, kedua jenis nutrisi penting ini sangat baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan jaringan pada otak anak.

Selain itu, konsumsi susu dan yogurt juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan, di dalam susu dan yogurt mengandung karbohidrat dan protein yang dapat di olah menjadi sumber energi.

5. Daging Sapi Rendah Lemak

Makanan sehat terbaik lainnya yang dapat membantu mencerdaskan otak anak yaitu dengan rutin mengkonsumsi daging sapi rendah lemak, karena di dalam daging sapi ini mengandung zat besi yang cukup tinggi dan juga mineral essensial yang sangat penting untuk membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.

Selain itu, di dalam daging sapi rendah lemak juga mengandung seng yang mampu membantu meningkatkan kemampuan daya ingat anak.

6. Gandum Murni

Ketika tubuh kita sedang membutuhkan pasokan energi dalam jumlah cukup agar bisa bekerja secara optimal, maka otak pun membutuhkan asupan nutrisi cukup setiap harinya agar fungsi otak pun bisa lebih optimal.

Sumber energi yang diperoleh dari aunbwe karbohidrat nantinya akan disalurkan melalui darah untuk bisa menuju otak yang dikemas dalam bentuk glukosa. Kemudian sunber karbohidrat kompleks akan dilakukan proses pencernaan lebih lambat, sehingga pasokan energi dalam tubuh kita akan senantiasa terjaga sepanjang hari.

Menurut beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa, pasokan sumber energi yang cukup dalam tubuh dapat membantu meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Dari hasil penelitian tersebut menujukan bahwa, bagi anak sekolah yang tidak pernah melewatkan saran paginya dengan telur rebus mampu mengikuti pelajaran dengan baik dibandingkan dengan anak yang tidak.

7. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan favorit banyak orang terutama anak-anak. Selain memiliki rasa manis dan nikmat, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi cokelat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat makan cokelat yaitu dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak, karena di dalam cokelat mengandung zat yang dapat merangsang produksi hormon endorfin. Hormon endorfin juga dapat meningkatkan kemampuan memori dan fokus, meredakan stres, menjaga kesehatan otak dan juga mencegah penurunan kognitif pada saat menginjak usia lanjut.

8. Oat

Ada banyak jenis sereal yang baik dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak sebagai menu sarapan pagi sebelum berangkat sekolah, namun salah satu sereal yang paling baik dan populer di kalangan anak-anak yaitu oat.

Di dalam makanan ini mengandung energi dalam jumlah yang cukup tingi, energi ini akan membuat tubuh anak semakin bersemangat dan mampu menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu di dalam oat juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E, vitamin B, serat dan juga beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh otak anak.

9. Buah Berry

Konsumsi buah berry juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Ada banyak jenis buah berry yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, diantaranya yaitu : Strawberry, Blueberry, Balckberry, dan Raspberry.

Di dalam buah berry memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk otak anak, nutrisi yang paling tinggi di dalam buah berry yaitu vitamin C, antioksidan dan asam lemak omega 3. Kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam melawan sel kanker, bahkan dalam sebuah hasil penelitian menujukan bahwa kandungan ekstra buah strawbeer dan blueberry dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat dan juga konsentrasi.

10. Kacang-kacangan

Rutin mengkonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh, karena di dalam kacang-kacangan kaya akan kandungan protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, di dalam kacang-kacangan juga kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menutrisi otak, karena konsumsi makanan ini dapat memberikan energi yang lebih lama dan membantu meningkatkan kemampuan berpikir anak.

11. Selai Kacang

Anak-anak umumnya sangat menyukai selai kacang, karena selai kacang ini memiliki rasa yang sangat enak. Selain kacang ini sangat cocok dijadikan bahan olesan roti gandum ketika sarapan pagi, karena di dalam selai kacang ini mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama

Selain itu, di dalam selai kacang juga mengandung vitamin E, thiamin dan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melindungi selaput saraf serta memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh.

12. Biji-bijian Utuh

Makanan terakhir yang kami rekomendasikan untuk membantu mencerdaskan otak anak yaitu dari jenis biji-bijian utuh. Beberapa jenis biji-bijian utuh yang kami rekomendasikan yaitu barley, beras, quinoa, rye, havermut, jagung, sorgum, millet dan gandum. Selain itu, di dalam biji-bijian utuh juga mengandung vitamin B yang sangat bermanfaat untuk otak anak.

Demikianlah informasi mengenai 12 Makanan yang Baik untuk Kecerdasan Otak Anak. Pastikan bunda menyediakan makanan-makanan sehat tersebut untuk menu makanan sehari-hari sang buah hati tercinta yang masih dalam masa pertumbuhan. 

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam keadaan sehat, dan juga semoga buah hati anda tumbuh sehat dan cerdas. Please like anda share.